0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

13 Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 7 Ultimate - Spesifikasi & Harga

Asus Republic of Gamers (ROG) telah resmi merilis dua buah smartphone gaming powerful di pasar Indonesia pada 18 Juli 2023, yakni Asus ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate. Adapun perbedaan yang paling menonjol antara Asus ROG Phone 7 Ultimate dan ROG Phone 7 reguler adalah kehadiran layar kecil yang disebut ROG Vision pada bagian penutup belakangnya. Bukan hanya itu saja, terdapat juga solusi pendinginan yang lebih memadai berkat sokongan AeroActive Portal yang inovatif.

Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 7 Ultimate

Perihal performa, Asus ROG Phone 7 reguler dan Asus ROG Phone 7 Ultimate adalah sama yaitu ditopang oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 berfabrikasi 4 nanometer, namun varian Ultimate ini menghadirkan kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 16 GB LPDDR5X.

Bahkan, keseluruhan performa dari smartphone gaming teranyar besutan Asus Republic of Gamers (ROG) ini didukung oleh baterai berkapasitas 6000 mAh lengkap dengan hadirnya teknologi pengisian cepat HyperCharge 65W. Lalu apa kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 7 Ultimate? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Asus ROG Phone 7 Ultimate

Kelebihan Asus ROG Phone 7 Ultimate

1. Desain Clean dan Minimalis disertai ROG Vision

Soal desain, Asus ROG Phone 7 Ultimate sudah menyajikan tampilan yang sungguh unik dan berbeda dari ponsel flagship atau gaming kebanyakan. Ini karena penutup belakangnya memiliki aksen visual yang memberikan vibe gaming, kendati tidak semeriah seri-seri sebelumnya. Tampaknya yang menjadi tren smartphone gaming zaman sekarang adalah bodi yang clean dan minimalis, namun tetap harus memiliki identitas gaming.

Ini dibuktikan pada smartphone ini karena masih memiliki beberapa elemen visual, namun sang ponsel masih mempertahankan ROG Vision yang menjadi ciri khasnya. Perlu diketahui, ROG Vision merupakan sebuah layar yang diletakkan di bodi belakang atau penutup belakang sang ponsel serta mampu menampilkan animasi warna-warni, seperti ketika menerima telepon, memulai game, hingga saat mengecas. Bahkan, Anda juga dapat melakukan kustomisasi ROG Vision dengan animasi sendiri.

Dari informasi yang penulis himpun, penutup belakang dari Asus ROG Phone 7 Ultimate ini menggunakan bahan kaca yang terasa mulus di tangan. Menariknya, ia tidak mudah dihinggapi oleh bekas sidik jari sehingga bodi belakangnya tidak mudah kotor.

Asus ROG Phone 7 Ultimate ini memiliki dimensi 173 x 77 x 10.3 mm dengan bobot 239 gram. Selain itu, ia hadir dalam dua varian warna di pasar Indonesia yaitu Phantom Black dan Storm White. Untungnya, ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi tahan air dari IP54.

2. Layar AMOLED 165Hz dengan Fitur Menarik

Smartphone gaming powerful besutan Asus Republic of Gamers (ROG) juga telah mengusung desain NanoEdge bezelless yang kekinian pada aspek rasio 20.4:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,78 inci dengan 10-bit panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 24880 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai di angka 391 ppi (pixel per inch) dengan tingkat kecerahan 1000 nits HBM dan 1000 nits peak.

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang diusung oleh Asus ROG Phone 7 Ultimate ini menawarkan refresh rate tertinggi di industri smartphone, yakni 165Hz guna memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna pada saat bermain game agar terasa lebih smooth. Selain itu, response time layar pada sang ponsel hanya 1ms dan touch sampling rate hingga 720Hz yang sangat impresif.

Asus ROG Phone 7 Ultimate pun menyediakan dukungan terhadap konten HDR, yakni dengan sertifikasi HDR10, HDR10+, sampai dengan HLG. Layar smartphone ini juga memiliki fitur baru yang bisa mengkonversi konten SDR (rentang dinamis standar) ke HDR secara real-time. Tak lupa, layarnya juga sudah mengantongi sertifikasi DRM Widevine L1 guna mengakses konten beresolusi Full HD di platform Netflix dan Amazon Prime Video.

Bukan hanya itu, layarnya juga mendukung kedalaman 1 miliar warna, akurasi warna tinggi dengan Delta E < 1 yang dikalibrasi oleh Pixelworks, dan 111,8% DCI-P3 color gamut guna memanjakan mata pengguna, serta mendukung fitur Always on Display. Kemudian, layar Asus ROG Phone 7 Ultimate tersebut sudah dilindungi oleh pelindung layar dari Corning Gorilla Glass Victus layaknya pada smartphone flagship lainnya.

3. Performa Gegas

Sektor performa, Asus ROG Phone 7 Ultimate ini menurut penulis yang paling kompeten di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy SM8550-AB berfabrikasi 4 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X3 berkecepatan 3,2 GHz, dual-core ARM Cortex-A715 berkecepatan 2,8 GHz, dual-core ARM Cortex-A710 berkecepatan 2,8 GHz, dan triple-core ARM Cortex-A510 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 16 GB LPDDR5X, serta didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 740 yang sangat powerful.

Smartphone gaming berkinerja powerful besutan Asus Republic of Gamers (ROG) ini juga dibekali dengan penyimpanan internal berkapasitas 512 GB UFS 4.0 yang dua kali lipat lebih cepat dibandingkan UFS 3.0. Sang ponsel juga turut menyediakan X Mode yang bisa meningkatkan performa ke jenjang yang lebih atas lagi.

Beberapa hasil uji aplikasi benchmark sintetis pun menunjukkan bahwa Asus ROG Phone 7 Ultimate memang memiliki potensi performa yang ganas. Sebab, ponsel gaming ini memiliki skor AnTuTu v9 sebesar 1.310.055 poin. Untuk skenario penggunaan X Mode+ yang melibatkan AeroActive Cooler 7, skor tersebut akan meningkat menjadi 1.325.105 poin.

4. Adanya Sistem Pendingin Khusus + AeroActive Cooler 7

Mengingat smartphone ini dikhususkan untuk kegiatan gaming dan aktivitas berat lainnya, Asus ROG Phone 7 Ultimate untungnya telah menggunakan sistem pendingin khusus yaitu GameCool 7 yang menawarkan peningkatan dari GameCool seri-seri sebelumnya. Keunggulan utama pada GameCool 7 ini membekali sistem pendingin CPU 360 derajat dengan Boron Nitride (BN) thermal compund guna mencegah prosesor mengalami throttling serta dipadukan dengan vapor chamber berukuran lebih besar dan graphite sheet untuk membuang panas.

Asus ROG Phone 7 Ultimate pun masih mendukung sistem pendinginan eksternal dari AeroActive Cooler 7 yang hadir dengan teknologi Thermoelectric AI Cooling Sistem yang terintegrasi, berbasiskan chip pendingi Peltier guna mengoptimalkan pembuangan panas menurut temperatur CPU (Central Processing Unit). Untungnya, AeroActive Cooler 7 ini sudah tersedia di dalam kotak penjualan.

Tak cukup sampai disitu saja, Asus ROG Phone 7 Ultimate dibekali dengan built-in motorized cooling air vent atau AeroActive Portal yang dapat dibuka. Fitur ini mampu mengalirkan udara dingin ke vapor chamber melalui portal AeroActive pada saat dipadukan atau dipasangkan dengan AeroActive Cooler 7 sehingga meningkatkan proses pendinginan hingga 20%.

5. Adanya Fitur AirTrigger 7

Smartphone gaming paling anyar besutan Asus Republic of Gamers (ROG) juga menawarkan AirTrigger 7 yang menawarkan sensivitas yang lebih baik, pemosisian lebih baik, dan lebih banyak kontrol gerak. Bahkan, fitur ini sudah mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming.

Terdapat juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat untuk pengalaman gaming yang lebih nyata. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping guna meningkatkan pengalaman sentuh dalam memberikan umpan balik haptic yang bisa disesuaikan untuk tombol virtual pada layar.

6. Kamera Masih Cukup Oke

Beralih ke sektor kamera, Asus ROG Phone 7 hadir dengan konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX766 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel dengan enam elemen lensa 24mm pada bukaan aperture f/1.9 serta diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash.

Kemudian untuk kamera keduanya adalah kamera ultrawide berkekuatan 13 MP yang menggunakan sensor OmniVision OV13B berukuran 1/3 inci 1.12um piksel dengan lensa 12,5mm pada bukaan aperture f/2.4 dengan FoV (Field of View) 125 derajat yang didukung oleh fitur real-time distortion correction. Terakhir, terdapat kamera dedicated macro berkekuatan 5 MP.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 32 MP yang menggunakan sensor OmniVision OV32B40 berukuran 1/3 inci 0.7um piksel pada bukaan aperture f/2.5 fixed-focus. Perihal perekaman video, kamera belakang dari sang ponsel mampu merekam hingga resolusi 8K@24fps. Sedangkan untuk kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

7. Kualitas Audio Sangat Baik di Kelasnya

Perihal audio, Asus ROG Phone 7 Ultimate menawarkan kemampuan audio terbaik di kelasnya dengan dukungan dua buah 5-magnet 12 x 16mm Super Linier Speaker yang menghadap ke depan dengan teknologi Dirac Virtuo For Headphone dan Snapdragon Sound. Speaker ini juga sudah mengusung 5 magnet dan masing-masing menggunakan Cirrus Logic CS35L45 mono amplifier. Bahkan, sang ponsel masih menawarkan output Hi-Res Audio melalui port audio 3,5mm yang diusungnya.

Selain itu, smartphone ini juga telah dilengkapi oleh sebuah subwoofer dengan 5 magnet super-linier 13 x 38mm dipadukan dengan AeroActive Cooler 7 yang memberikan pengalaman setup audio 2.1 yang dapat meningkatkan performa bass hingga 77%.

GSM Arena pun menyebutkan bahwa smartphone Asus ROG Phone 7 Ultimate mendapatkan skor kelantangan -25,5 LUFS, dan juga mendapatkan skor -24,4 LUFS ketika menggunakan subwoofer.

8. Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

Asus ROG Phone 7 Ultimate sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh Asus ROG Phone 7 Ultimate ini adalah accelerometer, proximity, dan compass.

9. Baterai 6000 mAh + Fast Charging 65W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Asus ROG Phone 7 Ultimate mengandung dua keping baterai 3000 mAh yang kapasitas totalnya adalah 6000 mAh. Dengan spesifikasi tersebut, baterai smartphone ini tentu tidak mengalami perubahan dibanding seri sebelumnya. Namun, karena menggunakan SoC (System on Chip) terbaru, daya tahan baterainya tentu akan berbeda.

Benar saja, dalam tes yang dilakukan oleh GSM Arena. Asus ROG Phone 7 Ultimate mampu meraih skor ketahanan baterai 131 jam. Pada skenario pengujian pemutaran video lokal, sang ponsel dapat bertahan hingga 29 jam 27 menit lamanya. Hasil tersebut diraih ketika refresh rate disetel konstan di 60Hz.

Sedangkan untuk fitur pengecasannya, Asus ROG Phone 7 Ultimate menghadirkan teknologi pengisian cepat 65W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 1 jam 7 menit saja.

Adapun hal yang lebih menarik dari Asus ROG Phone 7 Ultimate ini adalah memiliki fitur bypass charging. Dengan fitur tersebut, listrik yang dihantarkan oleh charger tidak masuk ke baterai, melainkan langsung ke mesin smartphone.

Fitur ini juga sangat penting bagi sebuah smartphone gaming, khususnya bagi mereka yang bermain game dalam kondisi mengisi daya. Sebab, bypass charging tidak akan menimbulkan panas tambahan pada ponsel serta bisa memperpanjang usia baterai.

10. Mendapatkan Pembaruan Software 4 Tahun

Asus ROG Phone 7 Ultimate hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka ROG UI. Asus juga menyiapkan seabrek kustomisasi agar tampilan dari smartphone ini kental akan nuansa gaming-nya. Selain itu, Asus juga telah menyediakan tema standar untuk pengguna yang ingin simpel.

Terdapat juga banyak fitur yang disematkan dalam antarmuka sang ponsel. Sebut saja Battery Care (mengatur mode pengisian baterai), Mobile Manager (untuk tune up ponsel), dan Armory Create guna menyediakan beragam optimasi dalam mendapatkan performa gaming terbaik.

Hal yang berbeda di Asus ROG Phone 7 Ultimate kali ini adalah jaminan pembaruan software selama 4 tahun. Rinciannya adalah jaminan pembaruan sistem operasi sebanyak dua kali dan pembaruan sistem keamanan hingga tahun ke-empat sejak smartphone ini dirilis. Artinya, sang ponsel akan dapat mencicipi Android 15 dengan dukungan hingga tahun 2027.

11. Konektivitas Lengkap Disertai NFC

Smartphone gaming besutan Asus Republic of Gamers (ROG) ini pun menawarkan beragam konektivitas lain yang tak kalah unggul dengan smartphone flagship lainnya. Sebut saja dukungan protokol WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7, tri-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX Adaptive, GPS (L1+L5), GLONASS (L1), BDS (B1I+B1c+B2a), GALILEO (E1+E5a), QZSS (L1+L5), NavIC (L5), USB Type-C 3.1 (side), DisplayPort 1.4; USB Type-C 2.0 (bottom), OTG, accessory connector.

Tak hanya itu, sang ponsel juga dibekali fitur NFC (Near Field Communication) yang didukung fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. Perlu diketahui, NFC (Near Field Communication) sendiri memiliki banyak fungsi seperti transfer file, transaksi tanpa kartu, cek saldo e-money, dan lain sebagainya.

Kekurangan Asus ROG Phone 7 Ultimate

Kekurangan Asus ROG Phone 7 Ultimate

1. Tidak Mendukung Slot MicroSD

Kekurangan dari Asus ROG Phone 7 Ultimate ini adalah tidak mendukung slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB. Kendati demikian, hal ini masih bisa ditoleransikan mengingat memori internal atau storage dari sang ponsel sudah sangat besar, yakni 512 GB.

2. Tanpa Wireless Charging

Walaupun sudah membawa fitur fast charging yang cukup cepat, Asus ROG Phone 7 Ultimate akan terasa kurang bagi Anda yang mencari fitur wireless charging. Benar saja, tidak seperti ponsel flagship kebanyakan, ponsel ini tampaknya tidak dilengkapi oleh fitur wireless charging.

Spesifikasi Asus ROG Phone 7 Ultimate

Spesifikasi Asus ROG Phone 7 Ultimate
  • Warna : Phantom Black dan Storm White.
  • Dimensi : 173 x 77 x 10.3 mm.
  • Berat : 239 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2448 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8550-AB Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm).
  • GPU : Adreno 740.
  • RAM : 16 GB.
  • ROM : 512 GB.
  • OS : Android 13, ROG UI.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, 65W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 13 MP +  5 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Asus ROG Phone 7 Ultimate

Harga Asus ROG Phone 7 Ultimate

Asus ROG Phone 7 Ultimate adalah salah satu smartphone gaming terbaik di tahun 2023 karena ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy SM8550-AB berfabrikasi 4 nanometer, serta dipersenjatai oleh layar sentuh berukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung refresh rate 165Hz dan tocuh sampling rate 720Hz yang impresif. Harga smartphone Asus ROG Phone 7 Ultimate terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp18.999.000 rupiah untuk varian RAM 16 GB dengan penyimpanan internal sebesar 512 GB.

Early bird promo Asus ROG Phone 7 Ultimate sudah digelar dari tanggal 18-31 Juli 2023. Untuk setiap pembelian Asus ROG Phone 7 Ultimate series konsumen akan mendapatkan ekslusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun garansi resmi, dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah. Sedangkan consumer launch promo yang digelar pada 18-21 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall. Tak hanya mendapatkan hadiah eksklusif merchandise ROG Devilcase dan 2 tahun garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan merchandise seperti; ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan 1000 Diamonds MLBB, dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah.