0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Xiaomi 13T Leica Bakal Dipastikan Masuk di Pasar Indonesia, Berikut Rumor Spesifikasinya!

Ponselesa.com - Xiaomi Indonesia memastikan akan memboyong smartphone flagship anyarnya, itu adalah Xiaomi 13T ke pasar Indonesia dalam waktu dekat. Hal tersebut diumumkan melalui akun Instagram resmi Xiaomi Indonesia dengan handle @xiaomi.indonesia.

Postingan tersebut menyertakan sebuah poster bertuliskan "Xiaomi 13T, Co-engineered with Leica". Itu artinya, kamera yang akan disematkan pada Xiaomi 13T, merupakan rancangan Xiaomi bersama produsen kamera asal Jerman, yakni Leica. Ini juga merupakan ponsel seri "T" pertama Xiaomi yang dibekali teknologi kamera Leica.

Xiaomi 13T Leica Bakal Dipastikan Masuk di Pasar Indonesia, Berikut Rumor Spesifikasinya!

Xiaomi Indonesia pun juga mengklaim bahwa smartphone flagship Xiaomi 13T akan menjadi salah satu ponsel dengan kamera Leica pertama yang dirilis di pasar Indonesia.

Hingga kini belum diketahui kapan Xiaomi 13T Leica dirilis di pasar Indonesia. Dalam poster, hanya tertera keterangan "cooming soon to Indonesia", tanpa menyebutkan tanggal peluncuran.

Umumnya, perilisan Xiaomi 13T di Indonesia tak akan lama setelah perilisan globalnya. Dari informasi Ponselesa.com himpun, Xiaomi 13T akan diluncurkan secara global di Berlin, Jerman pada 26 September 2023 mendatang.

Indikasi masuknya Xiaomi 13T di Indonesia terendus sejak beberapa waktu lalu. Pasalnya, sertifikasi smartpone flagship anyar besutan Xiaomi Indonesia tersebut telah terlihat di laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementrian Perindustrian (Kemenprin).

Smartphone flagship premium ini juga sudah terdaftar pada laman Pos dan Telekomunikasi (Postel) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam lama TKDN, smartphone flagship 5G dengan nomor model "2306EPN60G", yang diduga merupakan Xiaomi 13T, sudah lolos uji TKDN dengan nilai 37,20 persen.

Lalu di dalam Postel, smartphone dengan nomor model yang sama juga telah di-izinkan beredar di Indonesia, lantaran telah mendapatkan sertifikasi Postel sejak 25 Juli 2023 lalu.

Rumor Spesifikasi Xiaomi 13T Series

Dalam poster pengumumannya, Xiaomi masih belum memberikan informasi terkait rincian spesifikasi Xiaomi 13T di Indonesia. Namun, rumor spesifikasi dari smartphone flagship ini sudah beredar luas di internet.

Menurut bocoran yang beredar, Xiaomi 13T Series akan hadir dalam dua model, yakni Xiaomi 13T dan Xiaomi 13T Pro. Kendati demikian, belum diketahui apakah Xiaomi 13T Pro juga akan dirilis di Indonesia atau tidak.

Untuk model Xiaomi 13T, kabarnya akan dipersenjatai kamera utama berkekuatan 50 MP besutan Leica, kamera telefoto berkekuatan 50 MP dengan zoom optic 2x, serta kamera ultrawide berkekuatan 12 MP. Di sisi depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 20 MP.

Sedangkan Xiaomi 13T Pro akan dipersenjatai kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX707, kamera ultrawide 13 MP yang menggunakan sensor OmniVision OV138, dan kamera telefoto berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor OmniVision OVSOD. Di sisi depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 20 MP dengan sensor Sony IMX596.

Sektor performa, Xiaomi 13T disinyalir akan ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8200-Ultra, sedangkan Xiaomi 13T Pro akan ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 9200.

Berdasarkan dari informasi tim Ponselesa.com himpun, Xiaomi 13T nantinya akan dipadukan dengan memori RAM 8 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB. Itu juga hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 67W.

Sementara itu, Xiaomi 13T Pro dipadukan dengan memori RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 512 GB. Ponsel kelas flagship itu pun nantinya akan dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 120W.

Di sisi depan, kedua model ini disebut akan sama-sama dipersenjatai layar CrystalRes AMOLED Display dengan refresh rate 144Hz, chip yang difabrikasi 4 nanometer, dan antarmuka MIUI 14 terbaru yang kaya akan fitur.

Bocoran harga Xiaomi 13T series pun juga sudah beredar di internet. Di pasar global, Xiaomi 13T akan dibanderol dengan harga 600 euro atau setara dengan Rp9,8 juta rupiah. Itu hadir dalam varian warna Black atau Hitam.

Sedangkan Xiaomi 13T Pro disinyalir akan hadir dalam varian warna Meadow Green dengan harga 800 euro atau setara dengan Rp13 juta rupiah.

Disclaimer, spesifikasi dan harga di atas masih berupa rumor semata. Spesifikasi lengkap, harga, dan desain Xiaomi 13T Series secara global masih harus menunggu peluncuran resmi pada 26 September 2023 mendatang.