0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Realme C30s - Spesifikasi & Harga

Usai meluncurkan Realme C30 pada awal Juli 2022 lalu. Kini, Realme Indonesia kembali meluncurkan ponsel entry-level terbaru melalui seri Realme C30s yang merupakan varian alternatif dari pendahulunya. Sebagai informasi tambahan, Realme C Series sendiri cukup diminati oleh banyak orang, lantaran selalu menghadirkan desain stylish, fitur menarik, sampai dengan spesifikasi unggulan di harganya yang ekonomis.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C30s

Hanya dibanderol dengan harga sejutaan, tentu kita tidak perlu berharap lebih di sektor performanya. Sebab, pada seri Realme C30s ini hanya didukung oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A yang mana kurang cocok untuk digunakan bermain game. Namun, chipset tersebut bisa dikatakan cukup andal dalam kegiatan harian ringan seperti scrolling media sosial, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan Realme C30s? Berikut penulis akan menjelaskan secara rinci beserta spesifikasi dan harga resmi ketika ponsel ini diluncurkan di pasar Indonesia.

Kelebihan Realme C30s

Kelebihan Realme C30s

1. Desain Stylish

Realme C30s ini datang dengan sentuhan Micro-texture Anti-slip desain. Ini bisa Anda lihat pada penutup belakangnya, di sana terdapat garis-garis halus yang tertata rapi mencerminkan ponsel ini yang begitu anggun. Selanjutnya, terdapat juga satu buah kamera utama yang ditemani oleh lampu flash. Tak ketinggalan, produsen juga mencantumkan tulisan AI Camera di bawah kamera utamanya.

Dari informasi yang penulis himpun, Realme C30s ini dibalut dalam dimensi 164.2 x 75.7 x 8.5 mm dengan bobot 186 gram. Selain itu, ponsel entry-level besutan Realme Indonesia ini hadir dalam dua varian warna yaitu Stripe Black dan Stripe Blue.

2. Layar

Sektor layar, Realme C30s ini dipersenjatai oleh layar sentuh berdesain tetesan air layaknya pada ponsel entry-level lainnya. Layar tersebut berukuran 6,5 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 270 ppi (pixel per inch) serta memiliki screen-to-body mencapai 88,7%.

Namun, hingga kini penulis belum mendapatkan informasi yang lebih pasti terkait proteksi antigores yang digunakan oleh Realme C30s ini, apakah menggunakan antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Akan tetapi, layarnya sendiri sudah dilengkapi oleh screenguard bawaan pabrik.

3. Kamera Bersaing di Kelasnya

Beralih ke sektor kamera, Realme C30s ini menghadirkan satu kamera utama yang standar di sisi belakangnya, kamera belakang tersebut berkekuatan 8 MP pada bukaan aperture dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1,12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus, AI, dan juga lampu flash.

Menilik pada bagian depan, terdapat juga sebuah kamera depan yang cukup bersaing di kelas entry-level dengan dukungan kamera depan beresolusi 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0.

Perihal perekaman video, kamera belakang dari Realme C30s ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Sementara itu, untuk kamera depannya hanya sanggup merekam video sampai beresolusi 720p@30fps saja.

4. Hadirnya Side Fingerprint

Di kala sebagian ponsel entry-level tidak suguhkan sensor sidik jari, Realme C30s tampak bersinar. Sebab, ponsel ini telah menyuguhkan sensor sidik jari di samping bodi yang menyatu dengan tombol power. Dengan demikian, bodi belakang dari Realme C30s tampak lebih rapi.

Hadirnya side fingerprint atau sensor sidik jari di samping bodi juga merupakan sebuah peningkatan dari Realme C30. Pasalnya, pendahulunya tidak menghadirkan sensor sidik jari sama sekali, baik di samping bodi maupun di belakang bodi. Yang pasti, pendahulunya hanya menyuguhkan fitur face unlock saja.

5. Baterai Besar

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Realme C30s ini dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh, yang mana ukuran baterai tersebut memang diharuskan mengingat banyak produsen smartphone yang mengeluarkan baterai 5000 mAh di zaman sekarang. Artinya, dengan baterai besar tersebut, ponsel entry-level besutan Realme Indonesia ini mampu bertahan dari pagi sampai malam dalam penggunaan normal.

6. Memori Cukup Lega di Kelasnya

Menilik pada laman resminya, Realme C30s ini rupanya menghadirkan memori yang cukup lega dengan RAM 3 GB / 4 GB LPDDR4x dan penyimpanan internal sebesar 32 GB / 64 GB eMMC 5.1. Tak cukup sampai disitu saja, Realme C30s rupanya menghadirkan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB, juga didukung oleh USB On-The-Go.

Bahkan, Realme C30s ini didukung oleh RAM Expansion yang mampu menambahkan RAM Virtual yang dipinjam melalui penyimpanan internal. Dengan begini, Anda dapat melakukan RAM Expansion hingga 3 GB untuk varian 3/32 GB, serta hingga 4 GB untuk varian 4/64 GB.

Kekurangan Realme C30s

Kekurangan Realme C30s

1. Performa Kurang Bertenaga

Di saat pendahulunya "Realme C30" hadir dengan performa memadai di kelasnya dengan mengandalkan Unisoc T612, Realme C30s ini malah ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A yang tergolong kurang bertenaga untuk bermain game berat, ini hanya mencakup octa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.6 GHz

Perlu diketahui, chipset tersebut tidak memiliki ARM Cortex-A7x, yang menandakan bahwa ponsel ini bukan ditujukan untuk aktivitas berat. Selanjutnya, Unisoc SC9863A ini ditenagai oleh pengolah grafis GPU (Graphics Processing Unit) berupa PowerVR IMG8322.

2. Hanya Ada Adaptor Charger 10W

Meski hadir dengan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh, namun fitur untuk pengisian daya dari Realme C30s terbilang biasa saja. Pasalnya, Realme hanya dibekali dengan adaptor charger 10 W saja, dengan demikian proses pengisian daya akan memakan waktu yang terbilang lama. Absen-nya fitur fast charging ini dikarenakan Realme C30 masih menggunakan micro USB.

Spesifikasi Realme C30s

Spesifikasi Realme C30s
  • Warna : Stripe Blue dan Stripe Black.
  • Dimensi : 164.2 x 75.7 x 8.5 mm.
  • Berat : 186 gram.
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28nm).
  • GPU : PowerVR IMG8322.
  • RAM : 3/4 GB.
  • ROM : 32/64 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI Go.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme C30s

Harga Realme C30s

Realme C30s ini merupakan sebuah ponsel entry-level yang menghadirkan desain stylish. Berada di kelas entry-level, rupanya Realme C30s ini membawa beberapa sektor yang diunggulkan seperti baterai besar, kamera depan yang cukup bersaing, baterai besar, sensor sidik jari di samping bodi, dan sistem operasi yang tergolong cukup ringan. Harga dari Realme C30s berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.399.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Sementara itu, varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.599.000 rupiah.