0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

11 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 20 Pro - Spesifikasi & Harga

Belum lama ini Tecno Mobile meluncurkan Tecno Camon 20 Series di pasar Indonesia pada 6 Juli 2023. Beberapa model tersebut adalah Tecno Camon 20 Pro, Tecno Camon 20 Pro 5G dan Tecno Camon 20 Premier 5G. Untuk seri Tecno Camon 20 Pro ini merupakan varian terendahnya, namun ia tetap dikemas dengan tampilan bodi yang sungguh memukau. Selain itu, ponsel kelas menengah tersebut juga didukung oleh kamera utama berkekuatan 64 MP yang dijejalkan fitur RGBW guna memberikan hasil foto yang cerah.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 20 Pro

Berbicara soal performa, Tecno Camon 20 Pro ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core prosesor yang powerful dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 8 GB dengan memori internal berkapasitas 256 GB. Bukan hanya itu saja, smartphone ini juga telah dipersenjatai oleh layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan didukung oleh refresh rate 120Hz yang imersif dan responsif.

Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 20 Pro beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro

1. Desain Unik dan Khas

Secara desain, Tecno Camon 20 Pro memiliki desain bodi belakang yang khas. Ini terlihat dari housing kameranya berbentuk segi lima. Housing kamera tersebut pertama kali dipopulerkan oleh Tecno POVA 4 Pro yang dirilis setahun sebelumnya. Namun, terdapat beberapa modifikasi yang membuat smartphone ini tampak berbeda.

Selain memiliki housing kamera yangt unik, smartphone kelas menengah terbaru ini juga menampilkan desain bangun geometris yang disusun secara acak sehingga membuatnya menyerupai kepingan-kepingan puzzle. Dibalut dengan konsep Autostereoscopic Glittering Mirror, membuat tampilannya tampak kemilau dari setiap sudut.

Untuk dimensinya, Tecno Camon 20 Pro memiliki dimensi 163.4 x 76.7 x 8.2 mm dengan bobot 188 gram. Kemudian, itu tersedia dalam dua varian warna yaitu Predawn Black dan Serenity Blue. Tak sampai disitu saja, smartphone tersebut pun sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap tetesan air.

2. Layar AMOLED 120Hz

Smartphone mainstrem Tecno Camon 20 Pro dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan piksel hingga 395 ppi (pixel per inch) yang juga tersematkan fitur Always-on display.

Dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), layarnya dapat menampilkan cahaya secara organik tanpa mengandalkan backlight. Alhasil, warna hitam pada panel ini akan terlihat lebih pekat dan memiliki konsumsi daya yang rendah. Selain itu, layar tersebut pun didukung oleh refresh rate 120Hz, sehingga mampu menampilkan animasi dan game yang lebih smooth dibandingkan refresh rate 90Hz atau 60Hz.

Lebih lanjut lagi, berkat layar Tecno Camon 20 Pro yang mengusung AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), sang ponsel memiliki sensor pemindai sidik jari di dalam layar alias in-display fingerprint yang bekerja dengan cepat dan responsif.

3. Performa Gegas dari Helio G99

Tecno Camon 20 Pro pun hadir dengan performa memadai berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Smartphone kelas menengah besutan Tecno Mobile juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB yang tidak didukung oleh slot microSD. Adapun juga teknologi HyperEngine 2.0 Lite yang dapat mengoptimalkan kinerja ponsel dengan cara mengalokasikan sumber daya sebaik-baiknya. Fitur ini juga bisa membuat jaringan internet saat bermain game lebih stabil.

Perlu diketahui, MediaTek Helio G99 menjadi salah satu chipset 4G paling tangguh dalam memainkan game Genshin Impact, game open world yang amat diminati dan sangat berat untuk dimainkan. Selama memainkan pada settingan Low atau Lowest, tidak ada sang ponsel memberikan performa yang ngelag. Setidaknya dapat mencapai frame rate 30fps.

4. Kamera Utama 64 MP dengan RGBW

Sisi fotografi, Tecno Camon 20 Pro diklaim mampu menghasilkan foto dengan kualitas memukau. Pasalnya, di bagian belakangnya terdapat tiga buah kamera. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 64 MP pada bukaan aperture f/1.7 dengan focal lenght 25mm (wide), 1/7 inci 0.8um piksel serta didukung oleh fitur phase-detection autofocus.

Sedangkan untuk kamera keduanya berkekuatan 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor pada bukaan aperture f/2.4 dan kamera ketiganya adalah berkekuatan QVGA.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera depan atau selfie berkekuatan 32 MP pada bukaan aperture f/2.5 serta juga didukung oleh fitur Dual-LED flash. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan hanya sanggup merekam video pada resolusi 1080p@30fps saja.

Kamera utama tersebut juga memiliki filter RGBW yang merupakan singkatan dari red, green, blue, dan white adalah komponen warna yang dapat menghasilkan foto dengan detail lebih menakjubkan ketimbang RGB biasa.

Bukan hanya itu, kamera selfie nya juga dijejalkan fitur Portrait Master guna mendapatkan akurasi foto wajah yang tinggi. Yang mana teknologi tersebut mampu mencakup sebanyak 319 titik face positioning dan 1000 poin face 3D feature, dan lebih dari 50 juta gambar sampel pada kamera untuk penyesuaian akurasi kamera.

5. Baterai 5000 mAh + 33W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Camon 20 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup awet. Ini berkat sang ponsel ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6 nanometer. Selain karena performanya memadai, chipset tersebut juga memiliki efisiensi daya yang cukup baik. Ditambah dengan satu faktor lain, yakni sang ponsel menggunakan panel layar AMOLED.

Adapun beberapa fitur menarik yang diberikan oleh Tecno untuk mempertahankan daya tahan baterai seperti Long Duration Mode, Super Power Saving Mode, dan juga AI Smart Charge. Pada fitur Long Duration Mode, smartphone ini akan berusaha mempertahankan baterai 1 jam lebih lama.

Jika dirasa kurang cukup, pengguna masih bisa mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode agar baterai ponsel bisa bertahan hingga 10 jam lebih awet. Selain itu, terdapat juga fitur pengisian cepat 33W pada port USB Type-C.

6. Dukungan Stereo Speaker dan 3.5mm Jack Audio

Adapun hal yang menarik dari Tecno Camon 20 Pro ini adalah sudah dibekali oleh dual stereo speaker dengan teknologi high bass synergy yang ditandemkan sertifikasi Hi-Res Audio guna menghasilkan pengalaman menonton film, mendengarkan musik, sampai dengan bermain game menjadi lebih asyik.

Selain itu, jika Anda membutuhkan privasi yang lebih mendalam, Anda juga bisa mendengarkan suara dengan cara memuaskan menggunakan earphone reguler. Ini karena sang ponsel masih menyediakan port 3.5mm jack audio.

7. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Tecno Camon 20 Pro ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Camon 20 Pro. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

8. Mendapatkan Update Sistem Operasi

Tecno Camon 20 Pro diluncurkan dengan Android 13 dengan antarmuka HiOS 13. Perlu diketahui, Android 13 merupakan versi yang paling baru dan memiliki performa yang lebih mulus. Secara umum, kehadiran Android 13 memberikan fitur multi-tasking, keamanan, desain, dan pengalaman penggunaan yang lebih baik dibandingkan Android 12.

Saat ini, Tecno Camon 20 Pro disebutkan akan mendapatkan update sistem operasi hingga Android 14 Beta melalui OTA. Android 14 Beta ini akan menghadirkan peningkatan dari sisi keamanan privasi, fitur-fitur antarmuka, dan pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

Kekurangan Tecno Camon 20 Pro

Kekurangan Tecno Camon 20 Pro

1. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Tecno Camon 20 Pro memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Tecno Mobile Indonesia malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya dan QVGA sebagai kamera ketiganya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide.

2. Tanpa Dukungan 5G

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Tecno Camon 20 Pro ini adalah tidak mendukung jaringan 5G. Walaupun jaringan 5G ini masih belum bisa digunakan dengan optimal di Indonesia, cukup disayangkan sekelas smartphone Rp3 jutaan tidak memiliki jaringan 5G di dalamnya.

Jika suatu saat nanti jaringan 5G telah semakin menyeluruh di Indonesia dan jaringan 4G sudah mulai ditinggalkan, tentu Anda mau tidak mau harus membeli sebuah smartphone terbaru yang telah mendukung jaringan 5G guna merasakan pengalaman pengguna yang optimal.

3. Tanpa Anti Gores

Tak dapat dipungkiri jika desain Tecno Camon 20 Pro ini adalah salah satu yang paling beda dan memiliki unsur aesthetics yang indah. Namun jika bicara ketahanan layar, ponsel ini harus ditambah lagi dengan tempered glass atau antigores.

Pasalnya, smartphone kelas menengah besutan Tecno Mobile ini tidak dilindungi oleh anti gores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya.

Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro

Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro
  • Warna : Predawn Black, Serenity Blue.
  • Dimensi : 162.72 x 75.95 x 8.12mm.
  • Berat : 188 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 33W wired.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP +  QVGA.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Tecno Camon 20 Pro

Harga Tecno Camon 20 Pro

Tecno Camon 20 Pro merupakan salah satu smartphone dengan jaringan 4G terbaru yang cukup powerful di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core serta dipersenjatai oleh layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120Hz yang imersif. Tak hanya itu, sang ponsel juga hadirkan kamera utama berkekuatan 64 MP RGBW dan kamera selfie berkekuatan 32 MP yang cukup memadai. Harga smartphone Tecno Camon 20 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.099.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.