0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

11 Kelebihan dan Kekurangan Realme Note 50 - Spesifikasi & Harga

Pada Februari 2024, Realme Indonesia membawa kejutan dengan meluncurkan produk pertamanya di seri terbarunya yaitu Realme Note 50. Meski angkanya sudah langsung besar yaitu 50, smartphone ini nyatanya jadi smartphone pertama yang mengisi Realme Note Series. Jika dilihat secara seksama, desain dari Realme Note 50 ini cukup mirip dengan Realme C51 yang hadir Agustus 2023 lalu. Bahkan, spesifikasi serta kemampuannya juga bisa dikatakan mirip. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mengatakan bahwa Realme Note 50 ini versi lebih sederhana dari Realme C51.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Note 50

Berbicara soal performa, smartphone Realme Note 50 bawakan SoC (System on Chip) Unisoc T612 octa-core dipadukan dengan memori RAM 4 GB. Smartphone entry-level besutan Realme ini pun dipersenjatai baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Tak hanya itu, ia juga hadir dengan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 13 MP, serta dilengkapi sensor sidik jari yang diletakkan di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power.

Untuk itu, menarik membahas Realme Note 50. Apalagi, smartphone ini dijanjikan Realme sebagai produk entry-level yang memiliki charger dengan kualitas terdepan untuk kelas harganya. Sekilas, spesifikasi Realme Note 50 ini cukup mirip dengan Realme C51 NFC yang lebih dulu hadir di Indonesia. Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan Realme Note 50 ini? Ini dia ulasannya.

Kelebihan Realme Note 50

Kelebihan Realme Note 50

1. Desain Two-Tone Menawan

Tampilan dari smartphone Realme Note 50 ini bisa dikatakan mirip dengan Realme C51. Keduanya menggunakan dua sentuhan akhir di bodi belakangnya yaitu glossy dan matte. Bagian glossy-nya ini bisa dibilang sebagai housing kamera karena berada di bagian atas. Selain itu, jika diperhatikan lagi, pantulan cahaya yang ditampilkan berpusat pada kamera utamanya.

Sedangkan di bagian bawah memiliki sentuhan akhir matte atau lebih bertekstur. Ini membuatnya mampu memberikan kesan berada dan khas pada saat disentuh. Namun, garis pemisah antara keduanya terasa cukup kasar.

Bukan hanya memiliki desain stylish, bodi dari Realme Note 50 pun menurut penulis cukup tipis. Dimensi yang dimilikkinya yaitu 167,2 x 76,7 x 7,8 mm. Ketebalannya ini sudah cukup nyaman untuk digenggam dalam waktu lama. Apalagi bobotnya hanya 186 gram saja.

2. Layar Tajam dengan Refresh Rate 90Hz

Smartphone Realme Note 50 hadir dengan layar mini-drop design pada aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,74 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel dengan kecerahan 560 nits (peak). Tak hanya itu, layar dari sang ponsel juga telah mendukung refresh rate 90Hz yang imersif.

Tak hanya luas, smartphone ini juga sudah cocok digunakan untuk aktivitas multimedia berkat resolusi layar HD+ dengan kerapatan piksel mencapai 261 ppi (pixel per inch). Tingkat kejernihannya pun cukup menarik di kelas harganya. Color gamut-nya mencapai angka 83 persen dan mampu menghasilkan warna sekitar 16,7 juta warna.

3. Ada Fitur Mini Capsule Notification

Tak jauh berbeda dengan Realme C55 NFC atau Realme C53 NFC yang diluncurkan tahun lalu, kini Realme Note 50 pun ikut menghadirkan fitur Mini Capsule Notification disekitar kamera depan layaknya pada iPhone 14 series. Kemunculan terkait dengan tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen.

Ketiga skenario tersebut adalah terkait dengan pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, sampai dengan menghitung langkah. Namun, sejauh ini Mini Capsule Notification pada Realme Note 50 hanya baru bisa menampilkan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, baterai lemat, dan saat pengisian daya berlangsung.

Sektor perangkat lunak, Realme Note 50 menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI T Edition.

4. Kamera Andal di Kelasnya

Beralih ke sektor kamera, smartphone entry-level Realme Note 50 dibekali dengan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 13 MP pada bukaan aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Sedangkan untuk kamera keduanya adalah berkekuatan 0.8 MP yang berfungsi sebagai depth sensor guna menghasilkan efek bokeh yang artistik saat memotret dengan mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie yang cukup bersaing berkekuatan 5 MP di smartphone ini yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1um piksel pada bukaan aperture f/2.2. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps dan kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 720p@30fps.

5. Performa Kompeten dari Unisoc T612

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone Realme Note 50 bisa dikatakan cukup andal dengan sokongan SoC (System on Chip) Unisoc T612 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,8 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57.

Realme mengklaim, Unisoc T612 yang digunakan oleh smartphone Realme Note 50 ini mampu meraih skor 245.343 poin untuk AnTuTu v10. Performanya ini juga dapat mempersingkat durasi saat membuka aplikasi hingga 5 persen dan power on time hingga 15 persen.

6. Hadirkan Triple Slot

Walaupun Realme Note 50 bisa digunakan untuk bermain game, penggunaan tersebut bukan tujuan yang utama. Sebab, kapasitas memori yang dimilikinya terbilang kecil. Realme Note 50 hadir dengan menawarkan RAM 4 GB LPDDR4X saja. Meski dibekali fitur Dynamic RAM, pengguna hanya bisa menambah hingga 4 GB saja.

Sedangkan untuk konfigurasi penyimpanan internalnya ada dua yaitu 64 GB dan 128 GB. Sayangnya, ponsel tersebut masih menggunakan jenis eMMC 5.1, bukan UFS. Alhasil, kecepatan transfer dan baca tulisnya bisa dikatakan lambat.

Untungnya, Realme Note 50 sudah menggunakan triple slot. Artinya, ada slot khusus untuk microSD agar kapasitasnya bisa diperluas lagi hingga berkapasitas 1 TB.

7. Baterai Besar dan Awet

Realme Note 50 juga didukung oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas ini memang masih menjadi angka standar untuk HP zaman now. Apalagi untuk kelas pemula yang umumnya digunakan dalam penggunaan harian dibandingkan bermain game secara menerus.

Realme pun mengklaim bahwa smartphone miliknya mampu bertahan hingga 106 jam untuk mendengarkan musik, 10 jam untuk video recording. Tak hanya itu, Realme Note 50 juga dikatakan sanggup bertahan hingga 13 jam untuk menonton YouTube, 24 jam media sosial, 32 jam panggilan telepon, dan 607 hari dalam mode standby.

8. Side Mounted Fingerprint

Bukan hanya mengunggulkan sektor performa, Realme juga condong memerhatikan unsur desain. Oleh sebab itu, Realme Note 50 hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa menampilkan sensor sidik jari di sisi belakangnya.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

Kekurangan Realme Note 50

Kekurangan Realme Note 50

1. Speaker Masih Mono 

Speaker dengan konfigurasi stereo harus absen pada perangkat Realme Note 50 ini. Lagi-lagi keputusan ini kemungkinan besar ada kaitannya agar harga jual produk tetap terjangkau. Jumlah speaker pada Realme Note 50 hanya ada satu, yang mana diletakkan di sebelah kiri port USB Type-C 2.0.

Namun, hal ini masih bisa ditoleransikan karena kualitas suara yang dihasilkan pada RealmeNote 50 terbilang cukup baik di kelasnya. Adapun juga fitur UltraBoom Speaker guna meningkatkan kelantangan suara hingga 150%, yang umumnya hanya 100% saja.

2. Kapasitas RAM Hanya 4 GB

Kekurangan selanjutnya dari smartphone Realme Note 50 ini adalah kapasitas RAM-nya. Dijual dengan harga Rp1,6 jutaan saja, sang ponsel hanya menawarkan kapasitas RAM 4 GB saja. Kapasitas tersebut tentu terasa masih kurang di kelas harganya. Bahkan, kapasitas RAM tersebut sudah terpakai oleh sistem mencapai 2,1 GB atau sekitar 56% dari keseluruhan. Artinya, kapasitas RAM yang tersisa hanya 1,6 GB saja.

Padahal, beberapa merek smartphone lain di kelas harga yang berdekatan sudah menghadirkan RAM yang lebih besar. Sebut saja itel S23 dengan harga Rp1,3 juta yang dibekali RAM hingga 8 GB. Di sisi lain, ada juga Infinix Hot 30 dengan harga Rp1,8 jutaan dengan RAM 8 GB.

3. Tidak Ada NFC

Kekurangan lain dari smartphone Realme Note 50 ini adalah tidak ada fitur NFC (Near Field Communication). Padahal, fitur ini makin dibutuhkan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk melakukan transaksi digital, mengecek atau mengisi saldo e-money, hingga mengubah jadi kartu akses.

Tak sedikit juga smartphone di kelas yang sama sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication) ini. Sebut saja Tecno Spark 10C, Infinix Hot 30, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Realme Note 50

Spesifikasi Realme Note 50
  • Warna : Sky Blue, Midnight Black.
  • Dimensi : 167.2 x 76.7 x 8 mm.
  • Berat : 186 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.74 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI T Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 0.8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme Note 50

Harga Realme Note 50

Realme Note 50 merupakan salah satu smartphone pertama dari Realme Note Series yang ditopang oleh SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612 serta menghadirkan desain two-tone menawan dan didukung kamera utama berkekuatan 13 MP yang andal untuk kelas harganya. Ia juga sudah mengadopsi sensor sidik jari di samping bodi yang menyatu dengan tombol power, dan didukung baterai besar untuk penggunaan normal seharian penuh. Harga smartphone Realme Note 50 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.299.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dengan ROM 64 GB, dan Rp1.499.000 rupiah untuk RAM 4 GB dengan ROM 128 GB.