Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro - Spesifikasi & Harga

Pada ulasan kali ini penulis akan membagikan sebuah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro beserta spesifikasi dan harganya.

Tepatnya pada bulan April 2022 Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 reguler resmi diluncurkan secara bersamaan. Dimana, ponsel ini masih sama-sama mengandalkan SoC (System on Chip) dari Qualcom yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Akan tetapi, pada seri Xiaomi 12 Pro ini mengalami sedikit mengalami peningkatan di sektor baterai.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro

Selain mengalami peningkatan di sektor baterai, Xiaomi 12 Pro juga mengalami peningkatan di sektor lain seperti RAM dan juga kamera yang semuanya menggunakan resolusi 50 MP seperti lensa utama, ultrawide dan juga telephoto untuk mengambil gambar dari objek yang sangat jauh tanpa harus mengurangi kualitas gambar.

Dengan peningkatan perfoma tersebut, tentunya harga dari Xiaomi 12 Pro mengalami peningkatan harga, dimana untuk Xiaomi 12 reguler dibanderol dengan harga Rp9.9 jutaan. Akan tetapi, Xiaomi 12 Pro yang akan penulis bahas kali ini dibanderol dengan harga Rp12 jutaan.

Kelebihan Xiaomi 12 Pro

Kelebihan Xiaomi 12 Pro

1. Desain

Berbicara soal desain menurut penulis tidak ada perbedaan jika dibandingkan dengan saudara kandungnya. Dimana, ponsel ini menghadirkan modul kamera yang cukup sesuai dengan warna penutup belakangnya. Terdapat 3 (tiga) buah lensa kamera yang bertengger, untuk yang besar dan posisinya di paling atas itu adalah lensa utama. 

Sementara itu, 2 (dua) lensa sisanya berbaris dan mengisi kompartemen bawah kiri. Terdapat juga 2 (dua) LED Flash. Kini Xiaomi tidak lagi menggunakan layar dengan 4 (empat) tepi lengkung, lengkung layar pada Xiaomi 12 Pro kali ini terdapat di tepi kiri dan juga kanan saja.

Xiaomi 12 Pro juga hadir dengan beberapa warna yang bisa disesuaikan seperti Blue, Gray dan juga Purple yang memiliki material dengan penutup belakang kaca. Ketiga varian warna tersebut juga memiliki polesan matte, sehingga tidak mudah berjamur atau kotor. Selanjutnya, ada juga varian khusus dengan penutup belakang kulit sintetis, yaitu untuk opsi warna Wild Green.

Akan tetapi, penulis tidak menemukan warna Wild Green pada laman resmi Xiaomi Indonesia. Besar kemungkinan, warna Wild Green tidak diboyong ke pasar Indonesia alias hanya beberapa negara saja yang mendapatkannya.

Ponsel kali ini memiliki dimensi 163.6 x 74.6 x 8.16 mm dengan berat 205 gram untuk varian penutup belakang kaca seperti Blue, Gray dan juga Purple.

2. Layar AMOLED

Layar dengan bentang 6,7 inci dari Xiaomi 12 Pro ini sudah menggunakan panel AMOLED E5 dengan resolusi 2K alias 3200 x 1440 piksel, ia juga sudah mendukung refresh rate tinggi 120 Hz, hingga touch sampling rate 480 Hz. Selain itu, layar Xiaomi 12 Pro juga mampu memancarkan kedalaman warna 10 bit, warna yang dihasilkan pun juga cukup akurat dengan penyimpangan DeltaE hanya 0,4.

Selanjutnya, kontras warnanya juga bisa mecapai 8.000.000:1 serta juga didukung oleh teknologi HDR10+ serta Dolby Vision. Untuk kinerja di luar ruangan, ponsel ini juga masih mampu dikarenakan ia mampu mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga 1500 nit.

Dengan adanya refresh rate tinggi 120 Hz tentunya akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam melakukan scrolling media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Untuk bermain game juga nantinya akan terasa lebih mulus dibandingkan dengan refresh rate 90 Hz maupun 60 Hz.

3. Kamera

Xiaomi 12 Pro menggunakan konfigurasi Triple Camera yang terdiri atas kamera utama berkemampuan 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, hingga kamera telephoto 50 MP. Untuk lensa utama memiliki bukaan f/1.9 dan menggunakan sensor IMX707 buatan Sony, dimana kamera utama tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi dual pixel PDAF serta OIS.

Selanjutnya, kamera ultrawide dan kamera telephoto menggunakan sensor ISOCELL JN1 buatan Samsung. Untuk kamera ultrawide memiliki bukaan f/2.2 dengan sudut pandang 115 derajat, dan kamera telephoto adalah f/1.9 yang mampu melakukan pembesaran optik hingga 2x dan menggunakan lensa 48 mm.

Beralih ke kamera selfie, Xiaomi 12 Pro memiliki kamera selfie berkemampuan 32 MP dengan lensa 26 mm. Untuk perekaman video, kamera belakang masih sanggup merekam video hingga resolusi 8K 24 fps, dan juga 4K pada 30 fps ataupun 60 fps. Namun, untuk kamera selfie hanya bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps maupun 60 fps.

4. Dapur Pacu

Xiaomi 12 Pro sendiri hadir dengan SoC (System on Chip) yang cukup ngebut di kelasnya, dimana ia diotaki oleh Qualcom Snapdragon 8 Gen 1. Dimana, dapur pacu ini sendiri sudah mengalami peningkatan perfoma seperti CPU sebesar 20% dan peningkatan GPU sebesar 30%. Tak hanya itum SoC (System on Chip) ini juga dijanjikan lebih hemat daya 30% untuk CPU 25% untuk GPU.

Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 5G ini juga mengandung 8 (delapan) core CPU dengan formasi 1-3-4. Rinciannya, 1 (satu) core Kryo Prime (3,0 GHz), 3 (tiga) core Kryo Gold (2,5 GHz), dan 4 (empat) core Kryo Silver (1,8 GHz). Untuk Kryo Silver menggunakan basis arsitektur Cortex X2, Kryo Gold menggunakan Cortex A710, dan Kryo Silver merupakan modifikasi dari Cortex A510.

8 (delapan) core CPU tersebut disatukan dengan macam-macam komponen melalui proses fabrikasi 4 nanometer oleh Samsung Semiconductor. Beberapa komponen yang dimaksud antara lain Adreno 730 (818 MHz), ISP Spectra, DSP Hexagon dan modem 5G X65.

5. Baterai Awet

Kemudian Xiaomi 12 Pro juga dibekali dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh yang mengalami sedikit peningkatan dari Xiaomi 12 reguler yaitu 4.5000 mAh. Namun, yang istimewa dari Xiaomi 12 Pro ini adalah sudah dibekali dengan fitur fast charging 120W. Selanjutnya, untuk mengisi daya baterai dari kosong sampai penuh hanya membutuhkan waktu 18 menit saja.

Tak hanya fitur fast charging 120W, Xiaomi 12 Pro juga telah mendukung fast charging nirkabel 50W. Sebagaimana yang diketahui bahwasannya teknologi tersebut diklaim mampu mengisi baterai dari 0% hingga 100% hanya dalam jangka waktu 42 menit. Kemudian, Xiaomi 12 Pro juga mendukung fungsi sebagai powerbank berkat dukungan teknologi pengisian balik 10W.

6. Speaker Stereo

Selanjutnya adalah Xiaomi 12 Pro menggunakan konfigurasi speaker stereo yang sudah lumrah di ponsel masa kini. Akan tetapi, jika speaker-nya disetel oleh perusahaan kenamaan di bidang audio seperti Harman Kardon tentu saja akan lebih istimewa dibandingkan dengan speaker stereo pada HP umumnya.

Perlu diketahui bahwa perusahaan Xiaomi memang sudah bekerjasama dengan Harman Kardon sejak Xiaomi Mi 11 series muncul. Hanya saja, speaker stereo Xiaomi 12 Pro saat ini memiliki output treble dan bass secara terpisah. Sehingga terdapat 4 (empat) komponen yang terdiri atas 2 (dua) di atas (treble dan bass), dan juga 2 (dua) nya lagi berada di bawah (treble dan bass).

7. Memori Lega

Berkat SoC (System on Chip) Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 ini sudah didukung oleh RAM 12 GB LPDDR5 dan juga penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 3.1. Mengingat memori yang lega, tentu saja pengguna bisa menyimpan banyak file di dalam perangkat ini. Akan tetapi, penyimpanan internal tersebut pasti akan cepat penuh jika Anda miliki file dengan ukruan besar serta mengunduh banyak aplikasi, khususnya game yang sudah rata-rata memakan memori yang besar, bahkan 1 GB di atasnya.

Untuk itu, Anda juga harus bisa memanagement penyimpanan internal agar tidak cepat penuh. Soalnya, Xiaomi 12 Pro tidak dibekali dengan slot microSD.

8. Konektivitas

Sama halnya seperti Xiaomi 12 reguler, Xiaomi 12 Pro juga tentunya memiliki konektivitas yang cukup lengkap. Dimana, ponsel ini sudah menggunakan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/6 generasi terbaru dan Bluetooth v5.2. Fitur NFC (Near Field Communications) serta infrared yang merupakan ciri khas Xiaomi juga sudah tersedia di ponsel yang satu ini.

Kemudian ada juga port USB Type-C yang sudah mendukung fitur fast charging super ngebut dan navigasi GPS super lengkap.

Kekurangan Xiaomi 12 Pro

Kekurangan Xiaomi 12 Pro

1. Antarmuka

Xiaomi 12 Pro memang dibekali dengan Android 13 dengan antarmuka MIUI 13. Antarmuka ini cukup tidak mirip dengan Android murni. Kendati demikian, apabila dibandingkan dengan MIUI 12, nyaris tidak ada bedanya. Di sisi lain, beberapa fitur baru juga telah dibubuhkan untuk MIUI 13. Beberapa diantaranya seperti widget dan mini windows.

2. IP Rating

Kekurangan Xiaomi 12 Pro selanjutnya adalah belum mempunyai sertifikasi ketahanan debu dan juga air. Entah itu IP53, IP67 maupun IP68. Oleh karena itu, pengguna tidak disarankan untuk menggunakan ponsel ini untuk menerobos hujan maupun berenang. Hal tersebut agar ponsel ini bisa terhindar dari hal-hal yang memang tidak di inginkan.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

  • Warna : Blue, Gray, Purple.
  • Dimensi : 163.6 x 74.6 x 8.16 mm.
  • Berat : 205 gram.
  • Layar : AMOLED, 1440 x 3200 piksel, 6.73 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 5G (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, MIUI 13.
  • Baterai : Li-Po 4600 mAh, fast charging 120W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 50 MP + 50 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Xiaomi 12 Pro

Harga Xiaomi 12 Pro

Di pasar Indonesia Xiaomi 12 Pro hanya tersedia varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB saja yang dibanderol dengan harga Rp12.999.000 rupiah. Harga tersebut memang sudah sangat wajar dikarenakan ia sudah memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan seperti yang penulis sebutkan di atas tadi. Apabila Anda tidak mempermasalahkan kedua kekurangan dari Xiaomi 12 Pro ini, maka Anda bisa langsung membelinya menggunakan tombol di bawah.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain