0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

7 Aplikasi Text to Speech Indonesia Terbaik di Android dan PC

Aplikasi text to speech Indonesia belakangan ini mulai ramai diperbincangkan oleh para pengguna media sosial. Dengan teknologi ini mereka dapat membuat suara-suara yang cukup unik dari berbagai karakter yang telah disediakan oleh salah satu aplikasi maupun situs text to speech ini. Nantinya, suara-suara tersebut digunakan sebagai konten YouTube, TikTok, Instagram, atau bahkan nada dering telepon.

Pasalnya, tidak semua content creator percaya diri untuk mengisi suara video yang sudah mereka buat. Oleh karena itu, mereka membutuhkan aplikasi atau situs ini agar video mereka tidak terasa hampa. Text to speech sendiri bisa diartikan sebuah teknologi dengan sistem guna mengonversi teks menjadi suara manusia dalam bentuk format MP3, OGG, WAV, dan lain sebagainya. Tak hanya bisa diakses melalui perangkat Android, layanan text to speech Indonesia ini juga bisa diakses melalui perangkat PC maupun Laptop.

Text to speech sendiri tidak hanya bisa memproduksi suara manusia dengan natural. Melainkan ia juga dapat menirukan suara dari berbagai karakter seperti hantu, anime, bahkan manusia dalam berbagai bahasa, termasuk dalam bahasa Indonesia.

7 Aplikasi Text to Speech Indonesia Terbaik di Android dan PC

Aplikasi Text to Speech Indonesia

Nah, di dalam ulasan kali ini penulis akan membagikan sebuah informasi terkait aplikasi text to speech bahasa Indonesia yang bisa diakses melalui perangkat Android maupun PC secara gratis.

1. Text to Speech (TTS)

Text to Speech (TTS) - Aplikasi Text to Speech Indonesia

Aplikasi text to speech Indonesia yang pertama adalah Text to Speech (TTS) besutan TK Solution. Yang mana aplikasi ini memungkinkan Anda dalam mengubah teks menjadi suara manusia dalam berbagai bahasa, termasuk dalam bahasa Indonesia. Kemudian, suara tersebut juga nantinya bisa diunduh dalam output WAV yang lebih baik dibandingkan MP3.

Kini, aplikasi Text to Speech (TTS) ini sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik, yakni 3,9 bintang dari 14 ribu ulasan pengguna aktif.

2. T2S

T2S - Aplikasi Text to Speech Indonesia

Selanjutnya terdapat aplikasi yang bernama T2S besutan HE SOFT. Ini juga cukup direkomendasikan untuk Anda karena aplikasi ini sanggup dalam mengubah teks menjadi suara manusia dalam bahasa Indonesia yang baik. Bahkan, Anda juga bisa mengunjungi situs web tertentu untuk dikonversikan menjadi suara manusia.

Aplikasi yang dirilis pada tahun 2016 lalu ini juga telah diunduh lebih dari 5 juta unduhan dan mendapatkan rating 4,1 bintang dari 29 ribu ulasan pengguna aktif. Jika Anda berminat menggunakannya, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store dengan ukuran 8,9 MB saja.

3. Narrator's Voice

Narrator's Voice - Aplikasi Text to Speech Indonesia

Narrator's Voice juga merupakan salah satu aplikasi text to speech Indonesia terbaik dan paling populer hingga saat ini. Bagaimana tidak, ia sudah diunduh lebih dari 10 juta dan mendapatkan rating yang sangat baik pula, yakni 4,1 bintang dari 1 juta ulasan pengguna aktif.

Aplikasi Narrator's Voice ini juga memungkinkan Anda dalam membuat pesan menarik menggunakan suara narator pilihan. Untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengetik sebuah pesan, lalu pilih bahasa, suara, sampai dengan efek spesial agar hasil dari text to speech yang Anda buat enak didengar.

Terdapat juga beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan secara gratis seperti mengubah teks ke file audio MP3 atau video MP4, tersedia berbagai macam efek menarik, bisa diakses tanpa koneksi internet, dan lain-lain.

4. Talk FREE

Talk FREE - Aplikasi Text to Speech Indonesia

Aplikasi text to speech Indonesia terbaik selanjutnya adalah Talk FREE yang dikembangkan oleh Abast Multimedia. Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah mendukung mengimpor halaman web langsung dari browser untuk dikonversi menjadi suara AI dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Sama halnya seperti aplikasi TTS, Talk FREE juga memungkinkan Anda dalam menyimpan audio tersebut dalam bentuk WAV.

Jumlah unduhan dari aplikasi Talk FREE ini juga bisa dikatakan cukup banyak, yakni 5 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,3 bintang dari 41 ribu ulasan pengguna aktif.

5. Voice Aloud Reader

Voice Aloud Reader - Aplikasi Text to Speech Indonesia

Voice Aloud Reader merupakan salah satu aplikasi text to speech yang dikembangkan oleh Hyperionics Technology yang dirilis pada tahun 2013 silam. Aplikasi ini juga bisa membaca teks dari berbagai halaman seperti email, halaman web, PDF, DOC, DOCX, eBook, dan lain sebagainya. Nantinya, itu akan dikonversikan menjadi suara manusia dalam bahasa Indonesia.

Bahkan, aplikasi Voice Aloud Reader juga masih menjadi salah satu aplikasi paling populer di Indonesia. Ini bisa dilihat dari jumlah unduhannya yang telah mencapai 10 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,6 bintang dari 113 ribu ulasan pengguna aktif.

6. Sound of Text

Sound of Text - Aplikasi Text to Speech Indonesia

Sound of Text atau soundoftext.com merupakan sebuah situs yang memungkinkan Anda dalam mengubah teks menjadi suara yang nantinya bisa diunduh dalam format MP3. Situs ini juga bisa digunakan secara gratis, bahkan tanpa Log In sekalipun.

  1. Untuk menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  2. Kunjungi halaman web resmi-nya melalui tautan berikut : https://soundoftext.com/.
  3. Lalu Anda ketik sesuatu di dalam kolom "Text".
  4. Pada menu "Voice", silahkan pilih "Indonesia".
  5. Setelah itu klik tombol "Submit" yang berwarna hijau.
  6. Nantinya Anda akan diberikan dua pilihan yakni PLAY atau DOWNLOAD.
  7. Untuk mendengarkan, silahkan klik tombol "PLAY".
  8. Selesai.

7. Free TTS

Free TTS - Aplikasi Text to Speech Indonesia

Free TTS atau freetts.com merupakan salah satu situs text to speech Indonesia terbaik yang bisa diakses melalui perangkat Android dan juga PC. Namun sayang, untuk menggunakan layanan ini dibatasi. Pasalnya, Anda hanya diperbolehkan menuliskan sesuatu hingga 5000 karakter saja. Kendati demikian, hal ini masih bisa ditoleransikan mengingat situs Free TTS bisa diakses secara gratis, bahkan tanpa proses pendaftaran. Cara menggunakannya juga cukup mudah, ikuti saja tutorial sebagai berikut.

  1. Buka situs Free TTS melalui tautan berikut : https://freetts.com/.
  2. Lalu salin dan tempel atau ketik teks di kolom yang telah disediakan (max : 5000 karakter).
  3. Pada menu BAHASA, pilih saja bahasa "Indonesia".
  4. Pada menu SUARA pilih saja sesuai dengan selera masing-masing.
  5. Setelah itu Anda bisa mengunduhnya atau bahkan mengkonversikannya dalam bentuk MP3.
  6. Selesai.

Itulah tadi beberapa rekomendasi situs web maupun aplikasi text to speech Indonesia terbaik di Android maupun PC yang dapat Anda gunakan dalam mengubah teks menjadi suara dari penulis. Bukan hanya sering digunakan untuk mengisi suara pada konten media sosial mereka, aplikasi atau situs di atas juga bisa digunakan untuk nada dering ponsel. Selamat mencoba!