0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8+ - Spesifikasi & Harga

Samsung Galaxy Tab adalah lini seri tablet flagship yang diluncurkan oleh Samsung pada Februari 2022 lalu. Ini sebagai penerus dari Samsung Galaxy Tab S7 series yang diluncurkan 2 (dua) tahun lalu sebelumnya, seri Galaxy Tab S8 series ini juga telah mengalami peningkatan drastis dari semua parameter, terutama pada sektor SoC (System on Chip) dan juga kameranya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8+

Samsung Galaxy Tab S8 series hadir dengan 3 (tiga) varian. Beberapa diantaranya adalah Samsung Galaxy Tab S8, Samsung Galaxy Tab S8+ (Plus), dan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra. Dari ketiga varian tersebut, Samsung Galaxy S8+ ini merupakan “anak tengah” yang memiliki ukuran layar dan kapasitas baterai paling proporsional.

Dalam artikel ini penulis akan menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S8+ (Plus) beserta spesifikasi dan juga harganya yang bisa Anda simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8+

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8+

1. Dapur Pacu Powerful

Bagi mereka yang suka bermain game mobile pada perangkat Android, tentu saja perfoma adalah salah satu hal yang sangat dipertimbangkan oleh mereka ketika ingin membeli sebuah smartphone ataupun tablet. Nah, untuk menunjang kebutuhan gaming tersebut. Samsung Galaxy S8+ sendiri sudah ditopang oleh SoC (System on Chip) generasi terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1.

SoC (System on Chip) ini dibangun atas proses fabrikasi 4 nanometer dengan set intruksi ARMv9-A, yang juga mengusung 8 (delapan) inti prosesor. Inti utamanya adalah ARM Cortex X2 yang berlari pada frekuensi 3 GHz, klaster keduanya adalah 3 (tiga) unit berkinerja tinggi ARM Cortex A710 dengan kecepatan 2.5 GHz, dan terakhir ada 4 (empat) inti hemat daya ARM Cortex A510 yang berlari pada kecepatan 1.8 GHz.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 juga mencakup GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 730 dengan frekuensi 818 MHz, ini juga didukung API Vulkam dengan perfoma 60% lebih kencang dan terdapat juga fitur Adreno Frame Motion Engine yang bisa mengatasi isu interpolasi.

2. Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy Tab S8+ hadir dengan panel layar Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) berdiagonal 12,4 inci dengan resolusi 1752 x 2800 piksel. Ini juga merupakan ukuran yang sangat pas untuk kebutuhan sehari-hari, dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S8 reguler dengan ukuran 11 inci.

Layar tersebut juga didukung refresh rate tinggi yaitu 120 Hz sehingga melakukan scrolling maupun content consumption di media sosial, atau bahkan bermain game akan terlihat lebih mulus. Terlebih lagi, Anda juga dapat mengakses konten HDR untuk kontras rasio yang lebih luas dikarenakan si tablet sudah mengantongi sertifikasi HDR10+.

3. Baterai 10090 mAh

Apabila tablet dari Samsung Galaxy Tab S8+ dengan beberapa tablet pesaingnya seperti iPad Pro 11 maupun Huawei MatePad Pro, tentu saja Galaxy Tab S8+ ini akan lebih unggul dikarenakan menghadirkan kemampuan fast charging yang lebih ngebut dan baterai yang lebih besar pula. Bagaimana tidak, Anda akan merasakan pemakaian panjang pada tablet ini berkat baterai berkapasitas 10.090 mAh.

Tidak sampai disitu saja, Samsung Galaxy Tab S8+ ini juga hadir dengan teknologi pengisian cepat 45W yang lebih unggul pesaingnya yang penulis sebutkan tadi. Bahkan, si tablet juga mampu bertahan sampai 9 jam 21 menit ketika menjalankan video playback dengan tingkat kecerahan 200 nit dan refresh rate 120 Hz.

4. Bodi Cukup Kokoh

Ketika Anda ingin membeli sebuah tablet mahal tentu saja harus worth it dengan ketahanan bodinya, apalagi harganya sudah menyentuh di puluhan juta. Oleh karena itu, Samsung pun membekali si tablet ini dengan bodi kokoh yang bisa Anda harapkan pada sebuah tablet. Terlebih lagi, ia sudah dibekali dengan pelindung Gorilla Glass 5 yang bisa melindungi bodi dari kerusakan akibat terjatuh dari ketinggian 1,2 meter.

Bukan hanya itu saja, bingkainya juga telah terbuat dari bahan material armour aluminium yang menjaga bodi tablet dari tertekuk dan perlindungan hingga 40%, serta membuat si tablet tahan goresan hingga 30%. Dengan begitu, Samsung Galaxy Tab S8+ (Plus) adalah salah satu tablet yang kokoh di pasaran.

5. Konektivitas WiFi 6E

Berbeda dengan series sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy Tab S7 series. Kini, Samsung Galaxy Tab S8+ sudah mengantongi WiFi 6E yang bisa dikatakan lebih canggih. Secara garis besar, umumnya kita mengenali adanya 2 (dua) jenis pita jaringan WiFi yaitu 2,4 GHz yang cakupan sinyalnya lebih luas, atau 5 GHz (802.11 a/b/g/n/ac) yang menyuguhkan koneksi internet dengan lebih cepat serta stabil. Nah, dengan hadirnya teknologi WiFi 6E ini, Anda bisa terhubung dengan pita jaringan ketiga yaitu 6 GHz.

6. Dukungan Samsung DeX

Jika Anda sangat ingin tablet dengan kemampuan multitasking yang menakjubkan, mungkin Samsung Galaxy Tab S8+ bisa jadi pilihan yang sangat tepat lantaran ia tidak hanya menyediakan Multi Active Window, melainkan ia juga menawarkan fitur Samsung DeX untuk pengalaman desktop yang lebih menakjubkan.

Fitur Multi Active Window ini nantinya memungkinkan Anda dalam membuka hingga 4 (empat) window atau jendela yang berbeda dalam sekali waktu. Kemudian, Samsung DeX akan memudahkan pengguna dalam menghubungkan si tablet dengan monitor eksternal untuk mengaktifkan fitur ini. Dengan begini, tampilannya akan menyesuaikan dengan tampilan desktop pada umumnya layaknya laptop maupun PC.

7. Kamera Selfie Menggunakan Sensor Ultrawide

Samsung Galaxy Tab S8+ hadir dengan konfigurasi 2 (dua) kamera yang berada di bagian belakang. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 13 MP dengan bukaan f/2.0 dengan focal lenght 26 mm berukuran sensor 1/1.34 inci, dan kamera keduanya adalah kamera ultrawide beresolusi 6 MP. Dengan hadirnya sensor ultrawide, Anda dapat memuat lebih banyak subjek pada 1 (satu) frame.

Beralih ke sisi depan, Anda akan disuguhkan dengan sensor ultrawide berkekuatan 12 MP dengan bukaan f/2.4 yang mengantongi sudut keluasan (FOV) sebesar 120 derajat. Dengan demikian, bukan hanya kamera belakang saja yang bisa memuat lebih banyak subjek pada 1 (satu) frame, melainkan kamera selfie-nya juga bisa.

Perihal perekaman video, kamera belakang dan juga kamera selfie juga sama-sama mampu menghasilkan resolusi 4K pada frame rate 60fps, dan juga resolusi 1080p pada frame rate 30fps.

8. Dukungan S Pen

Samsung Galaxy Tab S8+ juga sudah dibekali dengan S Pen yang kegunaannya terasa seperti pulpen umumnya. Terlebih lagi, pada varian Samsung Galaxy Tab S8+ dan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini kemampuan S Pen-nya telah ditingkatkan dibandingkan pada varian reguler yaitu Samsung Galaxy Tab S8. Sebab, ia mengantongi lantensi yang lebih rendah yaitu 2,8 milidetik yang notabene lebih responsif dibanding latensi 6,2 milidetik pada varian reguler. Apalagi S Pen dari Samsung Galaxy Tab S8+ ini sudah termasuk di dalam kotak pembelian.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8+

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8+

1. Tidak Mendapatkan Charger

Tidak jauh berbeda seperti halnya pada ponsel flagship pada umumnya, Samsung Galaxy Tab S8+ juga tidak dikemas dengan kepala charger di dalam kotak pembeliannya. Dengan demikian, Anda harus membeli kepala charger atau batok charger-nya secara terpisah. Di dalam kotak pembeliannya sendiri, Anda hanya mendapatkan tablet-nya, S Pen, kabel data dengan USB Type-C, serta SIM Ejector.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8+

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8+

  • Warna : Graphite, Silver, Pink Gold.
  • Dimensi : 285 x 185 x 5.7 mm (11.22 x 7.28 x 0.22 in).
  • Berat : 567 g (Wi-Fi), 572 g (5G) (1.25 lb).
  • Layar : Super AMOLED, 1752 x 2800 piksel, 12.4 inci.
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.1.
  • Baterai : Li-Po 10090 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 6 MP.
  • Kamera Depan : 12 MP.

Harga Samsung Galaxy Tab S8+

Harga Samsung Galaxy Tab S8+

Dilansir dari laman Samsung Indonesia bahwa tablet ini hadir dengan 1 (satu) varian saja yaitu RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Samsung Galaxy Tab S8+ sendiri dibanderol dengan harga Rp16.999.000 rupiah. Terdapat juga 3 (tiga) opsi warna yang bisa Anda pilih yaitu Graphite, Silver, dan juga Pink Gold. Ini juga tentu berbeda dengan varian Galaxy Tab S8 dan Galaxy S8 Ultra yang hadir dengan 1 (satu) opsi warna saja yaitu Graphite.