0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G - Spesifikasi & Harga

Belum lama ini Tecno Mobile meluncurkan Tecno Camon 20 Series di pasar Indonesia pada 6 Juli 2023. Beberapa model tersebut adalah Tecno Camon 20 Pro, Tecno Camon 20 Pro 5G dan Tecno Camon 20 Premier 5G. Untuk seri Tecno Camon 20 Premier 5G ini merupakan varian tertinggi. Sebab, smartphone ini memiliki spesifikasi dan kemampuan paling memukau dari model lain. Misalnya kamera ultrawide berkekuatan 108 MP yang dipadukan dengan sensor-shift OIS (Optical Image Stabilization) di kamera utama, hingga performa kompeten dengan memori internal paling luas di kelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G

Bagaimana tidak, Tecno Camon 20 Premier 5G ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core prosesor dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 512 GB. Tak sampai disitu saja, ponsel besutan Tecno Mobile ini pun juga dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6.67 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) serta didukung oleh refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz yang imersif.

Tak hanya itu saja, smartphone ini juga memiliki kelebihan lain di sektor lainnya. Nah, dalam artikel ini, penulis akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk dipertimbangkan sebelum membeli.

Kelebihan Tecno Camon 20 Premier 5G

Kelebihan Tecno Camon 20 Premier 5G

1. Desain Aesthetics

Soal desain, smartphone mainstrem Tecno Camon 20 Premier 5G hadir dengan desain yang unik karena housing kamera yang tak biasa, serta bahan material yang premium menjadi salah satu keunikannya tersendiri. Dari informasi yang penulis himpun, desain ini dinamai Masterful Aesthetics. Terlihat dari housing kamera yang membentuk ruang bangun segi lima yang unik dan khas. Bentuknya ini mengikuti garis-garis berpola di bagian bodi layarnya. Nah, garis-garis itu pun membentuk sebuah Tyson Polygon Deconstruction Aesthetics.

Sisi estetika yang dimiliki oleh sang ponsel sendiri benar-benar kental. Sebab, Tecno Mobile mengkombinasikan antara estetika dan avant-garde fashion. Tentu ini menjadi identitas lantaran keunikannya. Bahkan, pengguna akan lebih mudah dalam mengenai smartphone ini hanya dengan melihat desain belakangnya.

Tecno Camon 20 Premier 5G ini menawarkan dua varian warna yang diboyong ke pasar Indonesia, yakni Serenity Blue dan Dark Welkin. Keduanya tampil cantik dan cocok dengan tekstur kulit di bagian penutup belakangnya. Bukan hanya berfokus pada sisi estetikanya saja, ponsel ini juga memperhatikan sisi kenyamanan bagi pengguna. Ini karena bahan penggunaan bahan material lychee pattern leather. Material tersebut memiliki tekstur kulit yang premium dan nyaman pada saat bersentuhan dengan tangan.

Tak jauh berbeda dengan beberapa Tecno Camon 20 Series lainnya, Tecno Camon 20 Premier 5G juga sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap tetesan air.

2. Layar AMOLED 120Hz

Smartphone mid-range premium Tecno Camon 20 Premier 5G ini pun dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6.67 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan piksel mencapai di angka 395 ppi (pixel per inch) yang juga tersematkan fitur Always-on display.

Layar tersebut juga mampu menghasilkan color gamut dengan Cinema-grade P3 yang memanjakan mata dengan kecerahan puncak mencapai 700 nits. Tak hanya itu, layar pada Tecno Camon 20 Premier 5G juga sudah mengusung touch sampling rate 360Hz untuk performa layar sentuh yang responsif, dan refresh rate 120Hz yang mampu menampilkan animasi game yang lebih mulus.

Ukuran layar lebar yang diusungnya pun cocok digunakan untuk bermain game atau bahkan menonton streaming. Apalagi, desain bezel yang mengelilinginya terlihat cukup tipis di semua sisi. Rasio layar ke bodi yang dimilikinya bahkan mencapai angka 88,1%. Alhasil, itu akan membuat layarnya terlihat lebih luas dan nyaman digunakan.

3. Performa Tangguh

Tecno Camon 20 Premier 5G dibekali dengan chipset terbaru buatan MediaTek yaitu Dimensity 8050 yang memulai debutnya pada ponsel ini. Walaupun dibilang baru, chipset ini sebenarnya merupakan produk rebranding dari chipset lama yaitu Dimensity 1300. Dimensity 8050 dirancang atas proses fabrikasi 6 nanometer yang menandakan ketahanan dayanya cukup baik. Sedangkan untuk performanya, chipset ini dibekali octa-core prosesor yang terbagi menjadi tiga klaster.

Klaster pertama adalah single-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3,0 GH. Kemudian klaster kedua masih sebagai core performa terdiri dari triple-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,6 GHz. Sedangkan core terakhir adalah efisiensi daya yang memiliki quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz.

Selanjutnya, SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 juga didukung oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G77 MC9 yang memiliki nine-core atau sembilan core.

4. Storage Paling Besar di Kelasnya

Performa dari Tecno Camon 20 Premier 5G memang tidak semata-mata berasal dari chipsetnya saja. Terdapat hal lain yang juga turut andil dalam menghasilkan performa yang impresif, salah satunya adalah kapasitas RAM dan memori internal.

Sebagai varian atau model tertinggi di serinya, Tecno Camon 20 Premier 5G tentu saja dibekali dengan memori atau storage paling besar. Benar saja, ponsel mainstrem ini dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 512 GB. Untuk kelas harganya, tidak ada smartphone lain yang menawarkan storage sebesar itu. Setidaknya untuk tahun 2023.

Sedangkan untuk RAM yang disematkannya memiliki kapasitas 8 GB LPDDR4X. Bahkan, itu juga sudah didukung fitur MemFusion untuk memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB. Alhasil, pengguna akan mendapatkan kapasitas RAM sebesar 16 GB.

5. Kamera Memukau

Sisi fotografi, Tecno Camon 20 Premier 5G hadir dengan konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 berukuran 1/1.5 inci yang menggunakan sensor-shift OIS (Optical Image Stabilization). Sensor ini pertama kali hadir pada iPhone 12 Pro Max dan dilanjutkan oleh generasi-generasi selanjutnya.

Dengan hadirnya sensor tersebut, tentu smartphone mainstrem ini mampu menghasilkan gambar yang lebih baik tanpa adanya guncangan. Selain itu, kamera utamanya juga sudah mendukung RGBW Pro ultra steady camera.

Kemudian dilanjutkan dengan kamera ultrawide berkekuatan 108 MP pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 115 derajat. Terakhir, terdapat kamera macro berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera depan atau selfie berkekuatan 32 MP pada bukaan aperture f/2.5 yang juga didukung oleh Dual-LED flash. Perihal perekaman video, kamera belakangnya mampu merekam pada resolusi 4K@30fps, sedangkan kamera depannya hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Awet Seharian

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Camon 20 Premier dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup awet. Ini berkat sang ponsel ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 dengan fabrikasi 6 nanometer. Selain karena performanya memadai, chipset tersebut juga memiliki efisiensi daya yang cukup baik. Ditambah dengan satu faktor lain, yakni sang ponsel menggunakan panel layar AMOLED.

Tecno sendiri juga mengklaim bahwa ponselnya mampu bertahan seharian hanya dengan sekali pengecasan saja. Apalagi ada fitur AI Smart Charge yang memberikan extended battery life sehingga mampu bertahan lebih lama. Bahkan, ia juga telah dijejalkan fitur pengisian cepat 45W.

7. Dukungan Stereo Speaker

Adapun sektor lain yang tak kalah penting juga turut dihadirkan oleh Tecno Camon 20 Premier 5G yaitu speaker. Smartphone ini hadir dengan dual speaker atau stereo speaker yang diletakkan di bagian bawah dan atas.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh sang ponsel juga cukup oke, terutama bass. Sebab, speakernya telah menggunakan High-Bass Synergy yang mampu menghasilkan bass yang kuat. Tak hanya itu, terdapat juga professional certification Hi-Res Audio untuk membuat suaranya lebih jernih dan terasa nyata.

8. Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

Tecno Camon 20 Premier 5G sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh Tecno Camon 20 Premier 5G ini adalah accelerometer, proximity, dan compass.

Kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G

Kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G

1. Tidak Ada 3,5mm Audio

Absennya jack audio 3,5 mm juga menjadi salah satu kekurangan dari Tecno Camon 20 Premier 5G ini. Bukan berarti tidak bisa menggunakan headset ya. Hanya saja, Anda harus menggunakan earphone yang sudah mendukung TWS Earphone Bluetooth atau earphone yang menggunakan port USB Type-C. Selain itu, perusahaan juga sudah mengakali hal ini dengan memberikan earphone Type-C di dalam kotak penjualan.

2. Tidak Mendukung Slot MicroSD

Kekurangan kedua dari Tecno Camon 20 Premier 5G ini adalah tidak mendukung slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB. Kendati demikian, hal ini masih bisa ditoleransikan mengingat memori internal atau storage dari sang ponsel sudah sangat besar, yakni 512 GB.

Spesifikasi Tecno Camon 20 Premier 5G

Spesifikasi Tecno Camon 20 Premier 5G
  • Warna : Serenity Blue dan Dark Welkin.
  • Dimensi : 161.9 x 74.3 x 7.8 mm.
  • Berat : 202.5 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 8050 (6 nm).
  • GPU : Mali-G77 MC9.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 512 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide) + 108 MP (ultra-wide) +  2 MP (depth).
  • Kamera Depan : 32 MP (wide).

Harga Tecno Camon 20 Premier 5G

Harga Tecno Camon 20 Premier 5G

Tecno Camon 20 Premier 5G merupakan salah satu smartphone dengan jaringan 5G terbaru yang menghadirkan performa mumpuni berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 dengan memori internal terbesar di kelasnya, yakni 512 GB. Bukan hanya menawarkan performa kencang, sang ponsel juga hadir dengan Triple Camera berkekuatan 50 MP dengan sensor-shift OIS, kamera ultrawide berkekuatan 108 MP, dan kamera macro 2 MP. Bahkan, kamera depan dari smartphone ini juga cukup powerful berkat dukungan kamera selfie berkekuatan 32 MP. Harga smartphone Tecno Camon 20 Premier 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp5.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 512 GB.