0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

11 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad Air - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses meluncurkan tablet Huawei MatePad 11 2023 beberapa waktu lalu, kini Huawei Device Indonesia kembali menggebrak dengan merilis tablet Huawei MatePad Air di Tanah Air melalui sebuah acara launching yang digelar secara online pada 14 Juli 2023. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan atau aktivitas mobile tinggi, tablet yang satu ini akan cocok untuk Anda. Sebab, meski tablet ini disebut-sebut terasa seperti PC, bukan berarti tidak bisa dibawa kemana-mana.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad Air

Tablet yang satu ini juga memiliki rancangan yang cukup portable, memiliki bobot ringan, sampai dengan daya tahan baterai yang cukup baik untuk menunjuang produktivitas harian. Bahkan, tablet ini pun bukan tablet biasa, Huawei menyebutkan bahwa tablet tersebut memiliki performa layaknya pada Laptop. Nah, berikut penulis akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad Air beserta spesifikasi dan harganya sebagai berikut.

Kelebihan Huawei MatePad Air

Kelebihan Huawei MatePad Air

1. Desain Elegan dan Ringan

Secara desain, penampilan sisi belakang dari tablet ini menurut penulis cukup mirip dengan Huawei MatePad 11 2023. Kemiripannya terletak pada housing kamera yang bentuknya cekung ke dalam dengan posisi di pojok kiri atas.

Namun, jika Huawei MatePad 11 2023 masih menggunakan tekstur serpihan pasir atau sandblasted, Huawei MatePad Air ini menggunakan tekstur halus. Penutup belakang atau backdoor nya pun diklaim tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari, sehingga tidak mudah kotor.

Untuk dimensi, Huawei MatePad Air merupakan salah satu tablet yang nyaman pada saat digenggam dan dibawa. Sebab, ketebalannya hanya 6,4mm, sedangkan bobotnya hanya sekitar 508 gram yang relatif cukup ringan. Oleh karena itu, tablet ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Sebagai catatan, 508 gram itu hanya bobot dari tabletnya saja. Untuk Magnetic Keyboard-nya memiliki bobot 372 gram, sedangkan M-Pencil hanya berbobot 17 gram. Jadi kalau digabung, keseluruhan bobotnya adalah 897 gram yang menurut penulis cukup ringan dibandingkan laptop ultrabook yang memiliki bobot di atas 1 kg.

Dari informasi yang penulis himpun, Huawei MatePad Air ini hadir dalam dua varian di pasar Indonesia yaitu Graphite Black, dan White.

2. Layar Luas 2.8K dengan Refresh Rate 144Hz

Huawei MatePad Air ini pun dipersenjatai dengan layar lega di kelasnya dengan mengandalkan layar sentuh Huawei FullView Display berukuran 11 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi 2.8K atau 1840 x 2800 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 291 ppi (pixel per inch) pada aspek rasio 3:2. Tak hanya itu, layar tersebut juga sudah dilindungi oleh fitur Eye Comfort bersertifikasi TUV Rheinland untuk menunjang kenyamanan dan kesehatan mata pengguna.

Layar dari Huawei MatePad Air ini juga telah didukung oleh refresh rate 144Hz yang mampu menampilkan animasi yang smooth. Namun, layarnya tidak dilengkapi oleh antigores seperti Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Selain itu, layar pada sang tablet juga sudah mendukung penggunaan stylus pen Huawei M-Pencil 2nd Gen.

3. Performa Kompeten

Performa yang ditawarkan oleh Huawei MatePad Air sendiri menurut penulis cukup kompeten di kelasnya berkat sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 888 SM8350 yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari single-core Kryo 680 Prime berkecepatan 2,4 GHz, triple-core Kryo 680 Gold berkecepatan 2,42 GHz yang digabung dengan quad-core Kryo 680 Silver berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 660.

Pabrikan asal Tiongkok ini juga membekali tablet Huawei MatePad Air dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 Gb UFS 3.1 yang masih didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB. Itu juga sudah mendukung fitur USB On-The-Go (OTG) melalui port USB Type-C.

Melansir dari nanoreview, SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 888 berfabrikasi 5 nanometer ini memiliki skor AnTuTu 9 mencapai 812.642. Skor single-core 1128 dan multi-core 3720 diraih oleh sang chipset pada GeekBench 5.

4. Kamera Bersaing

Sisi fotografi, tablet Huawei MatePad Air hadir dengan satu buah kamera di sisi belakangnya dengan resolusi 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.06 inci 1.12um piksel dipadukan lensa 24mm pada bukaan aperture f/1.8, ia juga diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus dan lampu flash. 

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP dengan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed-focus dan diperkuat oleh fitur AI. Perihal perekaman video, kamera belakang sang tablet ini mampu merekam pada resolusi 4K@30fps. Sedangkan untuk kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

Kamera depan pada Huawei MatePad Air ini pun sudah menggunakan lensa ultrawide dengan FoV (Field of View) 105 derajat, dan dilengkapi oleh fitur FollowCam. Fitur tersebut akan membuat pengguna bisa tetap in frame kendati bergerak dan berjalan ketika melakukan video call.

5. Baterai Jumbo dan Awet

Produktivitas tak akan maksimal apabila perangkat yang Anda gunakan tidak memiliki daya tahan baterai prima. Hal yang seperti itu tak akan terjadi pada tablet besutan Huawei Device Indonesia ini karena tablet anyar terbaru mereka telah didukung oleh baterai berkapasitas 8300 mAh. Kapasitas tersebut menurut penulis cukup besar untuk tablet seukuran layar 11,5 inci ini.

Dalam pengujian Jagat Review pada kanal YouTube-nya, Huawei MatePad Air dapat bertahan hingga 26 jam untuk skenario pemutaran video lokal 1080p. Sementara menurut pengalaman Sobat Hape, sang tablet mampu bertahan hingga 2 hari untuk keperluan pekerjaan.

Tak hanya memiliki ketahanan baterai yang awet, tablet Huawei MatePad Air juga sudah dilengkapi teknologi pengisian cepat 40W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 1 jam 17 menit.

6. Dukungan Quad Speaker

Tak hanya dapat diandalkan untuk aktivitas produktivitas saja, Huawei MatePad Air juga rupanya bisa menjadi teman yang tepat untuk aktivitas hiburan Anda. Misalnya untuk scrolling di media sosial maupun menonton streaming.

Sebab, suara yang dihasilkan oleh sang tablet cukup lantang dan besar. Oleh karena itu, Huawei MatePad Air didukung oleh empat buah speaker yang memiliki amplitudo cukup besar. Bahkan, ia juga didukung oleh Huawei Husten 8.0.

7. Fitur Produktivitas Layaknya PC

Adapun keunggulan lain yang bisa ditemukan pada Huawei MatePad Air3 ini dengan dukungan PC Level WPS Office yang mampu melakukan pemrosesan dokumen office yang kompleks sekalipun menawarkan fasilitas yang setara dengan PC maupun Laptop.

Bukan hanya itu, terdapat juga fitur Multi-Window yang memungkinkan tablet menampilkan dua jendela dari aplikasi yang sama ketika dipegang secara horizontal, serta memungkinkan dalam menyesuaikan ukuran jendela kiri dan kanan. Ini juga sudah mendukung fitur Kids Corner yang dirancang khusus untuk anak.

8. Adanya Aksesoris Keyboard dan M-Pencil

Huawei MatePad Air juga dibekali oleh aksesoris tambahan seperti Keyboard dan M-Pencil. Keyboard ini memiliki sifat detachable yang mana pengguna akan mudah dalam melepas serta memasangnya ke tablet. Untuk menggunakan keyboard ini, Anda juga tidak harus memasangnya secara langsung. Sebab, Anda bisa menghubungkan keyboard dengan tablet melalui Bluetooth.

Selain keyboard, Huawei MatePad Air juga menyediakan aksesoris lain berupa Smart M-Pencil yang sudah dilengkapi fitur-fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah fitur untuk mengonversi tulisan tangan menjadi sebuah teks. Pengguna juga bisa memaksimalkan fungsi dari M-Pencil ini menggunakan aplikasi Huawei Notes.

9. Dukungan Dual-Earbud

Adapun salah satu fitur yang akan mendukung aktivitas hiburan menjadi lebih asyik adalah dukungan Dual-Earbudnya. Sebab, fitur ini memungkinkan pengguna dalam mengubungkan dua earbud sekaligus ke tablet Huawei MatePad Air ini.

Ini tentu akan sangat menarik, khususnya bagi mereka yang senang menonton bersama teman. Tak ada lagi cerita berbagi earbud dengan masing-masing satu ketika menonton film ataupun mendengarkan musik.

Kekurangan Huawei MatePad Air

Kekurangan Huawei MatePad Air

1. Hanya Mendukung Wi-Fi Only

Kekurangan Huawei MatePad 11 2023 yang pertama adalah tidak mendukung jaringan seluler. Oleh karena itu, si tablet hanya bisa disambungkan dengan Wi-Fi saja. Bisa juga melalui fasilitas tethering perangkat lain lewat Bluetooth maupun kabel USB.

2. Tanpa Dukungan Google Mobile Service

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli Huawei MatePad 11 2023 ini adalah soal layanan yang ditawarkan. Karena menawarkan HarmonyOS dan ekosistem aplikasi di Huawei AppGallery, Huawei MatePad Air ini tidak disertakan dengan layanan Google.

Artinya, Huawei MatePad Air tidak memiliki layanan Google Mobile Service seperti aplikasi Gmail, YouTube, PlayStore, Chrome, Maps, dan layanan aplikasi Google lainnya. Ini tentu kurang cocok jika digunakan bagi mereka yang masih ketergantungan dengan aplikasi Google.

Kendati demikian, pengguna Huawei MatePad Air3 ini masih bisa mengakalinya dengan cara tertentu seperti mengakses YouTube atau Gmail via browser ataupun menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama GSpace.

Spesifikasi Huawei MatePad Air

Spesifikasi Huawei MatePad Air
  • Warna : Graphite Black, White.
  • Dimensi : 261.9 x 178.2 x 6.4 mm.
  • Berat : 508 gram.
  • Layar : IPS LCD, 2.8K atau 1840 x 2800 piksel, 11,5 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 4G (5 nm).
  • GPU : Adreno 660.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : HarmonyOS 3.1.
  • Baterai : Li-Po 83000 mAh, non-removable, 40W wired.
  • Kamera Belakang : 13 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Huawei MatePad Air

Harga Huawei MatePad Air

Huawei MatePad Air adalah salah satu tablet ringan dan tipis besutan Huawei Device Indonesia dengan performa kompeten di kelasnya berkat sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 888 serta dipersenjatai oleh layar sentuh Huawei FullView Display berukuran 11 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi 2.8K atau 1840 x 2800 piksel dan didukung refresh rate 144Hz yang imersif. Harga tablet Huawei MatePad Air terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp7.999.000 rupiah.