0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 - Spesifikasi & Harga

Setelah meluncurkan Infinix Hot 30 pada Mei 2023 lalu, kini Infinix Mobility Indonesia kembali memperkenalkan smartphone terbarunya melalui seri Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro pada 8 Juni 2023. Dimana smartphone Infinix Note 30 ini membawa desain yang cukup cantik dan tampak mewah. Kemudian, terdapat juga fitur-fitur canggih serta kekinian yang ditawarkan oleh ponsel besutan Infinix Mobility Indonesia ini.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30

Lalu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Infinix Note 30 beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Infinix Note 30

Kelebihan Infinix Note 30

1. Desain Menawan

Soal desain, Infinix Note 30 tampil dengan desain menawan. Bodi bagian belakang sang ponsel dilapisi oleh material kaca dengan finishing satin. Bukan hanya itu, ia juga dihiasi oleh housing kamera tanpa island seperti sang kakak, yakni Infinix Note 30 Pro. Bagian menonjolnya ada pada dua lensa kamera yang bertengger di samping lampu flash. Lalu, embos Infinix berdiri tegak sedikit lebih jauh di bagian bawah housing kameranya.

Lebih lanjut ke sisi samping kanan pada Infinix Note 30, terdapat tombol power yang merangkap sebagai sensor sidik jari. Ada pula tombol volume di bagian ini. Keduanya hadir dalam posisi yang cukup presisi. Pada sebelah kiri, terdapat slot SIM Card yang terdiri dari dual nano SIM juga satu slot microSD. Di sisi atas dari frame si ponsel dihiasi oleh logo JBL. Nah, bagian bawahnya juga terdapat beberapa port seperti USB Type-C, audio jack 3,5mm, dan speaker.

Untuk dimensi, smartphone Infinix Note 30 ini memiliki dimensi 168.6 x 76.6 x 8.6 mm dengan bobot 219 gram. Dari informasi yang penulis terima, sang ponsel hadir dalam tiga varian warna, yakni Obsidian Black, Interstellar Blue, dan Sunset Gold.

2. Memiliki Sertifikasi IP53

Infinix Note 30 rupanya telah memiliki sertifikasi IP Rating. Walaupun masih IP53, setidaknya penambahan IP Rating pada smartphone terjangkau patut untuk diapresiasi. Dengan demikian, ponsel ini memiliki ketahanan terhadap cipratan air dan juga paparan debu.

Selain sudah memiliki sertifikasi IP Rating, pada bagian layar dari Infinix Note 30 tampaknya telah dilapisi pelindung layar. Kendati demikian, Infinix tak menyebutkan lebih detail soal jenis proteksi yang digunakan pada layar smartphone ini.

3. Layar IPS 120Hz

Smartphone kelas menengah terjangkau dari Infinix Mobility Indonesia ini pun dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 396 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Layar tersebut juga sanggup memancarkan kecerahan hingga 580 nits (peak) dan didukung oleh refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz yang imersif. Bahkan, layar pada Infinix Note 30 tersebut sudah memiliki sertifikasi Widevine L1. Sehingga, pengguna dapat menonon Netflix dengan kualitas visual yang bagus.

4. Performa Cukup Powerful

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Infinix Note 30 sendiri menurut penulis cukup powerful berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Infinix Note 30 ini juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB serta masih didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB triple slot.

5. Kamera Utama 64 MP

Sisi fotografi, Infinix Note 30 hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 64 MP pada bukaan aperture f/1.7 dengan sensor OmniVision berukuran 1/2 inci 0.7um piksel yang didukung oleh fitur phase-detection autofocus dan quad LED flash.

Lalu kamera keduanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang pada sang ponsel ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh dengan mode portrait. Sedangkan kamera ketiga berfungsi sebagai AI lens detection.

Menilik pada bagian depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, kamera utama pada Infinix Note 30 sanggup merekam pada resolusi 1440p@30fps. Sedangkan untuk kamera depan atau selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai 5000 mAh dengan 45W All-Round Fast Charge

Tak jauh berbeda dengan sang kakak (Infinix Note 30 Pro), Infinix Note 30 ini juga membawa baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh. Bukan hanya besar saja, baterainya juga bisa dikatakan cukup awet. Dari informasi yang penulis himpun, baterai dari smartphone ini mampu bertahan hingga 119 jam dalam penggunaan normal.

Selain itu, kecepatan daya pada Infinix Note 30 juga terbilang impresif. Ini berkat kehadiran teknologi pengisian cepat 45W. Bahkan, pihak Infinix mengklaim jika ponselnya hadir dengan 45W All-Round Fast Charge yang membuat proses pengisian tergolong cepat.

7. Audio Mumpuni

Adapun hal yang menarik dari Infinix Note 30 ini adalah sudah dibekali oleh dual stereo speaker tuned by JBL yang ditandemkan sertifikasi Hi-Res Audio guna menghasilkan pengalaman menonton film, mendengarkan musik, sampai dengan bermain game menjadi lebih asyik. 

Bahkan, ponsel ini juga dilengkapi linier motor vibration untuk menghasilkan getaran yang lebih tactiile saat bermain game.

Sayangnya, speaker yang ada di bagian bawah posisinya kurang bagus. Alhasil, kadang speaker ini akan tertutup oleh tangan Anda ketika menggemggam perangkatnya.

8. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Infinix Note 30 ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Infinix Note 30. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Kekurangan Infinix Note 30

Kekurangan Infinix Note 30

1. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Infinix Note 30 memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Tecno Mobile malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide.

Spesifikasi Infinix Note 30

Spesifikasi Infinix Note 30
  • Warna : Obsidian Black, Interstellar Blue, dan Sunset Gold.
  • Dimensi : 168.6 x 76.6 x 8.6 mm.
  • Berat : 219 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP +  QVGA.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Infinix Note 30

Harga Infinix Note 30

Infinix Note 30 adalah sebuah smartphone kelas menengah terbaru yang mengunggulkan performa powerful berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 dengan memori internal yang lapang pula. Tak hanya itu, ponsel besutan Infinix Mobility Indonesia pun juga didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh dengan teknologi pengisian cepat 45W yang impresif. Harga smartphone Infinix Note 30 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.499.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.