0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50 5G - Spesifikasi & Harga

Secara resmi Realme Indonesia kembali memperkenalkan smartphone terbaru mereka pada 24 Mei 2022 lalu di pasar Indonesia, dimana perangkat tersebut diberi nama Realme Narzo 50 5G untuk melengkapi jajaran series Narzo 50. Sebelumnya juga telah hadir Realme Narzo 50, Realme Narzo 50A Prime, hingga Realme Narzo 50i.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Realme Narzo 50G dihadirkan untuk bersaing di segmen kelas menengah yang hadir dengan slogan “Mighty 5G, Game On.” Dimana maksud dari slogan tersebut adalah mengandalkan konektivitas 5G dengan kecepatan dan perfoma gaming yang cukup tinggi.

Smartphone yang satu ini hadir dengan 2 (dua) varian warna yaitu Hyper Black dan juga Hyper Blue dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Adapun beberapa kelebihan dan kekuragan Realme Narzo 50 5G yang ditawarkan, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan Realme Narzo 50 5G

Kelebihan Realme Narzo 50 5G

Apabila Anda memiliki anggaran Rp3 jutaan saja, mungkin smartphone Realme Narzo 50 5G ini bisa menjadi pilihan yang pas lantaran memiliki banyak kelebihan di harganya yang ekonomis. Apa saja demikian? Berikut adalah beberapa kelebihan dari Realme Narzo 50 5G.

1. Chipset Tangguh

Realme Narzo 50 5G menggunakan chipset yang sangat tangguh, yakni MediaTek Dimensity 810 yang mana sangat bisa diandalkan untuk digunakan bermain game dan menjalankan berbagai kebutuhan. Ia diarsitekturi oleh CPU 2 x Arm Cortex-A76 dengan clock speed hingga 2,4 GHz dan 6 x Arm Cortex-A55 up to 2 GHz yang dibangung dengan fabrikasi 6 nm yang irit daya serta menggunakan GPU Mali-G57 MC2.

MediaTek Dimensity 810 sendiri juga bisa menghasilkan skor AnTuTu 9 yang terbilang sangat tinggi yakni 390.000 ribuan. Sementara itu, untuk PCMark dan juga 3D Mark Wild Wife mampu mendapatkan nilai 10.368 poin dan 1.333 poin yang tidak terlalu memuaskan namun tidak juga mengecewakan.

Chipset tangguh yang dipasangkan pada Realme Narzo 50 5G yaitu Dimensity 810 ini juga mampu menjalankan game berat seperti PUBG Mobile, Genshin Impact dengan fps yang begitu stabil dan tidak mudah ngeframe. Sedangkan, untuk bermain game seperti Free Fire dan Mobile Legends tentu saja perangkat ini sangat bisa dilibas dengan mudah.

2. Support Konektivitas 5G

Menariknya lagi adalah Realme Narzo 50 5G sudah mendukung konektivitas 5G dengan kecepatan jaringan 700% lebih kencang dari jaringan 4G. Kedua kartu SIM dari perangkat ini juga sudah support konektivitas 5G dan mode jaringan ganda SA/NSA, yang mencakup hampir seluruh frekuensi yang digunakan oleh standar global.

Dengan jaringan yang cukup kencang, tentu pengguna akan bisa bermain game serta menonton streamng dengan jaringan yang sangat lancar.

3. Layar Besar dengan Refresh Rate 90Hz

Tampilan dari Realme Narzo 50 5G adalah 6,6 inci yang juga dilengkapi dengan refresh rate 90Hz yang cukup mengesankan. Dengan demikian, aktivitas scrolling TikTok, Instagram dan lain sebagainya akan lebih mulus, begitu juga dengan bermain game akan terasa lebih smooth dan tidak patah-patah.

Smartphone ini juga membawa touch sampling rate 180Hz yang mampu membaca sentuhan dalam 1 (satu) detik saja. Sementara itu, layar yang digunakan oleh Realme Narzo 50 5G ini jenis panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+ (2408 x 1080 piksel) dengan tampilan warna hingga 16,7 juta, serta juga memiliki tingkat kecerahan sampai 600 nits yang sangat bisa diandalkan jika smartphone ini digunakan diluar ruangan.

4. Dynamic RAM Expansion

Dynamic RAM Expansion adalah salah satu fitur yang memungkinkan pengguna dalam memperluas RAM yang diambil dari penyimpanan internal dan dijadikan RAM Virtual. Dengan hadirnya fitur ini tentu akan meningkatkan perfoma pada saat bermain game atau melakukan multitasking sehingga berjalan dengan lancar.

Oh iya, Realme Narzo 50 5G sendiri juga mendukung fitur Dynamic RAM Expansion sampai 5 GB, sehingga total keseluruhan RAM yang akan dimiliki nantinya adalah 11 GB. Sebab, Realme Narzo 50 5G hadir di Indonesia dengan varian RAM 6 GB + 5 GB (RAM Expansion) dan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

5. Baterai Besar + Fast Charging 33W

Realme Narzo 50 5G sendiri ditanamkan baterai berkapasitas besar yaitu 5000 mAh yang memberikan daya tahan baterai yang sangat baik. Dengan begitu, Anda akan bisa menonton video, mendengarkan musik, bermain game dan lain sebagainya dalam jangka waktu yang sangat lama.

Tak sampai disitu saja, Realme Narzo 50 5G juga sudah dibekali dengan fitur fast charging 33W yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat dibandingkan 18W.

6. Kamera Cukup Memukau

Perangkat yang satu ini mengemas kamera ganda yang menampilkan kamera utama berkemampuan 48 MP dengan bukaan f/1.79 dan kamera 2 MP. Sementara itu, pada bagian kamera depan dari Realme Narzo 50 5G memiliki kamera selfie beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Adapun berbagai macam fitur atau mode di kamera dari Realme Narzo 50 5G. Beberapa diantaranya adalah Super Nighscape, Photo, Video, Professional, Panoramic, Portrait, Time-lepse, Slow motion, Hypertext, Mode 48 MP, dan juga Street Photography. Terlebih lagi, perangkat ini bisa merekam video pada resolusi 1080p dengan frame rate 30 fps.

7. Adanya Fitur NFC

Fitur NFC atau Near Field Communications adalah salah satu fitur yang sangat wajib untuk dimiliki pada perangkat keluaran terbaru, termasuk Realme Narzo 50 5G ini. Dimana fitur ini akan membantu pengguna dalam melakukan cek saldo eMoney, melakukan transaksi, melakukan transfer data dengan lebih cepat dan mudah dan lain sebagainya.

8. Menggunakan Speaker Stereo

Kelebihan dari Realme Narzo 50 5G selanjutnya adalah sudah menggunakan speaker Stereo. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwasannya speaker Stereo mampu menghasilkan suara yang lebih jelas, jernih dan indah apabila dibandingkan dengan speaker Mono. Terlebih lagi jika musik atau audio yang diperdengarkan tersebut memang dioptimalkan untuk Stereo.

Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Selain delapan poin kelebihan di atas, Anda juga harus mengetahui beberapa kekurangan Realme Narzo 50 5G yang akan penulis sertakan juga di bawah ini.

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Sangat disayangkan Realme Narzo 50 5G tidak menghadirkan lensa ultrawide, sehingga pengguna tidak dapat memotret objek dengan sudut pandang yang luas. Tak hanya itu, lensa makro yang diperuntukkan membidik objek yang sangat kecil dalam jarak dekat juga akan tidak bisa dilakukan.

2. Belum AMOLED

Kekurangan dari Realme Narzo 50 5G terakhir adalah belum menggunakan panel layar AMOLED dan masih menggunakan IPS LCD. Dimana, teknologi AMOLED ini mampu menghemat daya baterai, warna yang lebih baik serta lebih kontras dibandingkan panel layar lainnya. 

Padahal kompetitor dari Realme Narzo 50 5G di harganya yang sama ini sudah menggunakan panel layar AMOLED. Bahkan, Realme juga tidak melapisi pelindung layar pada perangkat ini. Sehingga, pengguna harus berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak mudah terkena goresan yang tidak disengaja.

Spesifikasi Realme Narzo 50 5G

Spesifikasi Realme Narzo 50 5G

  • Warna : Hyper Black, Hyper Blue.
  • Dimensi : 163.8 x 75.1 x 8.1 mm.
  • Berat : 190 gram
  • Layar : IPS LCD, Full HD+, 6.6 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 810 5G (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 48 MP + 8 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Realme Narzo 50 5G

Harga Realme Narzo 50 5G

Dilansir dari laman resmi Realme Indonesia bahwasannya Realme Narzo 50 5G dengan varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.299.000 rupiah. Dengan harga tersebut juga sudah mencakup charger 33W di dalam kotak pembelian, namun sayang Anda tidak akan mendapatkan pelindung layar Corning Gorilla Glass dan harus membelinya secara terpisah. Berikut adalah tombol pembelian smartphone Realme Narzo 50 5G.