0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G - Spesifikasi & Harga

Samsung Galaxy M23 5G resmi diluncurkan pada April 2022 yang menjadi penerus dari Galaxy M22. Tidak hanya hadir dengan konektivitas 5G saja, rupanya ponsel ini juga ternyata membawakan chipset mumpuni di kelasnya untuk bermain game dan lain sebagainya dengan lancar tanpa adanya lag.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Kemudian ponsel ini juga sudah ditanamkan baterai berkapasitas besar, tetapi Samsung masih saja tidak membekali casan di dalam kotak penjualannya seperti halnya Samsung Galaxy A73 5G yang sebelumnya sudah penulis bahas.

Berikut ini penulis akan membagikan sebuah informasi terkait kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M23 5G beserta spesifikasi dan harganya secara lebih rinci. Dengan membaca artikel ini, Anda akan bisa mempertimbangkan lebih lanjut apakah masih layak untuk dibeli atau tidak.

Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G

Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G

1. Desain

Bagian depan dari Samsung Galaxy M23 5G memang tidak berubah dari pendahulunya, yakni Galaxy M22. Pasalnya, kamera depan masih menggunakan gaya tetesan air yang biasanya disebut dengan Infinity-V. Akan tetapi, desain bagian belakang tampak berbeda.

Dimana desain bodi belakang tampak polos dengan finishing matte. Selanjutnya, modul kamera belakang berbentuk elips yang terdapat 3 (tiga) lensa kamera berbaris dan ditemani oleh lampu flash kecil.

Tersedia juga 3 (tiga) opsi warna yang bisa dipilih oleh pengguna seperti Deep Green, Light Blue, dan Orange Copper. Kemudian si ponsel memiliki dimensi 165.5 x 77 x 8.4 mm dengan berat 198 gram.

2. Layar PLS TFT

Selanjutnya ponsel ini dibekali dengan layar berukuran 6,6 inci beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2408 piksel. Untuk panel layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy M23 5G sendiri adalah PLS TFT yang setara dengan IPS LCD. Dimana, layar dari si ponsel mempunyai kerapatan piksel 400 ppi yang juga mendukung refresh rate tinggi 120 Hz.

Uniknya layar dari Samsung Galaxy M23 5G memiliki gamut warna 97,2% DCI-P3. Artinya, ragam warna yang ditampilkan tergolong sangat luas, bahkan hampir menyamai panel layar AMOLED.

Agar layarnya tidak mudah tergores maupun baret pada saat terjatuh yang tidak disengaja, layar dari ponsel ini sudah dilengkapi pelindung layar dari Corning Gorilla Glass 5.

3. Perfoma Ngebut

Samsung Galaxy M23 5G dibekali dengan chipset Snapdragon 750G dari Qualcom. Sekedar informasi, chipset ini memiliki 8 (delapan) core CPU. 2 (dua) core di antaranya adalah core perfoma Kryo 750 Gold (2.2 GHz). Kemudian, 6 (enam) core lainnya merupakan core efisiensi Kryo 570 Silver (1.8 GHz).

Bukan hanya 8 (delapan) core CPU tersebut, terdapat pula beberapa komponen pada chipset bikinan Qualcom ini yang dibangun melalui proses fabrikasi 8 nm. Beberapa komponen tersebut diantaranya adalah GPU Adreno 619, DSP Hexagon 694, ISP Spectra 355L, dan modem internal 5G.

4. Baterai Besar

Ponsel yang satu ini juga telah ditanamkan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Daya tahan dari baterai besar yang ditanamkan oleh Samsung ini hanya mampu bertahan 24 jam 20 menit saja, dapat disimpulkan ketahanan baterai ini sangat baik di kelasnya.

Tidak hanya memiliki ketahanan yang baik di kelasnya, baterai dari ponsel ini juga telah didukung oleh fitur fast charging 25W. Jika melakukan pengisian daya baterai dari 0% hingga 100% setidaknya membutuhkan waktu 1 jam lebih sedikit. Namun, untuk pengisian daya baterai dari 8% sampai 50% hanya membutuhkan waktu 30 menit kurang lebih.

5. Kamera

Terdapat 3 (tiga) kamera alias Triple Camera yang berada di bagian belakang bodi ponsel. Rinciannya adalah 50 MP dengan bukaan f/1.8 untuk kamera utama, kamera ultrawide beresolusi 8 MP pada bukaan f/2.2, dan kamera makro 2 MP bukaan f/2.4. Beralih ke kamera selfie, setidaknya terdapat 8 MP fixed focus dengan aperture f/2.2 yang bisa merekam hingga resolui 1080p pada 30 fps.

Selanjutnya, kamera utama dari Samsung Galaxy M23 5G bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps. Akan tetapi, opsi 1080p pada 60 fps masih belum tersedia untuk kamera utama dan juga kamera selfie-nya.

6. Memori

Berkat chipset Snapdragon 750G, tentu saja ponsel ini didukung dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Oh iya, jika RAM tersebut masih dirasa kurang maka Anda masih bisa menambahkannya. Sebab, ponsel ini sudah dibekali dengan fitur RAM Plus alias RAM Expansion seperti ponsel keluaran terbaru lainnya.

Bukan hanya bisa menambahkan RAM saja, pengguna juga masih bisa menambahkan memori hingga 1 TB berkat ponsel ini sudah menyediakan slot microSD.

7. Sensor Cukup Lengkap

Sebelum membeli smartphone terbaru, tentu saja sebagian besar orang selalu mencari tahu mengenai kelengkapan dari sensor dari ponsel yang ingin dibeli. Jika Anda adalah salah satu orang yang seperti itu, mungkin Samsung Galaxy M23 5G sangat layak untuk dibeli.

Sebabnya ponsel ini sudah memiliki sensor yang cukup lengkap seperti akselerometer, prokismitas, cahaya, fingerprint, kompas dan juga giroskop. Perlu diketahui bahwa sensor giroskop tersebut sangat penting untuk bermain game PUBG Mobile untuk mengarahkan aim dengan cara menggoyangkan ponsel saja.

Tidak hanya sensor yang lengkap, konektivitas dari Samsung Galaxy M23 5G juga lengkap. Contohnya saja, ia sudah mendukung konektivitas 5G, Bluetooth 5.0, WiFi 5, fitur NFC (Near Field Communications), dan jack audio 3,5mm.

Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

1. Tanpa Charger

Ngomong-ngomong soal kotak penjualan dari Samsung Galaxy M23 5G memang sudah cukup lengkap seperti pengguna sudah mendapatkan ejektor kartu SIM, kabel USB C ke C, dan juga kartu perdana XL. Akan tetapi, ponsel ini tidak dibekali dengan kepala charger.

Dengan begitu, konsumen harus menyediakan budget lebih untuk membeli kepada charger original dari Samsung Galaxy M23 5G ini. Kurang lebih anggaran yang wajib untuk disediakan adalah Rp300.000 ribuan kurang lebih.

2. Stereo Speaker Absen

Apabila Anda adalah seorang yang sangat suka mendengarkan musik tanpa menggunakan earphone atau menonton film mungkin ponsel ini kurang bagus untuk kualitas audionya. Pasalnya, Samsung Galaxy M23 5G hanya dibekali dengan mono speaker dan ia tidak menggunakan stereo speaker.

Untungnya, ponsel ini sudah menyediakan 3,5mm jack audio port untuk mendengar kualitas audio yang baik dikarenakan teknologi Dolby Atmos hanya bisa diumanfaatkan jika Anda menggunakan earphone.

Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G

  • Warna : Deep Green, Light Blue, Orange Copper.
  • Dimensi : 165.5 x 77 x 8.4 mm.
  • Berat : 198 gram
  • Layar : TFT LCD, 1080 x 2408 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Snapdragon 750G 5G (8 nm).
  • GPU : Adreno 619.
  • RAM : 6 GB + 6 GB Fitur RAM Plus.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Samsung Galaxy M23 5G

Harga Samsung Galaxy M23 5G

Berapa sih harga dari ponsel dari Samsung Galaxy M23 5G? Dikutip dari laman resmi Samsung Indonesia bahwasannya ponsel ini dibanderol dengan harga Rp3.699.000 rupiah dengan konfigurasi RAM 6 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB. Namun sayang, dengan harga tersebut pengguna tidak mendapatkan kepala charger dan harus menyiapkan budget lebih.