0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Aplikasi Live Streaming Game di Android dan PC Untuk Menghasilkan Uang

Aplikasi Live Streaming Game - Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa game online menjadi salah satu permainan yang sangat digemari oleh masyarakat baik anak-anak hingga dewasa. Bukan hanya bisa mengisi waktu luang di kala bosan maupun di waktu istirahat ketika bekerja, bermain game juga ternyata bisa menghasilkan uang. Entah itu membuat konten yang diterbitkan pada platform YouTube maupun melakukan live streaming untuk menghasilkan uang.

Live streaming sendiri juga bisa dilakukan pada perangkat apa saja, mulai dari tablet, Android, iOS, PC, sampai dengan Laptop. Namun, untuk melakukan live streaming ini, pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah memenuhi spesifikasi minimum agar gameplay live streaming tidak patah-patah.

10 Aplikasi Live Streaming Game di Android dan PC

Aplikasi Live Streaming Game

Banyak sekali game yang bisa disiarkan melalui platform live streaming ini, misalnya seperti PUBG Mobile, Free Fire, COD Warzone, COD Mobile, eFootball, FIFA, Genshin Impact, Mobile Legends, Valorant, DOTA2, Point Blank, dan masih banyak lagi.

Jika diantara Anda memiliki banyak waktu luang dan memiliki keahlian dalam memainkan salah satu game tersebut, ada baiknya Anda melakukan live streaming untuk menghasilkan uang tambahan melalui monetize pada platform tersebut, maupun melalui link donasi seperti Trakteer, Saweria, dan lain sebagainya.

1. YouTube Gaming

1. YouTube Gaming - Aplikasi Live Streaming Game

YouTube merupakan salah satu platform video-sharing yang sangat populer hingga saat ini, bahkan platform ini juga memiliki layanan streaming game di mana Anda bisa melakukan live streaming atau menonton streaming orang lain. Uniknya, layanan YouTube Gaming ini pun sudah tersedia fitur real-time chat room yang memudahkan viewer dan juga streamer.

Perlu diketahui, YouTube sendiri sudah berasosiasi dengan Google Adsense, sehingga para streamer atau content creator bisa memonetisasi kontennya dan mendapatkan keuntungan dari iklan yang ditampilkan.

2. Facebook Gaming

2. Facebook Gaming - Aplikasi Live Streaming Game

Tidak hanya Youtube, Facebook juga merupakan platform yang sangat populer sejak lama. Bahkan, Facebook juga turut menyediakan layanan live streaming game kepada pengguna. Selain itu saja, platform ini juga sudah meluncurkan Level Up Kreator Game Facebook. 

Bagi mereka yang bergabung dengan program yang satu ini, maka Facebook akan memberikan perangkat dalam membantu pengguna dalam membangun audien dan mendapatkan penghasilan.

3. TikTok

3. TikTok - Aplikasi Live Streaming Game

TikTok merupakan sebuah platform video pendek yang sangat populer belum lama ini. Selain bisa menikmati video-video pendek, Anda juga diberi kemudahan untuk mencari penghasilan tambahan melalui Live Streaming. Pasalnya, dengan melakukan streaming, Anda akan mendapatkan profit melalui gift dari viewer maupun donasi melalui link yang sebelumnya Anda buat.

Kendati demikian, Anda tidak bisa langsung melakukan live streaming. Hal ini dikarenakan ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pengguna. Sebut saja akun Anda harus memiliki 1.000 follower, berusia lebih dari 16 tahun, dan lain sebagainya.

4. Mobcrush

4. Mobcrush - Aplikasi Live Streaming Game

Rekomendasi aplikasi live streaming game selanjutnya yang wajib Anda pertimbangkan adalah Mobcrush. Platform ini sendiri juga menyediakan layanan live streaming game apa saja mulai  dari game mobile sampai game PC atau pun game konsol. Adapun fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah pengguna bisa melakukan re-stream gameplay ke platform lain seperti Mixer, Facebook, YouTube, dan Twitch.

Jika diantara Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store maupun App Store. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi website resmi Mobcrush.

5. Twitch

5. Twitch - Aplikasi Live Streaming Game

Twitch merupakan salah satu apikasi live streaming game yang sudah cukup populer sejak awal kehadirannya di tanah air. Berbagai macam game pun juga bisa disiarkan melalui platform ini, mulai dari Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, dan lain sebagainya.

Selain itu, platform Twitch ini pun juga menyiarkan berbagai kompetisi kejuaraan seperti Dream Hack Master, ESL Pro League CS:GO, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda tidak akan ketinggalan menonton kompetisi dari game-game tertentu.

6. Nimo TV

6. Nimo TV - Aplikasi Live Streaming Game

Nimo TV adalah sebuah aplikasi live streaming game besutan HUYA inc. Di mana platform yang satu ini sudah sangat populer di kalangan pemain game dari Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia. Perlu diketaui juga, aplikasi Nimo TV ini juga merupakan rumah bagi pemain game pro player seperti Lemon, Jess No Limit, dan kawan-kawan.

Dengan platform ini, pengguna bisa melakukan live streaming berbagai macam game seperti Point Blank, Fortnite, Valorant, COD Mobile, COD Warzone, PUBG, Free Fire, Mobile Legends, Dota, dan banyak lagi. Di lain sisi, Nimo TV juga menyediakan layanan live online access untuk berbagai event dan turnamen e-sport.

7. Omlet Arcade

7. Omlet Arcade - Aplikasi Live Streaming Game

Aplikasi live streaming game yang wajib dipertimbangkan selanjutnya adalah Omlet Arcade. Melalui platform ini, Anda bisa berinteraksi antar pengguna. Pasalnya, Omlet Arcade sudah menyediakan realt-time group voice chat. Selanjutnya, Omlet Arcade juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti YouTube, Twitch, dan juga Facebook.

Jika Anda hanya ingin menonton live streaming orang lain, maka Anda tidak perlu membuat akun. Namun, apabila diantara Anda ingin melakukan live streaming, maka Anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu.

8. NEXPLAY

8. NEXPLAY - Aplikasi Live Streaming Game

Selanjutnya ada sebuah aplikasi live streaming game yang bernama NEXPLAY yang dikembangkan oleh Nexus Enterprise Technologies. Hingga saat ini, NEXPLAY sudah tercatat memiliki 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 3,6 bintang dari 12 ribu ulasan pengguna aktif.

Adapun fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Diantaranya adalah sudah terintegrasi dengan YouTube/Twitch/Facebook, kualitas HD, tersedia bingkai streaming gratis, melakukan streaming tanpa batas, dapatkan hadiah dari viewer, dan lain-lain.

9. Streamlabs

9. Streamlabs - Aplikasi Live Streaming Game

Streamlabs merupakan aplikasi live streaming yang sangat bisa diandalkan. Bukan hanya bisa melakukan siaran langsung saja, tapi Anda juga bisa menyiarkan ke platform lain seperti YouTube, Twitch, Facebook, dan banyak lagi. Dilihat dari Google Play Store, aplikasi ini sendiri sudah tercatat memiliki 10 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang begitu baik dari pengguna, yakni 4,3 bintang dari 99 ribu ulasan.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun, platform Streamlabs ini juga ternyata memiliki fitur yang bernama Streamlabs Desktop yang dikemas di smartphone pengguna, sehingga Anda bisa mengontrol orang-orang di seluruh dunia saat mereka menonton gameplay epik Anda serta menyiarkan langsung petualangan sehari-hari secara realt-time.

10. Dlive

10. Dlive - Aplikasi Live Streaming Game

Apakah di antara Anda kenal dengan seorang PewDiePie yang merupakan seorang YouTuber dengan lebih dari 100 juta subscriber? Jika iya, mungkin Anda sudah mengenal platform Dlive lantaran PewDiePie pernah melakukan siaran langsung melalui aplikasi ini, tepatnya pada tahun 2019. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka Anda bisa melakukan live streaming di dalam platform ini lantaran Anda bisa mendapatkan gift dari viewer.

Layanan live streaming game Dlive ini juga bisa dinikmati melalui aplikasi mobile yang tersedia untuk Android dan iOS atau Anda juga bisa mengunjungi website resminya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi live streaming game di Android dan PC yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin menonton gameplay pro player atau ingin mencoba mencari penghasilan tambahan melalui internet dengan melakukan live streaming dengan salah satu aplikasi yang sudah penulis bagikan di atas.