0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition - Spesifikasi & Harga

Baru-baru ini Huawei Device Indonesia secara resmi meluncurkan tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition di tanah air. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan atau aktivitas mobile tinggi, tablet yang satu ini akan cocok untuk Anda. Sebab, meski tablet ini disebut-sebut terasa seperti PC, bukan berarti tidak bisa dibawa kemana-mana. Bahkan, sang tablet menjadi salah satu solusi on-the-go untuk produktivitas. Adapun keunggulan utama yang ditawarkan oleh perangkat yang satu ini adalah dipersenjatai layar Huawei PaperMatte Edition Display anti silau pada resolusi 2.5K dengan refresh rate 120Hz yang smooth. Tak hanya itu, sang tablet juga sudah mengusung micro-curved body finishing rounded pada sudut-sudutnya sehingga lebih nyaman digenggam.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

Perihal dapur pacu, tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini bisa dikatakan cukup powerful berkat sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 870 octa-core dipadukan RAM sebesar 8 GB. Selain itu, tablet ini pun juga dipersenjatai empat buah speaker berkualitas yang dituning oleh Huawei Histen 8.0. Kemudian, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition dibekali baterai berkapasitas 7250 mAh lengkap dengan pengisian cepat 22.5W. Nah, berikut akan dipaparkan kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

Kelebihan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

1. Desain Minimalis

Secara desain, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition mengusung desain minimalis. Hanya terdapat sebuah housing kamera berbentuk pil berdiri, housing kamera tersebut pun hanya diisi oleh satu buah kamera dan lampu flash yang terususun rapi secara vertikal.

Bukan hanya itu, desain belakang dari sang tablet juga bisa dikatakan terlihat premium. Yang mana pihak perusahaan menamai desain bodi tersebut dengan "Starlight Sand Design". Jika dilihat secara seksama, desain pada Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini menyerupai taburan cahaya bintang atau pasir yang berkilauan, khususnya pada varian warna Graphite Black.

Tak hanya menghadirkan desain stylish yang premium, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini juga memiliki ukuran bodi yang compact. Sebab, ia memiliki ketebalan yang masih dianggap tipis. Dimensi yang dimilikinya yaitu 253,7 x 165,3 x 7,2 mm dengan bobot 480 gram.

2. Layar Tajam dengan Refresh Rate 120Hz

Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition andalan Huawei ini pun dipersenjatai oleh layar luas di kelasnya dengan mengandalkan layar sentuh Huawei FullView Display berukuran 11 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi WQHD+ atau 2.5K alias 1600 x 2560 piksel yang menawarkan kerapatan 275 ppi (pixel per inch). Layar pada tablet tersebut juga mampu menampilkan 16,7 juta warna dengan DCI-P3 color gamut. Bahkan, layarnya sudah dilengkapi oleh fitur Eye Comfort bersertifikasi TUV Rheinland.

Layar Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition itu pun juga didukung oleh refresh rate 120Hz yang mampu menampilkan animasi yang smooth dan bebas stuttering. Kendati demikian, tablet anyar besutan Huawei Device Indonesia ini tidak dilengkapi oleh lapisan antigores. Untungnya, layar pada si tablet sudah mendukung pengunaan Huawei M-Pencill 2nd Gen.

3. Dapur Pacu Powerful di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition terbilang sangat powerful di kelasnya dengan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 berfabrikasi 7 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core super Kryo 585 Prime berbasis ARM Cortex-A77 berkecepatan 3.2 GHz, triple-core performa kryo 585 Gold berbasis ARM Cortex-A77 berkecepatan 2.2 GHz, dan quad-core efisiensi Kryo 585 Silver berbasis ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.95 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650.

Guna mengoptimalkan performa yang dihasilkan, SoC (System on Chip) ini kemudian dipadukan dengan kapasitas RAM yang lebih luas. Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition yang hadir di pasar Indonesia ini hadir dengan RAM 8 GB LPDDR5 dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB UFS 3.1 yang masih dapat diperluas melalui slot microSD hingga berkapasitas 1 TB. Bahkan, sang tablet juga sudah mendukung fitur USB On-The-Go (OTG) melalui USB Port Type-C.

4. Kamera Terbilang Bersaing

Sisi fotografi, tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition hadir dengan satu buah kamera di sisi belakangnya dengan resolusi 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.06 inci 1.12um piksel dipadukan lensa 24mm pada bukaan aperture f/1.8, ia juga diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus dan lampu flash. 

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP dengan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed-focus dan diperkuat oleh fitur AI. Perihal perekaman video, kamera utama pada Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini mampu merekam hingga resolusi 4K@30fps, sedangkan untuk kamera depannya hanya sanggup merekam hingga 1080p@30fps.

5. Baterai Awet, Ada Fast Charging 22.5W

Agar sang tablet mampu memberikan pengalaman layaknya sebuah PC, ia juga tentu harus memiliki ketahanan baterai yang cukup awet. Oleh karena itu, baterai yang disematkan pada tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini besar, yakni 7250 mAh.

Kapasitas itu menurut penulis sudah cukup besar, bahkan untuk sebuah tablet di kelas yang sama. Maka dari itu, tak heran apabila Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition memiliki ketahanan baterai yang baik. Bahkan, produsen mengklaim ketahanan dayanya mampu bertahan hingga 12 jam lamanya untuk pemutaran video. Namun, untuk aktivitas ringan, mungkin bisa bertahan lebih dari apa yang diklaim oleh Huawei.

Bukan hanya memiliki ketahanan baterai yang awet, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition juga sudah dilengkapi oleh teknologi pengisian cepat 22,5W. Menariknya, sang tablet ini juga telah mendukung pengisian balik atau reverse wired charging 5W.

6. Adanya Empat Speaker Memadai

Tak hanya dapat diandalkan untuk aktivitas produktivitas saja, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition juga rupanya bisa menjadi teman yang tepat untuk aktivitas hiburan Anda. Misalnya untuk scrolling di media sosial maupun menonton streaming.

Sebab, suara yang dihasilkan oleh sang tablet cukup lantang dan besar. Oleh karena itu, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition didukung oleh empat buah speaker yang memiliki amplitudo cukup besar. Bahkan, ia juga didukung oleh Huawei Husten 8.0.

7. Fitur Produktivitas Layaknya PC

Adapun keunggulan lain yang bisa ditemukan pada Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini dengan dukungan PC Level WPS Office yang mampu melakukan pemrosesan dokumen office yang kompleks sekalipun menawarkan fasilitas yang setara dengan PC maupun Laptop.

Bukan hanya itu, terdapat juga fitur Multi-Window yang memungkinkan tablet menampilkan dua jendela dari aplikasi yang sama ketika dipegang secara horizontal, serta memungkinkan dalam menyesuaikan ukuran jendela kiri dan kanan. Ini juga sudah mendukung fitur Kids Corner yang dirancang khusus untuk anak.

8. Adanya Aksesoris Keyboard dan M-Pencil

Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition juga dibekali oleh aksesoris tambahan seperti Keyboard dan M-Pencil. Keyboard ini memiliki sifat detachable yang mana pengguna akan mudah dalam melepas serta memasangnya ke tablet. Untuk menggunakan keyboard ini, Anda juga tidak harus memasangnya secara langsung. Sebab, Anda bisa menghubungkan keyboard dengan tablet melalui Bluetooth.

Selain keyboard, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition juga menyediakan aksesoris lain berupa Smart M-Pencil yang sudah dilengkapi fitur-fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah fitur untuk mengonversi tulisan tangan menjadi sebuah teks. Pengguna juga bisa memaksimalkan fungsi dari M-Pencil ini menggunakan aplikasi Huawei Notes.

9. Dukungan Dual-Earbud

Adapun salah satu fitur yang akan mendukung aktivitas hiburan menjadi lebih asyik adalah dukungan Dual-Earbudnya. Sebab, fitur ini memungkinkan pengguna dalam mengubungkan dua earbud sekaligus ke tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini.

Ini tentu akan sangat menarik, khususnya bagi mereka yang senang menonton bersama teman. Tak ada lagi cerita berbagi earbud dengan masing-masing satu ketika menonton film ataupun mendengarkan musik.

Kekurangan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

Kekurangan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

1. Hanya Mendukung Wi-Fi Only

Kekurangan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition yang pertama adalah tidak mendukung jaringan seluler. Oleh karena itu, si tablet hanya bisa disambungkan dengan Wi-Fi saja. Bisa juga melalui fasilitas tethering perangkat lain lewat Bluetooth maupun kabel USB.

2. Tanpa Dukungan Google Mobile Service

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini adalah soal layanan yang ditawarkan. Karena menawarkan HarmonyOS dan ekosistem aplikasi di Huawei AppGallery, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini tidak disertakan dengan layanan Google.

Artinya, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition tidak memiliki layanan Google Mobile Service seperti aplikasi Gmail, YouTube, PlayStore, Chrome, Maps, dan layanan aplikasi Google lainnya. Ini tentu kurang cocok jika digunakan bagi mereka yang masih ketergantungan dengan aplikasi Google.

Kendati demikian, pengguna Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ini masih bisa mengakalinya dengan cara tertentu seperti mengakses YouTube atau Gmail via browser ataupun menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama GSpace.

Spesifikasi Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

Spesifikasi Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition
  • Warna : Graphite Black.
  • Dimensi : 253.7 x 165.3 x 7.2 mm.
  • Berat : 480 gram.
  • Layar : IPS LCD, WQHD+ 1600 x 2560 piksel, 11 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870.
  • GPU : Adreno 650.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : HarmonyOS 3.1.
  • Baterai : Li-Po 7250 mAh, non-removable, 22.5W wired.
  • Kamera Belakang : 13 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

Harga Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition adalah sebuah perangkat tablet terbaru yang ditopang oleh dapur pacu powerful berkat sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 870 octa-core serta dipersenjatai layar Huawei PaperMatte Edition Display anti silau pada resolusi 2.5K dengan refresh rate 120Hz yang smooth. Tak hanya itu, sang tablet juga sudah mengusung micro-curved body finishing rounded pada sudut-sudutnya sehingga lebih nyaman digenggam. Harga tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp7.699.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.