8 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10A - Spesifikasi & Harga

Pada ulasan kali ini penulis akan membagikan sebuah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 10A beserta spesifikasi dan harganya.

Xiaomi resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka dengan nama Redmi 10A yang diluncurkan secara global pada Maret 2022 lalu. Sedangkan, Xiaomi Indonesia baru mulai mendistribusikannya di tanah air pada Mei 2022 lalu. Xiaomi juga senantiasa menghadirkan 3 (tiga) varian berbeda untuk Redmi seri angka, seperti Redmi 10, Redmi 10C dan Redmi 10A yang akan dibahas pada artikel ini.

Redmi 10A sendiri dibanderol dengan harga 1 jutaan saja dan sangat cocok bagi para pelajar yang ingin memiliki sebuah smartphone namun dengan spesifikasi yang masih dapat diandalkan untuk tahun ini. Dengan harga tersebut, tentu Anda harus siap untuk melihat kekurangannya. Berikut ini penulis akan merangkum informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 10A.

Kelebihan Xiaomi Redmi 10A

Kelebihan Xiaomi Redmi 10A
Kelebihan Xiaomi Redmi 10A

Meski menawarkan harga yang sangat ekonomis, ternyata Redmi 10A masih memberikan fitur terbaik kepada penggunanya seperti sidik jari, baterai berkapasitas besar dan lain sebagainya. Sudah penasaran dengan apa saja kekurangannya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Desain Unik dan Elegan

Bagian belakang bodi dari Redmi 10A menunjukkan bentuk modul kamera yang sangat jarang ditemukan pada smartphone lain dengan harga sekelasnya. Modul kamera tersebut terdapat 4 (empat) kamera, meskipun hanya 2 (dua) buah kamera saja yang dapat difungsikan, yang lainnya adalah 1 (satu) bulatan LED Flash dan 1 (satu) bulatan “Lensa” dekoratif saja.

Pada bagian sisi perangkat masih disediakan 3.5 mm jack audio port agar pengguna bisa menggunakan headset untuk mendengarkan kualitas yang lebih baik tanpa menggunakan adapter. Untuk tombol power dan juga volume diletakkan di sisi kanan bodi.

Selain itu, pada sisi kiri setidaknya sudah diletakkan slot microSD dan Kartu SIM yang dapat menampung 2 kartu SIM sekaligus dan microSD untuk menambahkan kapasitas memori sampai dengan 1 TB.

Menariknya lagi adalah, sebelum dipasarkan Redmi 10A sudah melewati berbagai macam tes pengujian ketahanan bodi seperti 50.000 kali tes tombol daya, 10.000 kali ketahanan konektor, 300 kali terjatuh dan tes uji tertindih beban maksimum 70 kg dan semua sudah dilewati dengan aman dan baik.

2. Layar Lebar 6.53 Inci

Jika Anda suka menonton film dan bermain game ringan, Redmi 10A bisa menjadi pilihan yang tepat lantaran menawarkan layar lebar 6,53 inci dengan mengusung resolusi HD+ 720 x 1600 piksel dengan aspek rasio 20:9. Layar dari Redmi 10A sendiri sudah memiliki kerapatan layar sampai 269 ppi, kemudian Redmi 10A juga menawarkan refresh rate 60 Hz yang memang sangat wajar di kelasnya.

Menariknya lagi adalah Redmi 10A sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland yang bisa meminimalisir emisi cahaya biru yang dapat membahayakan mata. Sehingga, layar akan cenderung lebih nyaman di mata dan tidak membuat lelah saat mata menatap layar dengan jangka waktu yang lama.

Kemudian dari tingkat kecerahan layar dari Redmi 10A ini adalah 400 nit yang akan membantu pada saat Anda menggunakan perangkat ini diluar ruangan. Oh iya, apabila dirasa masih gelap, Anda masih bisa menggunakan fitur Sunlight Mode yang bisa meningkatkan kecerahan pada layar.

3. Tersedia Fingerprint

Pada dasarnya perangkat di rentang harga 1 jutaan cukup jarang menyediakan fitur pemindai sidik jari atau fingerprint. Namun, Redmi 10A menghadirkannya untuk menjaga privasi pengguna agar data pribadi tidak mudah dilihat oleh teman dekat dan lain sebagainya.

Sensor fingerprint dari Redmi 10A sendiri terletak di dekat kamera tepatnya di bawah logo Redmi. O iya, sensor tersebut juga tidak mengganggu estetika bodi belakang lantaran warnanya melebur dengan modul kamera. 

4. Baterai Berkapasitas Besar

Smartphone yang rilis pada tahun 2022 ini mungkin cukup wajib menghadirkan baterai dengan berkapasitas besar, salah satunya adalah Redmi 10A yang menawarkan baterai besar 5000 mAh yang awet jika digunakan seharian penuh dengan penggunaan yang biasa-biasa saja. Namun, Redmi 10A tidak dibekali dengan fitur fast charging, yang mana di kotak penjualan pengguna hanya mendapatkan charger 10 watt saja.

Bahkan baterai dari Redmi 10A mampu diklaim bertahan sampai 745 jam pada mode siaga (stand-by), mendengarkan lagu selama 148 jam, menonton video atau melakukan pemutaran video hingga 20 jam dan membaca konten hingga 30 jam.

5. Perfoma Lumayan Baik

Redmi 10A hadir dengan SoC dari MediaTek Helio G25 yang umumnya digunakan pada smartphone entry-level. Dimana, SoC ini menggunakan konfigurasi delapan inti processor yang mencakup empat inti Cortex A53 2 GHz dan empat unit hemat daya Cortex A53 1.5 GHz. MediaTek Helio G25 dibandung atas dasar proses fabrikasi 12 nm, sementara itu SoC ini menggunakan GPU dari IMG PowerVR GE8320.

Mengingat SoC yang kurang sanggup dalam memainkan game berat seperti PUBG Mobile dan sejenisnya. Akan tetapi, pengguna masih bisa bermain game ringan seperti Mobile Legends, Free Fire, DLS dan beberapa game ringan lainnya.

6. Memori yang Cukup Lega.

Redmi 10A tersedia beberapa varian yakni RAM 3 GB dan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB pada standar eMMC 5.1. Dengan RAM 3 GB dan penyimpanan yang hanya 32 GB dan 64 GB saja tentu pengguna harus mengunduh aplikasi yang penting-penting saja. Jika memorinya masih dirasa kurang, pengguna masih bisa menambahkannya dengan microSD sampai dengan 1 TB.

Kekurangan Xiaomi Redmi 10A

Kekurangan Xiaomi Redmi 10A
Kekurangan Xiaomi Redmi 10A

Smartphone dengan harga 1 jutaan memang tidak ada yang harus diharapkan lebih. Setidaknya pengguna juga harus mentoleransikan kekurangan Xiaomi Redmi 10A di bawah ini.

1. Masih Menggunakan microUSB

Kebanyakan orang saat ini mungkin lebih menyukai USB Type-C lantaran bisa mencolokan charger tanpa takut kebalik. Namun, jika Anda memilih smartphone Redmi 10A maka pengguna harus puas dengan port microUSB untuk mengisi saya baterai. Sehingga, pengguna harus berhati-hati dalam mencolokkannya agar tidak mudah rusak atau longgar.

2. Kualitas Kamera Biasa Saja

Meski terlihat seperti menghadirkan 4 (empat) kamera pada bodi bagian belakang. Namun, kamera yang berfungsi hanya 2 (dua) kamera saja. Kamera utama berkemampuan 13 MP dengan bukaan f/2.2 dengan fitur autofokus. Kemudian kamera kedua memiliki resolusi  2 MP dengan fungsi depth sensor bukaan apertur f/2.4.

Untuk merekam video pada kamera belakang mengusung resolusi maksimal 1080p pada kecepatan 30 fps. Begitu juga dengan kamera selfie, ia mampu mengusung resolusi maksimal 1080p pada 30 fps. Sementara itu, kamera selfie dari Redmi 10A hanya berkemampuan 5 MP saja.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A
Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A

  • Warna : Sky Blue, Chrome Silver, Graphite Gray.
  • Dimensi : 164.9 x 77.1 x 9 mm.
  • Berat : 194 gram
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.53 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G25 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, MIUI 12.5.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Xiaomi Redmi 10A

Harga Xiaomi Redmi 10A
Harga Xiaomi Redmi 10A

Dikutip dari laman resmi Xiaomi Indonesia bahwa Redmi 10A dibanderol dengan harga Rp1.499.000 rupiah dengan varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Kemudian untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.599.000 rupiah, untuk yang terakhir adalah RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB dengan harga Rp1.699.000 rupiah. Apabila Anda nantinya ingin membelinya, gunakan tombol di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain