0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Emulator Android Paling Ringan Terbaik untuk Laptop dan PC

Emulator Android Paling Ringan Terbaik untuk Laptop dan PC - Jika Anda suka game-game di smartphone namun ingin memainkannya di perangkat komputer/PC/Laptop maka salah satu cara adalah dengan menggunakan emulator android. Itu tentu akan mempermudah pengguna dalam memainkan game mobile melalui perangkat desktop yang memiliki layar yang lebih lebar. Selain itu, beberapa emulator juga bisa dengan mudah untuk di kustomisasi.

Perlu diketahui, belakangan ini sudah banyak game Android bertebaran di mana-mana. Maraknya game PUBG Mobile, COD Mobile, Mobile Legends, Free Fire, Genshin Impact, dan lain sebagainya merupakan contoh nyata dari pesatnya perkembangan demografis mobile gamer di tanah air.

Emulator Android Paling Ringan

Itulah mengapa emulator Android sa ngat berguna karena selain bisa menghadirkan layar berukuran besar, ia juga bisa dimainkan menggunakan mouse dan keyboard sehingga akan menambah sisi immersion saat bermain game mobile di perangkat desktop. Oleh karena itu, penulis sudah menyiapkan 10 emulator Android paling ringan terbaik untuk laptop dan PC. Langsung saja simak ulasan sebagai berikut!

1. NoxPlayer

NoxPlayer - Emulator Android Paling Ringan

Nox atau yang biasa disebut NoxPlayer merupakan salah satu emulator Android terbaik yang bisa Anda dapatkan di PC maupun Laptop. Emulator yang satu ini pun memiliki performa yang baik serta Anda bisa menggunakannya tanpa adanya lag.

Anda hanya bisa mengemulasi Android KitKat saja. Kendati dedmikian, fitur-fitur yang ditawarkan oleh NoxPlayer ini cukup lengkap seperti dukungan keyboard, mouse, aplikasi file manager, screen capture, Google Play Store, auto touch macro, hingga dukungan penyimpanan yang mencapai kapasitas 32 GB.

Dengan menggunakan NoxPlayer, tentu semua akan terasa seperti menggunakan ponsel Android sungguhan. Bahkan, aplikasi ini juga sangat ringan, PC dengan prosesor dual-core dan RAM 2 GB pun masih sanggup menjalankan aplikasi ini.

2. Droid4X

Droid4X - Emulator Android Paling Ringan

Selanjutnya adalah Droid4X yang merupakan aplikasi emulator Android paling ringan terbaik untuk Laptop dan PC. Bahkan, aplikasi ini juga menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki perangkat desktop dengan spesifikasi terbatas.

Anda juga bisa menikmati berbagai macam aplikasi maupun game Android kesukaan Anda, mulai dari kustomisasi hingga mapping tombol untuk memudahkan Anda dalam bermain game favorite. 

Bahkan, Droid4X ini juga memiliki keunggulan seperti adanya dukungan Add-Ons yang memungkinkan Anda dalam mengontrol game di PC maupun Laptop melalui ponsel Android yang Anda miliki.

3. MEmu Play

MEmu Play - Emulator Android Paling Ringan

Emulator Android paling ringan terbaik berikutnya adalah MEmu Play yang juga menawarkan banyak fitur selain NoxPlayer. Sesuai dengan namanya, kata "Play" tentu menegaskan bahwa emulator Android ini berfokus pada game, meski juga bisa untuk penggunaan umum.

Ini tak mengherankan karena MEmu Play memiliki beberapa optimasi hebat untuk gameplay. Bahkan, aplikasi ini juga memiliki kemampuan dalam menjalankan banyak aplikasi dan versi Android sekaligus.

MEmu Play sendiri pun bisa diinstal dengan mudah di komputer dengan sistem operasi Windows. Anda juga dapat menjalankan emulator Android ini pada versi Windows apapun, mulai dari Windows 7 hingga Windows 11 yang paling baru.

Untuk kompatibilitas, MEmuPlay sendiri sudah mendukung chip Intel dan AMD dengan kartu grafis onboard maupun add-on. Namun, jika Anda ingin mendapatkan performa terbaik, sangat disarankan untuk mengaktifkan virtualisasi CPU.

4. GameLoop

GameLoop - Emulator Android Paling Ringan

Selain MEmu Play, GameLoop juga merupakan salah satu emulator Android paling ringan yang juga dikhususkan untuk game. Sebelumnya emulator ini bernama Tensent Gaming Buddy yang dikembangkan oleh Tencent sebagai bagian dari eksperimen gaming Desktop Mobile. 

Tak heran kenapa aplikasi ini awalnya hanya untuk PUBG Mobile, namun dengan seiring berjalannya waktu Tencent sudah menambahkan dukungan untuk banyak game Android termasuk juga COD Mobile dan juga Free Fire.

Pada saat kali pertama emulator ini dijalankan maka Anda sudah disuguhkan berbagai jenis game dengan tampilan layaknya Steam. Untuk mengunduh salah satu game tersebut juga cukup mudah, Anda hanya perlu klik tombol Download dan proses pengunduhannya pun langsung berjalan.

5. AndY

AndY - Emulator Android Paling Ringan

AndY adalah emulator Android paling ringan terbaik untuk Laptop dan PC. Ide dibalik emulator Android ini adalah membawa game Android ke perangkat desktop. AndY memang tidak hanya mendukung pengendali Xbox dan PlayStation, tetapi juga ponsel Android sebagai gamepad.

Bahkan, AndY hadir dengan banyak fitur sehingga selain menjadi emulator Android, ia juga dapat memberi pengalaman seperti menggunakan ponsel Android sungguhan.

AndY juga sering disebut-sebut sebagai pesaing dari BlueStacks. Pasalnya, AndY dan BlueStacks ini sama-sama dikembangkan dalam kurun waktu yang sama.

6. BlueStacks

BlueStacks - Emulator Android Paling Ringan

BlueStacks adalah salah satu emulator Android paling ringan terbaik untuk Laptop dan PC. Dengan aplikasi ini dapat mendukung integrasi kamera serta mikrofon untuk bisa menelepon, video call via VoIP seperti WhatsApp, Skype, dan lain sebagainya.

Uniknya, emulator BlueStacks ini menawarkan fitur drag-and-drop antara desktop dan emulator untuk saling berbagi data, sikronisasi data antara emulator dan ponsel Android, localizations, Android-onTV, dan banyak lagi.

BlueStacks juga mampu memberikan pengalaman dalam bermain game berat dan mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan layaknya menggunakan ponsel Android dengan spesifikasi mumpuni. Namun, ini kembali lagi dengan spesifikasi Laptop atau PC yang Anda gunakan.

7. Phoenix OS

Phoenix OS - Emulator Android Paling Ringan

Phoenix OS bukanlah seperti emulator Android lainnya, melainkan emulator ini berjalan dengan bentuk sistem operasi seperti Windows, Linux, MacOS, dan sejenisnya. 

Walaupun berupa sistem operasi, ia juga tetap bisa dijalankan pada perangkat Laptop maupun PC yang memiliki spesifikasi rendah sekalipun dan jangan khawatir proses instalasinya juga cukup mudah karena bisa dijalankan dengan cara dual boot dengan Windows.

Mengingat sifatnya yang lebih komperehensif dibandingkan emulator lainnya, Phoenix OS ini lebih cocok untuk mereka yang paham tentang sistem operasi. Perlu diketahui, sistem operasi ini berasal dari China, jadi ia tidak mendukung layanan Google Play namun Anda tetap bisa menggunakan aplikasi.

8. LDPlayer

LDPlayer - Emulator Android Paling Ringan

Emulator Android terbaik selanjutnya adalah LDPlayer yang memang dikhususkan untuk gamer, sehingga wajar saja apabila LDPlayer memiliki performa cepat dan sudah mendukung game-game Android terbaru.

Tak hanya unggul di sektor performa, LDPlayer juga memiliki fitur melimpah seperti Root Mode, manajemen CPU dan RAM, multiple instance untuk Anda yang ingin menjalankan dua game Android secara bersamaan, dan lain-lain.

Versi Android yang ditawarkan oleh LDPlayer pun sangat up-to-date, Anda bisa memilih antara Android 5.1 atau Android 7.1.

Namun, jika Anda ingin menggunakan emulator Android dari LDPlayer, pastikan spesifikasi dari Laptop maupun PC Anda kuat. Sebab, LDPlayer memiliki rekomendasi spesifikasi tinggi seperti minimal kartu grafis Nvidia GeForce GTX 750 Ti, Intel i5, RAM 8 GB, serta kapasitas hardisk minimal 100 GB.

9. KoPlayer

KoPlayer - Emulator Android Paling Ringan

Jika LDPlayer membutuhkan spesifikasi yang lebih mumpuni, maka alternatif lain yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk Anda adalah KoPlayer. Pasalnya, ini disebut-sebut sebagai salah satu emulator Android paling ringan dan terbaik untuk Laptop dan PC karena ia menjanjikan pengoperasian game Android minim lag. Alias tidak akan menguras memori RAM pada Laptop dan PC yang Anda gunakan.

Secara konsumsi, KoPlayer memang bisa dikatakan cukup ringan. Namun, dari informasi yang penulis terima bahwa KoPlayer ini masih memiliki banyak bugs, hingga belum optimal dalam penggunaan gaming.

10. Genymotion

Genymotion - Emulator Android Paling Ringan

Bagi Anda yang sedang mencari emulator Android sebagai sarana pengetesan aplikasi, maka Anda bisa menggunakan Genymotion. Sebab, Genymotion sangat mudah diintegrasikan dengan IDE seperti Eclipse dan Android Studio sehingga Anda bisa mencoba aplikasi yang dibuat pada emulator ini.

Genymotion juga sudah mendukung lebih dari satu metode penginstallan file APK. Selain menggunakan metode drag-and-drop, Anda juga bisa menginstallnya dengan perintah "adb install" ataupun melalui URL layaknya Linux.

Itulah artikel kali ini yang membahas 10 emulator Android paling ringan terbaik untuk Laptop dan PC. Setiap emulator Android di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pilihlah emulator Android yang sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. Sebab, ada beberapa emulator di atas yang membutuhkan spesifikasi Laptop atau PC lebih tinggi.