0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 7 5G - Spesifikasi & Harga

Sebelumnya penulis sudah membahas mengenai smartphone OPPO Reno 7 4G. Nah, pada ulasan kali ini juga penulis akan membahas smartphone terbaru dari OPPO yang dirilis pada bulan yang sama, yakni Maret 2022. Dimana, ponsel ini mengalami peningkatan dari segi dapur pacu, kamera, dan bobot yang lebih ringan, smartphone tersebut adalah OPPO Reno 7 5G.

OPPO Reno 7 5G ini memang sangat dikhususkan untuk fotografi seperti memotret pemandangan karena lensa ultrawide hingga foto selfie. Tak hanya sekedar mengunggulkan di sektor kamera, rupanya smartphone ini juga memperhatikan sektor lain seperti dapur pacu dan desain premium. Penasaran dengan apa saja kelebihan dan kekurangan OPPO Reno 7 5G? Untuk itu, simak saja ulasan di bawah ini.

Kelebihan OPPO Reno 7 5G

Kelebihan OPPO Reno 7 5G

Diantara Anda mungkin sudah penasaran bukan mengenai kelebihan dari smartphone OPPO Reno 7 5G yang akan penulis rangkum di bawah ini? Yuk langsung saja simak ulasannya sampai habis, agar tidak ada informasi penting yang terlewat.

1. Desain

Desain dari OPPO Reno 7 5G memang tampil dengan cantik serta terkesan premium, bodi belakangnya terbuat dari plastik polikarbonat, desain warna-warni yang berkilau. Meski terbuat dari plastik polikarbonat, bodi belakang dari smartphone ini juga terbebas dari sidik jari bekat adanya teknologi Lase Direc Imaging dan juga OPPO Glow.

Beratnya sendiri terbilang lebih ringan dari pendahulunya, yakni OPPO Reno 7 4G yang memiliki bobot 175 gram. Namun, saat ini OPPO Reno 7 5G memiliki bobot 173 gram yang lebih ringan, meskipun tidak berbeda jauh.

Terdapat juga 2 (dua) opsi warna yang bisa dipilih oleh konsumen, jika ingin memiliki smartphone dengan desain matte, pengguna bisa memilih warna Startrails Blue. Akan tetapi, jika ingin memilih desain yang lebih elegan, pilih saja warna Starry Black.

2. Layar AMOLED

Apabila Anda juga mencari sebuah smartphone yang sangat enak untuk nonton drama atau nonton film lainnya, maka OPPO Reno 7 5G bukan pilihan yang buruk. Bagaimana tidak, OPPO Reno 7 5G menghadirkan layar dengan kualitas cerah, terang dan tajam berkat panel Rigid LTPS AMOLED yang diusung oleh smartphone ini.

Membentang dengan ukuran 6,43 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Ia juga sudah mengusung aspek rasio 20:9 dengan kerapatan piksel sebesar 409 ppi, layar ini juga sudah memiliki refresh rate 90 Hz untuk meningkatkan pengalaman pada saat scrolling TikTok dan juga media sosial lainnya.

Dikutip dari laman resmi OPPO Indonesia, smartphone yang satu ini menghadirkan tingkat kecerahan 430 nit, dan mampu menampilkan kecerahan 800 nit ketika melihat konten HDR. Kemudian, kecerahan puncak yang mampu dihasilkan ketika sedang berada di bawah terik matahari adalah 600 nit saja.

3. Dapur Pacu

Penulis juga sudah menyinggung sebelumnya bahwa OPPO Reno 7 5G sudah mengalami peningkatan dibandingkan versi 4G. Dimana, ponsel ini menggunakan SoC kelas atas yaitu Dimensity 900 5G dari MediaTek. Sekedar informasi, SoC ini memang dirancang bukan hanya untuk fotografi, melainkan juga untuk bermain game dengan perfoma yang lebih baik.

SoC Dimensity 900 5G sendiri dibangun atas proses fabrikasi 6 nanometer yang membuatnya lebih hemat daya baterai. Sebab, juga sudah menggunakan panel AMOLED. Untuk konfigurasi prosesornya, mengusung 8 (delapan) inti yang mencakup ARM Cortex A78 (2.4 GHz) serta 6 (enam) inti hemat daya ARM Cortex A55 (2.0 GHz).

Untuk menunjang kemampuan grafis dari game yang nantinya akan dimainkan oleh pengguna, OPPO Reno 7 5G juga sudah tersedia ARM Mali G68 MC4 dengan frekuensi 900 MHz. Dengan begitu, Anda bisa bermain game seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, COD Mobile hingga game lainnya.

4. Kamera Utama 64 MP

OPPO Reno 7 5G memang dikhususkan untuk fotografi, maka tak diherankan lagi mengapa ia dikemas dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri atas kamera utama berkemampuan 64 MP bukaan f/1.7, 8 MP bukaan f/2.2 untuk lensa ultrawide, dan juga 2 MP bukaan f/2.4 untuk lensa makro untuk mengambil objek dengan jarak dekat.

Menariknya lagi adalah OPPO Reno 7 5G ini sudah mendukung perekaman video hingga resolusi 4K pada frame rate 30 fps. Dimana, versi Reno 7 4G hanya bisa merekam video hingga Full HD saja. Sementara itu, untuk kamera selfie masih sama seperti versi 4G yaitu sama-sama menggunakan resolusi 32 MP.

5. Baterai Awet

Baterai yang dihadirkan oleh ponsel ini adalah berkapasitas 4.500 mAh pada tipe Lithium Polymer. Kemudian, baterai tersebut juga dibekali dengan teknologi pengisian cepat 65W Super VOOC. Dengan begitu, Anda hanya membutuhkan waktu setidaknya 31 menit saja ketika melakukan pengisian daya dari 0% hingga 100%.

Sekedar informasi, OPPO Reno 7 5G sudah mengusung tipe port pengisian USB Type-C 2.0 yang sudah mendukung antarmuka USB OTG (On-The-Go). Dengan demikian, smartphone ini bisa mendeteksi keberadaan storage seperti SSD, HDD dan juga Flashdisk.

6. Konektivitas Lengkap

Pada OPPO Reno 7 4G memang sempat menghilangkan 3,5 mm jack audio. Akan tetapi, pada OPPO Reno 7 5G kini Anda sudah bisa menikmatinya kembali. Selain itu saja, slot microSD juga turut hadir pada ponsel ini untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan banyak file tanpa harus takut memori internal penuh.

Sesuai dengan namanya, OPPO Reno 7 5G juga sudah dikemas dengan jaringan 5G yang mendukung pita n1, n3 dan juga n40. Terakhir, ia juga sudah dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communications) yang dimana sudah banyak yang mengetahui fungsi dari fitur tersebut.

7. Memori Sangat Lega

Tak hanya dibekali dengan slot microSD, OPPO Reno 7 5G juga memang sudah memiliki penyimpanan internal sebesar 256 GB dan juga RAM 8 GB seperti Reno 7 4G. Akan tetapi, smartphone sebelumnya tidak menghadirkan slot microSD. Oh iya, ia juga sama-sama dibekali fitur RAM Expansion yang bisa menambahkan RAM hingga 5 GB saja.

Kekurangan OPPO Reno 7 5G

Kekurangan OPPO Reno 7 5G

Masing-masing smartphone memang tidak ada yang sempurna, pasti ada saja kekurangan yang terdapat pada sebuah smartphone tersebut. Begitu juga halnya dengan OPPO Reno 7 5G yang memiliki kekurangan, tetapi kekurangan tersebut tentu masih bisa dimaklumi. Berikut adalah ulasannya.

1. Stereo Speaker Absen

OPPO Reno 7 5G memang terbilang sangat bisa diandalkan untuk fotografi bahkan juga sudah menghadirkan 3,5 mm jack audio port. Hanya saja, OPPO Reno 7 5G masih belum menggunakan Stereo speaker yang mampu menghasilkan suara yang lebih jernih dibandingkan speaker Mono. 

Tak hanya pada varian 5G, Reno 7 4G juga memiliki spaker Mono. Hal ini memang sangat disayangkan, khususnya bagi mereka yang senang mendengarkan musik dengan suara yang lebih jernih dan keras.

Spesifikasi OPPO Reno 7 5G

Spesifikasi OPPO Reno 7 5G

  • Warna : Starry Black, Startrails Blue.
  • Dimensi : 160.6 x 73.2 x 7.8 mm.
  • Berat : 173 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.43 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 900 5G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 11, Colos OS 12.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 65W Super VOOC.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga OPPO Reno 7 5G

Harga OPPO Reno 7 5G

Berbicara soal harga, OPPO Reno 7 5G dibanderol dengan harga Rp7.499.000 rupiah untuk RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Harga tersebut sudah mencakup beberapa fitur menarik seperti NFC (Near Field Communications), Air Gesture, dan lain sebagainya. Apabila ingin membelinya, langsung saja klik tombol di bawah ini.