0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Ini dia 7 Kelebihan dan 3 Kekurangan OPPO Reno 10 Pro 5G - Spesifikasi & Harga

Baru-baru ini OPPO Indonesia kembali menggebrak pasar smartphone premium dengan menghadirkan Reno 10 series yang terdiri dari OPPO Reno 10 5GOPPO Reno 10 Pro 5G, dan OPPO Reno 10 Pro+ 5G. Adapun keunggulan utama yang ditawarkan oleh OPPO Reno 10 Pro 5G ini adalah kameranya. 

Sebab, ia hadir dengan tiga buah kamera di sisi belakangnya tanpa adanya kamera gimmick. Komposisinya adalah kamera utama, ultrawide, dan telephoto portrait. Kamera utama dari sang ponsel pun cukup memadai dengan resolusi 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX890 disertai OIS (Optical Image Stabilization).

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 10 Pro 5G

Perihal performa, OPPO Reno 10 Pro 5G bukan yang paling kencang di kelasnya namun masih cukup memadai dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 778 5G octa-core dipadukan dengan memori RAM sebesar 12 GB. Kemudian, keseluruhan performa tersebut didukung oleh baterai berkapasitas 4600 mAh lengkap dengan teknologi pengisian cepat SuperVOOC 80W.

OPPO Reno 10 Pro 5G hadir sebagai smartphone kelas menengah dengan harga mulai dari Rp7 jutaan. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya melihat lebih jauh soal ponsel ini. Nah, berikut adalah ulasan terkait kelebihan dan kekurangan OPPO Reno 10 Pro 5G beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan OPPO Reno 10 Pro 5G

Kelebihan OPPO Reno 10 Pro 5G

1. Desain Stylish

Urusan desain, OPPO memang selalu bisa memberikan desain stylish dan unik pada setiap smartphonenya, tidak terkecuali OPPO Reno 10 Pro 5G ini.

Adapun satu hal yang membuatnya unik adalah housing kameranya berbentuk pil, itu menampung kamera utama di bulatan besar pada sisi atas, kemudian meletakkan dua kamera kecil di bawahnya. Terdapat juga aksen visual latar hitam yang berbentuk setengah lonjong. Di antara dua partisi, terlihat LED flash.

Dimensi dari OPPO Reno 10 Pro 5G ini adalah 162.3 x 74.2 x 7.9 mm dengan bobotnya yang hanya 185 gram saja. Selain itu, ia hadir dalam  dua varian warna di pasar Indonesia yaitu Silvery Grey dan Glossy Purple. Cukup disayangkan, penutup belakang atau bodi belakang kerap dihinggapi oleh noda sidik jari

2. Layar AMOLED 120Hz 3D Curved

Smartphone premium kelas menengah besutan OPPO Indonesia ini mengusung spesifikasi layar sentuh lengkung atau 3D Curved pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,7 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2412 piksel yang mampu menampilkan 1 miliar warna dengan kerapatan mencapai 394 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai di angka 950 nits.

Layar OPPO Reno 10 Pro 5G pun didukung oleh refresh rate 120Hz yang mampu menampilkan animasi lebih mulus bebas screen tearing dan screen stuttering. Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) pun juga mampu menghasilkan saturasi warna yang ciamik dengan 100% DCI-P3 color gamut serta mendukung kemampuan HDR10+.

Dengan desain layar melengkung di kedua sisinya, OPPO Reno 10 Pro 5G ini sudah seperti tanpa bezel. Bahkan, screen-to-body ratio yang dimiliki oleh sang ponsel mencapai 89,7%. Dengan demikian, ponsel ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi bermain game, browsing, hingga scrolling media sosial favorit Anda. Tak hanya itu, layarnya juga sudah dilindungi antigores dari Asahi Glass DT-Star2.

3. Performa Masih Layak

Performa dari OPPO Reno 10 Pro 5G bukan yang paling kencang di kelasnya namun masih cukup memadai dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 778G 5G SM7325 yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan RAM 12 GB + 8 GB Extended RAM, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 642L.

Skor benchmark yang diraih oleh OPPO Reno 10 Pro 5G pun tergolong cukup baik, seperti AnTuTu v9 sebesar 495.040 poin dan AnTuTu v10 sebesar 571.870 poin. Sementara itu, ketika menggunakan Geekbench 5 mampu meraih 792 poin untuk single core dan 2.795 poin untuk multi core. Sedangkan pada Geekbench 6 mampu meraih 1.004 poin untuk single core dan 2.685 poin untuk multi-core.

Smartphone dengan tagline "The Portrait Expert" ini pun dibekali dengan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB UFS 2.2 yang masih didukung slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 512 GB. Bahkan, itu juga mendukung fitur IR Blaster yang berfungsi sebagai remote control prabot elektronik.

4. Kamera Cukup Memadai

Beralih ke sektor kamera, OPPO Reno 10 Pro 5G hadir dengan konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan enam elemen lensa 24mm pada bukaan aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX890 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel serta diperkuat oleh fitur multi-directional phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), AI, dan LED flash.

Kemudian untuk kamera keduanya berkekuatan 32 MP yang menggunakan sensor Sony IMX709 berukuran 1/2.74 inci 0.8um piksel dengan lensa portrait telephoto 47mm pada bukaan aperture f/2.0 dan dilengkapi oleh fitur phase-detection autofocus untuk 2x optical zoom. 

Terakhir, adapun kamera ketiga berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor Sony IMX335 berukuran 1/4 inci 1.12um piksel yang berfungsi sebagai ultrawide angle dengan FoV (Field of View) 112 derajat.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie yang menurut penulis cukup mumpuni dengan resolusi 32 MP yang menggunakan sensor Sony IMX709 berukuran 1/2.74 inci 0.um piksel dengan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.4. 

Perihal perekaman video, kamera selfie dari sang ponsel hanya mampu merekam pada resolusi 1080@30fps. Sedangkan kamera belakang sudah mampu hingga resolusi 4K@30fps.

5. Ketahanan Baterai Baik

Tak seperti rata-rata ponsel yang hadirkan baterai berkapasitas 5000 mAh, OPPO Reno 10 Pro 5G hanya dikemas dengan baterai berkapasitas 4600 mAh. Namun, ketahanan baterai dari smartphone ini masih cukup baik di kelasnya.

Meski baterainya hanya 4600 mAh, tetapi GSM Arena mencatatkan skor ketahanan yang cukup tinggi saat pengujian yang dilakukan, yakni 104 jam.

Dengan skor ketahanan tersebut, Anda bisa melakukan panggilan telepon selama 36 jam 22 menit, browsing dengan refresh rate 120Hz selama 14 jam 34 menit, dan pemutaran video dengan refresh rate 60Hz selama 18 jam 10 menit.

Smartphone ini juga sudah dijejalkan fitur pengisian cepat Super VOOC 80W yang mampu mengisi daya 48% dalam waktu 10 menit. Charger tersebut juga mendukung protokol USB Power Delivery 3 dan Quick Charge 4.

6. Adanya Infrared dan NFC

Infrared ini memang bukanlah salah satu fitur ekslusif yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi saja. Fitur ini juga bisa Anda jumpai di beberapa ponsel keluarga OPPO. Salah satunya OPPO Reno 10 Pro 5G ini. Perlu diketahui, fungsi dari IR Blaster ini merupakan untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti menjadikan HP menjadi remote TV, AC, dan sejenisnya.

Selain Infrared, OPPO Reno 10 Pro 5G juga tersematkan fitur NFC (Near Field Communication) Multifungsi yang juga bisa digunakan dalam mengemulasi kredensial kartu akses. Kartu akses ini yang digunakan untuk membuka pintu hotel, apartemen, homestay, dan lain sebagainya.

7. Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

OPPO Reno 10 Pro 5G sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh OPPO Reno 10 Pro 5G ini adalah accelerometer, proximity, dan compass.

Kekurangan OPPO Reno 10 Pro 5G

Kekurangan OPPO Reno 10 Pro 5G

1. Tidak Memiliki IP Rating

OPPO Reno 10 Pro 5G sendiri tidak memiliki IP Rating, baik itu IP53, IP54, dan juga IP67. Oleh karena itu, pengguna sangat disarankan untuk berhati-hati menggunakan ponsel ini agar terhindar dari insiden yang tidak di-inginkan. Jangan sekali-kali mencebutkan ponsel ini ke dalam bak mandi, kolam berenang, dan sebagainya. 

Soalnya ia tidak ada jaminan selamat ketika terkena debu dan air. Dibanderol dengan harga Rp7 jutaan, sangat disayangkan OPPO Reno 10 Pro 5G tidak menghadirkan IP Rating. Padahal banyak ponsel entry-level sampai dengan mid-range sudah memiliki IP Rating.

2. Stereo Speaker Absen

Smartphone kelas menengah premium OPPO Reno 10 Pro 5G hanya terdapat satu buah speaker saja yang terletak di bawah bodi sang ponsel. Padahal, menyediakan stereo speaker pada sebuah ponsel merupakan sebuah keunggulan pada ponsel itu sendiri. Keberadaan stereo speaker ini juga bisa memberikan kesan seimbang dan spesial ketika sedang menonton film favorite atau ketika bermain game. 

Kini bahkan sudah banyak sekali sebuah ponsel di rentang jarga Rp2-3 jutaan yang menggunakan stereo speaker. Namun, OPPO Reno 10 Pro 5G malah justru menghilangkan stereo speaker.

3. Isu Throttling Kerap Terjadi

Qualcomm Snapdragon 778G pada ponsel ini merupakan opsi chipset yang layak. Performanya menurut penulis masih cukup baik dalam menangani game berat, kendati mengharuskan pengguna mengatur ekspektasi agar tidak berharap terlalu banyak..

Pasalnya, OPPO Reno 10 Pro 5G memiliki isu throttling yang cukup parah, ini terlihat pada pengujian CPU (Central Processing Unit) Throttling Test yang dilakukan selama 60 menit. Melansir pengujian GSM Arena, performa dari smartphone ini merosot tajam hingga 64% dari kinerja maksimal.

Dengan demikian, apabila Anda bermain game dalam kurun waktu lama, akan terjadi penurunan performa signifikan sehingga jalannya permainan tidak mulus.

Spesifikasi OPPO Reno 10 Pro 5G

Spesifikasi OPPO Reno 10 Pro 5G
  • Warna : Silvery Grey dan Glossy Purple.
  • Dimensi : 162.3 x 74.2 x 7.9 mm.
  • Berat : 185 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2412 piksel, 6.7 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm).
  • GPU : Adreno 642L.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOSI 13.1.
  • Baterai : Li-Po 4600 mAh, 80W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 32 MP + 8 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga OPPO Reno 10 Pro 5G

Harga OPPO Reno 10 Pro 5G

OPPO Reno 10 Pro 5G merupakan salah satu smartphone 5G stylish terbaru yang hadir dengan tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP dengan sensor Sony IMX890 serta diperkuat oleh fitur OIS (Optical Image Stabilization). Smartphone ini juga dipersenjatai oleh layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Adapun beberapa fitur-fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh ponsel ini adalah hadirnya IR Blaster, NFC, dan lain sebagainya. Harga smartphone OPPO Reno 10 Pro 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp7.999.000 rupiah.