0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C21 Plus - Spesifikasi & Harga

HMD Global yang menaungi merek ponsel Nokia resmi meluncurkan ponsel terbarunya di jajaran Nokia C series di Indonesia, yakni Nokia C21 Plus dan juga Nokia C31 yang sama-sama dibanderol dengan harga sejutaan. Ponsel berbasis Android 11 Go Edition ini tampil dengan desain menarik yang mengusung desain layar waterdrop notch yang dipadukan dengan frame melengkung yang cukup nyaman di genggam. Di Indonesia, Nokia C21 Plus ini hadir dalam dua opsi warna yaitu Warm Grey dan Dark Cyan.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C21 Plus

Nokia C21 Plus sendiri masuk ke jajaran entry-level di Nokia C series yang dibanderol dengan harga sejutaan. Dengan harga sejutaan saja, tentu saja ini hadir dengan spesifikasi yang sederhana ketika digunakan untuk browsing, scrolling media sosial, sampai dengan bermain game ringan. 

Apabila diantara Anda ingin mengetahui secara detail mengenai Nokia C21 Plus, silahkan simak ulasan di bawah sampai habis secara seksama. Pembahasan kali ini adalah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia C21 Plus beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Nokia C21 Plus

Kelebihan Nokia C21 Plus

1. Bodi Kokoh

Nokia memang sudah terkenal memiliki reputasi sebagai ponsel yang sangat awet. Reputasi yang demikian ingin selalu dilestarikan oleh HMD Global selaku pemegang merek Nokia. Nah, jika diantara Anda sedang mencari sebuah ponsel murah yang awet dan digunakan untuk panjang. Nokia C21 Plus ini cukup penulis rekomendasikan untuk Anda.

Ponsel yang satu ini dikemas dengan desain bodi yang cukup baik. Bodi belakangnya sih terlihat standar, dengan modul kamera persegi panjang rounded edge, adanya sensor pemindai sidik jari di bagian belakang, dan logo Nokia yang terpampang di tengah bodi. Namun sayang, speaker-nya diletakkan di bagian belakang seperti ponsel jadul.

Nokia C21 Plus ini juga telah mengantongi sertifikasi IP52 yang tahan terhadap cipratan air dari segala penjuru arah. Kendati bodi bagian belakang dari si ponsel dibuat dari material plastik polikarbonat, namun frame-nya sudah dikemas dengan material aluminium.

2. Layar

Nokia C21 Plus hadir dengan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,52 inci yang mengusung resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel yang tidak jauh berbeda dengan smartphone entry-level lainnya. Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, layar dengan aspek rasio 20:9 ini menampilkan desain layar waterdrop notch atau Infinity-U Display.

Selanjutnya, ponsel ini hanya mendukung sertifikasi DRM Widevine L3. Sehingga Anda tidak bisa menonton konten dengan resolusi Full HD pada platform tertentu seperti Netflix dan Amazon Prime Video. Kendati demikian, si ponsel masih memberikan pengalaman menonton yang memadai.

3. Dapur Pacu

Sisi perfoma, Nokia C21 Plus ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A. Penggunaan chipset ini terbilang lebih unggul daripada kebanyakan ponsel sejutaan lainnya yang biasanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 maupun Helio P25. Dengan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A, setidaknya Anda dapat merasakan perfoma yang lebih baik untuk aktivitas sehari-hari.

Unisoc SC9863A ini dibangun atas dasar fabrikasi 28 nanometer yang membuatnya kurang baik dalam hal efisiensi daya alias baterai terbilang lebih boros. Kendati demikian, arsistektur inti CPU (Central Processing Unit) miliknya terbilang handal lantaran membawakan kombinasi 4 (empat) inti high perfomance Cortex A55 (1.6 GHz) dan 4 (empat) unit hemat daya Cortex A55 (1.2 GHz).

Sebagai informasi tambahan, SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A ini juga digunakan oleh beberapa ponsel entry-level lainnya seperti Realme Narzo 50iTecno Pop 5 LTEitel Vision 3Infinix Smart 6 HDSamsung Galaxy A04Infinix Smart 6, dan lain sebagainya.

4. Kamera Bersaing

Beralih ke sektor kamera, Nokia C21 Plus ini hanya mengusung konfigurasi dual camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 13 MP dengan bukaan f/2.0 yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci 1.12um piksel yang diperkuat oleh fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED Flash.

Sementara itu, kamera kedua dari Nokia C21 Plus ini hadir dengan resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Di sisi depan, terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 5 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci pada bukaan f/2.0.

Perihal perekaman video, kamera belakang dari Nokia C21 Plus ini sanggup merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Sedangkan, kamera depannya hanya sanggup merekam video hingga resolusi 720p saja.

5. Baterai Awet

Bukan hanya memiliki bodi yang cukup kokoh, ponsel besutan HMD Global selaku pemegang merek Nokia ini pun juga terkenal akan baterainya yang awet seharian. Menurut informasi yang penulis himpun dari laman resminya, Nokia C21 Plus ini ditandemkan baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan daya pengecasan 10W.

Pihak Nokia pun juga mengklaim bahwasannya Nokia C21 Plus ini sanggup bertahan pada pemakaian tiga hari dalam siklus cas. Cukup disayangkan fitur pengisian cepat harus absen pada perangkat ini, sehingga proses pengisian dari 0% ke 100% membutuhkan waktu setidaknya tiga jam kurang lebih.

6. Jaminan Update

Sejak awal merek Nokia ini bangkit pada tahun 2016 silam, HMD Global selaku pemegang merek Nokia berjanji memberi napas panjang untuk produk-produk buatannya. Tidak peduli apakah ponsel ini mahal maupun murah.

Nokia C21 Plus pun terkena imbas positifnya. Sejak awal peluncurannya, ponsel ini sudah berjalan pada sistem operasi Android 11 Go Edition murni alias tidak mendapatkan kustomisasi yang bisa memberatkan ponsel. 

Menariknya lagi adalah Nokia C21 Plus mendapatkan jaminan update sistem keamanan dan sistem operasi selama dua tahun mendatang.

Kekurangan Nokia C21 Plus

Kekurangan Nokia C21 Plus

1. Port microUSB

Port dari Nokia C21 Plus ini memang bisa dikatakan sudah ketinggalan zaman mengingat si ponsel dirilis pada tahun 2022. Sebab, ini masih mengandalkan port microUSB 2.0 dan bukan USB Type-C 2.0 yang bisa dicolok secara bolak balik tanpa perlu menyesuaikan.

2. Tidak Mendukung WiFi Dual Band

Nokia C21 Plus hanya mendukung protokol WiFi 802.11 b/g/n yang artinya ponsel yang satu ini hanya dapat terhubung dengan pita jaringan 2,4 GHz. Sementara itu, jika Anda sedang berada di ruang publik yang menggunakan router 5 GHz, tentu saja Nokia C21 Plus tidak akan bisa terhubung dengan WiFi di lokasi tersebut.

3. Speaker di Belakang Bodi

Sisi audio, Nokia C21 Plus ini memang masih menggunakan konfigurasi mono speaker guna menunjang aktivitas multimedia seperti menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Namun, posisi dari speaker ponsel ini diletakkan di belakang bodidi. Dengan begini, suaranya akan mendem jika tertutup oleh tangan dan lain sebagainya. Selain suaranya mendem, speaker yang diletakkan di belakang bodi juga terlihat seperti ponsel jadul.

Spesifikasi Nokia C21 Plus

Spesifikasi Nokia C21 Plus

  • Warna : Warm Grey, Dark Cyan.
  • Dimensi : 164.8 x 75.9 x 8.6 mm.
  • Berat : 178 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600, 6.52 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28 nm).
  • GPU : IMG 8322.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 11 Go Edition.
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Nokia C21 Plus

Harga Nokia C21 Plus

Nokia C21 Plus memasuki pasar Indonesia pada 22 November 2022 dengan dibanderol harga Rp1.499.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa merasakan ponsel Nokia yang memiliki bodi kokoh, kamera bersaing, baterai awet seharian, layar yang memuaskan.

Related Posts
Mahesa Putra
Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Kini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Related Posts