0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition, Tablet untuk Anak Bertenaga MediaTek Helio G99

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition, Tablet untuk Anak Bertenaga MediaTek Helio G99 - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) belum lama ini sudah meluncurkan tablet terbarunya dengan nama Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition. Sesuai dengan namanya, perangkat ini dirancang khusus agar aman digunakan oleh anak-anak serta membantu proses belajarnya. Itu juga dirancang sebagai tablet dengan tingkat keamanan tinggi guna melindungi aktivitas digital anak maupun anggota keluarganya. Bahkan, tablet ini pun sudah dilengkapi casing spesial yang tangguh dan anti benturan sehingga lebih aman ketika digunakan oleh anak di mana saja.

Meski tablet besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) hanya dirancang khusus anak, bukan berarti ia hadir dengan performa terbatas. Pasalnya, Samsung Galaxy Tab A9 tetap disuguhkan performa kencang berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang bisa dikatakan prosesor paling powerful di kelasnya. Kemudian, keseluruhan performa tersebut didukung baterai berkapasitas 5100 mAh yang awet.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition, Tablet untuk Anak Bertenaga MediaTek Helio G99

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mempersenjatai tablet Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition ini dengan layar sentuh berukuran 8,7 inci yang menggunakan panel TFT (Thin Film Transistor) LCD pada resolusi HD+ alias 800 x  1340 piksel dengan aspek rasio 5:3 dan menawarkan kerapatan hingga 179 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Sayangnya, layar pada Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition tidak dilengkapi oleh pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya untuk melindunginya dari goresan. Kemudian, ukuran layar sang tablet menurut penulis tidak terlalu besar.

Performa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition tergolong powerful di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 4 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Kemudian, Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition dibekali penyimpanan internal sebesar 64 GB serta masih didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB. Tablet ini pun sudah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C. Samsung Galaxy Tab A9 juga tersedia dalam dua varian konektivitas, yakni Wi-Fi only dan 4G LTE.

Tablet Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition telah mengandalkan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1 terbaru yang kaya akan fitur. Namun, penulis masih belum mendapatkan informasi apakah nantinya sang tablet mendapat dukungan update sistem operasi atau tidak. Akan tetapi, Samsung biasanya memberikan dukungan update yang cukup terjamin, untuk perangkat murah sekalipun.

Adapun keunggulan utama yang ditawarkan oleh tablet Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition ialah sudah dibekali aplikasi Samsung Kids. Aplikasi ini sudah ditingkatkan dengan konten-konten yang lebih beragam dari berbagai global partner. Di dalam aplikasi ini, orangt tua dapat mengatur screen time, memantau aktivitas anak dan aplikasi apa saja yang diakses melalui usage dashboard maupun activity report.

Aplikasi Samsung Kids pun memungkinkan anak menggunakan fitur kamera dan akses Internet dengan lebih aman. Sehingga, mereka bisa berinteraksi dengan teman-teman digitalnya, seperti melakukan misi dan mempelajari pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis dengan permainan block coding bersama Crocro, belajar memasak dengan Cooki, bernyayi atau menari dengan si Lisa, dan banyak lagi.

Beralih ke sektor kamera, tablet Samsung Galaxy Tab A9 hadir dengan satu buah kamera di sisi belakang dengan kamera utama berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci pada bukaan aperture f/2.2 lengkap dengan fitur autofocus. Menilik pada bagian depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 2 MP.

Untuk urusan daya, tablet Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition dibekali baterai berkapasitas 5100 mAh yang dirasa masih cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari. Tak lupa, Samsung juga turut membenamkan fitur pengisian cepat 15W.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition

  • Rilis di Indonesia : 12 Desember 2023
  • Warna : Graphite, Silver, dan Navy
  • Dimensi : 211 x 124.7 x 8 mm
  • Berat : 332 gram
  • Layar : TFT LCD berukuran 8,7 inci beresolusi HD+ atau 800 x 1340 piksel, kerapatan 179 ppi, 16 juta warna
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm), Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G57 MC2
  • Sistem Operasi : Android 13, One UI 5.1
  • Memori : RAM 4 GB dan ROM 64 GB
  • Kamera Belakang : 8 MP, AF, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 2 MP, 1080p@30fps
  • Audio : Stereo speaker
  • Baterai : Li-Po 5100 mAh, non-removable, 15W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3, A2DP, LE, GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, USB Type-C 2.0
  • Sensor : Accelerometer, proximity, compass

Harga Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition

Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition adalah salah satu tablet anak murah yang ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core terkencang di kelas harganya. Tak hanya itu, sang tablet juga didukung oleh baterai besar berkapasitas 5100 mAh lengkap dengan pengisian cepat 15W. Harga tablet Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.299.000 rupiah. Selama pre-order tanggal 12-17 Desember 2023, pemesan akan mendapatkan paket aksesoris khusus yang terdiri dari Puffy cover, Kids Sticker, Crayon Stylus. Travel Adapter 20W, dan bonus Samsung Care+ 1 tahun proteksi total perangkat dan layar.