0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE - Spesifikasi & Harga

Di awal bulan Oktober 2022, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) sukses meluncurkan dua smartphone entry-level terbaru mereka melalui seri Samsung Galaxy A05 dan Samsung Galaxy A05s. Kini, perusahaan juga merilis smartphone premium terbaru mereka melalui seri Samsung Galaxy S23 FE dengan membawa spesifikasi yang terbilang mirip dengan Samsung Galaxy S23 5G reguler yang diluncurkan pada Februari 2023 lalu, akan tetapi dengan harga yang terjangkau bahkan tidak menyentuh Rp 10 juta. Adapun keunggulan utama yang ditawarkan oleh smartphone ini adalah kinerjanya yang kencang dengan dukungan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 2200 berfabrikasi 4 nanometer octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE

Bukan hanya menawarkan performa memadai, Samsung Galaxy S23 FE juga dipersenjatai layar superior dengan panel Dynamic AMOLED 2X (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ alias 1080 x 2340 piksel dengan refresh rate 120Hz yang imersif. Smartphone ini pun memiliki spesifikasi kamera menawan berkat hadirnya tiga buah kamera di sisi belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN5.

Walau memiliki unsur value for money yang baik, tidak berarti Samsung Galaxy S23 FE luput dari kekurangan. Nah, dalam ulasan kali ini akan dibahas terkait kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23 FE beserta spesifikasi dan harga yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan Samsung Galaxy S23 FE

Kelebihan Samsung Galaxy S23 FE

1. Desain Minimalis, Ada IP68 

Secara desain, Samsung Galaxy S23 FE menawarkan desain minimalis dengan panel depan dan belakang berbentuk flat dipadukan frame metal yang kokoh. Pada bagian depan dan juga belakang, sudah dilengkapi oleh Corning Gorilla Glass 5. Di sisi belakang, terdapat konfigurasi tiga buah kamera yang berjejer secara vertikal tanpa adanya housing kamera atau yang biasa disebut contour cut design serta terdapat LED flash di sampingnya.

Kemudian, ini dibalut dalam dimensi 158 x 76.5 x 8.2 mm dengan bobot 209 gram. Adapun empat varian warna yang diluncurkan untuk pasar Indonesia, seperti Mint, Purple, Graphite, dan Cream.

Tak cukup sampai disitu saja, Samsung Galaxy S23 FE pun telah mengantongi sertifikasi IP68 yang menandakan perangkat memiliki ketahanan terhadap air 30 menit dalam kedalaman 1,5 meter dan tahan di lingkungan debu.

2. Layar Tajam dengan Dynamic AMOLED 2X

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mempersenjatai smartphone premium Samsung Galaxy S23 FE dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,4 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2X (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 ppi (pixel per inch) dengan tingkat kecerahan puncak hingga di angka 1450 nits (peak).

Layar pada smartphone Samsung Galaxy S23 FE ini pun didukung oleh refresh rate tinggi 120Hz yang membuat animasi scrolling maupun bermain game menjadi lebih smooth. Ini juga dilengkapi oleh fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar mata pengguna tidak mudah lelah. Bahkan, layarnya juga dibekali proteksi antigores berupa Corning Gorilla Glass 5.

Itu juga sudah didukung sertifikasi Widevine L1 untuk aktivitas menonton di resolusi Full HD pada platform Netflix, serta sudah mengantongi sertifikasi HDR10+ untuk rentang dinamis yang lebih luas.

3. Performa Exynos 2200 yang Memadai

Kinerja dari smartphone Samsung Galaxy S23 FE tergolong cukup kencang dengan sokongan SoC (System on Chip) Exynos 2200 berfabrikasi 4 nanometer bikinan Samsung yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 berkecepatan 2,8 GHz, triple-core ARM Cortex-A710 berkecepatan 2,50 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan memori RAM 8 GB LPDDR5, serta juga diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Samsung Xclipse 920 berbasis AMD RDNA 2 yang powerful.

Merujuk pada data Nanoreview, kekuatan dari Exynos 2200 terbilang memadai dengan skor AnTuTu v10 mencapai angka 913.861 poin. Pada Geekbenh 6, Samsung Exynos 2200 mendapat skor 1588 poin untuk single-core dan 3901 poin untuk multi-core. Adapun pada pengujian 3DMark, chipset mendapatkan skor 6513 poin.

Selanjutnya, Samsung Galaxy S23 FE disandingkan dengan RAM 8 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB atau 256 GB UFS 3.1. Kendati demikian, ponsel ini tidak tersedia slot khusus microSD. Sehingga, pengguna tidak bisa ekspansi memori eksternal menjadi lebih besar. Oleh karena itu, pengguna harus puas dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB atau 256 GB saja.

4. Triple Camera dengan Hasil Memuaskan

Sisi fotografi, Samsung Galaxy S23 FE hadir dengan konfigurasi tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN3 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofocus ditandemkan lensa 24mm pada bukaan aperture f/1.8 lengkap dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan LED flash yang mampu menangkap gambar lebih jernih dan detail di segala kondisi cahaya.

Kamera kedua dari Samsung Galaxy S23 FE ini mengusung resolusi 8 MP yang menggunakan sensor SK Hynix Hi847 berukuran 1/4.5 inci 1um piksel phase-detection autofocus lengkap dengan OIS (Optical Image Stabilization) yang ditandemkan lensa telephoto 75mm pada bukaan aperture f/2.4 yang mampu memberikan 3x optical zoom dan 30x hybrid zoom.

Terakhir, adapun kamera ketiga berkekuatan 12 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL S5K3L6 berukuran 1/3 inci 1.2um piksel fixed focus yang berfungsi sebagai ultrawide pada bukaan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan FoV (Field of View) 123 derajat.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 10 MP yang menggunakan sensor Sony IMX374 dengan lensa 26mm pada bukaan aperture f/2.2 serta diperkuat fitur Dual Pixel phase-detection autofocus. Perihal perekaman video, kamera belakangnya sanggup merekam hingga resolusi 8K@24fps dan kamera depan hanya sanggup merekam hingga resolusi 4K@60fps.

5. Kapasitas Baterai Awet

Mungkin sudah banyak di antara Anda melihat smartphone ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh. Sebab, ini sudah menjadi standar yang hampir selalu diikuti oleh seluruh smartphone di industri. Untuk itu, agak terasa asing ketika sebuah smartphone hanya dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh.

Walau begitu, kapasitas 4500 mAh masih lebih baik jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S23 5G dengan baterai berkapasitas 3900 mAh. Dari informasi yang penulis himpun, smartphone ini mampu meraih ketahanan hingga 9 jam 35 menit.

Tak lupa, baterai 4500 mAh tersebut juga sudah dilengkapi fitur pengisian cepat 25W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga 50% dalam waktu 30 menit.

6. Adanya Samsung DeX

Hal yang membuat smartphone premium digemari oleh kebanyakan orang adalah kinerjanya yang cukup memukau, bahkan bukan tidak mungkin mengalahkan kinerja PC ataupun Laptop. Hanya saja, smartphone memiliki ukuran layar yang terbatas jika dibandingkan dengan PC ataupun Laptop.

Dengan begitu, Samsung Galaxy S23 FE membekali teknologi Samsung DeX dan Samsung Wireless DeX. Anda hanya perlu menghubungkan ponsel dengan monitor, mouse hingga keyboard untuk mendapatkan pengalaman layaknya seperti menggunakan laptop atau PC.

7. Fingerprint Under Display dan NFC

Samsung Galaxy S23 FE sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh Samsung Galaxy S23 FE ini adalah accelerometer, virtual proximity sensing, compass, dan Samsung DeX.

Keunggulan Samsung Galaxy S23 FE selanjutnya adalah sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communications) yang dimana fitur ini cukup penting untuk ponsel saat ini. Dengan adanya fitur NFC maka pengguna bisa mengecek saldo eMoney, kirim kontak, transfer data, mengisi saldo eToll dan banyak lagi. Bukan hanya bisa dinikmati oleh ponsel mid-range, rupanya ponsel entry-level juga sudah cukup banyak yang menghadirkan fitur NFC ini.

8. Dukungan Update Sofwate

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) merupakan sebuah produsen smartphone android dengan jaminan update nomor satu. Dengan jaminan tersebut, pengguna tak perlu ragu jika dalam masa pemakaian mendapatkan bug. Tak hanya itu, jaminan update software juga akan membuat smartphone menjadi up-to-date serta cocok digunakan untuk jangka panjang.

Ponsel Samsung Galaxy S23 FE yang belum lama ini meluncur di pasar Indonesia dijanjikan mendapat empat kali peningkatan versi Android dan lima tahun pembaruan sistem kemanan. Untuk diketahui, sang ponsel diluncurkan dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1.

Dengan demikian, Samsung Galaxy S23 FE ini akan memperoleh peningkatan sampai Android 17 dan sistem keamanan hingga tahun 2028.

Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE

Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE

1. Tidak Dibekali Kepala Charger

Sudah menjadi tren baru dari ponsel flagship untuk tidak menyertakan kepala casan di dalam kotak pembelian. Bukan hanya flagship saja, ponsel mid-range juga ikut serta untuk tidak menyertakan casan di dalam kotak pembelian. Awal mulanya tren ini dilakukan oleh perusahaan Apple dengan alasan mengurangi jejak karbon, yang menyarankan konsumen untuk menggunakan casan dari ponsel Apple sebelumnya.

Dengan seiring berjalannya waktu brand Samsung, Xiaomi dan lain sebagainya juga turut serta melakukan hal serupa. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli Samsung Galaxy S23 FE pastikan memiliki anggaran lebih untuk membeli kepala casan tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE
  • Warna : Mint, Purple, Graphite, dan Cream.
  • Dimensi : 158 x 76.5 x 8.2 mm.
  • Berat : 209 gram.
  • Layar : Dynamic AMOLED 2X, 120 Hz, 1080 x 2340 piksel, 6.4 inci.
  • Chipset : Samsung Exynos 2200  (4 nm).
  • GPU : Samsung Xclipse 920.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 13, One UI 5.1.
  • Baterai : Li-Ion 4500 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 12 MP.
  • Kamera Depan : 10 MP.

Harga Samsung Galaxy S23 FE

Harga Samsung Galaxy S23 FE

Samsung Galaxy S23 FE merupakan smartphone premium terbaru besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) yang dibekali spesifikasi kelas flagship dengan harga terjangkau. Hal ini tak lepas dari sokongan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 2200 berfabrikasi 4 nanometer octa-core dipadukan dengan GPU (Graphics Processing Unit) Xclipse 920 berbasis AMD RDNA 2 yang powerful. Tak hanya itu, Samsung Galaxy S23 FE juga dipersenjatai layar superior dengan panel Dynamic AMOLED 2X (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ dengan refresh rate 120Hz yang imersif. Harga smartphone Samsung Galaxy S23 FE terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp8.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp9.999.000 rupiah.