0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e - Spesifikasi & Harga

Pada 27 Maret 2023 akhirnya ketiga ponsel vivo V27 series diluncurkan di pasar Indonesia. Anggota dari seri ini terdiri atas vivo V27e, vivo V27, dan vivo V27 Pro. Hadirnya vivo V27e ditujukan untuk menggantikan pendahulunya yang rilis pada September 2022 lalu, yakni vivo V25e. 

Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e

Produsen tampaknya menargetkan ponsel ini untuk mereka yang belum terlalu membutuhkan konektivitas jaringan 5G. Benar, sang ponsel hanya mendukung jaringan 4G berkat SoC (System on Chip) yang dibawa yaitu MediaTek Helio G99.

Walaupun begitu, ponsel vivo V27e memiliki beberapa aspek menarik yang bisa memikat calon konsumen. Misalnya bagian desain yang cukup menarik, performa mumpuni meski tidak mendukung jaringan 5G, membawa sertifikasi IP54, memori yang cukup lega, dan lain sebagainya.

Nah, berikut penulis akan membagikan sebuah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan vivo V27e beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan vivo V27e

Kelebihan vivo V27e

1. Desain Modern

Ponsel vivo V27e nampaknya masih mempertahankan corak flat atau datar pada frame serta penutup belakang layaknya pada vivo V25e. Akan tetapi, penataan kamera belakang pada ponsel kali ini terlihat lebih rapi. Bahkan, desain dari sang ponsel pun terlihat lebih modern karena model layarnya sudah berdesain punch hole, itu jelas berbeda dengan pendahulunya yang mengemas Infinity-V Display atau waterdrop notch.

Bodi dan bobot dari si ponsel juga menurut penulis cukup tipis dan ringan. Benar saja, ketebalan dari vivo V27e hanya 7.7 mm dengan berat 185 gram saja. Dengan demikian, pengguna akan nyaman ketika menggemgam ponsel ini.

Tak hanya itu, vivo V27e juga sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu. Ini pun tersedia dalam dua varian warna yaitu Glory Black dan Lavender Purple.

2. Layar AMOLED 120Hz

vivo V27e hadir dengan layar sentuh punch hole berukuran 6.62 inci yang menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) pada resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel dengan aspek rasio 20:9 serta memiliki kerapatan piksel mencapai 398 ppi (pixel per inch). Selain itu, layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 120Hz, sehingga mampu menampilkan animasi dan game yang lebih smooth dibandingkan refresh rate 90Hz.

Layar tersebut juga memiliki tingkat kecerahan hingga 1300 nits. Wajar saja jika tampilannya sangat jelas meski sedang di luar ruangan. Bahkan, sertifikasi Widevine L1 turut andil dalam sang ponsel, sehingga menandakan bahwa vivo V27e mampu menampilkan film di platform bioskop online dengan kualitas tertinggi.

Bukan hanya itu, layar vivo V27e pun sudah mengantongi sertifikasi dari SGS eyecare. Oleh karena itu, emisi cahaya biru penyebab sakit mata telah dikurangi hingga batas aman. Adapun layar sang ponsel telah mendukung sensor pemindai sidik jari bertipe optik di dalam layar.

3. Performa Ngebut dari Helio G99

Untuk dapur pacu yang digunakan oleh vivo V27e ini terbilang ngebut. Soalnya, ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang dibangun atas fabrikasi 6 nanometer. Tidak hanya itu, MediaTek Helio G99 pun dikemas dengan kombinasi delapan inti prosesor octa-core yang kencang.

Di mana, ke-delapan CPU (Central Processing Unit) ini mencakup klaster berkinerja tinggi yang berisikan dua unit Cortex A76 dengan clock 2,2 GHz. Untuk menunjang aktivitas harian, terdapat juga klaster efisiensi daya yang terdiri dari enam unit Cortex A55 dengan clock 2,0 GHz.

MediaTek Helio G99 ini juga disokong pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G57 MC2.

vivo V27e ini juga sudah dilengkapi kemampuan penambah RAM Virtual melalui fitur 8 GB Extended RAM, meminjam sebagian memori dari penyimpanan internal untuk dijadikan RAM sementara. Akan tetapi, hal ini tak perlu dilakukan mengingat RAM default pada sang ponsel sudah bisa dikatakan cukup besar.

4. Adanya Slot microSD

Ponsel kelas menengah besutan vivo Indonesia ini hadir dalam dua varian memori yaitu 8/256 GB, dan 12/256 GB. Dengan memori yang cukup besar tersebut, tentu akan membuat pengguna lebih tenang ketika menginstall banyak aplikasi. Bahkan, pengguna juga tak khawatir lagi saat menyimpan banyak file-file penting seperti video, musik, dan sejenisnya.

Walaupun Anda memilih varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB pun juga tak perlu berkecil hati. Pasalnya, Anda masih dapat melakukan ekspansi memori eksternal melalui slot microSD bertipe hybrid.

5. Kamera Utama 64 MP

Sisi fotografi, vivo V27e hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 64 MP pada bukaan aperture f/1.8 juga diperkuat fitur phase-detection autofokus + OIS (Optical Image Stabilization), kamera makro 2 MP bukaan aperture f/2.4, dan sensor kedalaman 2 MP pada bukaan aperture f/2.4.

Kekuatan sang ponsel yang cukup besar dirasakan pada pengalaman selfie dan vlogging, lantaran mendukung kamera selfie berkekuatan 32 MP pada bukaan aperture f/2.5.

Hal yang berbeda di sektor kamera ponsel ini adalah terdapat lampu flash berbentuk ring di bodi belakangnya. vivo menyebutnya dengan Aura Light. Lampu flash tersebut konon dapat optimal ketika digunakan untuk menghasilkan foto potret.

6. Fast Charging 66W

vivo V27e dibekali baterai berkapasitas 4.600 mAh. Akan tetapi, ketahanan baterai dari si ponsel dapat membuatnya tetap menyala hingga 20 jam lamanya ketika digunakan untuk pemutaran video lokal sekalipun pada kapasitas di bawah 5.000 mAh. 

Adapun teknologi pengisian cepat 66W yang dihadirkan oleh sang ponsel. Dengan begitu, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Beruntung, charger dengan daya 66W juga turut dihadirkan di dalam kotak penjualan.

7. Dukungan Fitur NFC

Ponsel kelas menengah besutan vivo Indonesia ini pun juga sudah didukung oleh fitur NFC (Near Field Communication) yang berfungsi untuk mengisi saldo e-Money dan eToll dengan hanya menempelkan kartu pada bodi belakang vivo V27 5G.

NFC (Near Field Communication) pada sang ponsel juga hadir dengan mekanisme keamanan eSE (embedded Secure Element) sehingga proses transaksi digital dapat terjalin dengan lebih aman.

8. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Konektivitas yang dibawa oleh vivo V27e sendiri menurut penulis cukup lengkap dengan mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2 dengan codec A2DP dan LE, GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, USB Type-C 2.0, dan USB On-The-Go.

Tak hanya itu, vivo V27 5G juga memiliki kelengkapan sensor yang terbilang lengkap seperti hadirnya sensor fingerprint di dalam layar atau under display optical, accelerometer, gyro, proximity, dan juga compass.

Kekurangan vivo V27e

Kekurangan vivo V27e

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Jika Anda menginginkan memotret pemandangan maksimal atau lebih luas, mungkin di antara Anda akan kecewa terhadap ponsel yang satu ini. Benar saja, vivo V27e tidak dibekali kamera atau lensa ultrawide sama sekali, sehingga ia hanya memiliki FoV (Field of View) terbatas ketika melakukan pemotretan.

2. Stereo Speaker Absen 

vivo V27e hanya terdapat satu buah speaker saja yang terletak di bawah bodi sang ponsel. Padahal, menyediakan stereo speaker pada sebuah ponsel merupakan sebuah keunggulan pada ponsel itu sendiri. Keberadaan stereo speaker ini juga bisa memberikan kesan seimbang dan spesial ketika sedang menonton film favorite atau ketika bermain game. 

Kini bahkan sudah banyak sekali sebuah ponsel di rentang jarga Rp2-3 jutaan yang menggunakan stereo speaker. Namun, vivo V27e malah justru menghilangkan stereo speaker.

Spesifikasi vivo V27e

Spesifikasi vivo V27e
  • Warna : Glory Black dan Lavender Purple.
  • Dimensi : 162.5 x 75.8 x 7.7 mm.
  • Berat : 185 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.62 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB / 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, Funtouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 4600 mAh, fast charging 66W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga vivo V27e

Harga vivo V27e

vivo V27e adalah ponsel kelas menengah terbaru dari vivo yang tampil dengan desain modern disertai Aura Light guna meningkatkan kualitas foto potret di malam hari. Kamera dari sang ponsel pun terbilang cukup mumpuni berkekuatan 64 MP dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization). Layar pada ponsel ini juga kian imersif berkat panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan dukungan refresh rate 120Hz disertai performa mumpuni dari MediaTek Helio G99. 

Harga vivo V27e terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp4.299.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Sedangkan untuk varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp4.899.000 rupiah.