0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi POCO X6 5G Bertenaga Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 dengan Layar Flow AMOLED 120Hz

Harga dan Spesifikasi POCO X6 5G Bertenaga Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 dengan Layar Flow AMOLED 120Hz - POCO X6 5G secara resmi dirilis di Indonesia pada Febuari 2024. Kehadiran smartphone ini sekaligus menjadi pembuka awal tahun yang manis dengan serangkaian fitur dan spesifikasi yang powerful di kelas menengah. Ponsel ini merupakan penurus dari POCO X5 5G keluaran tahun 2023 lalu. Namun, terdapat sejumlah peningkatan yang dihadirkan, seperti penggunaan chipset memadai dari SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 octa-core  dipadukan dengan memori RAM 12 GB LPDDR4X yang sangat luas di kelasnya, sehingga sangat cocok untuk mereka yang melakukan multitasking tanpa takut adanya lag.

Tak hanya ditopang oleh chipset yang unggul, smartphone kelas menengah POCO X6 5G pun juga telah dipersenjatai oleh layar CrystalRes Flow AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan refresh rate 120Hz yang imersif, itu juga sudah dilengkapi pelindung layar dari Corning Gorilla Glass Victus. Adapun berbagai macam fitur menarik yang juga dimiliki oleh sang ponsel seperti memiliki fitur NFC (Near Field Communication), dukungan stereo speaker, under display fingerprint, sudah mendukung konektivitas 5G, dan banyak lagi.

Harga dan Spesifikasi POCO X6 5G Bertenaga Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 dengan Layar Flow AMOLED 120Hz

Urusan desain, POCO X6 5G lebih condong melibatkan bentuk bilah berwarna hitam yang memanjang dan dihiasi tulisan POCO, seperti yang terlihat pada POCO M5 dan POCO X5 5G. Jadi, memang tidak sulit mengenali smartphone POCO. Bahkan, kini terulang kembali pada POCO X6 5G.

Benar saja, smartphone menyajikan bilah berwarna hitam sebagai aksen visual yang melatarbelakangi housing kamera. Namun, yang biasanya tulisan POCO tampil dalam ukuran besar, kini tulisan tersebut dibuat dengan ukuran lebih kecil.

Bodi POCO X6 5G sendiri masih mengusung desain flat pada bagian panel dan framenya. Ini tentu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman grip pada smartphone tersebut. Bobot sang ponsel juga ringan yang hanya berkisar 181 gram.

Lanjut ke bagian ketahanan bodinya, POCO X6 5G disertai dua fitur menarik. Pertama, smartphone sudah memiliki sertifikasi IP54 yang mampu tahan terhadap debu dan percikan air dari segala penjuru arah. Kedua, layar dari POCO X6 5G sudah dilindungi pelindung layar dari Corning Gorilla Glass.

Layar juga menjadi salah satu yang sulit dipercaya bisa dimiliki oleh POCO X6 5G dengan harganya yang terjangkau. Kemampuannya dinaungi oleh panel CrystalRes Flow AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) berukuran 6,67 inci yang mengusung resolusi 2712 x 1220 piksel dengan kerapatan mencapai di angka 446 ppi (pixel per inch).

Menurut klaimnya, POCO X6 5G ini memiliki kontras rasio imersif yaitu 5.000.000:1. Sedangkan kecerahannya mampu mencapai di angka 1.800 nits. Untuk penggunaan di luar ruangan seharusnya bukan masalah, apalagi untuk para ojol. Warnanya yang ditampilkan tidak akan redup karena mampu menghasilkan 68 juta warna, color gamut 100 persen DCI-P3, dan Dolby Atmos.

Guna menunjang kenyamanan saat scrolling, layarnya sudah mendukung refresh rate 120Hz. Tak hanya itu, adapun fitur auto-switch yang membuatnya bisa menyesuaikan refresh rate sesuai aktivitas yang dilakukan.

Tak hanya cocok untuk para gamer, untuk yang lebih suka menonton juga cocok. Sebab, layarnya telah mengantongi sertifikasi DRM Widevine L1 tertinggi. Selain itu, layar POCO M6 Pro 4G juga sudah mendukung PWM 1920 Hz dimming. Adapun juga sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light dan Flicker Free.

Performa yang ditawarkan oleh smartphone POCO X6 5G bisa dikatakan cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 SM7435-AB berfabrikasi 4 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 12 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 710.

Merujuk pada data yang dilakukan oleh GSMArena, SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 pada POCO X6 5G berhasil mendapat skor AnTuTu v10 di angka 605.803 poin. Sedangkan untuk pengujian GeekBench 5, skor single-core-nya yaitu 790 dan 2963 poin untuk multi-core.

Ketika memainkan PUBG Mobile (Smooth - Extreme), POCO X6 5G dapat memberikan frame rate rata-rata di 58 FPS. COD Mobile (Very High - Max) juga dapat mencapai frame rate rata-rata yang sama yaitu 58 FPS. Kemudian, pada game Genshin Impact di pengaturan Low 60 FPS, smartphone ini bisa dikatakan cukup stabil menjaga frame rate di kisaran 54 FPS.

Beralih ke sektor kamera, smartpbone POCO X6 5G bisa dikatakan cukup baik di kelas harganya dengan dipersenjatai tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 64 MP dengan lima elemen lensa pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor OmniVision OV64B berukuran 1/2 inci 0.7um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), AI, dan LED flash.

Kedua, terdapat sebuah kamera berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor Sony IMX335 berukuran 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm pada bukaan aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV (Field of View) 119 derajat. Terakhir, terdapat kamera dedicated macro beresolusi 2 MP pada bukaan aperture f/2.4.

Jika Anda sangat gemar dengan foto selfie, POCO X6 5G tak kalah memadai dengan dukungan kamera selfie berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor OmniVision OV16A1Q berukuran 1/3.06 inci 1um piksel pada bukaan aperture f/2.5 fixed-focus. Perihal perekaman video, kamera belakang sanggup merekam di resolusi 4K@60fps. Sementara itu, kamera selfie hanya sanggup merekam pada resolusi 1080p@60fps.

POCO X6 5G disertai dengan baterai besar berkapasitas 5100 mAh yang sedikit lebih unggul dari mayoritas pesaing yang kebanyakan gunakan baterai 5000 mAh. POCO X6 5G juga sudah menyediakan fitur Performance Modes agar pengguna dapat memilih antara opsi penghematan baterai, balanced, dan juga mode performa. Adapun juga fitur Ultra Baterry Saver untuk meningkatkan kapabilitas ketahanan baterai ke tingkat selanjutnya.

Tak cukup sampai disitu saja, terdapat juga fitur Optimized Charging yang bisa membuat kesehatan baterai tetap terjaga dari aktivitas charging yang terlalu sering. Fitur Charge Counter akan menampilkan seberapa sering smartphone dicas per harinya, dan Temperature akan memunculkan informasi terkait suhu ponsel ketika di cas.

Perihal pengisian daya, smartphone kelas menengah POCO X6 5G diperkuat oleh fitur pengisian cepat 67W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 44 menit.

Speaker juga sudah ditingkatkan oleh POCO Indonesia yang sebelumnya hanya mengandalkan satu buah speaker atau mono speaker pada POCO X5 5G. Kini sudah ditingkatkan dengan dua buah speaker atau stereo speaker untuk dapat menghasilkan suara mantap dari sisi atas dan bawah.

Dari informasi yang penulis terima, banyak yang menyebut suara yang terdengar dari speaker ponsel ini terdengar nendang dan lantang. Bahkan, stereo speakernya juga terdengar imbang dengan suara vokal dan frekuensi tinggi yang terdengar bagus.

Yang agak terasa kurang adalah kemampuan bass-nya yang kurang menonjol. POXO X6 5G turut dibekali fitur audio processing dari Dolby Atmos yang menyala secara default.

Adapun keunggulan lain dari produk Xiaomi yang tidak pernah hilang adalah soal kelengkapan fitur. Ini dibuktikan pada POCO X6 5G terutama dalam sensor dan konektivitasnya.

Di sektor sensornya, POCO X6 5G hadir dengan sensor sidik jari di dalam layar. Hal ini cukup menarik mengingat harganya yang masih terjangkau namun memiliki teknologi yang canggih.

Tak hanya itu, terdapat juga sensor accelerometer, compass, dan yang tidak kalah penting adalah gyro. Keberadaan gyro tentu membuat para gamer merasa senang. Sebab beberapa game seperti game balapan, PUBG Mobile, hingga COD Mobile akan lebih seru dan menyenangkan jika adanya sensor gyro.

Lalu ada juga sensor IR Blaster atau infrared yang merupakan sinar elektromagnetik yang punya gelombang lebih panjang dari cahaya yang terlihat. Fungsinya antara lain dapat memindahkan kanal TV dan AC secara universal.

Selain infrared, POCO X6 5G juga dilengkapi serangkaian konektivitas lain seperti Bluetooth 5.2, NFC (Near Field Communication), serta protokol Wi-Fi 5 dual-band. Ponsel juga masih menyediakan port 3.5mm audio untuk menghubungkan kabel earphone tanpa adapter.

Untuk port pengisian, smartphone ini sudah menggunakan port USB Type-C 2.0 yang dukung antarmuka OTG (On-The-Go).

Harga dan Spesifikasi POCO X6 5G Bertenaga Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 dengan Layar Flow AMOLED 120Hz

Spesifikasi POCO X6 5G

  • Rilis di Indonesia : 5 Februari 2024
  • Warna : Black dan White
  • Dimensi : 161.2 x 74.3 x 8 mm
  • Berat : 181 gram
  • Layar : Flow AMOLED dengan ukuran 6,67 inci beresolusi 1220 x 2712 piksel, kerapatan 446 ppi, 1800 nits (peak), refresh rate 120hz, 100% DCI-P3, 68 juta warna, Corning Gorilla Glass Victus
  • Chipset : Qualcomm SM7435-AB Snapdragon 7s Gen 2 (4 nm), Octa-core (4x2.40 GHz Cortex-A78 & 4x1.95 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Adreno 710
  • Sistem Operasi : Android 13, MIUI 14
  • Memori : RAM 12 GB dan ROM 256 GB
  • Kamera Belakang : 64 MP, f/1.8, 25mm (wide), 0.7µm, PDAF, OIS + 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm + 2 MP, f/2.4, (macro), LED Flash, 4Kp@30/60fps
  • Kamera Depan : 16 MP, f/2.5, (wide), 1080p@30/60fps
  • Baterai : Li-Po 5100 mAh, non-removable, 67W Turbo Charging
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, GPS, GALILEO, GLONASS, BDS, NFC, FM Radio, USB Type-C 2.0, OTG
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, compass, virtual proximity sensing

Harga POCO X6 5G

POCO X6 5G adalah sebuah smartphone terbaru di tahun 2024 yang menawarkan performa buas dari Snapdragon 7s Gen 2, layar CrystalRes Flow AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120Hz dan dilindungi oleh pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus. Tak hanya itu, POCO X6 5G juga memiliki fitur lengkap seperti sensor sidik jari sudah di dalam layar, dukungan stereo speaker, mendukung jaringan 5G, dukungan stereo speaker, adanya sensor gyro dan infrared. Harga smartphone POCO X6 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB.