0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro - Spesifikasi & Harga

Setelah meluncurkan Infinix Hot 30 pada Mei 2023 lalu, kini Infinix Mobility Indonesia kembali memperkenalkan smartphone terbarunya melalui seri Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro pada 8 Juni 2023. Di antara Infinix Note 30 series sendiri, bisa dikatakan Infinix Note 30 Pro merupakan yang paling menggiurkan karena menawarkan fitur unggulan di harga mid-range.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro

Bahkan, beberapa fitur pada smartphone besutan Infinix Mobility Indonesia ini diketahui lebih banyak dimiliki oleh ponsel flagship di atas Rp10 jutaan, misalnya seperti kamera dengan resolusi tinggi, fitur baterai melimpah, sampai dengan balutan desain bodi yang begitu menawan dan mewah.

Lalu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Infinix Note 30 Pro beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Infinix Note 30 Pro

Kelebihan Infinix Note 30 Pro

1. Desain Menawan

Secara desain, Infinix Note 30 Pro membawakan kamera berbentuk persegi. Kehadiran desain seperti ini bisa dibilang agak mirip dengan sejumlah smartphone keluaran 2020-an awal, tetapi Infinix telah memberikan sebuah twist yang berbeda.

Dimensi perseginya dibuat lebih besar hingga melebihi lebih dari setengah bodi jika diukur dari kiri ke kanan. Rancang bangunnya berbentuk datar alias flat, namun dengan sisi-sisi yang sedikit melengkung guna tidak memberikan sensasi tajam ketika digenggam.

Bahkan, Infinix Note 30 Pro menjadikannya sebagai Note series pertama yang menggunakan bahan material kaca di belakangnya, memberikan kesan premium dan mahal yang tidak bisa didapatkan pada smartphone yang menggunakan bahan plastik polikarbonat.

Untuk dimensi, smartphone Infinix Note 30 Pro ini memiliki dimensi 168.5 x 76.5 x 8.5 mm dengan bobot 203 gram. Dari informasi yang penulis terima, sang ponsel hadir dalam dua varian warna, yakni Variable Gold dan Magic Black.

2. Memiliki Sertifikasi IP53

Tak hanya itu, proses coating pada desain Infinix Note 30 Pro ini juga diketahui menggunakan proses NCVM sehingga membuatnya lebih tahan terhadap suhu tinggi dan kelembaban. Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh sang ponsel adalah sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu.

Walaupun masih IP53, setidaknya penambahan IP Rating pada smartphone terjangkau patut untuk diapresiasi.

3. Layar AMOLED 120Hz

Smartphone kelas menengah terbaru dari Infinix Mobility Indonesia ini pun dipersenjatai oleh layar sentuh waterdrop berukuran 6,7 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 388 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan mencapai 900 nits.

Layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 120Hz yang smooth, serta touch sampling rate 360Hz yang imersif. Perlu diketahui, teknologi Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) pada Infinix Note 30 Pro ini mampu menampilkan 1 milyar warna dengan 100% DCI-P3 color gamut.

Kemudian, layarnya dikemas dengan color depth 10-bit dan 100% DCI-P3 color gamut. Kontras rasionya diketahui mencapai rasio 5.000.000:1 sehingga membuat tampilannya lebih optimal. Untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan mata, Infinix Note 30 Pro dibekali fitur eye care mode. Hadirnya sertifikasi TUV Rheinland Certification pada layar juga semakin menjamin bahwa tampilan layarnya terasa aman dan nyaman.

4. Performa Gegas dari Helio G99

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Infinix Note 30 Pro sendiri menurut penulis cukup powerful berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Infinix Note 30 Pro ini juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB serta masih didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB triple slot. Bahkan, ia juga sudah dilengkapi fitur keamanan yang lengkap seperti face unlock dan juga fingerprint side mounted.

5. Kamera Utama 108 MP

Beralih ke sektor kamera, Infinix Note 30 Pro hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 108 MP pada bukaan aperture f/1.6 dengan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel yang didukung oleh fitur phase-detection autofocus, dan quad LED flash.

Lalu kamera keduanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang pada sang ponsel ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh dengan mode portrait. Sedangkan kamera ketiga berfungsi sebagai AI lens detection.

Menilik pada bagian depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 32 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus yang disematkan fitur AI. Perihal perekaman video, kamera utama pada Infinix Note 30 sanggup merekam pada resolusi 1440p@30fps. Sedangkan untuk kamera depan atau selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Awet dengan Fast Charge 68W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Infinix Note 30 Pro ini didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh serta diperkuat oleh teknologi pengisian cepat AI-round Fast Charge 68W, ini disinyalir dapat mengisi baterai hingga 80% dalam waktu 30 menit saja. 

Fitur pengecasan pada sang ponsel juga bisa dibilang melimpah, salah satunya adalah bypass charging yang dapat menangani HP langsung dari sumber listrik alih-alih dari baterai.

Charger tersebut juga sudah mendukung protokol USB Power Delivery 3.0, sehingga mendukung perangkat-perangkat lainnya juga seperti laptop dan konsol gim portable. 

Tak hanya itu, terdapat juga teknologi Intelligent Power E-IQ yang dapat membuat ponsel ini tetap aman ketika dicas semalaman. Bahkan, Infinix Note 30 Pro sudah mendukung wireless charging 15W.

7. Audio Mumpuni

Adapun hal yang menarik dari Infinix Note 30 Pro ini adalah sudah dibekali oleh dual stereo speaker tuned by JBL yang ditandemkan sertifikasi Hi-Res Audio guna menghasilkan pengalaman menonton film, mendengarkan musik, sampai dengan bermain game menjadi lebih asyik. 

Bahkan, ponsel ini juga dilengkapi linier motor vibration untuk menghasilkan getaran yang lebih tactiile saat bermain game.

Sayangnya, speaker yang ada di bagian bawah posisinya kurang bagus. Alhasil, kadang speaker ini akan tertutup oleh tangan Anda ketika menggemggam perangkatnya.

8. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Infinix Note 30 Pro ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Infinix Note 30 Pro. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Kekurangan Infinix Note 30 Pro

Kekurangan Infinix Note 30 Pro

1. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Infinix Note 30 Pro memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Infinix Mobility Indonesia malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya dan QVGA sebagai kamera ketiganya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide.

2. Tanpa Dukungan 5G

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Infinix Note 30 Pro ini adalah tidak mendukung jaringan 5G. Walaupun jaringan 5G ini masih belum bisa digunakan dengan optimal di Indonesia, cukup disayangkan sekelas smartphone Rp3 jutaan tidak memiliki jaringan 5G di dalamnya.

Jika suatu saat nanti jaringan 5G telah semakin menyeluruh di Indonesia dan jaringan 4G sudah mulai ditinggalkan, tentu Anda mau tidak mau harus membeli sebuah smartphone terbaru yang telah mendukung jaringan 5G guna merasakan pengalaman pengguna yang optimal.

Spesifikasi Infinix Note 30 Pro

Spesifikasi Infinix Note 30 Pro
  • Warna : Variable Gold dan Magic Black.
  • Dimensi : 168.5 x 76.5 x 8.5 mm.
  • Berat : 203 gram.
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 68W wired, 15W wireless..
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP +  QVGA.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Infinix Note 30 Pro

Harga Infinix Note 30 Pro

Infinix Note 30 Pro merupakan sebuah smartphone kelas menengah terbaru yang menawarkan performa memadai berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99, dan andalkan kamera beresolusi tinggi berkekuatan 108 MP layaknya pada ponsel flagship. Tak cukup sampai disitu saja, sang ponsel juga dipersenjatai oleh layar sentuh waterdrop berukuran 6,78 inci dengan panel Super AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz. Harga smartphone Infinix Note 30 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.099.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.