0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 11 NFC - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses meluncurkan Realme 11 Pro 5G dan Realme 11 Pro+ 5G pada 18 Juli 2023, kini Realme Indonesia memboyong varian Realme 11 reguler mereka di pasar Indonesia pada 23 Agustus 2023 melalui acara peluncuran bertajuk "5th Anniversary Leap Up Launch Event" bersamaan dengan ponsel Realme C51 NFC, TWS Realme Buds Air 5 dan juga Realme Buds T300.  Secara desain, Realme 11 menawarkan desain stylish dengan konsep Glory Halo Design dengan penutup belakang glossy yang menampilkan S-shaped shadow dan tekstur glitter, itu juga dipadukan dengan housing kamera Halo berupa lingkaran besar yang terinspirasi mahkota jam tangan premium.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 11 NFC

Berbicara soal performa, Realme 11 ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang terkenal akan kemampuannya untuk chipset dengan jaringan 4G dipadukan dengan memori RAM 8 GB. Tak hanya itu, keseluruhan performa tersebut juga didukung dengan baterai 5000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 67W. Kemudian, ia juga hadir dengan dua buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 108 MP ProLight yang mumpuni di kelasnya. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Realme 11 NFC, ada baiknya langsung simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Realme 11 NFC

Kelebihan Realme 11 NFC

1. Desain Menarik

Secara desain, Realme 11 menawarkan desain stylish dengan konsep Glory Halo Design dengan penutup belakang glossy yang menampilkan S-shaped shadow dan tekstur glitter, itu juga dipadukan dengan housing kamera Halo berupa lingkaran besar yang terinspirasi mahkota jam tangan premium. Desain menarik tersebut memang sulit untuk ditemukan di kelas harga Rp 3 jutaan.

Realme 11 memiliki dimensi 159.9 x  73.3 x 7.95 mm dengan bobot yang ringan yaitu hanya 178 gram saja. Berdasarkan dari informasi yang penulis terima, smartphone ini masih cukup nyaman ketika digenggam dan penutup belakangnya tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Ini juga hadir dalam dua varian warna, yakni Dark Glory dan Glory Gold.

Di bagian samping bodi, sisi kanan terdapat sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya, serta tombol volume yang sedikit menonjol. Di sisi kiri, terdapat slot untuk Sim Card Tray ganda yang mendukung Dual SIM. Pada bagian bawah ponsel, terdapat port USB Type-C, bersama dengan lubang speaker dan jack audio 3,5mm.

2. Layar Super AMOLED

Dari informasi yang penulis himpun, Realme 11 hadir dengan layar sentuh punch hole pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,4 inci dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan 411 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 1000 nits (peak) yang mumpuni ketika digunakan di luar ruangan. 

Layar tersebut juga sudah mengusung refresh rate 90Hz yang imersif serta layarnya juga dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5.

3. Performa Memadai

Performa yang ditawarkan oleh Realme 11 pun menurut penulis cukup kompeten dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Smartphone dengan tagline "Leap Beyon The Competition" tersebut dibekali dengan penyimpanan internal yang lapang berkapasitas 256 GB UFS 2.2 serta masih didukung slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB dedicated slot. 

4. Kamera Utama Berkekuatan 108 MP

Sisi fotografi, Realme 11 hadir dengan konfigurasi Dual Camera atau dua buah kamera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya sendiri adalah kamera utama berkekuatan 108 MP dengan enam elemen lensa 25mm pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci 0.64um piksel serta diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash. Sedangkan terdapat kamera kedua berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor SK Hynix Hi-1364Q berukuran 1/3 inci 1um piksel dengan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.5. 

Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan depan hanya sanggup merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

5. Baterai 5000 mAh + SuperVOOC 67W

Realme 11 diisi oleh baterai lithium polimer atau LiPo berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai tersebut memang sudah menjadi standar smartphone masa kini. Anda juga bisa menemukan di beragam smartphone, mulai dari kelas entry-level hingga flagship.

Namun, yang menjadikan satu smartphone dengan smartphone lainnya berbeda adalah daya tahan. Ini bisa ditentukan oleh beberapa hal, seperti irit konsumsi daya dari chipset yang digunakan dan manajemen daya ponsel.

Dalam pengujian PCMark Battery, Realme 11 menghasilkan skor ketahanan 16 jam lamanya dalam penggunaan normal seperti browsing dan sebagainya yang menurut penulis cukup lumayan.

Adapun juga fitur pengisian cepat SuperVOOC 67W yang mampu mengisi daya dari 0% ke 50% dalam waktu 17 menit saja. Sedangkan untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu sekiranya 45 menit.

6. Dynamic RAM Expansion

Dynamic RAM Expansion adalah salah satu fitur yang memungkinkan pengguna dalam memperluas RAM yang diambil dari penyimpanan internal dan dijadikan RAM Virtual. Dengan hadirnya fitur ini tentu akan meningkatkan perfoma pada saat bermain game atau melakukan multitasking sehingga berjalan dengan lancar.

Untungnya, Realme 11 sudah mendukung fitur Dynamic RAM Expansion hingga 8 GB yang diambil dari memori internal. Di Indonesia sendiri, Realme 11 hanya menghadirkan satu varian saja yaitu RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

7. Sudah Menggunakan Android 13

Perlu diketahui juga bahwasannya Realme merupakan produsen yang cukup up-to-date dengan kehadiran sistem operasi baru. Hal ini dibuktikan oleh Realme 11 lantaran sudah menggunakan Android 13 terbaru. Bahkan, ponsel anyar besutan Realme ini menjadi salah satu ponsel kelas menengah yang memperoleh sistem operasi Android 13.

Android 13 dari Realme 11 ini juga dilapisi dengan antarmuka Realme UI 4.0 yang terlihat cukup rapi dan bersih. Walaupun bloatware memang ada, namun pengguna masih bisa menghapusnya alias uninstall.

8. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Realme 11.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Realme 11. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Kekurangan Realme 11 NFC

Kekurangan Realme 11 NFC

1. Stereo Speaker Absen

Akhir-akhir ini sudah banyak ponsel di kelas 2 jutaan menggunakan stereo speaker untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik daripada mono speaker. Sayangnya, Realme 10 tidak menyediakan stereo speaker. Kendati demikian, Realme 11 sudah mengusung penyetelan speaker  dari Hi-Res untuk meningkatkan kualitas suara. Bukan hanya itu, volume speaker dari ponsel ini juga bisa ditingkatkan melebihi batas maksimum.

Tentu saja ini akan berguna bagi mereka yang ingin mendengarkan konten TikTok, YouTube, dan sebagainya di tengah keramaian. Selanjutnya, Realme 11 ini pun sudah menawarkan 3.5mm jack audio port.

2. Belum Mendukung 5G

Mengingat si ponsel hanya mengandalkan SoC (System on Chip) Helio G99, bukan Dimensity. Artinya, Realme 11 memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Ia hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

Spesifikasi Realme 11 NFC

Spesifikasi Realme 11 NFC
  • Warna : Dark Glory dan Glory Gold.
  • Dimensi : 159.8 x 72.9 x 7.9 mm.
  • Berat : 178 gram
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.43 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G99 (6 nm).
  • GPU : Mali G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI 4.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 67W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme 11 NFC

Harga Realme 11 NFC

Realme 11 merupakan sebuah smartphone kelas menengah terbaru dengan jaringan 4G yang hadir dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 serta mengandalkan kamera utama berkekuatan 108 MP ProLight yang mumpuni di kelasnya. Tak hanya itu, ia juga didukung dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian cepat SuperVOOC 67W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga 50% dalam waktu 17 menit saja. Harga smartphone Realme 11 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.599.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB.