0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ

Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade V40s - Spesifikasi & Harga

ZTE Corporation akhirnya merilis smartphone terbarunya di pasar Indonesia pada tanggal 16 Oktober 2022, yakni ZTE Blade V40s. Perlu diketahui, ZTE Blade V40s ini diluncurkan untuk melengkapi lini ZTE Blade V40 series yang sebelumnya diluncurkan di tanah air pada bulan September 2022 lalu. Ponsel besutan ZTE Corporation ini bukan berada di kelas high-end, melainkan ia hanya bersaing di kelas mid-range alias menengah.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade V40s

Kendati demikian, ponsel yang satu ini hadir dengan spesifikasi serta kinerja yang cukup baik. Hal ini cukup wajar, mengingat ZTE Blade V40s ini merupakan penerus dari ZTE Blade V40 Vita yang dirilis lebih awal di bulan September 2022.

Terdapat beberapa sektor yang menjadi daya jual utama dari ponsel ini seperti desain megah seperti premium, layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang akan memanjakan pengguna, sampai dengan spesifikasi kamera yang mumpuni di kelasnya.

Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan ZTE Blade V40s beserta spesifikasi dan harganya yang bisa dijadikan acuan ketika hendak dalam membeli ZTE Blade V40s ini.

Kelebihan ZTE Blade V40s

Kelebihan ZTE Blade V40s

1. Desain Premium

ZTE Blade V40s ini mengusung desain elegan namun tetap terlihat premium. Sesuai dengan tagline yang diusung yaitu “Elegant Inside and Cut” artinya elegan dari sisi dalam serta luarnya. Bodi bagian belakang dari ponsel besutan ZTE Corporation ini memiliki dua sisi yang berbeda, di bagian sisi yang sejajar dengan kameranya, bodi dari si ponsel terlihat lebih mulus tanpa adanya tekstur. Sementara itu, sisi lainnya memiliki tekstur yang khas berakhiran matte yang membuatnya tidak mudah meninggalkan bercak sidik jari.

Pada bagian belakang juga ada dua modul kamera yang berbentuk lingkaran. Modul pertama di bagian atasnya hanya menyimpan kamera utama, di bagian modul bawah terdapat dua lensa disertai dengan LED Flash, lalu di bagian bawahnya terdapat tulisan TRIPLE CAM. Untuk bagian depannya, ia hadir dengan bezel tipis di semua sisi, serta notch yang memiliki desain punch hole untuk kamera depannya.

Untuk dimensi, ZTE Blade V40s ini memiliki dimensi yang cukup ringkas yaitu 163.5 x 75.8 x 7.6 mm dengan berat 184 gram. Sementara itu, ponsel besutan ZTE Corporation ini pun hadir dalam dua pilihan warna menarik, yakni Space Black dan juga Aqua Blue.

2. Layar AMOLED

ZTE Blade V40s ini pun tampil dengan layar berukuran 6.67 inci yang terbilang cukup luas berkat bezel dari si ponsel cukup tipis di semua sisi. Untuk rasio yang dimiliki oleh ZTE Blade V40s dari layar ke bodi mencapai 93,3%. Bukan lagi menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD, kini ponsel ini hadir dengan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

Untuk memberikan kenyamanan pada pengguna, ZTE Blade V40s ini memastikan bahwa resolusi layar yang diusung beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 395 ppi (pixel per inch).

3. 50 MP AI Triple Camera

Sisi fotografi, ZTE Blade V40s ini mengusung konfigurasi triple camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang juga diperkuat oleh fitur phase-detection, AI, dan LED Flash.

Lalu kamera keduanya berkekuatan 5 MP pada bukaan aperture f/2.4 dengan fungsi sebagai dedicated. Adapun juga kamera ketiga yang memiliki resolusi 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 dengan fungsi sebagai depth alias kedalaman untuk menghasilkan efek bokeh.

Kemudian, kamera depan dari ZTE Blade V40s ini hadir dengan kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP fixed focus dengan sensor BSI CMOS dengan bukaan f/2.0. Perihal perekaman video, kamera belakang dari ponsel ini sanggup merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps, dan kamera depannya juga sanggup merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps.

4. Adanya Fitur Fusion RAM

Sebagai HP 3 jutaan, tidak lengkap rasanya apabila ponsel ini tidak dilengkapi oleh fitur RAM Virtual alias Fusion RAM. Oleh karena itu, ZTE Blade V40s telah menyediakan kapasitas memori yang cukup luas bagi pengguna. Sebab, ponsel ini ditandemkan dengan RAM berkapasitas 8 GB serta penyimpanan internal seluas 128 GB. Tidak cukup sampai disitu saja, ini juga masih disediakan slot microSD untuk ekspansi memori.

Bahkan, ZTE Blade V40s ini pun juga memiliki fitur unggulan yaitu Fusion RAM yang mampu menambah kapasitas RAM bawaan dengan cara meminjam ruang dari penyimpanan internal hingga 5 GB. Dengan demikian, Anda akan memiliki RAM Dinamis sebesar 11 GB.

5. Adanya Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) bukan lagi tersedia di smartphone kelas atas, melainkan smartphone kelas entry sampai dengan menegah juga sudah menyediakan fitur yang satu ini. Sedikit informasi, NFC (Near Field Communication) adalah sebuah fitur yang cukup berguna untuk berbagai aktivitas, mulai dari melakukan transaksi secara digital, mengakses informasi Smart Card, dan lain-lain.

Kekurangan ZTE Blade V40s

Kekurangan ZTE Blade V40s

1. Perfoma Kurang Maksimal

Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, cukup disayangkan bahwa ponsel besutan ZTE Corporation ini hadir dengan SoC (System on Chip) dari Unisoc Tiger T618. Pasalnya, prosesor tersebut menurut penulis kurang maksimal apabila digunakan untuk bermain game-game berat.

Unisoc Tiger T618 dibangun pada proses fabrikasi 12 nanometer dengan delapan inti alias octa-core sebagai tenaga utamanya. SoC (System on Chip) ini sendiri terdiri dari dua inti Cortex A75 yang berlari dengan kecepatan 2.0 GHz untuk perfoma, dan enam inti Cortex A55 yang berlari dengan kecepatan 2.0 GHz untuk efisiensi dayanya.

Tidak hanya itu, agar perfoma yang dihasilkan dari Unisoc Tiger T618 ini stabil, SoC (System on Chip) tersebut juga didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 MP2 yang berlari dengan kecepatan 850MHz.

Kalaupun ponsel ZTE Blade V40s ini dibandingkan dengan ponsel sekelasnya, tentu saja ia akan kalah. Soalnya, kompetitor dari ZTE Blade V40s ini sudah dibekali SoC (System on Chip) mumpuni seperti Snapdragon 750G, Helio G99, Helio G96, Dimensity 900, dan lain sebagainya. Bahkan, SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T618 yang digunakan oleh ZTE Blade V40s ini juga digunakan oleh ponsel di rentang harga Rp2 jutaan, seperti Advan GX contohnya.

2. Refresh Rate 60Hz

ZTE Blade V40s ini memang sudah menghadirkan layar mumpuni dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) berukuran 6.67 inci. Kendati demikian, layar dari si ponsel tidak dibarengi dengan refresh rate yang tinggi.

Alih-alih menggunakan refresh rate 90Hz seperti pendahulunya yaitu ZTE Blade V40 Vita, ZTE Blade V40s ini justru malah menghadirkan refresh rate 60Hz saja. Dengan demikian, tampilan animasi dari ponsel ini menurut penulis kurang mulus, terlebih lagi ketika bermain game.

3. Baterai Hanya 4.500 mAh

Soal baterai, ZTE Blade V40 Vita justru lebih baik dikarenakan menghadirkan baterai berkapasitas besar yaitu 6.000 mAh. Namun, sangat disayangkan ZTE Blade V40s ini malah menghadirkan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Selanjutnya, ZTE Blade V40s ini pun juga didukung dengan pengisian cepat 22.5W yang masih sama seperti pendahulunya.

Spesifikasi ZTE Blade V40s

Spesifikasi ZTE Blade V40s

  • Warna : Space Black, Aqua Blue.
  • Dimensi : 163.5 x 75.8 x 7.6 mm.
  • Berat : 184 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2060 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Unisoc UMS512T T618 (12 nm).
  • GPU : Mali-G52 MP2.
  • RAM : 8 GB + 5 GB Fusion RAM.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, MyOS 12.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 22.5W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga ZTE Blade V40s

Harga ZTE Blade V40s

ZTE Blade V40s merupakan sebuah smartphone yang berada kelas menengah atau mid-range yang mengusung konfigurasi triple camera berkekuatan 50 MP, ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T618, adanya fitur Fusion RAM hingga 5 GB, sampai dengan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Dari informasi yang penulis terima, ZTE Blade V40s ini dibanderol dengan harga Rp3.099.000 rupiah.

Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan aksesoris yang lengkap di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah charger, kabel USB Type-C, casing, SIM ejector, sampai dengan earphone. Menariknya, Anda juga akan mendapatkan adapter Type-C untuk menyambungkan earphone ke ponsel, mengingat ZTE Blade V40s ini tidak menyediakan port jack 3,5mm.

Related Posts
Mahesa Putra
Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Kini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Related Posts