Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra - Spesifikasi & Harga

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra beserta spesifikasi dan harganya. Apakah harganya kemahalan? Ini dia jawabannya!

Samsung kembali mengeluarkan produk flagship terbaru mereka pada Februari 2022, yakni Samsung Galaxy S22 series. Series tersebut mencakup Samsung Galaxy S22, Samsung Galaxy S22+, dan juga Samsung Galaxy S22 Ultra yang akan penulis bahas pada artikel kali ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Galaxy S22 Ultra sendiri juga masih seperti generasi S22 series lainnya, dimana Anda bisa mengekspektasikan hal-hal baik di series kali ini seperti desain premium, kamera memukau, dapur pacu ngebut dan lain sebagainya.

Varian tertinggi dari S22 series ini adalah Galaxy S22 Ultra yang hadir dengan fitur ekslusif yang tidak tersedia pada varian Galaxy S22 reguler dan Galaxy S22+. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

1. Desain Premium

Samsung Galaxy S22 Ultra menggunakan desain kotak yang memberikan kesan tegas, akan tetapi masih terlihat trendi dikarenakan menggunakan material armor aluminium frame. Sementara itu, penutup belakangnya masih menggunakan material kaca yang terlihat premium. Terdapat 4 (empat) warna yang dapat Anda pilih seperti Phantom Black, Phantom White, Burgundy, dan Green.

Bodi dari Samsung Galaxy S22 Ultra juga diklaim tahan banting dikarenakan material armor aluminium frame dapat menjaga goresan maupun benturan. Bukan hanya itu saja, kaca penutup belakang si ponsel sudah menggunakan Gorilla Glass Victus+.

Terlebih ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang tahan dengan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tidak hanya tahan air, ponsel ini juga tahan terhadap debu. Selanjutnya, ponsel ini memiliki dimensi 163.3 x 77.9 x 8.9 mm dengan bobot 228 gram hingga 229 gram.

2. Layar Dynamic AMOLED 2X

Panel layar yang dikemas si ponsel adalah Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan resolusi WQHD+ alias 1440 x 3088 piksel. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate yang 2 (dua) kali lipat lebih tinggi dari yaitu 120 Hz. Sementara itu, untuk memberikan responsivitas tinggi ketika bermain game hingga scrolling media sosial, layar ini mendukung touch sampling rate 240 Hz.

Untuk digunakan diluar ruangan maka si ponsel masih sangat bisa diandalkan. Bagaimana tidak, Samsung mengklaim bahwa Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki layar dengan peak brightness sebesar 1.750 nit yang merupakan salah satu tingkatan paling terang di smartphone untuk saat ini.

Layar Samsung Galaxy S22 Ultra juga bisa mencapai tingkat kecerahan maksimal sebesar 1.359 nit dengan gamut warna sRGB 137,5%, DCI-P3 sebesar 97,4%, dan juga memiliki akurasi warna Delta-E 0,25.

3. Dapur Pacu Ngebut

Samsung Galaxy S22 Ultra dan S22 series lainnya juga sama-sama dibekali dengan SoC (Sistem On Chip) yang sama yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcom. Dimana SoC (System on Chip) ini hadir dengan sejumlah peningkatan seperti set instruksi ARMv9-A dan dibangun atas proses fabrikasi 4 nm.

Kemudian dapur pacu ini dikemas dengan konfigurasi 8 (delapan) inti yang terdiri dari 1 (satu) inti prima Cortex X2 (3 GHz), 3 (tiga) inti bertenaga Cortex A710 (2.5 GHz), dan 4 (empat) inti hemat daya Cortex A510 (1.8 GHz). SoC (System on Chip) ini juga menawarkan GPU Adreno 730 yang berjalan pada frekuensi 818 MHz.

4. Fitur S-Pen

Hal yang sangat menarik dari Samsung Galaxy S22 Ultra ini adalah mempunyai fitur S-Pen yang menjadi ciri khas Samsung Galaxy Note. Dengan hadirnya S-Pen ini membuat si ponsel sangat cocok digunakan untuk para profesional yang membutuhkan smartphone untuk mendukung produktivitas.

Samsung sendiri juga mengklaim bahwa mereka sudah meningkatkan responbilitasnya mencapai 70% sehingga dapat mengurangi latensi sampai 3X lebih cepat. Dengan begitu, fitur S-Pen ini dapat digunakan dengan mulus alias tidak patah-patah.

5. Kamera Utama 108 MP

Pada varian ultra, konsumen akan disuguhkan dengan konfigurasi kamera yang siap menyaingi iPhone 13 series. Bagaimana tidak, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki kamera utama berkemampuan 108 MP dengan bukaan f/1.8 yang juga dibekali oleh teknologi OIS (Optical Image Stabilization).

Selanjutnya lensa kedua dan ketigany adalah kamera periskop telephoto beresolusi 10 MP dan kamera telephoto beresolusi 10 MP yang bisa melakukan zoom optik hingga maksimal 10x, dengan kemampuan zoom total sebesar 100x.

Kemudian terdapat juga kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP pada bukaan f/2.2 dengan sudut keluasan (FOV) hingga 120 derajat yang bisa memuat banyak subjek foto dalam 1 (satu) frame. Sementara itu, untuk kamera selfie dari Samsung Galaxy S22 Ultra ini memiliki resolusi 40 MP dengan bukaan f/2.2.

Dari segi perekaman video juga terbilang luar biasa, dimana kamera utama bisa merekam video hingga resolusi 8K pada 24fps. Sedangkan, untuk kamera selfie hanya bisa merekam video hingga resolusi maksimal 4K pada 30 fps ataupun 60 fps.

6. Konektivitas Lengkap

Setiap ponsel flagship tentunya sudah memiliki konektivitas yang sangat lengkap. Begitu juga dengan Samsung Galaxy S22 Ultra yang dilengkapi beragam fitur konektivitas yang akan membuat si ponsel layak dibanderol dengan harga yang mahal.

Konektivitas lengkap yang dimaksud adalah telah menggunakan WiFi 802.11 a/b/n/ac/6e Dual Band bersamaan dengan Bluetooth v5.2, GPOS (A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO), NFC (Near Field Communications), dan juga Port USB Type-C.

Tidak hanya itu saja, teknologi 5G juga tentunya sudah tersedia di dalam ponsel ini. Bahkan, Samsung juga telah menyediakan 2 (dua) slot kartu SIM, namun tetap ia masih tidak menghadirkan slot microSD.

7. Baterai Besar

Sebelumnya seri Galaxy S22 reguler dibekali dengan baterai 3.700 mAh, Galaxy S22+ dibekali dengan baterai 4.500 mAh, dan kini pada Galaxy S22 Ultra sudah mengalami peningkatan kapasitas daya baterai sebesar 5.000 mAh yang terbilang cukup besar dan terbilang awet.

Selanjutnya ia pun juga dibekali fitur teknologi pengisian cepat 45W. Tidak cukup sampai disitu, terdapat juga wireless charge 15W dan reversi charge alias pengisian balik 4.5W.

8. Samsung DeX

Hal yang membuat ponsel flagship digemari oleh kebanyakan orang adalah kinerjanya yang cukup memukau, bahkan bukan tidak mungkin mengalahkan kinerja PC ataupun Laptop. Hanya saja, smartphone memiliki ukuran layar yang terbatas jika dibandingkan dengan PC ataupun Laptop.

Dengan begitu, Samsung Galaxy S22 Ultra membekali teknologi Samsung DeX dan Samsung Wireless DeX. Anda hanya perlu menghubungkan ponsel dengan monitor, mouse hingga keyboard untuk mendapatkan pengalaman layaknya seperti menggunakan laptop atau PC.

9. Memori Lega

Kebanyakan ponel flagship memang tidak menghadirkan slot microSD. Oleh karena itu, ia dibekali dengan memori yang cukup lega untuk menyimpan banyak file, dokumen, aplikasi, audio dan lain sebagainya. Begitu juga dengan Samsung Galaxy S22 Ulttra, dimana ponsel ini dibekali dengan 3 (tiga) varian yang bisa disesuaikan oleh konsumen.

Pertama ada RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB, kedua adalah RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB, dan terakhir adalah RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 512 GB.

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

1. Tidak Ada Casan

Sudah menjadi tren baru dari ponsel flagship untuk tidak menyertakan kepala casan di dalam kotak pembelian. Bukan hanya flagship saja, ponsel mid-range juga ikut serta untuk tidak menyertakan casan di dalam kotak pembelian. Awal mulanya tren ini dilakukan oleh perusahaan Apple dengan alasan mengurangi jejak karbon, yang menyarankan konsumen untuk menggunakan casan dari ponsel Apple sebelumnya.

Dengan seiring berjalannya waktu brand Samsung, Xiaomi dan lain sebagainya juga turut serta melakukan hal serupa. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli Samsung Galaxy S22 Ultra pastikan memiliki anggaran lebih untuk membeli kepala casan tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra

  • Warna : Phantom Black, Phantom White, Burgundy, Green.
  • Dimensi : 163.3 x 77.9 x 8.9 mm.
  • Berat : 228 gram / 229 gram
  • Layar : Dynamic AMOLED 2X 120 Hz, 1440 x 3088 piksel, 6.8 inci.
  • Chipset : Snapdragon 8 Gen 1 5G  (5 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 8 GB / 12 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB / 512 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, fast charging 45W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 10 MP + 10 MP + 12 MP.
  • Kamera Depan : 40 MP.

Harga Samsung Galaxy S22 Ultra

Harga Samsung Galaxy S22 Ultra

Dilansir dari laman resmi Samsung Indonesia bahwa ponsel ini dibanderol dengan harga Rp17.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Selanjutnya, varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp18.999.000, terakhir ada varian RAM 12 GB dan ROM 512 GB yang dibanderol dengan harga Rp20.999.000 rupiah.

Harga tersebut mungkin terbilang sangat mahal bagi sebagian orang, terlebih mereka harus membeli casan secara terpisah. Akan tetapi, harga tersebut sudah sesuai dengan fitur yang nantinya akan Anda nikmati. Oleh karena itu, penulis simpulkan bahwa ponsel ini memang sangat layak untuk dibeli.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain