0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC Terbaik yang Patut Diinstal

Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC - Apabila di antara Anda ingin menginstal suatu aplikasi seperti game atau software editing tentu hal pertama yang harus Anda ketahui adalah spesifikasi laptop atau PC yang Anda miliki. Sebab, jika aplikasi atau game yang diinstal tidak sesuai dengan spesifikasi pada perangkat laptop atau PC maka bisa saja perangkat akan terasa tidak optimal sehingga membuat panas berlebih, alhasil perangkat akan cepat rusak jika dipaksakan untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat pada spesifikasi laptop atau PC yang minim.

Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Kini untuk cek spesifikasi laptop dan PC tergolong sangat mudah. Pasalnya, Anda hanya memerlukan sebuah software untuk mengeceknya agar Anda dengan mudah mengetahui spesifikasi laptop dan PC secara rinci seperti jenis prosesor yang digunakan, RAM, VGA, sistem operasi dan lain sebagainya.

Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC Terbaik

Nah, untuk mengetahui aplikasi atau software apa saja yang bisa digunakan untuk cek spesifikasi laptop dan PC, Anda harus simak pembahasan pada artikel ini secara seksama agar tidak ada informasi penting yang terlewat. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC terbaik yang patut diinstal.

1. CPU-Z

CPU-Z - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

CPU-Z adalah salah satu aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC terbaik yang bisa Anda instal secara gratis. Maka tak heran, aplikasi yang satu ini cukup banyak digunakan. Dengan CPU-Z, Anda bisa melihat spesifikasi komponen daripada laptop atau PC yang Anda miliki dengan informasi yang sangat detail dan tentunya akurat. Hanya saja, aplikasi ini hanya bisa diunduh pada sistem operasi Windows dan Android saja. Jika Anda pengguna Linux, maka aplikasi ini tidak bisa diinstal.

2. Speccy

Speccy - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Speccy juga merupakan aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC terbaik yang paling banyak digunakan oleh banyak orang. Ini juga akan membantu Anda dalam mengetahui atau cek spesifikasi laptop dan PC. Mulai dari komponen inti seperti CPU (Central Processing Unit), Motherboard, GPU (Graphics Processing Unit), Hard Drive, Network, Operating System, RAM, Audio, dan banyak lagi.

3. HWiNFO

HWiNFO - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC terbaik selanjutnya adalah HWiNFO. Di mana aplikasi ini dibuat secara serius guna menyajikan detail informasi dan mengecek spesifikasi hardware yang sudah terinstal pada laptop maupun PC Anda. Aplikasi ini memang memiliki ukuran yang besar, namun aplikasi ini tidak memberikan beban yang berat ketika digunakan, justru HWiNFO memiliki sistem monitoring yang sangat baik pada status aktual atau saat sedang digunakan.

HWiNFO sendiri akan memberikan informasi lengkap dan detail. Mulai dari CPU CPU (Central Processing Unit), Motherboard, GPU (Graphics Processing Unit), Hard Drive, Network, Operating System, RAM, Audio, dan banyak lagi. Bahkan, suhu pada CPU maupun GPU juga akan ditampilkan pada aplikasi ini.

4. ASTRA 32

ASTRA 32 - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Tak jauh berbeda dengan aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC terbaik lainnya, ASTRA 32 juga bisa digunakan untuk menganalisis dan menyajikan informasi secara rinci perihal hardware yang digunakan pada laptop atau PC Anda. 

Aplikasi ini sendiri dapat mendeteksi berbagai hardware seperti Motherboard, Processor, Hard Disk, RAM, GPU (Graphics Processing Unit), Sound, Ethernet, Memory RAM, dan lain-lain.

5. Everest Home Edition

Everest Home Edition - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Everest Home Edition juga bisa Anda manfaatkan untuk cek spesifikasi laptop dan PC. Antarmukanya sendiri cukup mirip dengan tampilan Windows versi lama. Meski demikian, informasi hardware dan software yang ditampilkan pada aplikasi ini terbilang cukup lengkap. Bagaimana tidak, ia mampu menampilkan tipe prosesor, memori, monitor yang digunakan, BIOS, motherboard, VGA, sistem operasi, DirectX, dan banyak lagi.

Ukuran dari aplikasi Everst Home Edition pun terbilang cukup kecil, ini tentu tidak akan menguras banyak sistem penyimpanan pada perangkat yang Anda gunakan.

6. PC Wizard

PC Wizard - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC selanjutnya adalah PC Wizard. Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop maupun PC. Pada dasarnya aplikasi PC Wizard ini masih satu marga dengan CPU-Z. Alhasil, cara penggunaan dan penginstalan PC Wizard tidak jauh berbeda. Tak hanya itu, informasi yang ditampilkan juga terbilang mirip. Untuk menginstal PC Wizard, Anda bisa mencari berbagai website yang menyediakan aplikasi ini secara gratis.

7. Free PC Audit

Free PC Audit - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Free PC Audit meruapakan sebuah aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC yang bisa Anda unduh secara gratis. Dan cara penginstalannya juga terbilang sangat mudah, sehingga bisa dilakukan oleh pemula. Bukan hanya mengunduh versi installer, Anda juga bisa mengunduh versi porable-nya sehingga Anda tidak perlu melakukan proses instalasi lagi.

Informasi yang dijasikan pada aplikasi Free PC Audit pun terbilang lengkap yang mana setiap tab hardware yang Anda pilih memiliki detail yang berbeda. Aplikasi ini juga dapat memberikan laporan kepada pengguna dalam bentuk file txt.

8. HWM Blackbox

HWM Blackbox - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Deretan aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC terbaik selanjutnya adalah HWM Blackbox yang akan membantu Anda dalam mengetahui komponen-komponen penting yang digunakan pada perangkat laptop maupun PC. Beberapa komponen utama yang disajikan secara lengkap dan detail adalah Motherboard, RAM, Processor, Graphics Card, dan banyak lagi.

Aplikasi HWM Blackbox pun sudah bisa diinstal di seluruh sistem operasi Windows. Meski demikian, terkhusus Windows 7 dan Windows Vista ada tab khusus yang bisa Anda gunakan.

9. Advanced SystemCare

Advanced SystemCare - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Advanced SystemCare juga termasuk aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC serbaguna yang bisa dijalankan di berbagai sistem operasi Windows. Selain hanya bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop dan PC, Anda juga bisa digunakan untuk membantu merawat perangkat laptop dan PC yang Anda gunakan.

Adapun fitur menarik yang ditawarkan oleh Advanced SystemCare adalah menyajikan informasi secara detail dan lengkap mengenai sistem laptop dan PC dengan menggunakan aplikasi System Info yang merupakan sub aplikasi yang dimiliki oleh Advanced SystemCare.

10. Dxdiag

Dxdiag - Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop dan PC

Dxdiag atau DirecX Diagnostic Tools ini sebenarnya bukan sebuah aplikasi. Namun, ia merupakan sebuah alat atau tools yang berfungsi mengetahui spesifikasi laptop dan PC. Meski demikian, tools ini juga akan menyajikan informasi tentang spesifikasi ringkas tentang komponen-komponen hardware dan driver yang sudah terinstal pada perangkat Anda.

Mengingat ia bukan sebuah aplikasi, melainkan sebuah tools atau alat yang dimiliki oleh sistem operasi Windows. Untuk menjalankan tools ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol "Windows + R" pada keyboard. Lalu, ketikkan "dxdiag" pada kotak perintah, selanjutnya klik OK. Nantinya, akan muncul informasi mengenai spesifikasi laptop dan PC seperti sistem operasi, RAM, VGA, dan lain sebagainya.


Demikianlah artikel kali ini yang membahas 10 aplikasi cek spesifikasi laptop dan PC terbaik yang patut diinstal. Silahkan gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih!