0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5 - Spesifikasi & Harga

Tecno Pova 5 secara resmi dirilis di Indonesia pada 1 Agustus 2023 sebagai penerus dari Tecno Pova 4 yang diluncurkan pada 17 Oktober 2022 silam. Bukan hanya itu, Tecno Pova 5 juga menyediakan edisi khusus untuk model terbarunya yaitu Tecno Pova 5 Free Fire Edition. Smartphone ini juga menawarkan desain stylish bergaya Turbo Mecha Design dengan tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Adapun tiga varian warna yang bisa disesuaikan oleh pengguna, yakni Mecha Black, Amber Gold, hingga Free Fire Edition.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5

Soal performa, smartphone terbaru besutan Tecno Mobile ini hadir dengan performa memadai di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core berfabrikasi 6 nanometer yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 258 GB. Kemudian, keseluruhan performa tersebut juga didukung oleh baterai 6000 mAh dengan pengisian cepat 45W. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai.

Lalu, apa saja kira-kira sektor yang diunggulkan dari smartphone dengan harga Rp2 jutaan tersebut? Jika Anda penasaran dengan kemampuan ponsel Tecno Pova 5, Anda bisa simak beberapa poin kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 5 beserta spesifikasi & harganya.

Kelebihan Tecno Pova 5

Kelebihan Tecno Pova 5

1. Usung Turbo Mecha Design

Secara desain, Tecno Pova Series memang dikenal akan tampilan desainnya yang unik dan berbeda dari smartphone lain pada umumnya. Hal ini tentu terus berlanjut dan tetap dipertahankan oleh Tecno Pova 5. Kali ini, Tecno Pova 5 tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Tecno sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan yang tak kalah keren, yakni Turbo Mecha Design.

Adapun beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Tecno Mobile. Mulai dari Mecha Black dan Amber Gold yang sangat cocok bagi Anda untuk mendapatkan tampilan lebih keren. Akan tetapi, jika Anda ingin tampil lebih mencolok, penulis sarankan untuk memilih varian Free Fire Edition.

Tampilan smartphone ini benar-benar keren, mulai dari pola garis-garis, hingga tekstur yang khas pada saat disentuh. Sama seperti generasi sebelumnya, Tecno Pova 5 juga memiliki bentuk housing kamera yang unik dan khas. Dengan mengikuti pola yang ada, housing tersebut terlihat pas dengan warna hitam pekat walaupun memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Hal menarik yang membuat housing kamera pada ponsel ini adalah desainnya yang dibuat rata. Di dalamnya terdapat dua buah kamera dan satu buah LED flash. Tetapi, tidak ada satu pun kamera yang terlihat menonjol. Bahkan, di sisi samping atau frame-nya pun dibuat rata dengan sudut yang tidak tajam, sehingga tetap nyaman ketika digenggam.

2. Layar Tajam dengan Refresh Rate 120Hz

Tecno Pova 5 juga dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 396 ppi (pixel per inch) pada aspek rasio 20:9 dengan kecerahan puncak mencapai di angka 580 nits (typ). Menariknya, sang ponsel juga menghadirkan desain bezel yang tidak terlalu tebal dan menganggu. Bahkan, rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai angka 84,5%.

Layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 120Hz yang smooth, serta touch sampling rate 360Hz yang imersif. Dengan angka tersebut, Anda sudah bisa menikmati pergerakan animasi dengan lebih lancar dan mulus.

3. Performa Gahar dengan Memori Luas

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Tecno Pova 5 sendiri menurut penulis cukup powerful berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Tecno Pova 5 ini juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB serta masih didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

Menurut data dari Nanoreview, MediaTek Helio G99 ini mampu meraih skor 375.347 pada AnTuTu v9 Bechmark. Sedangkan pada GeekBench 5, MediaTek Helio G99 meraih skor 560 untuk single-core dan 1.831 untuk multi-core. Itu juga diuji menggunakan 3DMark Wild Life Performance dan meraih skor 1.230.

4. Adanya Fitur Vapor Chamber Cooling

Selain performa dari chipset, kemampuannya dalam bermain game juga didukung oleh beberapa fitur pendukung untuk gaming. Hal ini juga menjadi salah satu peningkatan yang sebelumnya masih menjadi isu atau masalah yang ditemukan.

Kini sudah adanya Vapor Chamber Cooling yang lebih mumpuni. Terdapat Vapor Chamber Cooling berukuran 1399.65 mm kubik yang dikombinasikan dengan Graphene heatsink 9349.39 mm kubik. Bahkan, sistem pendingin ini juga telah dilengkapi pembuang panas hingga 10 lapisan. Alhasil itu akan membuat suhu CPU berkurang lebih dari 5 derajat celcius setiap reloading.

Itu juga menawarkan aplikasi Game Space yang dapat dimanfaatkan agar bermain game menjadi lebih optimal. Bahkan, pengguna bisa bermain game dengan lebih nyaman dengan memanfaatkan fitur Hide Notification dan Incoming Call Reject sehingga tidak ada lagi teman atau sahabat yang jail ketika Anda sedang bermain game.

5. Kamera Masih Cukup Oke

Sisi fotografi, Tecno Pova 5 menurut penulis masih cukup menarik di kelasnya dengan dukungan dua buah kamera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.6 serta diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini tentu mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, kamera belakang sang ponsel mampu merekam hingga resolusi 1440p@30fps. Sedangkan kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

6. Baterai Jumbo 6000 mAh dengan Fast Charge 45W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Pova 5 ini didukung oleh baterai berkapasitas 6000 mAh. Kapasitas tersebut bahkan lebih besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya yang hanya diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, perusahaan Tecno Mobile mengklaim bahwa ponsel anyar mereka sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Merujuk pada laman web resminya, sang ponsel mampu bertahan hingga 39 jam lebih lamanya untuk menelepon, 11 jam untuk bermain game, dan 14 jam lebih untuk memutar video.

Bukan hanya ketahanannya saja, Tecno Pova 5 juga dijejalkan fitur pengisian daya yang cukup cepat. Terdapat fitur smart charge yang diklaim memiliki 25 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya yaitu hingga 45W. Dengan demikian, ponsel ini butuh waktu 21 menit untuk mengisi daya hingga 50%, sedangkan untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 66 menit saja.

7. Kualitas Audio Memadai

Hal menarik lain yang ditawarkan oleh Tecno Pova 5 ini adalah menawarkan pengalaman suara yang impresif. Sebab, sang ponsel menawarkan fitur dual speaker atau stereo yang cukup lantang. Satu hal menarik dari speaker yang dimilikinya adalah lokasi atau letaknya. Tecno Pova 5 menyimpan speaker utamanya di bagian bawah. Sementara itu, speaker keduanya tidak menyatu dengan earpice, melainkan disimpan di bagian bodi atas.

Selain itu, speaker tersebut juga didukung oleh fitur DTS dan Hi-Res yang cukup impresif. Fitur ini mampu mengurangi suara bising dan menghadirkan pengalaman bermain game atau menonton video yang lebih nyata.

8. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh smartphone Tecno Pova 5 ini adalah memiliki konektivitas dan sensor yang lengkap. Dari segi konektivitas, pengguna sudah bisa menikmati fitur NFC (Near Field Communication) yang memiliki fungsi penting yang mana pengguna dapat mengisi saldo e-Money tanpa harus mengampiri minimarket maupun ATM.

Lanjut ke bagian sensor, ponsel ini sudah memiliki fingerprint side-mounted, accelerometer, proximity, compass, hingga gyroscope. Selain itu, terdapat fitur Z-axis linear motor yang berfungsi untuk menambah getaran agar bermain game terasa lebih nyata.

Kekurangan Tecno Pova 5

Kekurangan Tecno Pova 5

1. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Tecno Pova 5 memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Tecno Mobile malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide. Sebut saja Xiaomi Redmi 12 4G yang baru-baru ini dirilis di Indonesia.

2. Tanpa Dukungan 5G

Mengingat si ponsel hanya mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99, bukan Dimensity. Artinya, Tecno Pova 5 memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Ia hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

Spesifikasi Tecno Pova 5

Spesifikasi Tecno Pova 5
  • Warna : Mecha Black, Amber Gold, dan Free Fire Edition.
  • Dimensi : 168.6 x 76.6 x 9 mm.
  • Berat : 219.4 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 13.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno Pova 5

Harga Tecno Pova 5

Tecno Pova 5 merupakan salah satu smartphone entry to mid terbaru yang menawarkan performa powerful dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 serta diperkuat oleh baterai berkapasitas 6000 mAh dengan fitur pengisian cepat 45W. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Harga dari smartphone Tecno Pova 5 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.299.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.