0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan POCO F5 5G - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses meluncurkan smartphone POCO F4 pada 30 Juni 2022 lalu. POCO Indonesia kembali melanjutkan smartphone kelas menengah tersebut melalui seri POCO F5 pada 27 Juni 2023. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni POCO F4. Ada berbagai hal baru yang ditawarkan oleh POCO pada smartphone mereka kali ini. 

Namun, yang paling menarik perhatian adalah ia sudah ditopang oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2. Konon, SoC (System on Chip) ini memiliki kemampuan yang hampir menyaingi chipset Snapdragon 8 Series keluaran 2022. Hal ini tentunya merupakan sebuah lompatan buat sebuah chipset Snapdragon 7 Series.

Kelebihan dan Kekurangan POCO F5 5G

Kendati demikian, POCO F5 tidak melulu soal performa tinggi. Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh sang ponsel seperti didukung oleh LiquidCool Technology 2.0, adanya fitur X-axis linear motor, baterai berkapasitas 5000 mAh yang merupakan sebuah peningkatan dari POCO F4 disertai teknologi pengisian cepat 67W, hingga kamera utama memukau disertai fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Sebelum melirik smartphone kelas menengah besutan POCO terbaru ini, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan POCO F5 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan POCO F5 5G

Kelebihan POCO F5 5G

1. Desain Ringan dan Nyaman

Secara desain, POCO membawa bahasa desain baru pada POCO F5. Jika sebelumnya smartphone POCO selalu menggunakan housing pada deretan kamera belakang, kini housing tersebut dihilangkan, Dengan demikian, tampilan dari POCO F5 ini terlihat lebih minimalis. Tonjolan lensa dari tiga buah kamera di bagian belakangnya terlihat begitu saja. Urusan material bodi yang digunakan, ponsel kelas menengah ini masih menggunakan plastik polikarbonat pada penutup belakang serta frame-nya.

Namun, kesan murahan sama sekali tidak muncul. Bahkan POCO memberikan sentuhan chamfered pada sambungan antara penutup belakang dan framenya. Perlu diketahui, chamfered dapat diartikan sebagai sudut melengkung sekitar 45 derajat.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun, POCO F5 ini hadir dalam tiga varian warna yang terdiri dari Black, Blue, dan White. Namun, varian warna White menurut penulis paling menarik karena memiliki corak seperti embun es. Bahkan, smartphone kelas menengah besutan POCO ini telah mengantongi sertifikasi IP53, sehingga ia tahan terhadap debu dan percikan air.

2. Layar AMOLED dengan Stereo Speaker

Smartphone POCO F5 ini pun dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan 395 ppi (pixel per inch) dengan tingkat kecerahan puncak mencapai di angka 1000 nits (HBM). Tampilan layarnya sendiri juga cukup oke untuk konsumsi konten, bermain game, dan masih terlihat jelas ketika berada di luar ruangan.

Layar dari POCO F5 itu juga sudah dijejalkan fitur 1920 Hz PWM Dimming guna mengurangi kedipan layar pada saat disetel pada level kecerahan rendah. Terdapat juga fitur Adaptive HDR dan Dolby Vision yang mampu meningkatkan pengalaman pengguna pada saat menonton konten video atau film HDR. Bahkan, produsen juga mengklaim layar dari ponsel ini mampu mengeluarkan warna sesuai standar DCI-P3.

Tak hanya itu, layarnya juga sudah mengusung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Itu juga sudah dilapisi oleh antigores dari Corning Gorilla Glass 5.

Adapun juga speaker stereo pada POCO F5 untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada saat menonton video maupun bermain game. Speaker utamanya diletakkan di sisi bawah, sedangkan speaker sekunder merangkap earpice berada di bezel atas layar.

3. Performa Superior di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh POCO F5 ini pun menurut penulis yang terkencang di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 berfabrikasi 4 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari single-core ARM Cortex X2 berkecepatan 2.91 GHz, triple-core ARM Cortex A710 berkecepatan 2.49 GHz, dan quad-core ARM Cortex A510 berkecepatan 1.8 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 725.

Octa-core prosesor CPU (Central Processing Unit) pada Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 ini juga ditemani beberapa komponen penting. Antara lain ISP Spectra (mendukung kamera hingga beresolusi 200 MP), prosesor AI Hexagon, dan modem 5G.

Snapdragon 7+ Gen 2 sendiri didukung oleh memori RAM 8 GB dan 12 GB LPDDR5, dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 3.1. Tak ada opsi untuk melakukan ekspansi memori eksternal pada sang ponsel karena ia tidak memiliki slot microSD. Yang ada adalah fitur Dynamic RAM hingga 8 GB.

4. Kamera Cukup Memadai

Sisi fotografi, POCO F5 hadir dengan konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 64 MP pada bukaan aperture f/1.8 berukuran 1/2 inch 0.7um piksel disertai dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization), gyro-EIS (Electronic Image Stabilization), phase-detection autofocus, dan LED flash.

Kamera kedua dari smartphone POCO F5 ini mengusung resolusi 8 MP pada bukaan f/2.2 berukuran 1/4 inch 1.12um piksel dengan FoV (Field of View) 120 derajat yang berfungsi sebagai kamera ultrawide. Sedangkan untuk kamera ketiganya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 16 MP pada bukaan aperture f/2.5. Perihal perekaman video, kamera belakang dari POCO F5 ini mampu merekam hingga resolusi 4K@30fps, sedangkan untuk kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@60 fps saja.

5. Baterai 5000 mAh + Fast Charging 67W

Salah satu faktor yang turut menentukan kenyaman pakai suatu ponsel adalah baterai. Smartphone kencang dengan daya baterai yang buruk tentu bisa mengurangi rasa nyaman penggunanya. Oleh karena itu, POCO F5 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang termasuk bagus daya tahannya.

Dari informasi yang penulis terima, POCO F5 mampu bertahan hingga dua hari dalam sekali cas saja. Perlu diketahui, baterai berkapasitas 5000 mAh mungkin sudah lumrah serta bisa dijumpai di banyak smartphone masa kini. Namun, kapasitas besar tidak sama dengan daya tahan baik.

Nah, faktor yang berperan penting pada smarpthone kelas menengah ini adalah SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 karena memiliki spesifikasi efisiensi daya yang baik. Bahkan, sang ponsel mampu bertahan selama 21 jam 8 menit dalam skenario pemutaran video lokal.

Tak hanya awet, baterai dari POCO F5 juga bisa terisi dengan cepat berkat dukungan teknologi pengisian cepat 67W melalui USB Type-C 2.0. Menurut klaim POCO, smartphone ini mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 46 menit saja.

6. Adanya Audio Jack 3,5mm dan IR Blaster

Smartphone POCO F5 memang sudah memiliki kombinasi ideal untuk aktivitas multimedia, yakni layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan dual stereo speaker. Namun, jika di antara Anda ingin merasakan dentuman suara yang lebih terasa, terdapat juga port audio jack 3,5mm yang bisa dimanfaatkan. Ini tentu merupakan fitur yang dicari-cari oleh seorang gamer untuk mendengarkan suara di dalam game tanpa adanya delay ketika menggunakan headphone wireless, mengingat port 3,5mm juga tidak dimiliki oleh POCO F4.

Ia juga tidak meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh smartphone keluarga Xiaomi yaitu fitur IR Blaster atau infrared blaster. Fitur ini memungkinkan pengguna dalam mengubah smartphone menjadi remote universal. Berbagai barang elektronik dari macam-macam merek dan dapat dikendalikan oleh satu ponsel saja.

7. Adanya Fitur NFC

Kelebihan POCO F5 selanjutnya adalah sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communications) yang dimana fitur ini cukup penting untuk ponsel saat ini. Dengan adanya fitur NFC maka pengguna bisa mengecek saldo eMoney, kirim kontak, transfer data, mengisi saldo eToll dan banyak lagi. Bukan hanya bisa dinikmati oleh ponsel mid-range, rupanya ponsel entry-level juga sudah cukup banyak yang menghadirkan fitur NFC ini.

Kekurangan POCO F5 5G

Kekurangan POCO F5 5G

1. Adanya Bloatware

POCO F5 sendiri hadir dengan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka MIUI 14 for POCO. Hanya saja, bloatware atau aplikasi prainstal yang dikandungnya terbilang cukup banyak. Untungnya, sebagian besar dari bloatware tersebut masih bisa di-uninstall. Dengan demikian, itu juga akan membuat ruang penyimpanan internal menjadi lebih lega.

Tak hanya itu, produsen juga menjanjikan update software selama tiga tahun untuk POCO F5. Rinciannya adalah 2 kali peningkatan sistem operasi dan 3 tahun pembaruan sistem keamanan setiap 3 bulan sekali. Artinya, POCO F5 akan masih bisa mencicipi Android 15 di masa mendatang dan akan terus didukung hingga tahun 2026.

Spesifikasi POCO F5 5G

Spesifikasi POCO F5 5G
  • Warna : Black, Blue, White.
  • Dimensi : 161.1 x 75 x 7.9 mm.
  • Berat :181 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM7475-AB Snapdragon 7+ Gen 2 (4 nm).
  • GPU : Adreno 725.
  • RAM : 8 GB / 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, MIUI 14 for POCO.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 67W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga POCO F5 5G

Harga POCO F5 5G

POCO F5 5G merupakan salah satu smartphone mid-range atau kelas menengah terbaru yang paling kencang di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 yang superior. Selain menawarkan performa kencang, ponsel ini pun memiliki fitur-fitur menarik seperti LiquidCool Technology 2.0, adanya fitur X-axis linear motor, sudah mengantongi sertifikasi IP53, dibekali antigores dari Corning Gorilla Glass 5, adanya fitur OIS, gyro-EIS, NFC, dan lain sebagainya.

Harga smartphone POCO F5 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp4.799.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Sedangkan untuk varian RAM 12 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp5.299.000 rupiah.