0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y02T - Spesifikasi & Harga

Setelah meluncurkan smartphone vivo Y02 pada November 2022 lalu. Vivo Indonesia kembali merangsek pasar entry-level di Indonesia dengan meluncurkan smartphone vivo Y02T yang merupakan suksestor dari pendahulunya. Dalam situs resmi vivo, sang ponsel hadir dengan jargon "2.5D Trendy Design". Desain luarnya nampak dinamis dan memiliki ketebalan 8,5mm. Kelengkungan 2,5D desain flat alias datar ini turut menjadikan desain dari vivo Y02T cukup trendi. Terlebih lagi di modul kameranya yang berbentuk bulat, di dalamnya berisikan satu kamera utama dan LED Flash.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y02T

Walaupun desain dari vivo Y02T ini terlihat tipis, namun itu hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Perihal performa, ponsel entry-level besutan vivo Indonesia tersebut disokong oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio P35 dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 4 GB. Chipset yang digunakan oleh vivo Y02T memang bisa dikatakan bukan yang terkencang di kelasnya, namun sudah cukup memadai untuk aktivitas ringan sehari-hari.

Lalu, apa saja sih spesifikasi menarik dari ponsel entry-level besutan vivo ini? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ada baiknya langsung saja simak ulasan di bawah mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y02T beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan vivo Y02T

Kelebihan vivo Y02T

1. Desain Premium

Secara desain, vivo Y02T sendiri masih mengusung desain yang sama seperti pendahulunya, yakni vivo Y02. Bahkan, berat dan tebal bodinya mencapai 186 gram dan 8.8 mm. Ini juga masih menggunakan formula yang sama yaitu Dynamic Design. Itu merupakan sebuah desain yang membuat sang ponsel tampak mewah dan menarik dipandang mata.

Tak hanya itu, terdapat juga teknologi 2.5 Trendy Design membuat bagian tepi ponsel melengkung. Pengaplikasian desain ini menjadikan bodi ponsel tampak lebih solid. Di bagian samping, vivo menempatkan tombol power dan volume. Ada pula port microUSB dan speaker yang diletakkan di bawah bodi.

Housing kamera pada vivo Y02T juga masih sama seperti 'sang kakak' yaitu vivo Y02. Housing kameranya berbentuk persegi dengan kilauan warna. Housing kamera menjadi rumah bagi satu modul lain. Dan di dalamnya terdapat kamera utama dan satu buah LED flash.

2. Layar Luas dengan Eye Protection

vivo Y02T menghadirkan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD dengan bentang layar 6,51 inci yang mengusung resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 270 ppi (pixel per inch). Tidak jauh berbeda dari ponsel entry-level lainnya, vivo Y02 ini masih mengusung layar dewdrop design atau Ultra All Screen dengan aspek rasio 20:9. Tidak lupa, vivo Y02 ini juga telah dilengkapi screenguard.

Layar pada vivo Y02T juga telah dilengkapi oleh fitur perlindungan mata atau Eye Protection. Fitur yang satu ini bisa menyesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Tak hanya itu, Eye Protection tersebut juga berguna dalam menyaring cahaya biru yang berbahaya.

3. Baterai Besar dan Awet

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, vivo Y02T dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Tentu, ukuran baterai tersebut terbilang besar untuk HP di kelasnya. Terlebih, kebanyakan smartphone masa kini telah menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Lalu, apakah baterai pada vivo Y02T bisa bertahan lama? Jawabannya adalah iya. Pasalnya, baterai sang ponsel mampu bertahan hingga 18 jam untuk menonton video.

4. Hadirnya Fitur Extended RAM

Vivo Y02T hadir dengan konfigurasi RAM berkapasitas 4 GB yang mungkin terbilang cukup kecil di tahun 2023 ini. Namun, pengguna tidak perlu khawatir. Sebab, vivo sudah menyematkan fitur penambah kapasitas RAM atau Extended RAM. Artinya, Anda bisa meningkatkan kapasitas RAM hingga 4 GB secara virtual.

Umumnya fitur ini biasa ditemukan pada smartphone di kelas mid-range atau menengah. Oleh karena itu, hadirnya fitur Extended RAM pada smartphone 1 jutaan patut untuk diapresiasi.

5. Tersedia Slot microSD

Mengingat si ponsel hadir dengan RAM 4 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 64 GB eMMC 5.1. Untungnya, vivo Y02T sudah menyediakan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 256 GB didecated slot, dan mendukung USB On-The-Go (OTG).

6. Kamera Bersaing di Kelasnya

Beralih ke sektor kamera, vivo Y02T hanya mengandalkan satu buah kamera yang sangat standar saja di sisi belakang seperti kebanyakan ponsel entry-level lainnya. Kamera utama dari vivo Y02 ini memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang menggunakan sensor BSI 1/4 inci 1.12um piksel yang juga diperkuat oleh fitur autofokus, AI, dan ditemani oleh LED Flash.

Menilik pada bagian depan, vivo Y02 hadir dengan kamera depan yang menurut penulis bersaing di kelasnya. Bagaimana tidak, kamera depan dari vivo Y02 ini memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 yang menggunakan sensor BSI 1/5 inci 1.12um piksel. Perihal perekaman video, vivo Y02 ini sanggup merekam video hingga resolusi 1080p@30fps saja.

7. Sudah Menggunakan Android 13

Sektor sistem operasi, vivo Y02T sudah menggunakan sistem operasi terbaru di 2023, Android 13 dengan antarmuka Funtouch OS 13. Salah satunya adalah phone cloner. Fitur ini akan membantu Anda untuk menduplikasi ponsel.

Ada juga fitur iManager. Fitur ini memiliki kemampuan membersihkan file sampah dan memeriksa serta memastikan ponsel vivo Y02T berjalan lancar sepanjang waktu.

Kekurangan vivo Y02T

Kekurangan vivo Y02T

1. Port Masih MicroUSB

Kekurangan dari vivo Y02T yang pertama adalah masih menggunakan port microUSB, yang di mana pengguna akan cukup kecewa. Sebab, kebanyakan pengguna seringkali salah mencolokkan kabel casan pada saat melakukan pengisian daya sehingga mudah rusak atau longgar.

Tidak hanya itu, microUSB 2.0 juga memiliki kecepatan transfer data yang tergolong lambat dibandingkan USB Type-C, contohnya seperti Anda melakukan pemindahan file dari HP ke PC atau Laptop.

2. Tidak Ada Fingerprint

vivo Y02T ini memang tidak mengharuskan Anda dalam membuka kunci layar menggunakan PIN, Pola, dan lain sebagainya lantaran telah disediakan fitur Face Unlock. Namun, penggunaan Face Unlock ini umumnya akan sulit dalam mendeteksi wajah ketika Anda sedang berada di ruangan yang gelap.

Dengan begini, vivo Y02T bisa dikatakan kalah saing dengan kompetitornya yang sudah menyediakan sensor pemindai sidik jari di samping bodi maupun belakang bodi. Contohnya seperti Nokia C21 Plus, ponsel tersebut hadir dengan sensor pemindai sidik jari di belakang bodi yang dibanderol dengan harga yang sama.

3. Dapur Pacu Kurang Mumpuni

Sektor performa, vivo Y02T ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio P35 MT6765 yang mengusung octa-core prosesor ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,3 GHz dan quad-core berkecepatan 1,8 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320.

MediaTek Helio P35 ini memang kerap ditemukan pada smartphone entry-level. Untuk itu, performa yang disuguhkan sudah pasti tidak segahar chipset yang ada pada ponsel kelas menengah. Namun, dapur pacu ini mampu memberikan performa yang cukup baik untuk aktivitas ringan.

Spesifikasi vivo Y02T

Spesifikasi vivo Y02T
  • Warna : Cosmic Grey, Sunset Gold, dan Orchid Blue.
  • Dimensi : 164 x 75.6 x 8.5 mm.
  • Berat : 186 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.51 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 13, Funtouch 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga vivo Y02T

Harga vivo Y02T

vivo Y02T adalah salah satu ponsel entry-level terbaru yang merupakan penerus dari vivo Y02T yang menawarkan peningkatan dibanding pendahulunya seperti didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio P35, hadir dengan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka FunTouch OS 13. Harga smartphone vivo Y02T terbaru di pasar Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.699.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB.