0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan Itel RS4 - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses merilis seri Itel P55 5G dan Itel P55 NFC, kini Itel Indonesia kembali merangsek pasar smartphone entry-level tanah air melalui seri Itel RS4 yang memiliki keunggulan di sektor performa. Pasalnya, ponsel hadir dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 Ultimate termurah saat ini dipadukan dengan memori RAM 8 GB atau 12 GB yang cukup powerful di kelas harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Itel RS4

Tak hanya itu, smartphone Itel RS4 juga dipersenjatai layar sentuh berukuran 6,6 inci yang mengusung resolusi HD+ dengan refresh rate 120Hz yang smooth serta diperkuat oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat 45W terkencang di segmennya. Selain itu, ponsel entry-level ini pun sudah dilengkapi speaker stereo.

Fitur-fitur yang disebutkan tadi hanyalah sekelumit keunggulan Itel RS4. Jika di antara Anda penasaran dengan smartphone ini silahkan baca artikel terkait kelebihan dan kekurangan Itel RS4 beserta spesifikasi dan harganya hingga selesai secara seksama.

Kelebihan Itel RS4

Kelebihan Itel RS4

1. Desain Premium di Kelasnya

Sektor desain, Itel RS4 terinspirasi dari mobil sport yang mengejar kecepatan tinggi. Dilihat dari namanya, RS merupakan singkatan dari "Racing Sport", sedangkan "4" merujuk pada tahun perilisannya yaitu tahun 2024. Identitas tersebut memang ditujukan buat segmen gaming. Meski begitu, smartphone ini sejatinya masuk dalam keluarga Itel S Series.

Aura mobil sport yang elegan lantas direpresentasikan Itel RS4 melalui housing kamera belakang. Sebab, housing kamera tersebut dibuat berbentuk melingkar dengan aksen krom yang mirip dengan velg racing pada mobil sport.

Housing kamera tersebut tidak hanya memberi kesan elegan, namun juga berfungsi untuk menjaga kestabilan bodi ketika diletakkan di atas meja. Adapun Itel RS4 menggunakan frame flat. Baik frame maupun bodi belakangnya terbuat dari bahan plastik polikarbonat.

Ini bisa dikatakan cukup wajar mengingat ponsel dibanderol dengan harga Rp1 jutaan saja. Akan tetapi, berkat finishing matte, sisi belakang smartphone ini tidak mudah meninggalkan noda sidik jari dan minyak.

Di pasar Indonesia, smartphone entry-level Itel RS4 hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Black, Silvery White, dan Elegant Beige.

2. Layar Luas dengan Refresh Rate 120Hz

Smartphone Itel RS4 dipersenjatai layar sentuh berponi minimalis berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 266 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Layar tersebut pun dapat memutar video YouTube hingga resolusi 2K 60FPS. Tak hanya itu, ia juga bisa memutar film Netflix di resolusi HD lantaran sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1.

Adapun layar Itel RS4 sudah mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Oleh karena itu, tampilan animasinya mulus serta responsif dalam menerima sentuhan, sehingga cocok digunakan untuk bermain game.

Tak cukup sampai disitu saja, Itel RS4 juga memiliki fitur Dynamic Bar yang mirip dengan Dynamic Island di seri iPhone 15. Fitur ini memungkinkan desain poni kamera depan melebar menjadi notifikasi telepon masuk, status pengisi daya, serta status baterai.

3. Gunakan Chip Powerful

Kinerja dari Itel RS4 pun terbilang buas di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 Ultimate berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM 8 GB atau 12 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Adapun skor AnTuTu 10 pada Itel RS4 menyentuh di angka 418.186 poin berdasarkan dari pengujian yang dilakukan oleh Teddy Kho. Sementara itu, Jagat Review memperoleh skor Geekbench 6 sebesar 748 poin di skenario single-core dan 2070 poin untuk multi-core.

4. Konfigurasi Memori Paling Besar di Kelas Harganya

Itel RS4 merupakan satu-satunya smartphone yang hadir dengan varian memori tertinggi yaitu RAM 12 GB dengan ROM 256 GB. Bahkan, di kelas yang sama belum ada sebuah ponsel yang punya RAM 12 GB. Kalau memori ROM 256 GB, sih, sudah banyak.

Ponsel ini juga masih menyediakan slot microSD khusus sebagai alternatif penyimpanan. Slot ini bisa dikatakan cukup penting, khususnya bagi mereka yang memilih varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

5. Dual Camera 50 MP, Kamera Dapat Hasilkan Video 2K 30 FPS

Sisi fotografi, smartphone Itel RS4 hadirkan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian, kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor dan AI Lens. Kombinasi dua kamera tersebut mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh melalui mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam di resolusi 2K@30fps.

6. Sensor dan Konektivitas Lengkap

Smartphone Itel RS4 juga punya sensor giroskop fisik yang jarang ada di sebuah smartphone Rp 1 jutaan. Sensor giroskop fisik ini memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah membantu penstabilan video dan membantu gerak sebuah karakter dalam game.

Beberapa game seperti PUBG Mobile maupun Free Fire, sensor girskop ini penting untuk sebagian pemain. Dengan adanya sensor tersebut, pemain hanya perlu menggoyangkan smartphone untuk membidik sasaran.

Tak hanya itu, Itel RS4 juga memiliki fitur NFC (Near Field Communication). Dengan begini, pengguna dapat menggunakan si ponsel untuk keperluan transaksi non tunai seperti mengecek dan mengisi saldo kartu e-Money.

Lebih lanjut ke sektor konektivitas, Itel RS4 mendukung Wi-Fi 5, USB On-The-Go, Bluetooth 5.0, dan masih memiliki audio jack 3.5 mm untuk mencolokkan earphone. Tak lupa, terdapat juga Radio FM.

7. Andalkan Fast Charging 45W

Itel RS4 diperkuat baterai berkapasitas 5000 mAh yang menurut penulis cukup lazim ada di sebuah HP zaman sekarang. Dari informasi yang penulis terima, Itel RS4 dapat bertahan selama 21 jam pada skenario memutar video YouTube. Di skenario lain, yakni streaming YouTube selama 30 menit, baterai hanya berkurang sekitar 3 persen.

Smartphone tersebut pun sudah dilengkapi fitur pengisian cepat 45W. Hingga ponsel ini rilis, belum ada smartphone lain yang memiliki fitur pengisian cepat sekencang ini. Mengecas baterai Itel RS4 dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit saja.

Adapun fitur lain yang turut dihadirkan seperti bypass charging. Fitur ini nantinya akan berfungsi untuk mengalirkan listrik dari charger langsung ke motherboard tanpa mengisi ke baterai. Tak heran, ketika digunakan untuk bermain saat mengecas, performa masih tetap stabil dan perangkat tidak begitu panas.

Kekurangan Itel RS4

Kekurangan Itel RS4

1. Masih Gunakan Android 13

Itel RS4 hadir dengan sistem operasi Android 13. Kenyataan ini cukup disayangkan untuk sebuah smartphone yang rilis di Indonesia pada April 2024. Dengan begitu, Itel RS4 belum bisa menikmati fitur-fitur yang ada di Android 14.

Itel juga belum memberi keterangan soal pembaruan software. Jadi apakah smartphone ini akan memperoleh upgrade Android dan berapa lama security patch-nya akan didukung masih belum jelas.

Spesifikasi Itel RS4

Spesifikasi Itel RS4
  • Warna : Silvery White dan Lurex Black.
  • Dimensi : 163.69 x 75.69 x 8.15 mm.
  • Berat : 195 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G99 Ultimate.
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB / 12 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 13, Itel OS.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Itel RS4

Harga Itel RS4

Itel RS4 merupakan salah satu smartphone entry-level terbaru yang cukup buas di kelas harganya dengan menghadirkan RAM yang besar dan performa ganas dari SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 Ultimate. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa fitur menarik yang jarang ditemukan pada smartphone lain di segmennya, yakni fitur NFC, bypass charging, fitur pengisian cepat 45W, refresh rate 120Hz, dan adanya dukungan stereo speaker. Harga smartphone Itel RS4 di Indonesia adalah Rp1.899.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp1.999.000 rupiah.