0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ

Kelebihan dan Kekurangan Nokia T21 - Spesifikasi & Harga

Tidak hanya meluncurkan dua ponsel entry-level di Indonesia yaitu Nokia C21 Plus dan Nokia C31 pada tanggal 22 November 2022. HMD Global yang menaungi merek Nokia ini juga meluncurkan perangkat tablet dengan nama Nokia T21 yang menjadi suksestor Nokia T20 yang dirilis pada tahun 2021. Berbicara soal spesifikasi, Nokia T21 dan juga Nokia T20 ini hadir dengan spesifikasi yang hampir mirip. Bahkan, harga dari Nokia T21 dan Nokia T20 juga sama.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia T21

Meskipun begitu, tetap saja Nokia T21 hadir dengan sedikit peningkatan dari generasi sebelumnya seperti menjanjikan update sistem operasi hingga Android 14 dan lain sebagainya. Nah, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Nokia T21? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Nokia T21

Kelebihan Nokia T21

1. Desain Elegan

Nokia T21 hadir dengan sentuhan yang tidak neko-neko, namun masih memberikan kesan elegan dan juga tegas. Hal ini bisa dilihat dari sudut-sudut yang lebih mengkotak dari generasi sebelumnya, seperti Nokia T20 contohnya. Bukan hanya itu, sentuhan sederhana lainnya merupakan polesan dua warna di penutup belakangnya. Polesan tersebut bertekstur sandblasted di bagian kanan yang memiliki warna yang lebih cerah, sementara itu di sisi kiri memiliki warna yang gelap dengan tekstur lembut.

Tablet terjangkau ini sendiri hadir dengan satu opsi warna saja yaitu Charchoal Grey. Tidak hanya itu, produsen juga sudah menyematkan material frame berbahan aluminium sehingga tablet Nokia T21 cukup kokoh di kelasnya. Kemudian, bagian belakangnya menggunakan material 60% berbahan daur ulang yang sangat ramah lingkungan.

Untuk dimensinya, Nokia T21 memiliki dimensi 247.5 x 157.3 x 7.5 mm dengan bobot 466 gram yang bisa dikatakan cukup kompak, tipis, dan tidak berat. Sehingga, ini akan sangat mudah dan nyaman dibawa kemana-mana.

Tidak lupa, tablet terjangkau dari Nokia ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP52 yang tahan terhadap debu dan percikan air dari segala penjuru arah. Untuk pelindung layar, Nokia T21 sudah dibekali Scratch-resistant glass.

2. Layar Luas

Tablet Nokia T21 ini hadir dengan spesifikasi layar yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, ia hadir dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan bentang layar 10.4 inci yang mengusung resolusi 2K alias 1200 x 2000 piksel dan menawarkan kerapatan piksel mencapai 224 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Bukan hanya itu saja, ini juga telah tersematkan sertifikasi SGS Low Blue Light serta mendukung Active Pen (Stylush) Wacom WGP dan Wacom Active ES 2.0.

Selanjutnya, layar dari tablet terjangkau ini memiliki tingkat kecerahan mencapai 360 nits. Bisa dikatakan ia mengalami penurunan dari generasi sebelumnya, yakni T20. Pasalnya, Nokia T20 memiliki tingkat kecerahan mencapai 400 nits, kini pada T21 hanya sanggup mencapai 360 nits.

Menariknya lagi adalah layar dari Nokia T21 ini sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Artinya, si tablet dapat memuat film dengan resolusi HD di berbagai platform OTT (Over The Top) seperti Netflix dan sejenisnya.

3. Stereo Speaker

Demi menunjang kualitas visual dan kenyamanan pada saat menonton video, bermain game, sampai dengan mendengarkan musik. Tablet Nokia T21 ini juga sudah menghadirkan stereo speaker yang juga didukung oleh fitur OZO Audio dan OZO Playback.

Bahkan, stereo speaker dari tablet Nokia T21 ini mampu menghasilkan suara yang cukup lantang sekira 96 desibel.

4. Dapur Pacu Memadai

Sisi dapur pacu dari Nokia T21 ini cukup memadai di kelasnya dan juga sepadan dengan harganya. Ia ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612 yang mengandung delapan core CPU (Central Processing Unit).

Komposisinya adalah dua core Cortex A75 yang berlari dengan kecepatan 1,8 GHz dan enam core Cortex A55 yang berlari dengan kecepatan 1,8 GHz. Tidak hanya itu, Unisoc Tiger T612 ini juga disokong oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G57 (614 MHz), dua macam-macam komponen lain termasuk modem 4G LTE. Kemudian, seluruh komponen tersebut digabung menjadi satu melalui proses manufaktur 12 nanometer.

Tablet Nokia T21 ini juga ditandemkan RAM 4 GB LPDDR4x dan penyimpanan internal sebesar 64 GB eMMC 5.1. Selain itu, si tablet juga didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 512 GB dedicated slot, serta mendukung juga USB On-The-Go (OTG).

5. Kamera Bersaing

Beralih ke sektor kamera, tablet Nokia T21 hadir dengan spesifikasi kamera yang bersaing di kelasnya dengan mengandalkan kamera utama berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1,12um piksel yang juga diperkuat oleh fitur autofokus.

Di sisi depan, tablet yang satu ini mengandalkan kamera 8 MP yang cukup bersaing di kelasnya dengan sensor BSI CMOS yang berfungsi untuk selfie, video call, meeting online, dan lain sebagainya. Perihal perekaman video, kamera belakang sanggup merekam hingga resolusi 1080p@30fps. 

6. Baterai Jumbo

Kapasitas baterai dari Nokia T21 ini sama halnya seperti pendahulunya, yakni berkapasitas 8.200 mAh serta mendukung juga fitur pengisian cepat 18W. Baterai tersebut diklaim oleh HMD bahwa tablet ini sanggup bertahan hingga tiga hari, namun dengan penggunaan standar seperti browsing, scrolling media sosial, menonton film, dan lain sebagainya.

Dilansir dari HMD Global yang menaungi merek Nokia, baterai dari Nokia T21 ini bisa bertahan sampai 800 kali siklus cas penuh-dipakai.

7. Konektivitas Lengkap di Kelasnya

Nokia T21 hadir dengan konektivitas yang cukup lengkap dan kekinian di kelasnya. Pasalnya, WiFi dari Nokia T21 sudah mendukung protokol WiFi 5, Bluetooh 5.0 dengan kodek A2DP dan LE, sudah ada port USB Type-C 2.0 yang sudah mendukung USB On-The-Go (OTG), dan terdapat juga audio jack 3,5mm.

8. Adanya Fitur Google Kids Space

Tablet Nokia T21 juga sangat ramah pada anak lantaran tersedia fitur Google Kids Space, sebuah antarmuka khusus yang berfokus pada penggunaan anak-anak. Dilansir dari informasi yang penulis himpun dari Google Support, Kids Space ini merupakan sebuah fitur yang berisi konten untuk membantu anak menemukan, berkreasi, dan berkembang. 

Anak-anak juga nantinya bisa mengakses aplikasi, buku, dan video yang ditargetkan sesuai usia dan minatnya.

Kekurangan Nokia T21

Kekurangan Nokia T21

1. Sensor Kurang Lengkap

Dilansir dari laman resmi Nokia Mobile, tablet Nokia T21 ini hanya hadir dengan tiga sensor saja. Beberapa diantaranya adalah cahaya sekitar, accelerometer, sampai dengan proximity. Kemudian, sensor pemindai sidik jari, sensor kompas, dan sensor gyroscope harus absen pada tablet terjangkau ini. 

Namun, ketiadaan ketiga sensor yang tadi penulis sebutkan tidak menjadi masalah besar. Sebab, kebanyakan tablet di rentang harga yang sama juga tidak memiliki sensor tersebut.

Spesifikasi Nokia T21

Spesifikasi Nokia T21

  • Warna : Charcoal Grey.
  • Dimensi : 247.5 x 157.3 x 7.5 mm.
  • Berat : 466 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1200 x 2000, 10.4 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12.
  • Baterai : Li-Po 8200 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Nokia T21

Harga Nokia T21

Nokia T21 merupakan salah satu tablet terjangkau yang menghadirkan layar dengan resolusi 2K alias 1200 x 2000 piksel dan bahkan sudah mengantongi sertifikasi Netflix HD. Di sisi lain, ia juga hadir dengan dapur pacu yang cukup memadai yaitu Unisoc T612. Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari berbagai sumber, tablet Nokia T21 ini sendiri dibanderol dengan harga Rp3.299.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB.

Related Posts
Mahesa Putra
Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Kini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Related Posts