9 Kelebihan dan Kekurangan Realme C30 - Spesifikasi & Harga

Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Realme C30? Berikut ini penulis akan menjelaskan secara rinci beserta spesifikasi dan harganya.

Tepat pada awal Juli 2022 Realme Indonesia resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka sebagai segmen entry-level pada seri C, yakni Realme C30. Dimana, smartphone ini menghadirkan desain paling stylish serta adapun yang ditonjolkan oleh Realme C30 seperti baterai berkapasitas besar dan juga layar berkualitas di harganya yang hanya Rp1 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C30
Kelebihan dan Kekurangan Realme C30

Pada bagian belakang bodi smartphone Realme C30 dibekali dengan 1 (satu) buah kamera yang cukup besar dan bahkan terbilang mumpuni di kelasnya, meskipun bukan yang terbaik di kelasnya. Smartphone murah dari Realme ini juga dirancang agar memiliki keunggulan yang menyeluruh di semua aspek.

Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Realme C30? Berikut ini penulis akan menjelaskan secara rinci beserta spesifikasi dan harga resmi pada saat smartphone ini dirilis di pasar Indonesia.

Kelebihan Realme C30

Kelebihan Realme C30
Kelebihan Realme C30

Setidaknya ada beberapa kelebihan yang nantinya pengguna temukan pada perangkat yang satu ini. Untuk mengetahuinya dengan lebih lengkap dan jelas, di bawah ini akan penulis jabarkan secara rinci.

1. Desain Stylish

Sesuai dengan tagline-nya #PastiStylish tentu Realme C30 memberikan desain modul kamera belakang dengan konsep minimalis. Di dalam modul kamera tersebut terdapat kamera utama dan juga ditemani oleh LED Flash. Pada permukaan bodi belakang dibuat bertekstur ala koper, bergaris vertikal, bahkan Realme juga mengklaim smartphone ini tidak licin pada saat digenggam serta tidak mudah kotor.

Bobot dari Realme C30 sendiri adalah 182 gram dengan dimensi 164,1 x 75,6 x 8,5 mm. Dengan dimensi dan bobot tersebut tentu perangkat terbaru pada Realme cukup enak digenggam dan mudah dibawa kemana-mana.

2. Baterai Berkapasitas 5000 mAh

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya bahwasannya Realme C30 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, dimana ukuran baterai ini memang sudah diharuskan mengingat banyak vendor mengeluarkan baterai 5000 mAh di zaman sekarang. Baterai ini juga mampu bertahan dari pagi sampai malam, dapat disimpulkan sistem manajemen daya perangkat dari Realme C30 cukup baik.

Realme C30 juga telah mendukung konektivitas yang tergolong lumayan lengkap di kelasnya. Mulai dari jaringan seluler 4G, WiFi 5 sampai dengan Bluetooth 5.0. Disamping itu, perangkat ini juga sudah menambahkan teknologi VoLTE clear HD Calls.

3. Layar HD+

Dengan harga di atas 1 jutaan, Realme C30 hadir dengan layar yang cukup baik. Dimana layarnya berkuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ serta refresh rate 60 Hz. Dengan demikian layar dari perangkat ini mampu menghasilkan tampilan mulus dan responsif. Jika digunakan untuk browsing, menonton streaming serta bermain game mungkin masih bisa diandalkan.

Meski masih menggunakan panel IPS, saturasi warna yang dihadirkan juga terbilang baik. Untuk penggunaan di luar ruangan juga cukup oke meski tidak begitu terang, screen ratio dari Realme C30 juga cukup besar sehingga layar nampak lebih luas.

Tak sampai disitu saja, Realme C30 juga sudah menambahkan mode Video Display Enhancement yang akan membantu atau membuat warna menjadi lebih cerah dan vivid dari sejumlah aplikasi seperti YouTube dan juga Google Photo.

4. Dapur Pacu Unisoc T612

Hadir dengan harga 1 jutaan bukan berarti SoC yang digunakan cukup rendah, dimana Realme C30 dibekali dengan dapur pacu mumpuni, dimana ditenagai oleh Unisoc T612. Seperti yang diketahui, chipset tersebut sudah digunakan pada Realme C31 dan juga Realme Narzo 50A Prime. Bahkan, SoC ini diklaim mampu menghemat baterai serta sangat baik jika digunakan untuk penggunaan harian.

Unisoc T612 dibangun dengan fabrikasi 12 nm dan mengandung delapan core CPU. Untuk komposisinya adalah dua Cortex A75 (1,8 GHz) serta enam core Cortex A55 (1,8 GHz). Selain itu saja, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G57 dengan teknologi HyperEngine.

Oh iya, dapur pacu dari Unisoc T612 mendukung RAM 2 GB dan juga RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 32 GB serta 64 GB.

5. Tersedia Fitur Face Unlock

Mengingat harganya yang hanya 1 jutaan saja tentu Realme tidak menghadirkan sidik jari di belakang layar atau di samping bodi. Namun, pihak perusahaan masih memperhitungkan sistem keamanan dari perangkat pengguna dengan menghadirkan fitur Face Unlock. Fitur dari Face Unlock dari Realme C30 juga bekerja dengan baik lantaran menatap kamera selfie berkemampuan 5  MP.

6. Kamera yang Cukup Sederhana

Belakangan ini kebanyakan vendor lain menawarkan smartphone mereka dengan kamera lebih dari 1 (satu) buah saja. Akan tetapi hal ini berbeda dengan Realme C30, dimana perangkat ini hanya dibekali oleh 1 (satu) buah kamera pada bagian belakang saja dengan berkemampuan 8 MP dengan bukaan f/2.0 dan teknologi AI.

Sementara itu, untuk perekam video, resolusi FHD 30 fps adalah resolusi puncak yang dapat dihasilkan oleh Realme C30. Kemudian, untuk kamera selfie mampu menghasilkan video dengan resolusi HD 30 fps saja.

7. Dibekali Speaker Mono yang Keras

Umumnya kebanyakan dari mereka yang menyukai speaker Stereo lantaran lebih keras. Akan tetapi, speaker Mono yang dihadirkan oleh Realme C30 ini juga bisa dikatakan cukup keras meski tidak terlalu ngebass. Untuk speader Mono ini terletak di bagian dekat port Micro USB, meskipun tidak ada teknologi tambahan untuk memperkuat kualitas audio, faktanya sepaker Mono dari Realme C30 masih bisa diandalkan untuk menonton streaming dan mendengarkan musik.

Kekurangan Realme C30

Kekurangan Realme C30
Kekurangan Realme C30

Selain beberapa kelebihan dari Realme C30 di atas, setidaknya ada juga beberapa hal lain yang wajib Anda perhatikan terhadap perangkat ini. Berikut ini penulis akan memberikan beberapa kekurangan Realme C30 di bawah ini.

1. Hanya Ada Adaptor Charger 10W

Meski hadir dengan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh, namun fitur untuk pengisian daya dari Realme C30 terbilang biasa saja. Pasalnya, Realme hanya dibekali dengan adaptor charger 10 W saja, dengan demikian proses pengisian daya akan memakan waktu yang terbilang lama. Absen-nya fitur fast charging ini dikarenakan Realme C30 masih menggunakan micro USB.

2. RAM 2 GB

Sangat disayangkan jika Realme C30 hadir dengan RAM 2 GB di tahun 2022 ini. Umumnya, kebanyakan vendor hadir dengan RAM 3 GB, namun Realme hanya memberikan RAM 2 GB. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah besar jika smartphone ini digunakan untuk bermain game ringan atau hanya sekedar browsing saja. Jika kurang puas dengan RAM 2 GB yang ditawarkan, Anda masih dapat memilih varian RAM 4 GB.

Spesifikasi Realme C30

Spesifikasi Realme C30
Spesifikasi Realme C30

  • Warna : Bamboo Green, Lake Blue.
  • Dimensi : 164.1 x 75.6 x 8.5 mm.
  • Berat : 182 gram.
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : UNISOC Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 2/4 GB.
  • ROM : 32/64 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI Go.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme C30

Harga Realme C30
Harga Realme C30

Realme C30 hadir dengan harga Rp1.499.000 rupiah dengan varian RAM 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Selain itu saja, Realme C30 juga memiliki varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB yang dibanderol dengan harga Rp1.749.000 rupiah. Jika tertarik untuk membelinya, silahkan klik tombol di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain