0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G - Spesifikasi & Harga

Redmi Note 11 Pro 5G merupakan salah satu smartphone terbaru dari Xiaomi yang dirilis pada Maret 2022 yang dirilis berbarengan dengan Redmi Note 11, Redmi Note 11s, dan juga Redmi Note 11 Pro. Berkaca pada produk Redmi Note Series tentu saja ada beberapa sektor yang diunggulkan seperti perfoma ngebut, fotografi unggul, baterai berkapasitas besar, desain dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G

Benar saja, Redmi Note series memang selalu hadir sebagai all-rounder yang bisa memuaskan para konsumennya. Lantas, apakah Redmi Note 11 Pro 5G memiliki beberapa keunggulan tersebut? Untuk itu, langsung saja simak ulasannya di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G.

Kelebihan Redmi Note 11 Pro 5G

Kelebihan Redmi Note 11 Pro 5G

Apabila Anda sedang mencari sebuah smartphone di kelas menengah dengan spesifikasi mumpuni, Redmi Note 11 Pro 5G patut untuk dipertimbangkan. Berikut adalah kelebihan dari Redmi Note 11 Pro 5G.

1. Desain

Semua Redmi Note seri tampil dengan desain yang sama, dengan beberapa perbedaan yang terletak pada dimensi bodinya. Bodi dari Redmi Note 11 Pro 5G ini terbuat dari kaca pada bagian depan dan belakangnya, serta ia juga memiliki finishing matte yang halus dan cukup enak pada saat disentuh.

Untuk keamanan layar, pihak perusahaan sudah membekalinya dengan Corning Gorilla Glass 5 yang bisa menjaga layar dari kerusakan akibat tergores, serta terjatuh dari ketinggian kurang lebih 1 meter. Oh iya, Redmi Note 11 Pro 5G dan Redmi Note 11 series lainnya masih berbentuk flat alias datar.

Terlebih bodi dari si ponsel sudah mengantongi IP53 yang melindungi ponsel terhadap percikan air. Redmi Note 11 Pro 5G memiliki dimensi 164.2 x 76.1 x 8.1 mm dengan berat 202 gram. Beberapa opsi warna juga bisa disesuaikan oleh konsumen, antara lain adalah Graphite Gray, Polar White, dan juga Atlantic Blue.

2. Perfoma Mumpuni

Redmi Note 11 Pro 5G hadir dengan SoC (System on Chip) dari Qualcom yaitu Snapdragon 695 5G yang dibangun pada proses fabrikasi 6 nm yang membuat efisiensi dayanya menjadi lebih tinggi. SoC (System on Chip) ini juga menghadirkan 8 (delapan) inti CPU yang mencakup 2 (dua) unit berkinerja tinggi Kryo 660 Gold berbasis Cortex A78 (2.2 GHz). 

Sedangkan, klaster keduanya adalah 6 (enam) inti hemat daya Kryo 660 Silver berbasis Cortex A55 (1.7 GHz). Selain CPU, Snapdragon 695 5G juga dilengkapi oleh GPU Adreno 619. Dengan menggunakan Snapdragon 695 5G tentu saja Anda bisa bermain game PUBG Mobile dan Genshin Impact pada settingan low pada 60 fps, namun juga ada beberapa drop fps di beberapa adegan.

SoC (System on Chip) ini juga disandingkan dengan konfigurasi RAM 8 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB, dimana Anda juga bisa memperluas penyimpanan tersebut hingga 1 TB dikarenakan sudah disediakan slot microSD.

Agar ponsel ini tidak mudah panas saat bermain game, Redmi Note 11 Pro 5G untungnya sudah dilengkapi dengan LiquidColl. Sehingga, suhu prosesor dari Snapdragon 695 5G akan tetap terjaga dan tidak terlalu panas.

3. Layar AMOLED

Sama halnya seperti saudara kandungnya, Redmi Note 11 Pro 5G juga dilengkapi dengan layar panel AMOLED yang memiliki tingkat kecerahan tinggi. Bagaimana tidak, ia bisa meraih high brightness mode sebesar 700 nit (tipikal) dan menampilkan tingkat kecerahan puncah sampai dengan 1200 nit yang sangat bisa diandalkan jika digunakan di luar ruangan.

Layar dari Redmi Note 11 Pro 5G berada di ukuran 6,67 inci pada resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel, berada pada aspek rasio 20:9 serta mempunyai tingkat kerapatan piksel 395 ppi. Adapun refresh rate yang dihadirkan cukup tinggi yaitu 120 Hz, sehingga scrolling akan sangat mulus ketika Anda melakukan browsing internet, scrolling media sosial, bermain game dan sejenisnya.

Akan tetapi, apabila Anda hanya menonton konten video saja. Refresh rate dari Redmi Note 11 Pro 5G akan tetap berada di angka 60 Hz.

4. Baterai Besar

Redmi Note 11 Pro 5G sudah ditanam dengan baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga seharian penuh pada kondisi normal. Mengingat SoC (System on Chip) ini dibangun pada proses fabrikasi 6 nm dan menggunakan layar AMOLED, tentu saja ponsel ini akan bisa meraih durasi penggunaan yang lebih panjang dari rivalnya.

Bukan hanya itu saja, Redmi Note 11 Pro 5G juga sudah dibekali dengan fitur pengisian cepat alias fast charging 67W yang sangat ngebut di kelasnya. Bagaimana tidak, jika Anda ingin melakukan pengisian daya dari 0% sampai dengan 100%, Anda hanya membutuhkan waktu 45 menit saja.

5. Speaker Stereo

Suka menonton film dan mendengarkan lagu tanpa menggunakan earphone atau headset? Jika iya, untungnya Redmi Note 11 Pro 5G sudah bisa menghasilkan kualitas suara yang sangat imbang dan nendang berkat dual stereo speaker miliknya,

Kedua speaker stereo ini mampu menghasilkan suara pada frekuensi 24-bit/192kHz audio yang sudah cukup baik di kelasnya, dimana kedua speaker ini sudah diletakkan di bawah bodi.

Menariknya lagi adalah pengguna bisa merasakan peningkatan suara speaker dari beragam aplikasi media berkat hadirnya teknologi Dolby Atmos.

6. Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communications) adalah sebuah fitur yang bisa membantu pengguna dalam melakukan cek saldo eMoney, melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, mengisi saldo eToll dan masih banyak lagi. Apabila Anda sedang mencari sebuah smartphone di kelas menengah yang sudah menggunakan fitur NFC, mungkin Redmi Note 11 Pro 5G menjadi jawaban yang sangat tepat.

7. Kamera 108 MP

Selanjutnya Redmi Note 11 Pro 5G masih menggunakan konfigurasi 3 (tiga) kamera alias Triple Camera yang terdiri atas kamera utama berkemampuan 108 MP (f/1.9) dan juga Dual Pixel PDAF. Selanjutnya juga ada lensa ultrawide beresolusi 8 MP (f/2.2) untuk mengambil objek dengan sudut pandang 118 derajat.

Kemudian terdapat juga lensa makro untuk mengambil objek dengan jarak yang sangat dekat dengan resolusi 2 MP. Sementara itu, untuk kebutuhan selfie si ponsel masih mengandalkan kamera selfie berkemampuan 16 MP dengan bukaan aperture f/2.4.

Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G

Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G

Setelah mengetahui kelebihan dari Redmi Note 11 Pro 5G melalui ulasan di atas, Anda juga sangat wajib untuk mengetahui kekurangan dari Redmi Note 11 Pro 5G di bawah ini.

1. Perekaman Video

Sama halnya seperti saudara kandungnya yaitu Redmi Note 11 Pro reguler, dimana Redmi Note 11 Pro 5G ini juga sama-sama belum mendukung perekaman video 4K. Dimana, si ponsel hanya masih sanggup merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps saja, tentunya hal ini cukup mengecewakan konsumen dikarenakan sudah kebanyakan ponsel di segmen mid-range sudah mendukung perekam video hingga 4K.

Tak hanya itu saja, fitur gyro-EIS juga turut absen di dalam Redmi Note 11 Pro 5G ini. Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwasannya fitur ini akan membantu Anda dalam merekam video dengan kualias baik tanpa adanya efek shaky atau guncangan.

2. Dual SIM Slot Hybrid

Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G selanjutnya adalah masih menggunakan Dual SIM Slot Hybrid. Dimana, dengan slot Hybrid ini pengguna harus mengorbankan salah satu kartu SIM jika ingin menggunakan microSD atau mengorbankan microSD untuk menggunakan Dual SIM.

Tentu saja bagi mereka yang memang menggunakan dual SIM dan juga menggunakan microSD bersamaan akan merasa kecewa terhadap Redmi Note 11 Pro 5G.

Spesifikasi Redmi Note 11 Pro 5G

Spesifikasi Redmi Note 11 Pro 5G

  • Warna : Graphite Gray, Polar White, Atlantic Blue.
  • Dimensi : 164.2 x 76.1 x 8.1 mm.
  • Berat : 202 gram
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 696 5G (6 nm).
  • GPU : Adreno 619.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 11, MIUI 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 67W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Redmi Note 11 Pro 5G

Harga Redmi Note 11 Pro 5G

Setelah melakukan pengecekan melalui laman resmi Xiaomi Indonesia bahwasannya harga dari Redmi Note 11 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp4.299.000 rupiah dengan konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Tak hanya itu, terdapat juga 3 (tiga) opsi warna yang bisa dibawa pulang seperti Atlantic Blue, Polar White serta Graphite Gray.