0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10C NFC - Spesifikasi & Harga

Tecno Mobile Indonesia kembali merangsek pasar smartphone entry-level tanah air setelah meluncurkan Tecno Spark 10 NFC dan Tecno Spark 10 NFC, kini juga hadir seri Tecno Spark 10C NFC pada 24 Juni 2023. Bisa dikatakan, ponsel ini merupakan varian paling murah dibandingkan Tecno Spark 10 NFC dan juga Tecno Spark 10 Pro NFC.

Walaupun harganya murah yaitu sekitar Rp1,3 jutaan, Tecno Spark 10C NFC ini rupanya masih memiliki beberapa sektor menarik yang diadopsi langsung dari Spark 10 series yang dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal. Sebut saja kemampuan layar, kapasitas memori, hingga baterai.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10C NFC

Perihal performa, Tecno Spark 10C NFC ini memiliki performa cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T606 dipadukan dengan RAM 4 GB dengan memori internal seluas 64 GB yang masih bisa diandalkan. Tak hanya itu, keseluruhan performa pada smartphone entry-level ini pun dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan teknologi pengisian cepat 18W.

Yuk, cari tahu lebih lanjut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 10C NFC beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui sebelum membelinya.

Kelebihan Tecno Spark 10C NFC

Kelebihan Tecno Spark 10C NFC

1. Desain Menarik

Menilik pada bagian desainnya, Tecno Spark 10C NFC mengusung dua desain sekaligus yaitu glossy dan matte. Desain glossy terdapat pada seluruh area modul kamera. Sedangkan bodi lainnya termasuk frame menggunakan desain matte.

Dengan desain bodi matte ini, tentu saja si ponsel akan cukup nyaman digenggam. Terlebih lagi penutup belakang serta framenya dibuat secara flat atau datar. Lanjut ke sisi depan, Tecno Spark 10 NFC masih mengusung kamera depan waterdrop notch yang terletak di tengah layar. Untuk dimensi, ponsel ini memiliki ukuran 163.9 x 75.5 x 8.5 mm dengan bobot 202 gram. Dari informasi yang penulis himpun, Tecno Spark 10C NFC hanya menghadirkan varian warna Magic Skin Blue untuk pasar Indonesia.

Varian warna Magic Skin Blue ini sendiri memiliki tekstur tacticle magic yang khas seperti sebuah kulit. Ini membuatnya jadi lebih nyaman pada saat disentuh ataupun digenggam. Adapun yang cukup menarik adalah tidak adanya noda sidik jari yang akan menempel. Tentu ini merupakan kombinasi yang pas untuk mengimbangi tampilan desainnya yang terlihat premium.

2. Layar dengan Refresh Rate 90Hz

Smartphone Tecno Spark 10C NFC ini sendiri dipersenjatai oleh layar sentuh waterdrop notch pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai di angka 266 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Tak hanya itu saja, smartphone Tecno Spark 10C NFC ini mampu memancarkan kecerahan hingga 480 nits serta telah mengusung refresh rate 90Hz guna menampilkan animasi yang lebih smooth. Selain itu, ia juga dibekali oleh touch sampling rate 180Hz untuk performa touchscreen yang responsif untuk gaming.

Dengan refresh rate tinggi tersebut, tentu saja Anda akan dapat menikmati pergerakan animasi yang lebih mulus. Bahkan, Anda juga bisa mengaturnya seperti tetap di 90Hz, 60Hz, atau Auto-switch Refresh Rate. Ini juga tentu akan membuatnya secara otomatis berubah juga akan memengaruhi masa pakai baterai.

3. Performa Kompeten di Kelasnya

Performa dari Tecno Spark 10 NFC ini pun menurut penulis cukup powerful di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T606 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core prosesor 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55  berkecepatan 1,6 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G57 dengan frekuensi 650MHz.

Merujuk pada data dari Nanoreview, SoC (System on Chip) Unsico T606 ini mampu mendapatkan skor AnTuTu v9 hingga 177.611. Sementara itu, pada GeekBench 5, terdapat single-core dengan skor 310 dan multi-core dengan skor 1.167. Menurut penulis, skor tersebut sebenarnya sudah cukup menarik untuk sebuah smartphone entry-level di kelasnya.

4. Memori Cukup Lega

Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa performa dari sebuah smartphone memang tidak hanya berasal dari chipset saja. Hal ini juga yang menyebabkan skor AnTuTu tersebut berbeda antara skor chipset pada smartphone tertentu.

Nah, salah satu yang paling memengaruhi performa dari sebuah smartphone adalah kapasitas memorinya. Walaupun dibanderol dengan rentang harga Rp1 jutaan, Tecno Spark 10C NFC tampak menjadi salah satu ponsel yang dibekali oleh memori yang lega.

RAM yang ditawarkan oleh Tecno Spark 10C NFC ini adalah berkapasitas 4 GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 64 GB. Bahkan, terdapat juga fitur Memory Fusion yang memungkinkan Anda dalam menambah kapasitas RAM hingga 4 GB, serta juga masih tersedia slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB triple slot.

5. Kamera Masih Bisa Bersaing

Sisi fotografi, Tecno Spark 10C NFC ini bisa dikatakan cukup bersaing di kelasnya dengan menghadirkan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 16 MP pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1um piksel yang didukung oleh fitur phase-detection autofocus, dan LED flash. Kemudian terdapat kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor.

Di sisi depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed-focus dengan dual LED flash. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps saja.

6. Baterai 5000 mAh + 18W Fast Charging

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Spark 10C NFC dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang standar untuk sebuah smartphone masa kini. Ketahanannya juga tidak jauh berbeda dengan saudara-saudaranya, yakni Tecno Spark 10 NFC dan Tecno Spark 10 Pro NFC. Bahkan, Tecno juga mengklaim bahwa baterai dari sang ponsel mampu bertahan lama walaupun digunakan untuk bermain game maupun telepon seluler.

Melansir Royal Tech Pro melalui video pada kanal YouTube pribadinya melakukan pengujian dengan memainkan smartphone ini selama 40 menit. Mulai dari membuka sosial media, Google Maps, kamera, dan beberapa aplikasi lainnya. Tecno Spark 10C NFC ini hanya menghabiskan baterai sekitar 5% saja.

7. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Tecno Mobile juga menghadirkan konektivitas dan sensor yang cukup lengkap dalam seri ini. Benar saja, Tecno Spark 10C NFC mengandalkan fitur jaringan 4G, dilengkapi Bluetooth 5.0. Untuk Wi-Fi masih menggunakan Wi-Fi 5. Ia juga dilengkapi fitur NFC dan juga USB Type-C 2.0.

Perlu diketahui, fitur NFC (Near Field Communication) dapat membantu pengguna ponsel dalam melakukan pembayaran non tunai, transfer data ke perangkat lain dengan lebih cepat, dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, Tecno Spark 10C NFC juga menghadirkan kelengkapan sensor yang cukup lengkap seperti fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, dan compass.

Kekurangan Tecno Spark 10C NFC

Kekurangan Tecno Spark 10C NFC

1. Terdapat Bloatware dan Iklan

Perlu diketahui, Tecno Spark 10C NFC ini masih menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka HiOS 8.6. HiOS juga menjadi salah satu antarmuka yang memiliki banyak fitur menarik di dalamnya. Terdapat berbagai sejumlah opsi yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan tampilan, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, Tecno Spark 10C NFC masih memiliki beberapa bloatware yang telah terinstall. Bahkan, sebagian dari bloatware tersebut juga sulit untuk di-uninstall. Tak hanya itu, antarmuka HiOS 8.6 juga memiliki iklan yang mengganggu. Namun, ini masih bisa ditoleransikan mengingat harganya yang murah, tetapi masih memberikan fitur-fitur menarik di kelasnya.

Spesifikasi Tecno Spark 10C NFC

Spesifikasi Tecno Spark 10C NFC
  • Warna : Magic Skin Blue.
  • Dimensi : 163.9 x 75.5 x 8.5 mm.
  • Berat : 202 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc T606 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, HIOS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 16 MP + 0.06 MP
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno Spark 10C NFC

Harga Tecno Spark 10C NFC

Tecno Spark 10C NFC adalah salah satu smartphone terbaru dan termurah yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication) serta ditopang oleh SoC (System on Chip) powerful di kelasnya dari Unisoc T606 dan didukung oleh layar sentuh beresolusi HD+ yang sudah mengusung refresh rate 90Hz yang imersif. Harga smartphone Tecno Spark 10C NFC terbaru di pasar Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.299.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB.