0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

6 Kelebihan dan 3 Kekurangan Xiaomi Pad 6 - Spesifikasi & Harga

Setelah lama dinanti, Xiaomi Indonesia secara resmi merilis tablet terbaru mereka di Indonesia. Xiaomi Pad 6 resmi hadir untuk meramaikan pasar tablet tanah air pada Selasa (8/8/2023). Tablet terjangkau dengan performa memadai ini menawarkan desain premium berkat housing kameranya. Benar saja, ia menggunakan desain housing kamera persegi berwarna hitam. Di dalamnya terdapat sebuah garis tipis yang membuatnya jadi lebih mirip dengan housing kamera Xiaomi 13 Series.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6

Perihal performa, Xiaomi Pad 6 hadir dengan performa memadai di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 870 octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB LPDDR5 dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 3.1. Kemudian, keseluruhan performa tersebut didukung dengan baterai berkapasitas 8840 mAh lengkap dengan fast charging 33W.

Bukan hanya menawarkan performa memadai di kelasnya, Xiaomi Pad 6 tampak hadir dengan layar IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi 2K dengan refresh rate yang tinggi, yakni 144Hz guna memberikan pengalaman scrolling dan bermain game yang lebih imersif. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6? Berikut ulasannya!

Kelebihan Xiaomi Pad 6

Kelebihan Xiaomi Pad 6

1. Desain Premium

Satu hal yang pertama kali dilihat dari sebuah perangkat tentu saja terletak pada bagian desainnya. Tampilan luar ini cukup berpengaruh terhadap kesan pertama yang diterima. Oleh sebab itu, banyak produsen smartphone atau tablet berlomba-lomba dalam menghadirkan desain premium atau stylish sebagai daya tarik.

Hal itulah yang coba dilakukan oleh Xiaomi Pad 6. Tablet ini memang hadir dengan rentang waktu yang tidak terlalu jauh dengan perilisan Xiaomi 13 Series. Tak heran, jika desain dari sang tablet terinspirasi langsung dengan Xiaomi 13 Series.

Benar saja, ia menggunakan desain housing kamera persegi berwarna hitam. Di dalamnya terdapat sebuah garis tipis yang membuatnya jadi lebih mirip dengan housing kamera Xiaomi 13 Series. Sementara itu, bahan material yang digunakan pada penutup belakang sudah menggunakan bahan aluminium yang berkualitas.

Tak hanya itu, bagian frame dari Xiaomi Pad 6 pun juga telah menggunakan bahan yang sama. Alhasil, Anda dapat merasakan sentuhan premium pada saat menggunakannya. Sedangkan untuk dimensinya tidak terlalu tebal yaitu 254 x 165,2 x 6,5 mm dengan bobot 490 gram yang menurut penulis cukup berat.

2. Layar Tajam dengan Refresh Rate 144Hz

Tablet premium Xiaomi Pad 6 hadir dengan layar sentuh berukuran 11 inci yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi 2K atau 1800 x 2880 piksel yang mampu menampilkan 1 miliar warna dengan kerapatan mencapai hingga 309 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak di angka 550 nits.

Layar tersebut juga didukung oleh refresh rate yang tinggi yaitu 144Hz yang mampu menampilkan animasi lebih mulus bebas screen tearing dan screen stuttering. Selain itu, layar berukuran 11 inci itu pun sudah didukung kualitas yang baik. Mulai dari HDR10 hingga DolbyVision.

Sebagaimana yang diketahui, tablet memiliki ukuran layar yang lebih besar ketimbang smartphone Android. Maka dari itu, perlindungan terhadap layar tablet menjadi salah satu hal penting. Untungnya, Xiaomi Pad 6 telah dilengkapi Corning Gorilla Glass 3.

3. Performa Kencang di Kelasnya

Performa dari Xiaomi Pad 6 menurut penulis cukup memadai di kelasnya dengan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 berfabrikasi 7 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core super Kryo 585 Prime berbasis ARM Cortex-A77 berkecepatan 3.2 GHz, triple-core performa kryo 585 Gold berbasis ARM Cortex-A77 berkecepatan 2.2 GHz, dan quad-core efisiensi Kryo 585 Silver berbasis ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.95 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650.

Guna mengoptimalkan performa yang dihasilkan, SoC (System on Chip) ini kemudian dipadukan dengan kapasitas RAM yang lebih luas. Xiaomi Pad 6 yang hadir di pasar Indonesia ini hadir dengan RAM 8 GB LPDDR5 dengan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB UFS 3.1.

Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 pada Xiaomi Pad 6 pun mampu meraih skor hingga 701.461 pada pengujian AnTuTu v9. Sedangkan pada GeekBench 5 mencapai skor 993 untuk single-core dan 3371 untuk multi-core. Sementara itu, pada pengujian menggunakan 3D Mark Wild Life Performance mampu meraih skor 4303.

4. Kamera Masih Oke

Beralih ke sektor kamera. Untuk sebagian orang, sektor kamera pada tablet ini dianggap kurang begitu penting. Dengan begitu, kualitasnya tidak terlalu tinggi seperti kebanyakan perangkat smartphone. Apalagi, jarang sekali ada orang yang memotret menggunakan tablet. Namun, beberapa orang lain masih menganggap fitur ini penting keberadaannya untuk memotret dokumen dan lain-lain.

Adapun resolusi untuk kamera belakang dari Xiaomi Pad 6 ini adalah 13 MP pada bukaan aperture f/2.2. Resolusi itu masih sama seperti pendahulunya yaitu Xiaomi Pad 5. Namun, Xiaomi Pad 6 sudah dijejalkan fitur phase-detection autofocus.

Hal menarik dari kamera belakang Xiaomi Pad 6 ini adalah perekaman videonya. Sebab, dengan resolusi tersebut, sang tablet sudah bisa merekam pada resolusi 4K@30fps. Selain itu, Anda juga masih bisa mengubahnya menjadi 1080p@60fps.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie atau depan berkekuatan 8 MP berukuran 1/4 inci pada bukaan aperture f/2.2. Perihal perekaman videonya, kamera selfie tersebut hanya sanggup merekam pada resolusi 1080p@30fps.

5. Baterai Besar

Selain memiliki kualitas layar yang baik, performa mumpuni, hingga kamera bersaing di kelasnya, tablet ini juga rupanya memiliki ketahanan baterai yang cukup baik. Sebab, Xiaomi Pad 6 didukung oleh baterai berkapasitas 8840 mAh. Jenis baterai yang digunakannya adalah Li-Po dengan sifat non-removable.

Bukan hanya itu, tablet yang dibanderol dengan harga terjangkau ini pun dibekali oleh fitur pengisian cepat 33W yang menurut penulis cukup kencang untuk sekelas harganya.

6. Konektivitas Lengkap

Xiaomi Pad 6 hadir dengan Wi-Fi 6 atau 802.11 a/b/g/n/a/6. Selain itu, Wi-Fi yang digunakan pun sudah mendukung Dual-Band atau Wi-Fi direct. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan kecepatan yang lebih baik dan latensi yang cukup rendah.

Kemudian, Bluetooth yang digunakannya juga sudah menggunakan versi yang lebih baru yaitu Bluetooth 5.2.

Kekurangan Xiaomi Pad 6

Kekurangan Xiaomi Pad 6

1. 3.5mm Jack Audio Port Absen

Cukup disayangkan Xiaomi Pad 6 ini tidak tersedia 3.5mm jack audio port, mungkin karena tablet ini sudah dibekali 4 (empat) stereo speaker.. Meskipun begitu, Anda juga masih bisa kok menggunakan earphone bluetooth maupun earphone yang menggunakan port USB Type-C. Kendati demikian, apabila Anda ingin menggunakan earphone reguler, Anda membutuhkan adapter 3.5mm to USB Type-C.

2. Fingerprint Absen

Apabila diantara Anda sangat membutuhkan fingerprint alias pemindai sidik jari agar si tablet lebih aman dan memang terbiasa dengan fitur tersebut. Ada baiknya Anda memilih tablet lain yang sudah tersematkan sensor pemindai sidik jari. Meskipun tidak ada fingerprint, Xiaomi Pad 6 masih menghadirkan Face Unlock untuk keamanan.

3. Tanpa Varian Seluler

Masih mengikuti jejak pendahulunya yaitu Xiaomi Pad 5, Xiaomi Pad 6 ini hadir tanpa ada varian selulernya. Dengan kata lain, tablet ini hanya bisa menggunakan Wi-Fi untuk terhubung dengan internet.

Ini tentu menjadi pertimbangan cukup berat untuk sebagian orang. Apalagi untuk yang membutuhkan perangkat tablet dengan kondisi kerja yang sangat mobile. Sebab, tidak semua tempat memiliki Wi-Fi atau jika ada mungkin tidak sekencang yang diharapkan.

Oleh karena itu, Anda harus selalu membawa perangkat lain untuk membagikan koneksi internet. Misalnya smartphone Android yang bisa melakukan hotspot tethering atau Modem Wi-Fi.

Spesifikasi Xiaomi Pad 6

Spesifikasi Xiaomi Pad 6
  • Warna : Gravity Gray, Mist Blue.
  • Dimensi : 254 x 165.2 x 6.5 mm.
  • Berat : 490 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1800 x 2880, 11 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm).
  • GPU : Adreno 650.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, MIUI 14.
  • Baterai : Li-Po 8840 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Xiaomi Pad 6

Harga Xiaomi Pad 6

Xiaomi Pad 6 merupakan sebuah tablet terbaru dengan harga terjangkau dengan desain premium yang menawarkan performa memadai di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 870. Bukan hanya menawarkan performa memadai, tablet ini juga dipersenjatai oleh layar sentuh berukuran 11 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD pada resolusi 2K yang didukung oleh refresh rate 144Hz yang sangat imersif di kelasnya. Harga tablet Xiaomi Pad 6 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp4.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.