0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro 5G, Smartphone 4 Jutaan Bertenaga Dimensity 8050 dengan Kamera Selfie 32 MP

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro 5G, Smartphone 4 Jutaan Bertenaga Dimensity 8050 dengan Kamera Selfie 32 MP - Setelah sukses meluncurkan Tecno Camon 20 Pro reguler dan Tecno Camon 20 Premier 5G pada bulan Juli 2023 kemarin, akhirnya smartphone Tecno Camon 20 Pro 5G yang masuk dalam seri Camon 20 resmi diboyong ke pasar Indonesia pada 12 September 2023. Untuk seri ini merupakan varian di tengah-tengah. Sebab, Tecno Camon 20 Pro 5G memiliki spesifikasi yang mirip dengan seri reguler dan juga premier seperti desain dari sang ponsel masih mirip dengan varian premier. Hanya saja, kamera belakang dari varian Pro 5G ini lebih mirip dengan varian reguler dengan mengandalkan kamera utama berkekuatan 64 MP.

Sektor performa, Tecno Camon 20 Pro 5G menurut penulis cukup kompeten di kelas harganya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core prosesor dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 512 GB. Tak hanya itu, ponsel besutan Tecno Mobile ini pun juga dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6.67 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) serta didukung oleh refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz yang imersif.

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro 5G, Smartphone 4 Jutaan Bertenaga Dimensity 8050 dengan Kamera Selfie 32 MP

Secara desain, smartphone mainstrem Tecno Camon 20 Pro 5G hadir dengan desain yang unik karena housing kamera yang tak biasa, serta bahan material yang premium menjadi salah satu keunikannya tersendiri. Dari informasi yang penulis himpun, desain ini dinamai Masterful Aesthetics. Terlihat dari housing kamera yang membentuk ruang bangun segi lima yang unik dan khas. Bentuknya ini mengikuti garis-garis berpola di bagian bodi layarnya. Nah, garis-garis itu pun membentuk sebuah Tyson Polygon Deconstruction Aesthetics.

Sisi estetika yang dimiliki oleh sang ponsel sendiri benar-benar kental. Sebab, Tecno Mobile mengkombinasikan antara estetika dan avant-garde fashion. Tentu ini menjadi identitas lantaran keunikannya. Bahkan, pengguna akan lebih mudah dalam mengenai smartphone ini hanya dengan melihat desain belakangnya.

Tecno Camon 20 Pro 5G ini menawarkan dua varian warna yang diboyong ke pasar Indonesia, yakni Predawn Black dan Serenity Blue. Keduanya tampil cantik dan cocok dengan tekstur kulit di bagian penutup belakangnya. Bukan hanya berfokus pada sisi estetikanya saja, ponsel ini juga memperhatikan sisi kenyamanan bagi pengguna. Ini karena bahan penggunaan bahan material lychee pattern leather. Material tersebut memiliki tekstur kulit yang premium dan nyaman pada saat bersentuhan dengan tangan.

Tak jauh berbeda dengan beberapa Tecno Camon 20 Series lainnya, Tecno Camon 20 Pro 5G juga sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap tetesan air.

Smartphone mid-range premium Tecno Camon 20 Pro 5G ini pun dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6.67 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan piksel mencapai di angka 395 ppi (pixel per inch) yang juga tersematkan fitur Always-on display.

Layar tersebut juga mampu menghasilkan color gamut dengan Cinema-grade P3 yang memanjakan mata dengan kecerahan puncak mencapai 700 nits. Tak hanya itu, layar pada Tecno Camon 20 Pro 5G juga sudah mengusung touch sampling rate 360Hz untuk performa layar sentuh yang responsif, dan refresh rate 120Hz yang mampu menampilkan animasi game yang lebih mulus.

Ukuran layar lebar yang diusungnya pun cocok digunakan untuk bermain game atau bahkan menonton streaming. Apalagi, desain bezel yang mengelilinginya terlihat cukup tipis di semua sisi. Rasio layar ke bodi yang dimilikinya bahkan mencapai angka 87,0%. Alhasil, itu akan membuat layarnya terlihat lebih luas dan nyaman digunakan.

Masih berkenaan dengan layar, smartphone Tecno Camon 20 Pro 5G menjadi salah satu dari segelintir smartphone mid-range yang memiliki fitur unik. Alih-alih meletakkan sensor sidik jari di samping bodi seperti mayoritas smartphone mid-range lainnya, pengguna rupanya disuguhkan sensor sidik jari di dalam layar atau in-display fingerprint.

Hal ini menurut penulis patut diapresiasi karena membuatnya tampil lebih mewah dari pesaingnya di kelas yang sama, karena umumnya sensor sidik jari di dalam layar ini hanya terdapat pada smartphone flagship.

Kedua, sensor di layar bisa memberikan pengalaman buka kunci yang lebih natural ketimbang di samping. Layar merupakan tempat yang paling sering disentuh oleh jari, sehingga ia tentu menjadi tempat paling ideal untuk ditempelkan dengan jari saat buka kunci layar.

Performa yang ditawarkan oleh Tecno Camon 20 Pro 5G pun cukup memadai di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3,0 GHz, triple-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,8 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G77 MC9.

Tecno Camon 20 Pro 5G sejatinya bukan ditujukan untuk gaming. Kendati ponsel mampu meraih skor Geekbench 5 di angka 855 poin untuk single-core dan 2939 poin untuk multi-core, tapi ia tidak dikemas dengan sistem pendingin yang baik.

Pengguna tentu mengharapkan frame rate tinggi pada Mobile Legends dan game ringan sejenisnya. Namun, untuk game berat seperti Honkai Star Rail, isu thorttling akan terasa. Ketika game tersebut dimainkan selama 15 menit (Medium 60 FPS), rupanya game menunjukkan pengalaman stutter.

Dilansir dari Plou pada kanal YouTube-nya, Tecno Camon 20 Pro 5G meraih skor 719.609 poin pada pengujian AnTuTu v10. Di video tersebut menunjukkan bahwa game Genshin Impact dapat berjalan dengan lancar kendati menggunakan pengaturan Highest 60 FPS.

Smartphone kelas menengah besutan Tecno Mobile juga dibekali dengan penyimpanan internal terbesar di kelasnya, yakni berkapasitas 512 GB yang tidak didukung oleh slot microSD. Meski demikian, storage seluas itu masih mampu menyimpan banyak file seperti foto, video, musik, dan sejenisnya.

Sisi fotografi, Tecno Camon 20 Pro 5G diklaim mampu menghasilkan foto dengan kualitas memukau. Pasalnya, di bagian belakangnya terdapat tiga buah kamera. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 64 MP pada bukaan aperture f/1.7 dengan focal lenght 25mm (wide), 1/7 inci 0.8um piksel serta didukung oleh fitur phase-detection autofocus.

Sedangkan untuk kamera keduanya berkekuatan 2 MP yang berfungsi sebagai dedicated macro pada bukaan aperture f/2.4 dan kamera ketiganya berkekuatan 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor pada bukaan aperture f/2.4.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera depan atau selfie berkekuatan 32 MP pada bukaan aperture f/2.5 serta juga didukung oleh fitur Dual-LED flash. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam hingga resolusi 4K@30fps dan kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

Kamera utama tersebut juga memiliki filter RGBW yang merupakan singkatan dari red, green, blue, dan white adalah komponen warna yang dapat menghasilkan foto dengan detail lebih menakjubkan ketimbang RGB biasa.

Bukan hanya itu, kamera selfie nya juga dijejalkan fitur Portrait Master guna mendapatkan akurasi foto wajah yang tinggi. Yang mana teknologi tersebut mampu mencakup sebanyak 319 titik face positioning dan 1000 poin face 3D feature, dan lebih dari 50 juta gambar sampel pada kamera untuk penyesuaian akurasi kamera.

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Camon 20 Pro 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup awet. Ini berkat sang ponsel ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 dengan fabrikasi 6 nanometer. Selain karena performanya memadai, chipset tersebut juga memiliki efisiensi daya yang cukup baik. Ditambah dengan satu faktor lain, yakni sang ponsel menggunakan panel layar AMOLED.

Jika tidak digunakan untuk bermain game, Tecno Camon 20 Pro 5G bisa bertahan hingga seharian penuh. Skenario penggunaan harian bisa ditunjang oleh smartphone ini hingga 6 jam lamanya. Apabila digunakan untuk penggunaan gaming, durasi screen on time jadi menyusut jadi 4-5 jam saja.

Selain memiliki ketahanan baterai yang baik, sang ponsel juga sudah dibekali oleh fitur pengisian cepat 33W. Daya sebesar 33W sebenarnya sudah tergolong umum di kelas menengah, bahkan sudah bisa dimiliki smartphone Rp1-2 jutaan seperti Infinix Hot 30, OPPO A38, Realme C51 NFC, dan lain sebagainya.

Dari informasi yang penulis terima, Tecno Camon 20 Pro 5G hanya memerlukan waktu 1 jam 15 menit untuk mengisi daya dari 20% hingga 100%. Tak lupa, pengguna juga bisa mengaktifkan mode AI Smart Charge untuk menjaga kesehatan baterai.

Tecno Mobile juga membekali smartphone kelas menengah terbaru mereka dengan kualitas suara speaker yang cukup baik. Kini sudah mulai banyak perangkat mid-range yang menawarkan stereo speaker, dan Tecno Camon 20 Pro 5G menjadi salah satunya.

Dengan konfigurasi stereo speaker, suara yang akan keluar dari speaker grille di bawah dan juga dari earpice. Hasil suara yang dikeluarkan pun cukup baik kualitasnya, terdengar cukup lantang, dan tetap terdengar jelas meski berada di lokasi yang cukup bising.

Bahkan, suaranya masih terdengar nge-bass sehingga membuat lagu yang diputar lebih imersif walau tanpa menggunakan earphone.

Sisi perangkat lunak, Tecno Camon 20 Pro 5G hadir dengan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka HiOS 13 terbaru juga yang kaya akan fitur. Tak lupa, smartphone mainstrem ini juga didukung oleh itur NFC (Near Field Communication) yang mana pengguna dapat mengisi saldo e-Money tanpa harus mengampiri minimarket maupun ATM.

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro 5G

Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro 5G

  • Rilis di Indonesia : 12 September 2023
  • Warna : Predawn Black dan Serenity Blue
  • Dimensi : 162.7 x 75.9 x 7.8 mm
  • Berat : -
  • Layar : AMOLED dengan ukuran 6,67 inci beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel, kerapatan 395 ppi, refresh rate 120Hz, Alyaws-on display
  • Chipset : Mediatek Dimensity 8050 (6 nm), Octa-core (1x3.0 GHz Cortex-A78 & 3x2.6 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G77 MC9
  • Sistem Operasi : Android 13, HiOS 13
  • Memori : RAM 8 GB dan ROM 512 GB
  • Kamera Belakang : 64 MP, f/1.7, (wide), 1/1.7", 0.8µm, PDAF, OIS + 2 MP, f/2.4, (macro) + 2 MP, f/2.4, (depth), Ring-LED flash, panorama, HDR, 4K@30fps
  • Kamera Depan : 32 MP, f/2.5, (wide), Dual-LED flash, 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 33W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, GPS, NFC, FM Radio, USB Type-C 2.0, OTG
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

Harga Tecno Camon 20 Pro 5G

Tecno Camon 20 Pro 5G merupakan salah satu smartphone dengan jaringan 5G terbaru yang menghadirkan performa mumpuni berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 dengan memori internal terbesar di kelasnya, yakni 512 GB. Bukan hanya menawarkan performa kencang, sang ponsel juga hadir dengan Triple Camera berkekuatan 64 MP. Bahkan, kamera depan dari smartphone ini juga cukup powerful berkat dukungan kamera selfie berkekuatan 32 MP. Harga smartphone Tecno Camon 20 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp4.299.000 rupiah yang memiliki kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB baik secara daring maupun luring. Itu juga bisa didapatkan melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Tecno di Shopee, Akulaku, Lazada, dan TikTok Shop. Tak hanya itu, pembeli juga bisa mendapatkan ponsel ini melalui Erafone terdekat.

Sebagai penawaran menarik, setiap pembeli di toko offline Erafone akan mendapatkan hadiah gratis portable speaker senilai Rp300 ribu. Ada dua pilihan warna yang bisa dipilih pengguna mencakup Predawn Black dan Serenity Blue.