Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 5G - Spesifikasi & Harga

Hadir dengan embel-embel "T" alias Turbo, berikut adalah kelebihan dan kekurangan vivo T1 5G beserta spesifikasi dan harganya.

Tepat pada penghujung Mei 2022 lalu, vivo memperkenalkan 2 (dua) smartphone 5G mereka di kelas mid-range, yaitu vivo T1 5G dan juga vivo T1 Pro 5G. Ponsel yang satu ini dibanderol dengan harga Rp2,9 jutaan saja yang konon katanya bersaing dengan raja smartphone murah seperti Realme dan juga Xiaomi.

Kelebihan dan Kekurangan vivo T1 5G

Vivo T1 5G hadir dengan 2 (dua) varian warna yaitu Rainbow Fantasy dan juga Starlight Black. Hadir dengan embel-embel “T” yang artinya Turbo, vivo T1 5G menggunakan chipset yang mumpuni di kelasnya untuk menunjang berbagai aktivitas, khususnya gaming.

Kelebihan vivo T1 5G

Kelebihan vivo T1 5G

Smartphone yang satu ini hadir dengan spesifikasi yang cukup berbeda dibandingkan dengan seri vivo lainnya. Untuk mengetahuinya, simak ulasan di bawah mengenai kelebihan vivo T1 5G.

1. Desain dengan Gradasi Cantik

Bagi penggemar vivo sejak lama pastinya sudah mengetahui jika vendor ponsel ini selalu menghadirkan desain yang sangat cantik, tidak terkecuali vivo T1 5G. Bodi bagian belakang disematkan bahan material plastik polikarbonat dengan lapisan permukaan Crystalline Matte, sehingga membuat ponsel ini lebih bersih dari bekas sidik jari dan tidak mudah berjamur.

Jika Anda memilih varian warna Rainbow Fantasy, maka Anda akan melihat bodi belakangnya mengusung teknologi Dynamic Color melalui teknik pelapisan kristal cair, dengan begitu ia berhasil menampilkan warna gradasi biru serta kemerahan ketika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Apabila Anda tidak suka dengan warna gradasi yang terbilang ramai atau memang sangat suka dengan warna simple namun tetap elegan. Pilih saja varian Starlight Black yang hadir dengan sentuhan matte yang tampilannya sekilas memperlihatkan butiran bintang.

2. IPS LCD Colorful

Saat ini kebanyakan smartphone di kelas mid-range hadir dengan panel layar AMOLED serta hadir juga dengan refresh rate yang tinggi. Meskipun vivo T1 5G menggunakan IPS LCD, tetapi kualitasnya masih terbilang sangat bagus dan tidak jelek-jelek amat. Hal ini disebabkan, vivo T1 5G hadir dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) pada aspek rasio 20:9 dengan bentang 6,59 inci. 

Bagian layar ponsel dari vivo T1 5G masih mengusung waterdrop notch yang terbilang cukup jadul, akan tetapi bezelnya terbilang tipis sehingga useable surface-nya terlihat lebih luas, memiliki aspek rasio layar ke bodi sekitar 90,6%.

3. Chipset Kencang

Biasanya smartphone di harga Rp2,9 jutaan mengunakan chipset yang biasa-biasa saja, namun vivo T1 5G berani tampil berbeda. Bagaimana tidak, ia hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 810 5G yang perfomanya sangat mirip dengan Snapdragon 695.

MediaTek Dimensity 810 5G hadir dengan kombinasi 2 (dua) unit perfoma Cortex A76 (2,4 GHz) serta 6 (enam) inti hemat daya Cortex A55 (2 GHz). Kemudian untuk GPU (Graphics Processing Unit) menggunakan Mali G57 MC2 dengan frekuensi 850 MHz.

Chipset yang satu ini memiliki proses fabrikasi 6 nm (nanometer) yang mengelola daya baterai jauh lebih irit dibandingkan dengan fabrikasi 12 nm dan di atasnya.

4. Penyimpanan Luas

Tak hanya chipset yang begitu unggul pada ponsel ini, vivo T1 5G juga hadir dengan varian RAM 4 GB serta RAM 6 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Bukan hanya itu saja, vivo T1 5G juga dibekali dengan fitur Extended RAM yang dapat meminjam space internal hingga 4 GB. Dengan RAM dan chipset yang unggul, vivo T1 5G ini memang sangat cocok digunakan untuk kebutuhan gaming dan sebagainya.

5. Baterai Besar 5.000 mAh

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa layar IPS LCD pastinya lebih boros baterai dibandingkan dengan panel layar AMOLED yang lebih irit. Dengan begitu, ponsel ini dibekali dengan baterai besar yaitu 5.000 mAh agar dapat memanjakan penggunannya dalam menggunakan ponsel ini seharian penuh tanpa takut kehabisan baterai yang lebih cepat.

Baterai besar tersebut juga telah dibawakan fitur fast charging 18W sehingga proses pengisian daya dari 0% sampai dengan 100% membutuhkan waktu 2 jam 8 menit. Penulis sendiri mengatakan fitur fast charging tersebut kurang baik, mengingat pesaingnya hadir dengan fast charging 33W seperti Realme 9.

6. Kamera Utama 50 MP

Vendor vivo mungkin sudah terkenal hadir dengan kamera yang sangat bisa diandalkan, begitu juga dengan ponsel yang satu ini. Spesifikasi kamera vivo T1 5G meliputi lensa wide-angle 50 MP (f/1.8) lensa pendamping 2 MP (f/2.4) serta kamera depth 2 MP (f/2.4). Sementara itu, kamera selfie dari vivo T1 5G berkemampuan 16 MP bukaan f/2.0.

Soal perekaman video, kamera belakang dari vivo T1 5G mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada frame rate 60 fps. Untuk kamera selfie, ponsel ini mampu merekam video sampai resolusi 1080p pada frame rate 30 fps.

7. Fitur NFC Multifunctions

Apabila Anda sering keluar kota dan ke jalan tol, pastikan smartphone Anda sudah didukung fitur NFC (Near Field Communications). Sebab, fitur NFC ini bisa memudahkan penggunannya. Bagaimana tidak, Anda bisa mengecek saldo eMoney dan eToll dengan hanya tempelkan kartu ke bodi vivo T1 5G ini. 

Terlebih fitur NFC dapat difungsikan untuk Multifunctions sehingga Anda dapat menyalin kredensial kartu akses pintu kantor dan apartemen modern. 

Kekurangan vivo T1 5G

Kekurangan vivo T1 5G

Selain mengetahui kelebihannya saja, Anda juga sudah sewajibnya mengetahui kekurangan dari smartphone vivo T1 5G yang akan penulis ulas di bawah ini.

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Jika Anda sangat senang dalam memotret pemandangan atau grup secara optimal, mungkin ponsel ini tidak menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, vivo T1 5G tidak memiliki lensa ultrawide. Sebagai alternatifnya, pengguna bisa memanfaatkan fitur yang ada seperti mode panorama.

2. Masih Menggunakan Mono Speaker

Vivo T1 5G hadir dengan mono sepaker yang tidak menyuguhkan Stereo speaker kepada penggunannya. Padahal, kualitas speaker Stereo sangat jernih dan berkualitas dibandingkan Mono. Mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah besar, dikarenakan harganya cukup terjangkau yang hanya Rp2,9 jutaan saja.

Ketika speaker tersebut dirasa kurang puas, maka Anda masih bisa memanfaatkan earphone atau headset lantaran vivo T1 5G memiliki port jack audio 3.5 mm.

Spesifikasi vivo T1 5G

Spesifikasi vivo T1 5G

  • Warna : Rainbow Fantasy, Starlight Black.
  • Dimensi : 164 x 75.8 x 8.25 mm.
  • Berat : 187 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2408 piksel, 6.58 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 810 5G (6 nm).
  • GPU : Mali G57 MC2.
  • RAM : 4 GB / 6 GB + Extended RAM 4 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 11, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga vivo T1 5G

Harga vivo T1 5G

Ngomong-ngomong soal harga, vivo T1 5G untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000, varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.399.000 serta varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp4.099.000 rupiah.

Di dalam kotak pembelian, Anda akan mendapatkan vivo T1 5G, dokumentasi, garansi, kabel USB Type-C, pengisi daya, SIM Ejektor, case pelindung, lapisan pelindung layar. Tertarik untuk membelinya? Klik tombol di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain