0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

13 Kelebihan dan Kekurangan Realme C53 NFC - Spesifikasi & Harga

Setelah meluncurkan seri Realme C55 NFC beberapa waktu lalu, Realme Indonesia kembali merangsek pasar entry-level dengan meluncurkan Realme C53 NFC yang membawa sejumlah keunggulan yang mungkin akan membuat Anda jatuh hati. Smartphone besutan Realme Indonesia ini juga mampu menjawab kebutuhan harian Anda dengan performa apik di kelasnya. Bahkan, ia juga dijual dengan harga murah, yakni hanya Rp2 jutaan saja.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C53 NFC

Dengan harga tersebut, Realme C53 NFC adalah salah satu smartphone yang menarik dari sisi harga dan fitur. Ini karena banyak fitur yang ditawarkan oleh ponsel besutan Realme Indonesia. Sebut saja pengisian cepat 33W SuperVOOC, Shiny Champion Design, Mini Capsule Notification, performa andal dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T612, Dual Camera berkekuatan 50 MP, hingga desain tipis 7.49mm Ultra Slim.

Oleh karena itu, menarik membahas Realme C53 NFC. Apalagi, smartphone ini dijanjikan Realme sebagai produk entry-level gamer charger yang memiliki kualitas terdepan untuk kelas harganya. Lalu, apa sih kelebihan dan kekurangan Realme C53 NFC beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Realme C53 NFC

Kelebihan Realme C53 NFC

1. Desain Elegan dengan Bodi Tipis

Soal desain, Realme C53 NFC hadir dengan desain Shiny Champion Design. Terlebih varian warna yang ditawarkan yakni Midnight Black dan Champion Gold hadirkan desain menarik. Namun, untuk warna Midnight Black tampil lebih kalem dibandingkan varian warna Champion Gold.

Bodi belakang dari ponsel entry-level ini pun dilapisi oleh Golden Silk Gradient Coating. Sehingga, tampilannya jadi berkilau bak emas murni. Tak hanya itu, ada tekstur garis vertikal yang juga meninggalkan kesan mewah pada bodi belakang Realme C53 NFC. Dari informasi yang penulis terima, finishing pada sang ponsel masih glossy. Kendati demikian, bodi dari ponsel tersebut tidak mudah kotor oleh bekas sidik jari.

Di sisi belakang, ia juga dihiasi oleh dua modul kamera berukuran besar dan satu buah LED flash. Untuk tampilan modul kameranya menurut penulis masih mirip dengan Realme C55 NFC. Pada bagian kiri, ada slot untuk SIM Card dan microSD. Sedangkan di sebelah kanan terdapat tombol volume dan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power.

Pada bagian atasnya masih kosong melompong. Namun, di bawahnya ada satu buah speaker, mikrofon, port USB Type-C, dan juga port audio jack 3.5mm.

Desain elegan dari Realme C53 NFC ini pun didukung pula oleh tipisnya bodi dari sang ponsel. Bagaimana tidak, ketebalannya sendiri hanya 7.49 mm. Itu juga memiliki bobot sekitar 182 gram. Lalu, bagian samping bodinya juga dibuat melengkung.

2. Layar Lebar dengan 90Hz Refresh Rate

Smartphone Realme C53 NFC ini dipersenjatai oleh layar sentuh berponi berukuran 6,74 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 390 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 560 nits (peak) yang cemerlang dengan touch sampling rate 180Hz.

Selain itu, layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 90Hz yang mampu menampilkan animasi lebih mulus bebas screen tearing dan screen stuttering. Layarnya juga telah memiliki rasio ke bodi sebesar 85.5%. Alhasil, Anda bisa menikmati konten video, film atau serial Netflix favorit dengan nyaman karena kelegaan layarnya.

Namun, penulis tidak mendapatkan informasi lebih lanjut terkait apakah ponsel ini dibekali oleh pelindung layar atau tidak. Sebab, Realme tak menyebutkan lebih detail mengenai jenis proteksi atau pelindung yang melapisi layar Realme C53 NFC.

3. Performa Kencang di Kelasnya

Performa dari smartphone Realme C53 NFC pun cukup kompeten di kelasnya dengan mengandalkan SoC (System on Chip) Unsico Tiger T612 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,8 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan RAM 6 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57.

Berdasarkan hasil uji dari salah satu YouTuber dengan channel Infofull, Realme C53 NFC mendapatkan skor AnTuTu 10 sebesar 260.375. Kehadiran SoC (System on Chip) Unisoc ini juga mampu menyuguhkan performa lancar di Realme C53 NFC.

4. Adanya Fitur Dynamic RAM

Performa lancar dari Realme C53 NFC juga tak lepas dari kehadiran kapasitas RAM-nya. Benar saja, sang ponsel hadir dengan konfigurasi memori RAM berkapasitas 6 GB. Jika masih terasa kurang, Anda masih bisa memanfaatkan fitur Dynamic RAM.

Fitur ini akan membantu memperluas kapasitas RAM hingga 6 GB. Alhasil, Anda akan menikmati kapasitas RAM 12 GB. Dengan begini, performa dari Realme C53 NFC akan lebih optimal untuk melakukan beragam aktivitas tanpa takut lag atau force close.

5. Memori Lega

Tak hanya RAM saja, penyimpanan internal pada Realme C53 NFC pun bisa dikatakan cukup lega di kelasnya. Ya, ini hadir dengan memori berkapasitas 128 GB. Namun, Anda masih bisa perluas lagi dengan tambahan memori eksternal karena sang ponsel sudah mendukung slot microSD hingga berkapasitas 2 TB.

Ini tentu akan cukup membantu, apalagi jika Anda menyimpan banyak jenis file di smartphone. Terlebih lagi, ukuran file seperti foto dan video kini semakin besar.

Untungnya, pengguna tak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM lantaran slot microSD pada ponsel ini sifatnya dedicated slot. Oleh karena itu, pengguna dapat memasukkan Dual SIM dan microSD secara bersamaan.

6. Dual Camera 50 MP

Sisi fotografi, Realme C53 NFC hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Sedangkan untuk kamera keduanya adalah berkekuatan 0.3 MP yang berfungsi sebagai depth sensor guna menghasilkan efek bokeh yang artistik saat memotret dengan mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie yang cukup bersaing berkekuatan 8 MP di smartphone ini yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1um piksel pada bukaan aperture f/2.0. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps dan kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 720p@30fps.

7. Baterai 5000 mAh dengan SuperVOOC 33W

Baterai dari Realme C53 NFC juga cukup unggul. Sebab, Realme menanamkan baterai berkapasitas 5000 mAh pada sang ponsel. Nah, terdapat juga teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W pada sang ponsel yang mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu 31 menit saja.

Dengan daya tahan seperti itu, diyakini pengguna bisa beraktivitas lebih nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan baterai di saat di luar rumah. Tak hanya itu, produsen juga sudah menyertakan kepala charger berikut kabel USB Type-C di dalam kotak penjualan.

8. Ada Fitur Mini Capsule Notification

Tak jauh berbeda dengan Realme C55 NFC yang diluncurkan beberapa waktu lalu, kini Realme C53 NFC pun ikut menghadirkan fitur Mini Capsule Notification disekitar kamera depan layaknya pada iPhone 14 series. Kemunculan terkait dengan tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen.

Ketiga skenario tersebut adalah terkait dengan pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, sampai dengan menghitung langkah. Namun, sejauh ini Mini Capsule Notification pada Realme C55 NFC hanya baru bisa menampilkan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, baterai lemat, dan saat pengisian daya berlangsung.

Sektor perangkat lunak, Realme C53 NFC menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0 terbaru yang diluncurkan bersamaan dengan Realme 10 Pro 5G dan Realme 10 Pro Plus 5G-nya.

9. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Realme C53 NFC ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Realme C53 NFC. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

10. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Konektivitas yang dibawa oleh Realme C53 NFC pun menurut penulis cukup lengkap di kelasnya dengan mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan codec A2DP dan LE, port USB Type-C 2.0, GPS, aGPS, GLONASS, BDS, dan NFC. 

Bahkan, Realme C55 NFC juga menghadirkan sensor yang tergolong lengkap seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro (virtual), proximity, light, magnet.

Kekurangan Realme C53 NFC

Kekurangan Realme C53 NFC

1. Speaker Stereo Absen

Speaker dengan konfigurasi stereo harus absen pada perangkat Realme C55 NFC ini. Lagi-lagi keputusan ini kemungkinan besar ada kaitannya agar harga jual produk tetap terjangkau. Jumlah speaker pada Realme C53 NFC hanya ada satu, yang mana diletakkan di sebelah kiri port USB Type-C 2.0.

Namun, hal ini masih bisa ditoleransikan karena kualitas suara yang dihasilkan pada Realme C53 NFC terbilang cukup baik di kelasnya. Adapun juga fitur UltraBoom Speaker guna meningkatkan kelantangan suara hingga 150%, yang umumnya hanya 100% saja.

2. Tidak Memiliki IP Rating

Kekurangan Realme C53 NFC selanjutnya adalah tidak memiliki IP Rating. Yang mana sertifikasi tersebut hadir untuk menegaskan bahwa sebuah ponsel memiliki ketahanan terhadap cipratan air ataupun debu. Sayangnya, Realme tidak memberikan keterangan pasti soal kehadiran IP Rating di ponsel ini.

Padahal, beberapa produsen telah menyematkan fitur ini pada ponsel miliknya, bahkan di kelas entry-level sekalipun. Sebut saja vivo Y36, Infinix Note 30, Infinix Note 30 Pro, dan lain sebagainya.

3. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Realme C53 NFC memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Realme malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide.

Spesifikasi Realme C53 NFC

Spesifikasi Realme C53 NFC
  • Warna : Champion Gold dan Mighty Black.
  • Dimensi : 167.3 x 76.7 x 7.5 mm.
  • Berat : 182 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400 piksel, 6.74 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0.03 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Realme C53 NFC

Harga Realme C53 NFC

Realme C53 NFC merupakan salah satu smartphone entry-level terbaru yang menawarkan fitur Mini Capsule Notification seperti halnya Realme C55 NFC yang diluncurkan lebih dulu. Tak hanya itu, ponsel ini juga ditopang oleh SoC (System on Chip) memadai dari Unisoc Tiger T612 dan diperkuat oleh kamera utama berkekuatan 50 MP. Di sisi lain, ponsel besutan Realme Indonesia ini juga menghadirkan desain stylish yang bernama Shiny Champion Design dengan frame flat dipadukan housing kamera flat. Harga smartphone Realme C53 NFC terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.099.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB.