0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20 dengan Mengandalkan Kamera Selfie Berkekuatan 32 MP

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20 dengan Mengandalkan Kamera Selfie Berkekuatan 32 MP - Sebagai pembuka tahun baru 2024, Tecno Mobile kembali merilis smartphone terbarunya melalui seri Spark, yakni Tecno Spark 20 Series. Seri yang hadir di pasar Indonesia terbagi menjadi dua yaitu Tecno Spark 20C dan Tecno Spark 20. Di antara keduanya, Tecno Spark 20 memiliki harga lebih mahal dari varian Spark 20C. Kendati lebih mahal, ponsel ini masih berada di rentang harga Rp1 jutaan dan menawarkan segudang fitur mewah. Bisa dikatakan, smartphone Tecno Spark 20 ini merupakan penerus dari Tecno Spark 10 yang lebih dulu diluncurkan di Indonesia pada Maret 2023 lalu.

Perihal performa, smartphone Tecno Spark 20 cukup kompeten di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB yang powerful. Bahkan, ini juga dipadukan memori internal berkapasitas 256 GB yang menurut penulis paling besar di kelasnya. Selain itu, Tecno Spark 20 mengandalkan kamera selfie berkekuatan 32 MP yang memadai di kelas harganya.

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20 dengan Mengandalkan Kamera Selfie Berkekuatan 32 MP

Memiliki housing kamera boba seperti iPhone, desain Tecno Spark 20 terbilang menarik dan tampak premium. Bodi belakangnya menyuguhkan tampilan yang simpel dan polos, dengan ketiga lensa yang diposisikan dalam formasi zig-zag.

Untuk material yang digunakannya sendiri masih plastik polikarbonat yang masih wajar mengingat harganya hanya Rp1 jutaan. Sisi bingkainya memiliki bentuk datar alias flat untuk kenyamanan genggam maksimal.

Adapun tiga opsi warna yang dapat dipilih pengguna, yakni Magic Skin 2.0, Gravity Black, dan Neon Gold. Khusus untuk Magic Skin 2.0, disebut menggunakan bahan yang 100 persen bisa didaur ulang sehingga tidak membahayakan lingkungan.

Tak hanya itu, Tecno menyebut bodi belakangnya memiliki ketahanan 500 persen lebih baik. Sensasi genggaman juga ditingkatkan, mengusung konsep glossy matte leather yang halus di tangan dan tidak mudah dihinggapi noda sidik jari.

Satu hal paling menarik dari smartphone Tecno Spark 20 ini adalah memiliki sertifikasi IP53 yang tahan terhadap percikan air dan debu, sebuah fitur yang sangat langka di harga Rp1 jutaan.

Tecno Spark 20 hadir dengan layar sentuh punch hole pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 267 ppi (pixel per inch) yang cemerlang dengan kecerahan hingga 500 nits.

Nah, menariknya, layar sang ponsel ini punya refresh rate 90Hz. Teknologi ini membuat pergerakan layar jadi lebih lancar saat Anda scrolling. Motion dari animasi game pun akan terasa lebih mulus. Tecno Spark 20 pun juga turut menghadirkan opsi untuk mengatur tingkat kehalusan pergerakan layarnya. Alhasil, Anda bisa mengatur sesuai dengan keinginan.

Bukan hanya itu saja, layar Tecno Spark 20 pun membawa beberapa fitur menarik lain, seperti Eye Protection. Fitur ini dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda dari bahaya sinar biru ketika menatap layar dalam waktu lama. Selain itu, ada fitur Dynamic Island.

Kinerja yang ditawarkan oleh Tecno Spark 20 ini juga terbilang memadai di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

Tecno Spark 20 juga dibekali satu opsi penyimpanan saja yaitu RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB. Tentu memori ini bisa dikatakan yang cukup besar di kelas harganya, di mana mayoritas pesaingnya hanya menyuguhkan memori berkapasitas 64 GB hingga 128 GB saja.

Itu juga masih disediakan slot microSD secara terpisah guna melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

Beralih ke sektor kamera, Tecno Spark 20 dibekali dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.9 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian, terdapat kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor dan AI Lens. Kombinasi dua kamera belakang ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh melalui mode portrait.

Menilik pada bagian depan, Tecno Spark 20 menghadirkan kamera selfie yang kompeten di kelas harganya dengan mengandalkan resolusi 32 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus lengkap dengan dual LED flash. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam pada resolusi 1440p@30fps. Sedangkan kamera depan hanya sanggup merekam di resolusi 1080p@30fps.

Adapun hal menarik yang dimiliki oleh smartphone Tecno Spark 20 yaitu menghadirkan stereo speaker. Padahal, selama ini stereo speaker lebih sering ditemukan pada smartphone yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan ke atas.

Kualitas suaranya pun terdengar imbang antara atas dan bawah, di mana bagian atas menggunakan earpice untuk dijadikan speaker kedua. Tersedia juga tunning-an dari DTS di Tecno Spark 20, sehingga suaranya jadi nge-bass dan terhindar dari distorsi pada volume tinggi.

Jika Anda sedang berada di luar ruangan pada lingkungan yang ramai. Anda juga dapat menaikkan volume perangkat hingga 200 persen, alias 2x lipat lebih kencang dari volume maksimal.

Sektor baterai smartphone Tecno Spark 20 pun bisa dikatakan menarik. Pasalnya, sang ponsel didukung baterai berkapasitas 5000 mAh yang terkenal awet seharian. Selain itu, terdapat juga fitur pengisian cepat 18W sehingga proses pengisian daya tidak membutuhkan waktu yang begitu lama.

Dari informasi yang penulis himpun, Tecno Spark 20 sanggup bertahan hingga 18 jam 9 menit pada pengujian pemutaran video lokal. Ini memang bukan ketahanan yang paling oke di industri smartphone, namun sudah lebih dari cukup untuk pengguna merasakan pengalaman yang menyenangkan di sepanjang harinya.

Satu hal yang membuat bodi belakang smartpohone ini tampak rapi adalah absennya sensor sidik jari di belakang bodi. Sebab, fitur pembuka layar tersebut terletak di samping, menyatu dengan tombol power sehingga terlihat lebih bersih dan modern.

Ini merupakan lokasi yang ideal untuk HP di harga Rp1 jutaan. Dengan demikian, penggunaan sensor side-fingerprint ini juga layak diapresiasi. Sebab, banyak smartphone di kelas yang sama masih mengandalkan sensor sidik jari di belakang bodi.

Tecno Spark 20 juga memiliki konektivitas yang unggul dibanding smartphone Rp1 jutaan lainnya, yakni memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang memudahkan pengguna dalam pengisian dan pengecekan saldo eMoney.

Bukan hanya itu, ponsel juga mendukung fitur FM Radio sebagai sarana hiburan gratis, kendati mengharuskan pengguna mencolokkan kabel earphone sebagai antenanya. Adapun pada jaringan seluler, Tecno Spark 20 mendukung 2G, 3G, dan 4G, serta memiliki protokol Wi-Fi 5 dual-band.

Di sisi lain, Tecno Spark 20 pun sudah menawarkan pengalaman TWS yang menyenangkan. Ini disebabkan Bluetooth pada HP ini berada di versi 5.2 yang memiliki jangkuan luas serta delay yang minim saat terhubung dengan aksesoris Bluetooth.

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20

Spesifikasi Tecno Spark 20

  • Rilis di Indonesia : Mei 2024
  • Warna : Gravity Black, Cyber White, dan Magic Skin
  • Dimensi : 163.7 x 75.6 x 8.5 mm
  • Berat : - gram
  • Layar : IPS LCD dengan ukuran 6,6 inci beresolusi HD+ alias 720 x 1612, kerapatan 267 ppi, 480 nits, refresh rate 90Hz
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12 nm), Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G52 MC2
  • Sistem Operasi : Android 13, HIOS 13
  • Memori : RAM 8 GB dan ROM 256 GB
  • Kamera Belakang : 50 MP, f/1.6, (wide), 0.64µm, PDAF + 0.08 MP (auxiliary lens), Dual-LED flash, HDR, 1440p@30fps
  • Kamera Depan : 32 MP, f/2.2, (wide), 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.2, A2DP, LE, GPS, FM Radio, USB Type-C, OTG
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass

Harga Tecno Spark 20

Tecno Spark 20 adalah sebuah smartphone entry-level terbaru yang diperkuat dengan dual speaker, fitur NFC (Near Field Communication), dan kamera selfie berkekuatan 32 MP yang cukup kompeten di kelas harganya. Tak hanya itu, ponsel ini juga bawakan desain stylish dengan layar HD+ dan refresh rate 90Hz. Harga smartphone Tecno Spark 20 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.699.0000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB.