0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Itel Vision 5 - Spesifikasi & Harga

Itel Indonesia tampaknya belakangan ini cukup agresif merangsek pasar smartphone tanah air setelah merilis seri Itel A60s dan Itel S23 4G yang cukup menarik perhatian, kini Itel Indonesia kembali meluncurkan smartphone entry-level terbaru mereka khususnya di segmen Rp 800 ribuan melalui seri Itel Vision 5. Ponsel ini dirancang untuk penggunaan standar karena ia hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A  yang cukup lampau sehingga kurang mumpuni untuk penggunaan game berat masa kini. Kendati demikian, smartphone besutan itel Indonesia ini sudah menyuguhkan fitur-fitur menarik yang jarang ditemukan pada ponsel sejutaan lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Itel Vision 5

Sebut saja sudah menghadirkan sensor sidik jari di belakang bodi yang sangat jarang ditemukan di kelas harganya, bahkan ponsel dengan harga Rp 1 jutaan pun cukup jarang menyematkan sidik jari baik di belakang maupun di samping bodi. Bukan hanya itu, Itel Vision 5 juga dibekali layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci beresolusi HD+. Kemudian, sang ponsel dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 18W.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Itel Vision 5 beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Itel Vision 5

Kelebihan Itel Vision 5

1. Desain Estetik

Keunggulan yang ditawarkan oleh Itel Vision 5 ini adalah terletak di sisi desainnya. Meski berada di kelas entry-level, kesan yang diberikan ketika melihat desainnya ini terasa beda. Kilauan cahaya yang ditampilkan membuatnya terasa enak dipandang.

Tak hanya itu, desain housing kamera yang ditampilkan juga cukup rapi dengan tiga lingkaran di dalamnya. Meski demikian, hanya ada satu kamera saja yang berfungsi sehingga ukurannya dibuat lebih besar.

Bahan material yang digunakan pada Itel Vision 5 memang terbuat dari bahan plastik. Namun, kesan yang diberikan saat disentuh terasa beda. Hal ini berasal dari tekstur garis-garis tipis yang dimilikinya. Bodinya pun tidak terasa licin dan tidak menimbulkan bekas sidik jari saat disentuh.

Adapun hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh bodi Itel Vision 5 ini adalah mampu bertahan dari debu dan percikan air. Meski tidak dijelaskan secara rinci soal sertifikasinya, ketahanan ini tentu membuatnya menjadi lebih menarik dibandingkan smartphone entry-level lainnya di kelas Rp 1 jutaan.

2. Layar Luas

Smartphone murah Itel Vision 5 dipersenjatai layar sentuh waterdrop notch pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 282 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai di angka 450 nits yang menurut penulis masih bisa diandalkan ketika digunakan di luar ruangan.

Mengingat ia hadir sebagai smartphone murah, tentu layarnya hanya mendukung refresh rate 60Hz saja. Meski tidak semulus ponsel dengan harga di atasnya yang sudah mendukung refresh rate 90Hz, penggunaan Itel Vision 5 masih terbilang cukup nyaman untuk aktivitas biasa sehari-hari.

Menariknya, layar pada Itel Vision 5 mendukung 5 titik sentuhan secara bersamaan. Hal ini sudah lebih dari cukup mengingat jarang sekali penggunaan yang membutuhkan lebih dari satu atau dua sentuhan. Untuk bermain game pun hanya membutuhkan tiga atau empat sentuhan saja.

3. Performa Masih Oke

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa ponsel ini memang bukan dirancang untuk bermain game berat masa kini, melainkan penggunaan standar seperti browsing, scrolling media sosial, dan lain sebagainya. Ini karena ia hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A55 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 1,6 GHz dan quad-core berkecepatan 1,2 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3 GB dengan Memory Fusion 3 GB, serta diperkuat oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa PowerVR GE8322.

Melansir data dari Nanoreview, Unisoc SC9863A ini mampu meraih skor 156.960 untuk pengujian menggunakan AnTuTu v10. Skor ini menurut penulis cukup standar di kelas harganya. Sedangkan untuk Geekbench 6, skornya mencapai 165 untuk single-core dan 730 untuk multi-core.

4. Adanya Slot MicroSD

Adapun keunggulan lain yang dimiliki oleh Itel Vision 5 ini adalah adanya slot khusus untuk microSD. Dengan begitu, ponsel ini bisa menggunakan triple slot yang bisa digunakan untuk dua kartu SIM dan satu microSD.

Keberadaan slot microSD tentu sangat penting mengingat memori yang ditawarkannya jauh dari kata luas. Itel Vision 5 hanya menawarkan penyimpanan internal berkapasitas 32 GB.

Kapasitas tersebut tentu akan sangat terasa kurang jika tidak ada slot microSD. Dengan demikian, Anda bisa melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 128 GB agar smartphone bisa bekerja secara optimal.

5. Kamera Memadai di Kelas Harganya

Sektor fotografi, Itel Vision 5 memang terbilang cukup memadai di kelas harganya karena menghadirkan konfigurasi tiga buah kamera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.8 lengkap dengan fitur autofocus, dan LED flash.

Kamera kedua berkekuatan QVGA sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang smartphone ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh. Itel menyebutnya sebagai Blur Effect. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan QVGA sebagai AI Camera.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps sedangkan kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 720p@30fps.

6. Baterai Besar, Ada Fast Charging

Sebagai smartphone di segmen entry-level, sudah sewajarnya memiliki kemampuan baterai yang awet. Hal ini disebabkan karena kebutuhan smartphone entry-level ini biasanya hanya digunakan untuk aktivitas kasual setiap harinya. Minimal perangkat mampu bertahan hingga seharian dengan sekali pengecasan daya saja.

Hal ini rupanya diterapkan oleh Itel Vision 5 dengan menghadirkan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut tentu membuatnya mampu bertahan seharian penuh dalam penggunaan komunikasi sehari-hari seperti chattingan, menelepon, browsing, hingga menonton.

Yang membuat Itel Vision 5 menjadi lebih menarik adalah adanya fitur pengisian cepat hingga 18W. Fitur ini memang sudah jarang ditemukan di kelas entry-level, bahkan Vivo Y17s yang dirilis pada 27 September 2023 dengan harga Rp1.5 ~ Rp1.9 jutaan ini pun hanya menawarkan pengisian cepat 15W.

7. Sistem Operasi Ringan

Itel tampak mengerti soal bagaimana cara membuat smartphone entry-level miliknya bisa bekerja secara optimal. Salah satunya adalah menggunakan sistem operasi Android Go Edition sebagai basis utamanya.

Penggunaan Android 12 Go Edition ini tentu membuat smartphone menjadi lebih ringan dan smooth. Meski memiliki spesifikasi yang pas-pasan, performa Itel Vision 5 akan tetap terasa lancar berkat tampilan antarmuka-nya yang ringan dan sederhana.

Bahkan, Itel Vision 5 ini hanya dibekali aplikasi bloatware atau bawaan sedikit saja. Hal ini membuat kapasitas RAM dan memorinya yang terbatas tidak langsung habis hanya untuk menyimpan berkas sistem yang digunakan.

8. Adanya Fingerprint dan Face Unlock

Metode pembukaan kunci layar yang cepat dan praktis adalah hal yang cukup langka di kelas entry-level. Meski kebanyakan sudah dibekali oleh fitur pengenalan wajah melalui kamera depan atau Face Unlock, namun tak banyak yang turut menawarkan sensor sidik jari.

Jadi, apabila di antara Anda sedang mencari sebuah smartphone di bawah Rp 1 jutaan dengan sensor sidik jari di belakang bodi, memilih Itel Vision 5 adalah keputusan yang tepat. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa sensor Face Unlock memang bisa diandalkan namun tingkat keamanannya tidak sebaik Fingerprint atau sensor sidik jari.

Kekurangan Itel Vision 5

Kekurangan Itel Vision 5

1. Tanpa Wi-Fi Dual Band dan Bluetooth Jadul

Kekurangan yang pertama dari Itel Vision 5 ini adalah tidak mendukung Wi-Fi Dual Band dan hanya menggunakan Wi-Fi 4 saja. Artinya, sang ponsel hanya dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan pita jaringan 2,4 GHz saja. Hal tersebut tentu cukup disayangkan, pasalnya Wi-Fi 4 sudah cukup jadul. Perbedaannya cukup terlihat jelas dengan Wi-Fi 5 terutama soal kecepatan.

Tak hanya itu, pita jaringan 2,4 GHz juga tidak bisa mendeteksi Wi-Fi di tempat umum. Sebab, sudah kebanyakan Wi-Fi di tempat umum menggunakan router Wi-Fi 5.

Bahkan, versi Bluetooth pada Itel Vision 5 juga terkesan lawas karena hanya menggunakan Bluetooth 4.2 yang cukup lamban pada saat proses transfer data.

2. Masih Menggunakan microUSB

Di kala mayoritas smartphone beralih ke port USB Type-C, Itel Vision 5 justru hanya menawarkan port microUSB 2.0. Ini merupakan port yang sudah cukup jadul dan mulai ditinggalkan karena mengharuskan pengguna untuk memerhatikan posisi ujung kabel charger sebelum dicolok.

Bahkan, port microUSB 2.0 ini juga memiliki kecepatan transfer rate yang lebih lambat dibandingkan USB Type-C. Untungnya, port microUSB 2.0 ini telah mendukung USB OTG (On-The-Go) agar dapat terhubung dengan beragam peripheral, seperti keyboard, mouse, HDD, flashdisk, dan sebagainya.

Spesifikasi Itel Vision 5

Spesifikasi Itel Vision 5
  • Warna : Midnight Black, Mint Green, dan Digital Silver.
  • Dimensi : 164.5 x 76.04 x 8.75 mm.
  • Berat : 187 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR GE8322.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition, Itel OS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 8 MP + QVGA + AI QVGA.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Itel Vision 5

Harga Itel Vision 5

Itel Vision 5 merupakan salah satu smartphone murah terbaru di pasar Indonesia yang menawarkan fitur-fitur lengkap di kelas harganya seperti dukungan baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 18W, adanya sensor sidik jari di belakang bodi, hingga adanya fitur Memory Fusion. Tak hanya itu, smartphone entry-level ini juga cukup bisa diandalkan untuk komunikasi sehari-hari berkat sokongan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci yang mengusung resolusi HD+. Harga smartphone entry-level Itel Vision 5 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp899.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB.