0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y27 5G - Spesifikasi & Harga

Bukan hanya meluncurkan Vivo Y27 4G, Vivo Indonesia juga memboyong varian 5G untuk segmen entry-level dengan menghadirkan seri Vivo Y27 5G di tanah air dengan jargon "Gaya Sultan, Performa Jagoan". Smartphone Vivo Y27 5G pun tampil dengan desain yang tak jauh berbeda dengan varian 4G-nya yang stylish dengan frame flat tipis dipadukan dengan housing kamera minimalis. Untuk penutup belakangnya sendiri menggunakan finishing Crystalline Matte Coating tekstur unik di setiap varian warnanya. Bahkan, sang ponsel juga rupanya sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang tahan terhadap percikan air dan debu.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y27 5G

Perihal performa, Vivo Y27 5G jelas unggul telak atas varian 4G-nya berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G octa-core berfabrikasi 7 nanometer dipadukan dengan memori RAM sebesar 6 GB dengan RAM extended 6 GB. Kamera dari smartphone Vivo Y27 5G pun cukup mumpuni dengan dukungan dua buah kamera dengan kamera utama berkekuatan 50 MP. Tak hanya itu, ini juga hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan fitur pengisian cepat 15W saja.

Namun, sebelum memantapkan hati dengan smartphone ini, ada baiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Sebab, penulis telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y27 5G beserta spesifikasi dan harganya sebagai berikut.

Kelebihan Vivo Y27 5G

Kelebihan Vivo Y27 5G

1. Desain Stylish

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa smartphone ini hadir dengan tagline "Gaya Sultan, Performa Jagoan". Yang dimaksud Vivo dengan "Gaya Sultan" ini adalah desain elegang dari sang ponsel. Terlihat simpel, tapi menawan. Jika dilihat dari sisi depan sih tagline tersebut tidak terlihat. Pasalnya, ia masih mengusung layar berponi minimalis atau Infinity-V Display. Padahal, banyak produsen smartphone yang telah menggunakan layar punch hole.

Namun, sisi "Sultan" pada penutup belakangnya jelas lebih terlihat. Walaupun masih menggunakan bahan polikarbonat. Vivo telah memolesnya dengan bagus, alhasil terlihat menawan serta tahan terhadap goresan dan noda sidik jari yang disebut Crystalline Matte.

Untuk varian warna Satin Purple menurut penulis cukup menawan. Terlihat adanya perpaduan warna antara biru dan ungu sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin jadi pusat perhatian. Namun, jika Anda ingin memilih yang lebih kalem, pilih saja varian Mystic Black.

Bahkan, sang ponsel juga rupanya sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang tahan terhadap percikan air dan debu.

2. Layar Masih Oke

Smartphone terbaru Vivo Y27 5G ini dipersenjatai oleh layar waterdrop notch pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,64 inci yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD pada resolusi Full HD+ alias 1080 x 2388 piksel yang menawarkan kerapatan piksel mencapai di angka 395 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan hingga 600 nits yang cemerlang. 

Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya pada sang ponsel. Namun, layar dari Vivo Y27 5G telah dipasangkan screenguard bawaan pabrik.

Namun, layar yang digunakan oleh Vivo Y27 5G sudah mendukung DCI-P3 color gamut. Dengan demikian, itu akan membuat tampilannya cukup nyaman ketika digunakan untuk menonton film.

3. Performa Masih Bersaing di Kelasnya

Sektor performa, Vivo Y27 5G hadir dengan performa yang masih bisa bersaing di kelasnya berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G berfabrikasi 7 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6 GB + 6 GB RAM extended, serta juga diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G57 MC2.

Dalam SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 ini dipadukan dengan memori RAM 6 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB UFS 2.2. Dalam pengujian AnTuTu 9 yang dilakukan kanal YouTube Legawa Gadget, Vivo Y27 5G mampu meraih skor 373.834 poin sehingga Anda dapat menggunakan ponsel ini untuk memainkan beberapa game populer.

4. Kamera Tergolong Cukup Memadai

Beralih ke sektor kamera, Vivo Y27 5G tak jauh berbeda dengan varian 4G menurut penulis dengan dukungan dua buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel juga diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kemudian untuk kamera keduanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera depan atau selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.4. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps saja.

Kamera depan dari Vivo Y27 5G ini pun juga diperkuat oleh fitur AI Face Beauty yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beauty sesuai dengan karakter pengguna dengan mendeteksi usia, jenis kelamin,warna, tekstur kulit, hingga pencahayaan lingkungan sekitar.

5. Baterai 5000 mAh yang Awet

Untuk urusan daya, smartphone dengan desain stylish Vivo Y27 5G ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah sesuai standar smartphone masa kini. Pasalnya, sudah banyak smartphone di berbagai kelas memiliki baterai sebesar itu. Yang membedakannya adalah manajemen konsumsi daya untuk menentukan seberapa lama sang ponsel dapat bertahan.

Menurut klaim Vivo Indonesia, Vivo Y27 5G ini mampu bertahan selama 16 jam lamanya untuk menonton video secara streaming. Kendati demikian, klaim tersebut bisa saja berbeda dengan pengalaman Anda ketika menggunakan ponsel tersebut.

6. Adanya NFC Multifungsi

Vivo Y27 5G tentu menjadi solusi bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan serta Anda yang ingin lewat jalan tol. Sebab, ponsel ini telah memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang bisa digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo e-money.

Dengan demikian, Anda bisa mengecek saldo kapan saja dan di mana saja, selama sang ponsel terhubung ke dompet digital atau rekening bank serta memiliki koneksi internet.

Adapun kegunaan lain dari fitur NFC (Near Field Communication) ini adalah untuk menduplikasi kartu akses apartemen. Sehingga Anda bisa membuka pintu dan menggunakan lift apartemen dengan menempelkan bodi Vivo Y27 5G ke area pemindaian.

7. Masih Memiliki Audio Jack

Perlu diketahui bersama bahwa akhir-akhir ini banyak smartphone kelas menengah atau kelas atas telah meninggalkan satu fitur penting, yakni audio jack 3,5mm. Dengan demikian, ponsel ini masih dapat disambungkan ke earphone atau headset kabel yang merupakan solusi ekonomis untuk memperoleh kualitas audio mantap. Bahkan, Anda juga bisa menikmati siaran radio FM.

Kekurangan Vivo Y27 5G

Kekurangan Vivo Y27 5G

1. Fast Charger Hanya 15W

Walaupun Vivo Y27 5G ini dibekali baterai berkapasitas besar 5.000 mAh. Namun, ada kekurangan yang di sektor ini seperti hanya didukung oleh pengisian cepat 15W yang tergolong kalah saing dari kompetitornya. Dengan demikian, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 2 jam lebih. Waktu yang tak sebentar, bukan?

2. Kamera Ultrawide Absen

Kekurangan selanjutnya pada vivo Y27 5G ini adalah tidak dibekali oleh kamera ultrawide. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa konfigurasi kamera pada smartphone ini masih sama dengan vivo Y27 4G. Padahal, kamera ultrawide ini memiliki fungsi yang menarik dan banyak dicari oleh penggemar fotografi. Sebab, hadirnya kamera ultrawide akan membantu Anda dalam menangkap banyak objek sekaligus dalam satu frame.

3. Slot MicroSD Absen

Vivo Y7 5G tidak memiliki slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal. Sebab, slot yang disediakan oleh sang ponsel hanya untuk menampung dual kartu SIM. Hal ini mesti menjadi perhatian, terlebih smartphone kelas menengah dengan desain stylish ini hanya menyediakan varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB yang menurut penulis agak mepet jika digunakan untuk jangka panjang.

Jika saja ada slot microSD, file media seperti video, foto, musik dan sejenisnya dapat dialihkan ke memori eksternal. Dengan demikian, penyimpanan internal pada sang ponsel akan lebih leluasa untuk menyimpan banyak aplikasi hingga game.

4. Refresh Rate Hanya 60Hz

Cukup disayangkan vivo Y27 5G hanya menghadirkan refresh rate 60 Hz pada layarnya. Padahal di rentang harga yang sama, beberapa produsen smartphone telah menghadirkan layar dengan dukungan refresh rate 90 Hz.

Sedikit informasi, apabila sebuah smartphone menghadirkan refresh rate tinggi seperti 90 Hz atau 120 Hz tentu saja akan membuat tampilan animasi dan scrolling menjadi lebih halus sehingga mata tidak cepat lelah.

Spesifikasi Vivo Y27 5G

Spesifikasi Vivo Y27 5G
  • Warna : Mystic Black dan Satin Purple.
  • Dimensi : 164.1 x 76.2 x 8.1 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388 piksel, 6.64 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6020 5G (7 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 15W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Vivo Y27 5G

Harga Vivo Y27 5G

Vivo Y27 5G adalah salah satu smartphone 5G murah terbaru yang menawarkan performa kompeten di kelasnya berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 octa-core dan didukung oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Selain itu, smartphone entry-level ini juga telah mengantongi sertifikasi IP54 yang tahan terhadap cipratan air dan debu. Harga smartphone Vivo Y27 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.999.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.