0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G - Spesifikasi & Harga

OPPO Indonesia kembali menggebrak pasar smartphone premium tanah air dengan menghadirkan OPPO Reno 10 series yang terdiri dari OPPO Reno 10 5GOPPO Reno 10 Pro 5G, dan OPPO Reno 10 Pro+ 5G. Perlu diketahui, OPPO Reno 10 Pro+ 5G ini merupakan varian tertinggi yang hadirkan spesifikasi yang bisa dikatakan sekelas flagship. 

Hal ini bisa dilihat dari SoC (System on Chip) yang digunakan dari Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 berfabrikasi 4 nanometer dipadukan dengan memori RAM 12 GB. Selain itu, ia juga hadir dengan baterai berkapasitas 4700 mAh lengkap dengan pengisian cepat SuperVOOC 100W yang cukup kencang.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Adapun keunggulan utama yang ditawarkan oleh OPPO Reno 10 Pro+ 5G ini adalah kameranya. Sebab, ia hadir dengan konfigurasi Triple Camera atau tiga buah kamera di sisi belakangnya tanpa adanya kamera gimmick. Komposisinya adalah kamera utama, persicope telefoto portrait 64 MP, dan ultrawide. Bahkan, kamera utama dari ponsel ini sudah menggunakan sensor Sony IMX890 berkekuatan 50 MP yang telah diketahui kualitasnya.

Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Kelebihan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

1. Desain Menawan

Secara desain, OPPO Reno 10 Pro+ 5G hadir dengan desain menawan karena bodi dari sang ponsel dirancang dengan ciri khas lengkungan di sisi frame dan tepi layar, serta housing kameranya berbentuk elips yang sedikit menonjol. Adanya kelengkungan tersebut juga menjamin pengalaman yang menyenangkan. Terlebih bobot dari ponsel premium ini tidak begitu berat, yakni hanya 194 gram saja.

Dari informasi yang penulis himpun, OPPO Reno 10 Pro+ 5G sudah menggunakan material kaca Corning Gorilla Glass 5 untuk penutup belakangnya. Namun, frame-nya masih menggunakan plastik polikarbonat. Kemudian, housing kamera dari ponsel ini dirangkai dengan kaca di bagian atas dan aluminium di bagian bawahnya.

Penulis sendiri pun cukup menyayangkan penggunakan plastik polikarbonat pada frame-nya. Sebab, banyak smartphone flagship dengan harga serupa atau bahkan lebih murah sudah menggunakan bahan aluminium. Meski begitu, bahan polikarbonat ini dipilih demi bobot yang lebih ringan.

OPPO Reno 10 Pro+ 5G hadir dalam dua varian warna, yakni Silvery Grey dan Glossy Purple. Untuk varian Silvery Grey memiliki polesan atau finishing matte di sisi belakangnya. Sementara itu, varian Glossy Purple memiliki finishing glossy.

2. Layar AMOLED 120Hz 3D Curved

Smartphone premium kelas menengah besutan OPPO Indonesia ini mengusung spesifikasi layar sentuh lengkung atau 3D Curved pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,74 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi 1.5K atau 1240 x 2772 piksel yang mampu menampilkan 1 miliar warna dan tembus 100% DCI-P3 color gamut dan 100% sRGB dengan kerapatan mencapai 451 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai di angka 1400 nits (peak), serta mendukung HDR10+.

Layar OPPO Reno 10 Pro+ 5G pun didukung oleh refresh rate 120Hz (adaptive 45-120) yang mampu menampilkan animasi lebih mulus bebas screen tearing dan screen stuttering, dan touch sampling rate 240Hz. Tak hanya itu, layar dari sang ponsel juga telah mengantongi sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari SGS. Dengan demikian, tampilannya aman untuk mata walaupun dilihat dalam kurun waktu lama.

3. Performa Superior

Performa yang ditawarkan oleh OPPO Reno 10 Pro+ 5G ini menurut penulis sangat powerful di kelasnya dengan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 berfabrikasi 4 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 berkecepatan 3.19 GHz, triple-core ARM Cortex-A710 berkecepatan 2,75GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 12 GB + 8 GB extended RAM, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 730.

Smartphone dengan tagline "The Portrait Expert" ini pun dibekali dengan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB UFS 3.1 tanpa kehadiran slot microSD.

Dilihat dari uji benchmark sintetis, OPPO Reno 10 Pro+ 5G mampu menghasilkan skor yang tinggi. Hal yang tak heran buat smartphone dengan chipset kelas atas. Skor AnTuTu v10 pun selalu tembus 1 juta. Bahkan, jika mode performanya diaktifkan, skornya bisa tembus hingga 1.274.428.

Sementara pada pengujian Geekbench 6, smartphone ini meraih skor kemampuan CPU single-core 1271 dan multi-core 3529. Kestabilan performa dari chipset tersebut juga bagus lantaran hanya turun ke angka 89% dari kemampuan puncak, sesuai uji CPU Throttling.

4. Kamera Andal

Beralih ke sektor kamera, OPPO Reno 10 Pro+ 5G hadir dengan konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan enam elemen lensa 24mm pada bukaan aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX890 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel serta diperkuat oleh fitur multi-directional phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), AI, dan LED flash.

Kemudian untuk kamera keduanya berkekuatan 64 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/2 inci 0.7um piksel dengan lensa periscope portrait telephoto pada bukaan aperture f/2.5 lengkap dengan fitur phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), yang memiliki kemampuan 3x optical zoom dan 120x digital zoom.

Terakhir, adapun kamera ketiga berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor Sony IMX335 berukuran 1/4 inci 1.12um piksel yang berfungsi sebagai ultrawide angle dengan FoV (Field of View) 112 derajat.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie yang menurut penulis cukup mumpuni dengan resolusi 32 MP yang menggunakan sensor Sony IMX709 berukuran 1/2.74 inci 0.um piksel dengan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.4. 

Perihal perekaman video, kamera selfie dari sang ponsel hanya mampu merekam pada resolusi 1080@30fps. Sedangkan kamera belakang sudah mampu hingga resolusi 4K@60fps.

Adapun dua fitur menarik yang dijejalkan oleh OPPO Reno 10 Pro+ 5G, salah satunya adalah Ultra Steady Video 3.0 yang membuat perekaman video menjadi mulus karena goncangan akan semakin terdeteksi berkat gyro-EIS (Electronic Image Stabilization). Selain itu, ada juga fitur MariSilicon X NPU (Neural Processing Unit) yang berperan mengolah gambar dan video sehingga mampu menghasilkan kualitas yang superior.

5. Fast Charging 100W

Untuk urusan daya, OPPO Reno 10 Pro+ 5G hadir dengan baterai berkapasitas 4700 mAh. Sebagian dari Anda mungkin akan meragukan daya tahannya.

Namun, ingat bahwa ponsel ini menggunakan chipset irit daya dari Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. OPPO juga terkenal sebagai brand yang mampu menciptakan sistem manajemen daya yang baik.

Saat smartphone ini digunakan selama 30 menit untuk pemutaran video lokal beresolusi Full HD atau 1080p, baterai hanya berkurang berkisar 3% saja. Menonton video TikTok selama 30 menit pun hanya berkurang 4%. Jika bermain game Genshin Impact selama 20 menit, ia akan berkurang sebanyak 11%, dan 7% saat bermain PUBG Mobile selama 30 menit.

Lanjut ke soal pengisian daya, OPPO Reno 10 Pro+ 5G pun juga sudah diperkuat oleh pengisian cepat SuperVOOC 100W yang diklaim mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 28 menit saja.

Pengisian daya secepat ini pun diklaim aman karena sudah memiliki sertifikasi TUV Rheinland Safe Fast-Charge. OPPO juga mengklaim bahwa SuperVOOC 100W tidak memengaruhi usia pakai baterai. Bahkan, perusahaan mengklaim itu akan bisa digunakan hingga 4 tahun.

6. Adanya Infrared dan NFC

Infrared ini memang bukanlah salah satu fitur ekslusif yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi saja. Fitur ini juga bisa Anda jumpai di beberapa ponsel keluarga OPPO. Salah satunya OPPO Reno 10 Pro 5G ini. Perlu diketahui, fungsi dari IR Blaster ini merupakan untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti menjadikan HP menjadi remote TV, AC, dan sejenisnya.

Selain Infrared, OPPO Reno 10 Pro+ 5G juga tersematkan fitur NFC (Near Field Communication) Multifungsi yang juga bisa digunakan dalam mengemulasi kredensial kartu akses. Kartu akses ini yang digunakan untuk membuka pintu hotel, apartemen, homestay, dan lain sebagainya.

7. Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

OPPO Reno 10 Pro+ 5G sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh OPPO Reno 10 Pro+ 5G ini adalah accelerometer, proximity, compass, dan color spectrum.

Kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

1. Tidak Memiliki IP Rating

OPPO Reno 10 Pro+ 5G sendiri tidak memiliki IP Rating, baik itu IP53, IP54, dan juga IP67. Oleh karena itu, pengguna sangat disarankan untuk berhati-hati menggunakan ponsel ini agar terhindar dari insiden yang tidak di-inginkan. Jangan sekali-kali mencebutkan ponsel ini ke dalam bak mandi, kolam berenang, dan sebagainya. 

Soalnya ia tidak ada jaminan selamat ketika terkena debu dan air. Dibanderol dengan harga Rp10 jutaan, sangat disayangkan OPPO Reno 10 Pro+ 5G tidak menghadirkan IP Rating. Padahal banyak ponsel entry-level sampai dengan mid-range sudah memiliki IP Rating.

2. Perekaman Video Kamera Depan Terbatas

Hasil foto dan video kamera depan dari OPPO Reno 10 Pro+ 5G memang masih bisa dinikmati, setidaknya untuk diunggah ke media sosial. Hanya saja, perekaman dari kamera depan atau selfie sang ponsel kurang oke jika digunakan untuk keperluan konten.

Benar saja, kamera depan dari OPPO Reno 10 Pro+ 5G ini hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps saja. Padahal, kemampuan merekam di frame rate 60fps sangat penting untuk mempermulus gerakan.

3. Tidak Ada USB Display Out dan Wireless Charging

Smartphone dengan harga yang tembus dua digit sudah seharusnya memiliki fitur-fitur mahal atau premium. Sayangnya, OPPO Reno 10 Pro+ 5G belum memilikinya. Sebut saja USB display out yang kegunaannya tentu akan penting jika diduetkan dengan fitur Multi-screen.

Port USB yang digunakan oleh ponsel ini pun masih menggunakan teknologi USB 2.0, sehingga protokol display out tidak bisa didukung. Syarat minimal agar display out dapat dipasang adalah USB 3.0. Untuk jajaran ponsel OPPO, fitur ini masih eksklusif buat OPPO Find X Series.

Adapun fitur premium lainnya yang tidak dijejalkan oleh OPPO Reno 10 Pro+ 5G ini adalah wireless charging.

Spesifikasi OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Spesifikasi OPPO Reno 10 Pro+ 5G
  • Warna : Silvery Grey dan Glossy Purple.
  • Dimensi : 162.9 x 74 x 8.3 mm.
  • Berat : 194 gram.
  • Layar : AMOLED, 1240 x 2772 piksel, 6.74 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOSI 13.1.
  • Baterai : Li-Po 4700 mAh, 100W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 64 MP + 8 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Harga OPPO Reno 10 Pro+ 5G

OPPO Reno 10 Pro+ 5G merupakan sebuah smartphone kelas flagship terbaru dengan kemampuan performa superior dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 berfabrikasi 4 nanometer serta hadir dengan kamera memadai disertai fitur-fitur photography yang menarik. Selain itu, ia juga hadir dengan baterai berkapasitas 4700 mAh lengkap dengan SuperVOOC 100W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 28 menit saja. Harga smartphone OPPO Reno 10 Pro+ 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp10.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.