0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M54 5G - Spesifikasi & Harga

Bukan hanya merilis seri Samsung Galaxy M34 5G, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) juga tampak meluncurkan Samsung Galaxy M54 5G yang berada di segmen kelas menengah atau mid-range. Samsung Galaxy M54 5G ini tampil dengan desain minimalis yang dipadukan dengan susunan tiga buah kamera yang tersusun secara vertikal tanpa adanya housing kamera dan tersedia dalam dua opsi warna, yakni Silver dan Dark Blue. Layar yang diusung oleh smartphone ini pun tergolong superior berkat karena didukung layar sentuh berukuran 6,7 inci dengan panel Super AMOLED Plus dengan refresh rate 120Hz yang smooth dan imersif.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M54 5G

Perihal performa, smartphone Samsung Galaxy M54 5G pun terbilang powerful di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 5G octa-core dipadukan dengan memori berkapasitas 8 GB. Keseluruhan performa tersebut pun didukung baterai berkapasitas 6000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 25W. Adapun keunggulan utama yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M54 5G ini adalah dukungan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Tidak dipungkiri, persaingan smartphone di kelas menengah kian ketat. Apalagi mengingat sejumlah pesaingnya hadir dengan performa dan pengisian cepat lebih memadai. Lalu apakah smartphone ini menarik untuk dimiliki? Yuk ketahui seluk beluk pada kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M54 5G berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M54 5G

Kelebihan Samsung Galaxy M54 5G

1. Tampilan Desain Elegan

Kini desain dari seluruh jajaran Galaxy series keluran 2023 cukup sulit untuk dibedakan. Alasannya, Samsung memberlakukan keseragaman desain pada setiap Galaxy series terlepas dari kelas harganya. Mulai dari Samsung Galaxy A05sSamsung Galaxy A14 5G, bahkan hingga Samsung Galaxy S23, semua memiliki bentukan bodi belakang yang mirip. Ini juga tercermin pada Samsung Galaxy M54 5G yang sajikan tiga bulatan lensa berjajar vertikal tanpa aksen visual bilah sebagai camera bump.

Lalu keempat sisinya masih mengusung desain rounded-edge, serta menggunakan bahan material plastik polikarbonat pada bagian belakang bodi. Untuk aksen visual, hanya terdapat tulisan "Samsung" yang terletak di daerah bawah bodi. Di bagian depan, terdapat kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang dapat mengurangi risiko retak saat terjatuh dari ketinggian mencapai 1,2 meter.

Bodi Samsung Galaxy M34 5G memang tidak terlalu memberikan kesan "wah", namun tampilannya masih jauh dari kata buruk. Jika Anda mencari smartphone dengan tampilan desain elegan, maka Samsung Galaxy M34 5G tidak akan mengecewakan Anda.

2. Layar Super AMOLED+

Smartphone kelas menengah Samsung Galaxy M54 5G ini mengandalkan layar sentuh 2.5D punch hole berukuran 6,5 inci dengan panel Super AMOLED Plus (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 393 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 1000 nits (peak).

Layar tersebut juga dibekali oleh fitur Eye Comfort Shiled guna mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar mata tidak mudah lelah. Selain itu, ponsel ini juga mampu menghasilkan animasi yang mulus berkat dukungan refresh rate 120Hz. Bahkan, layar tersebut sudah dilindungi proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass 5.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy M54 5G sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1, sehingga bisa menampilkan konten beresolusi HD pada platform Netflix dan Amazon Prime Video.

3. Performa Jempolan

Sektor performa, Samsung Galaxy M54 5G terbilang powerful di kelasnya berkat ditopang oleh SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 berfabrikasi 5 nanometer bikinan Samsung yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 dengan frekuensi 2.4 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan frekuensi 2 GHz, serta juga diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G68 MP5.

Exynos 1380 tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Tak hanya itu, ia juga dilengkapi oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB bertipe hybrid slot.

Dilansir dari Nano Review, Samsung Exynos 1380 pada Samsung Galaxy M54 5G memiliki skor AnTuTu v10 sebesar 599.449 poin. Ini bisa dikatakan skor yang cukup tinggi dan sudah cukup memadai untuk berbagai game berat, termasuk Genshin Impact.

4. Kamera 108 MP yang Unggul

Menilik pada bagian kamera, smartphone Samsung Galaxy M54 5G hadirkan tiga buah kamera di sisi belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci 0.64um piksel lengkap dengan fitur phase-detection autofocus pada bukaan aperture f/1.8 serta dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan LED flash.

Untuk kamera kedua sang ponsel berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dipadukan lensa ultra-wide pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 120 derajat. Sedangkan untuk kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Adapun juga kamera selfie mumpuni yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M54 5G yaitu berkekuatan 32 MP dengan sensor BSI CMOS 1/2.8 inci 0.8um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed-focus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan kamera depannya sama-sama mampu merekam hingga resolusi 4K@30fps.

5. Baterai Besar Berkapasitas 6000 mAh

Samsung Galaxy A dan M series memang bisa dikatakan memiliki banyak kesamaan fitur, sehingga kadang sulit membedakan keduanya. Meski demikian, satu ciri khas yang paling kentara pada Galaxy M series adalah kapasitas baterainya yang lebih besar. Benar saja, Samsung Galaxy M54 5G ini dibekali baterai 6000 mAh. Ketahanan baterai Samsung Galaxy M54 5G pun juga terbantu dengan penggunaan panel layar Super AMOLED Plus yang lebih hemat dibandingkan IPS LCD.

Alhasil, Samsung Galaxy M54 5G dinilai lebih cocok buat Anda yang lebih sering aktif di luar rumah, seperti pelaku industri lapangan, pekerja tambang, atau sekadar hobi nongkrong.

Samsung mengklaim bahwa baterai berkapasitas 6000 mAh miliknya kuat menunjang aktivitas pemutaran video tanpa henti selama 23 jam. Dari informasi yang penulis himpun, Samsung Galaxy M54 5G mendapatkan skor PCMark for Android Work 3.0 sebesar 12.692 poin, ini sanggup bertahan hingga 13 jam 40 menit.

6. Dukungan Fitur NFC, Ada Wi-Fi 6

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Samsung Galaxy M34 5G ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Samsung Galaxy M34 5G. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Samsung Galaxy M54 5G juga sudah memiliki protokol Wi-Fi 6 yang dapat terhubung pada pita jaringan dual band, 2,4 GHz dan 5 GHz. Wi-Fi 6 ini memiliki kecepatan dan kestabilan internet lebih unggul dibanding Wi-Fi 5 biasa.

7. Update Software Cukup Panjang

Sektor perangkat lunak, Samsung Galaxy M54 5G sudah terpasang sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka One UI 5.1. Bahkan, Samsung Electonics Indonesia (SEIN) memastikan bahwa si ponsel akan memperoleh dukungan hingga 4 tahun, mungkin hal tersebut sangat jarang ditemukan pada produsen android lainnya.

Rinciannya adalah update sistem operasi sebanyak empat kali (hingga Android 17) dan pembaruan keamanan hingga tahun keempat ketika ponsel ini dirilis. Dukungan pembaruan software sampai dengan lima tahun ini memang sangat jarang ditemukan di kelasnya. Inilah yang membuat ponsel dari Samsung cocok digunakan untuk jangka panjang.

Kekurangan Samsung Galaxy M54 5G

Kekurangan Samsung Galaxy M54 5G

1. Fast Charging Hanya 25W

Walaupun Samsung Galaxy M54 5G ini dibekali baterai berkapasitas besar 6.000 mAh. Namun, ada kekurangan yang di sektor ini seperti hanya didukung oleh pengisian cepat 25W yang tergolong kalah saing dari kompetitornya. Dengan demikian, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh tentu akan membutuhkan waktu lama.

Ini disebabkan, Samsung ingin memaksimalkan kesehatan baterai yang awet pada penggunaan jangka panjang. Pasalnya, pengisian cepat yang terlalu ngebut dinilai bikin kesehatan baterai lebih cepat merosot.

2. Masih Mono Speaker

Pada sektor audio pada Samsung Galaxy M54 5G hanya satu saja yaitu Mono yang disebut-sebut memiliki suara yang cukup lantang. Hanya saja, speaker Mono sendiri masih tidak bisa menghadirkan dinamika seperti speaker Stereo. Jika Anda ingin menghasilkan audio dengan dinamika seperti Stereo, maka Anda bisa menggunakan earphone atau headset.

3. Tidak Ada Sertifikasi Tahan Air

Samsung Galaxy M54 5G memang dipasangkan dengan kaca pelindung yang kokoh serta bahan material plastik yang tahan banting. Meski demikian, sayangnya ia tidak memiliki sertifikasi tahan air apa pun.

Ini membuatnya cukup kontras dengan Samsung Galaxy A54 5G yang meski harganya sedikit lebih murah, namun sudah dilengkapi sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu.

Spesifikasi Samsung Galaxy M54 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy M54 5G
  • Warna : Dark Blue, Silver.
  • Dimensi : 164.9 x 77.3 x 8.4 mm.
  • Berat : 199 gram
  • Layar : Super AMOLED Plus, 1080 x 2400, 6.7 inci.
  • Chipset : Exynos 1380 (5 nm).
  • GPU : Mali-G68 MP5.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, One UI 5.1.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, 25W wired.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Samsung Galaxy M54 5G

Harga Samsung Galaxy M54 5G

Samsung Galaxy M54 5G merupakan ponsel mid-range atau kelas menengah terbaru di pasar Indonesia dengan mengandalkan kamera mumpuni berkekuatan 108 MP dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) serta diperkuat oleh performa mumpuni dari SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 5G. Tak hanya itu, layar yang diusung oleh Samsung Galaxy M54 5G pun cukup superior berkat dukungan layar sentuh berukuran 6,7 inci dengan panel Super AMOLED Plus dengan refresh rate 120Hz yang smooth dan imersif. Harga smartphone Samsung Galaxy M54 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp6.499.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB.