0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Vivo V29 5G Bertenaga Snapdragon 778G 5G dengan Layar 3D Curved AMOLED

Harga dan Spesifikasi Vivo V29 5G Bertenaga Snapdragon 778 5G dengan Layar 3D Curved AMOLED - Smartphone premium kelas menengah Vivo V29 5G secara resmi dirilis di Indonesia. Smartphone ini masih sama seperti pendahulunya dengan mengunggulkan kemampuan fotografi dengan dukungan tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP disertai fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan kamera depan berkekuatan 50 MP yang cukup baik ketika digunakan untuk foto selfie ataupun vlogging. Vivo V29 5G juga dibekali dengan baterai berkapasitas 4600 mAh lengkap dengan fitur Flash Charge 80W yang cukup kencang.

Vivo V29 5G juga mampu memberikan pengalaman visual yang imersif berkat dukungan layar 3D curved AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120Hz. Perihal performa, ponsel ini menawarkan performa kompeten berkat sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 778G 5G dipadukan dengan memori RAM 8 GB atau 12 GB LPDDR4X + 8 GB Extended RAM.

Harga dan Spesifikasi Vivo V29 5G Bertenaga Snapdragon 778G 5G dengan Layar 3D Curved AMOLED

Soal desain, Vivo V29 5G ini terbilang cukup estetik dan minimalis. Sebab, ponsel tersebut mengutamakan penampilan yang sedap dipandang mata, tapi juga nyaman digenggam. Pilihan warna yang apik menjadi salah satu alasan mengapa ponsel premium ini sedap dipandang mata.

Terdapat tiga varian warna yang cukup menarik dihadirkan oleh Vivo seperti Velvet Red, Peak Blue, dan Noble Black. Varian Velvet Red merupakan varian andalan karena memiliki kemampuan perubahan warna apabila dilihat dari sudut tertentu. Warnanya terlihat cukup elegan dan memiliki finishing matte yang tahan noda sidik jari.

Noble Black juga memiliki finishing matte. Varian ini sama elegannya dengan Velvet Red. Namun, ia juga menyimpan kesan yang misterius. Bisa dikatakan, varian warna ini paling aman dipilih karena warnanya tidak mencolok.

Sementara pada varian warna Peak Blue, ia memiliki finishing glossy sehingga terlihat lebih berkilau. Varian ini tampaknya terinspirasi dari pegunungan es, karena punya partikel-partikel kecil mirip es. Jika dilihat dari sudut tertentu, terdapat sebuah siluet layaknya gelombang yang terlihat di sisi belakangnya.

Vivo V29 5G pun menurut penulis cukup nyaman digenggam karena terdapat lengkungan pada layar, bodi samping, dan bodi belakangnya. Dari informasi yang penulis terima, sudut kelengkungan yang terbentuk adalah 55 derajat.

Adapun hal menarik yang ditawarkan oleh Vivo V29 5G ini adalah sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang menjamin smartphone ini tahan terhadap paparan debu dan cipratan air di bagian tertentu.

Smartphone premium kelas menengah Vivo V29 5G pun dipersenjatai layar sentuh punch hole yang melengkung di kedua sisinya atau 3D Curved pada aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi 1.5K alias 1260 x  2800 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 453 inci yang mampu menampilkan 1 miliar warna dan mendukung HDR10+.

Teknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) sendiri mampu memberikan warna yang vivid dan menghasilkan warna hitam yang amat pekat. Selain itu, layar tersebut juga telah mengusung refresh rate 120Hz yang imersif. Dengan kualitas layar seperti ini, tentu saja Vivo V29 5G cukup asyik digunakan untuk bermain game, browsing, hingga menonton video.

Beberapa fitur juga turut disematkan untuk menambah kenyamanan pada saat menatap layar dari ponsel ini. Misalnya, Extra Dim untuk mengurangi emisi cahaya biru dan kedipan ketika sang ponsel digunakan di kamar yang gelap menjelang tidur.

Layar tersebut juga sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Dengan sertifikasi tersebut, layar sang ponsel bisa menampilkan film dari bioskop online seperti Netflix dalam resolusi tertinggi.

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Vivo V29 5G pun masih cukup powerful dengan mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 778G 5G SM7325 yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan RAM 8 GB atau RAM 12 GB LPDDR4X + 8 GB Extended RAM, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 642L.

Jika dilihat dari beberapa uji skor benchmark sintetis menurut GSMArena, Vivo V29 5G tampak sedikit tertinggal dari pendahulunya "Vivo V27 5G" yang menggunakan MediaTek Dimensity 7200. Misalnya di AnTuTu v9, Vivo Y29 5G meraih skor 554.639, sedangkan Vivo V27 5G skornya mencapai di angka 613.641.

Sementara pada GeekBench 6, Vivo V29 5G meraih skor 1.035 poin untuk single core dan 3.014 untuk multi-core. Sedangkan Vivo V27 5G mampu meraih skor single-core yang cukup tinggi, yaitu 1.181 poin. Namun, untuk multi-core nya lebih rendah dari Vivo V29 5G yakni 2.689 poin saja.

Vivo V29 5G yang mengusung layar 3D Curved ini pun juga dibekali dengan penyimpanan internal yang cukup lapang, yakni 256 GB atau 512 GB UFS 2.2 tanpa hadirnya slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal.

Sisi fotografi, Vivo V29 5G hadir dengan tiga buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan lensa 23mm pada bukaan aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN5 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel yang diperkuat fitur autofocus, OIS (Optical Image Stabilization) AI Scene Detection, dan Aura Light ring LED flash. Itu juga sudah mendukung mode Super Night Mode yang mumpuni untuk low-light.

Kemudian terdapat kamera kedua berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor OmniVision OV8D1 berukuran 1/4 inci 1.12um piksel yang berfungsi sebagai ultrawide pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 119 derajat. Terakhir, terdapat kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL S5KJN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel dengan lensa 22mm pada bukaan aperture f/2.0 yang dilengkapi autofocus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan depan sudah mampu merekam hingga resolusi 4K@60fps/30fps.

Vivo V29 5G sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh Vivo V29 5G ini adalah accelerometer, proximity, dan compass.

Konektivitas yang dibawa oleh Vivo V29 5G pun menurut penulis sudah cukup lengkap dengan mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive, GPS (L1), GLONASS (G1), BDS (B1I), GALILEO (E1), QZSS (L1), NFC, USB Type-C 2.0, dan OTG.

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Vivo V29 5G dibekali baterai berkapasitas 4600 mAh yang menurut penulis tidaklah buruk. Dalam salah satu skenarionya, yakni uji pemutaran video lokal, Vivo V29 5G disebut mampu bertahan hingga 18 jam 1 menit.

Hanya saja jika dibandingkan dengan Vivo V27 5G dengan kapasitas baterai yang sama, Vivo V29 5G tampak tertinggal jauh alias mengalami penurunan. Sebab, Vivo V27 5G mencetak skor ketahanan 134 jam, dengan daya tahan 22 jam 6 menit untuk pemutaran video lokal.

Ini menurut penulis masih cukup wajar mengingat resolusi layar pada Vivo V29 5G sudah meningkat dari pendahulunya yang mengusung resolusi Full HD+ kini sudah 1.5K serta efisiensi daya Snapdragon 778G 5G yang kalah dari MediaTek Dimensity 7200.

Namun, ia juga didukung oleh teknologi pengisian cepat FlashCharge 80W yang mampu mengisi daya 50% dalam kurun waktu 17 menit saja.

Selain itu, Vivo V29 5G juga sudah dilengkapi dengan pendinginan yang andal VC Bionic Cooling System guna meredam panas ketika sedang bermain game. Bahkan, ini juga dibekali fitur 4D Game Vibration dan Game Boost Mode untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Ponsel kelas menengah besutan Vivo Indonesia ini pun juga sudah didukung oleh fitur NFC (Near Field Communication) yang berfungsi untuk mengisi saldo e-Money dan eToll dengan hanya menempelkan kartu pada bodi belakang Vivo V29 5G.

NFC (Near Field Communication) pada sang ponsel juga hadir dengan mekanisme keamanan eSE (embedded Secure Element) sehingga proses transaksi digital dapat terjalin dengan lebih aman.

Vivo V29 5G berjalan dengan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka Funtouch OS 13. Antarmuka bikinan Vivo itu memang jauh dari Android murni. Namun, kustomisasi yang diberikan dapat memanjakan mata.

Misalnya tampilan aplikasi yang berjalan di background. Pengguna diberikan pilihan tampilan standar caraousel yang besar-besar, atau jendela aplikasi kecil-kecil dalam satu layar. Kustomisasi lain juga dapat Anda temukan pada home screen lock screen, efek animasi, hingga tampilan Always-on display saat layar terkunci.

Terkait pembaruan software, Vivo berkomitmen memberikan jaminan pembaruan hingga 3 tahun. Rinciannya adalah upgrade Android sebanyak 2 kali dan pembaruan sistem keamanan hingga 3 tahun. Jadi, Vivo V29 5G akan mendapatkan mencicipi Android 15 dan didukung hingga tahun 2026.

Harga dan Spesifikasi Vivo V29 5G

Spesifikasi Vivo V29 5G

  • Rilis di Indonesia : 17 September 2023
  • Warna : Velvet Red, Peak Blue, dan Noble Black
  • Dimensi : 164.2 x 74.4 x 7.5 mm
  • Berat : 186 gram
  • Layar : AMOLED dengan ukuran 6,78 inci beresolusi 1.5K alias 1260 x 2800, kerapatan 453 ppi, refresh rate 120Hz, 1B colors, HDR10+
  • Chipset : Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm), Octa-core (1x2.4 GHz Cortex-A78 & 3x2.2 GHz Cortex-A78 & 4x1.9 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Adreno 642L
  • Sistem Operasi : Android 13, Funtouch 13
  • Memori : RAM 8 GB dan ROM 256 GB / RAM 12 GB dan ROM 512 GB
  • Kamera Belakang : 50 MP, f/1.9, (wide), 1/1.56", 1.0µm, PDAF, OIS + 8 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/4", 1.12µm + 2 MP, f/2.4, (depth), Ring-LED flash, panorama, HDR, 4K@30/60fps, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 50 MP, f/2.0, 22mm (wide), AF, Dual-LED flash, HDR, 4K@30/60fps
  • Baterai : Li-Po 4600 mAh, non-removable, 80W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive, GPS (L1), GLONASS (G1), BDS (B1I), GALILEO (E1), QZSS (L1), NFC, USB Type-C 2.0, dan OTG
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

Harga Vivo V29 5G

Vivo V29 5G merupakan smartphone premium kelas menengah penerus Vivo V27 5G yang tampil dengan desain tipis dan stylish. Tak hanya itu, ia juga ditopang oleh SoC (System on Chip) yang powerful dari Qualcomm Snapdragon 778G 5G. Ia juga masih mengandalkan kemampuan fotografi dengan dukungan tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP disertai fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan kamera depan berkekuatan 50 MP yang cukup baik ketika digunakan untuk foto selfie ataupun vlogging. Harga smartphone Vivo V29 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp5.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Sedangkan varian RAM 12 GB dan ROM 512 GB dibanderol dengan harga Rp6.999.000 rupiah.