Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 - Spesifikasi & Harga

Apakah Anda penasaran dengan tablet Samsung ini? Jika iya, langsung saja simak ulasan di bawah mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S8

Melalui Galaxy Unpacked 2022 pada Februari 2022 Lalu, Samsung kembali meluncurkan 3 (tiga) tablet flagship yaitu Samsung Galaxy Tab S8, Samsung Galaxy Tab S8+, dan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra. Namun, pada ulasan kali ini penulis akan membahas mengenai varian reguler, alias Samsung Galaxy Tab S8.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8

Bisa dikatakan Samsung Galaxy Tab S8 ini bisa menyaingi beberapa tablet di kelas dunia, seperti Huawei MatePad Pro maupun iPad Pro. Apakah Anda penasaran dengan tablet Samsung ini? Jika iya, langsung saja simak ulasan di bawah mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S8.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8

1. Bodi Kokoh

Memiliki tablet mahal tentu saja harus worth it dengan ketahanan bodinya. Oleh karena itu, Samsung pun membekali si tablet ini dengan bodi kokoh yang bisa Anda harapkan pada sebuah tablet. Terlebih lagi, ia sudah dibekali dengan pelindung Gorilla Glass 5 yang bisa melindungi bodi dari kerusakan akibat terjatuh dari ketinggian 1,2 meter.

Bukan hanya itu saja, bingkainya juga telah terbuat dari bahan material armour aluminium yang menjaga bodi tablet dari tertekuk dan perlindungan hingga 40%, serta membuat si tablet tahan goresan hingga 30%. Dengan begitu, Samsung Galaxy Tab S8 adalah salah satu tablet yang kokoh di pasaran.

Kemudian, Samsung Galaxy Tab S8 memiliki dimensi 253.8 x 165.3 x 6.3 mm (9.99 x 6.51 x 0.25 in) dengan bobot 503 gram. Dengan bobot mencapai 500 gram, bisa dikatakan tablet ini terasa berat untuk seukuran tablet 11 inci.

2. Dapur Pacu Ngebut

Jika Anda pecinta aktivitas mobile gaming, tablet ini memang layak untuk dipilih. Sebab, ia sudah ditopang oleh dapur pacu yang ngebut yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm. SoC (System on Chip) ini memiliki konfigurasi prosesor octa-core dengan formasi 1 + 3 + 4 yang terdiri dari 1 (satu) unit Kryo Prime berbasis Cortex X2 (3 GHz), 3 (tiga) inti kinerja tinggi Kryo Gold berbasis Cortex A710 (2.5 GHz), dan juga 4 (empat) inti hemat daya Kryo Silver berbasis Cortex A510 (1.8 GHz).

Selanjutnya, SoC (System on Chip) dari Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 juga menghadirkan GPU (Graphics Processing Unit) yang powerful yaitu Adreno 730, dengan frekuensi 818 MHz. Oh iya, Snapdragon 8 Gen 1 ini dibangun atas proses fabrikasi 4 nanometer.

3. Adanya Fitur Samsung DeX

Apabila Anda adalah seorang pekerja kantoran yang lebih sering berada di atas kursi dan depan meja untuk melakukan pekerjaan, mungkin Samsung Galaxy Tab S8 ini menjadi pilihan yang pas lantaran ia menghadirkan fitur Samsung DeX. Fitur ini sendiri akan mengubah antarmuka tablet menjadi seperti laptop maupun PC ketika dihubungkan ke monitor eksternal.

Dengan adanya fitur tersebut, Anda kini tidak perlu lagi membeli laptop maupun PC, hal ini dikarenakan Samsung Galaxy Tab S8 dapat menjelma menjadi keduanya. Apalagi, Samsung DeX ini juga bisa terhubung secara nirkabel melalui koneksi WiFi. Sehingga, si tablet akan mudah ketika dihubungkan ke SmartTV.

4. Dukungan S Pen

Samsung juga tampaknya sudah menyediakan S Pen dari boks pembelian tablet Samsung Galaxy Tab S8 ini. Dengan begini, Anda dapat mencatat, menulis, menggambar, memberikan anotasi pada gambar, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, S Pen dan fitur berguna seperti handwriting-to-text akan membantu Anda dalam menuliskan pesan di email maupun mencatat dengan pengalaman yang seamless dan jauh lebih cepat daripada mengetik.

Kendati sebaik Samsung Galaxy Tab S8+ dan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra yang memiliki latensi 2,8 milidetik untuk responsivitas tingkat tinggi. Namun, latensi 6,2 milidetik pada Samsung Galaxy Tab S8 ini sudah dirasa cukup untuk memberikan pengalaman seperti menulis di atas kertas.

5. Kamera Selfie Menggunakan Sensor Ultrawide

Samsung Galaxy Tab S8 hadir dengan konfigurasi 2 (dua) kamera yang berada di bagian belakang. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 13 MP dengan bukaan f/2.0 dengan focal lenght 26 mm berukuran sensor 1/1.34 inci, dan kamera keduanya adalah kamera ultrawide beresolusi 6 MP. Dengan hadirnya sensor ultrawide, Anda dapat memuat lebih banyak subjek pada 1 (satu) frame.

Beralih ke sisi depan, Anda akan disuguhkan dengan sensor ultrawide berkekuatan 12 MP dengan bukaan f/2.4 yang mengantongi sudut keluasan (FOV) sebesar 120 derajat. Dengan demikian, bukan hanya kamera belakang saja yang bisa memuat lebih banyak subjek pada 1 (satu) frame, melainkan kamera selfie-nya juga bisa.

6. Baterai Besar

Soal baterai, Samsung Galaxy Tab S8 menggendong baterai besar berkapasitas 8.000 mAh. Tidak sampai disitu saja, si tablet juga memiliki teknologi pengisian cepat 45W. Dengan begini, proses pengisian daya dari kosong sampai penuh hanya membutuhkan waktu setidaknya 18 menit 40 detik. Dimana, informsai tersebut penulis dapatkan dari SamMobile dari kanal YouTube-nya.

7. Konektivitas WiFi 6E

Berbeda dengan series sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy Tab S7. Kini, Samsung Galaxy Tab S8 telah mengantongi WiFi 6E yang bisa dikatakan lebih canggih. Secara garis besar, umumnya kita mengenali adanya 2 (dua) jenis pita jaringan WiFi yaitu 2,4 GHz yang cakupan sinyalnya lebih luas, atau 5 GHz yang menyuguhkan koneksi internet dengan lebih cepat serta stabil. Nah, dengan hadirnya teknologi WiFi 6E ini, Anda bisa terhubung dengan pita jaringan ketiga yaitu 6 GHz.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8

1. Tidak Menyediakan Charger

Sama halnya seperti Samsung Galaxy Tab S8+ dan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra, Anda pun tidak akan mendapatkan casan atau charger ketika membeli Samsung Galaxy Tab S8 ini. Dengan begitu, Anda harus membeli casannya secara terpisah. Bagi sebagian orang mungkin hal ini akan menambah beban konsumen. Namun, Samsung melakukan hal ini untuk upaya penyelamatan lingkungan dengan cara mengurangi jejak karbon.

2. Masih Menggunakan Layar TFT

Cukup disayangkan, Samsung Galaxt Tab S8 tidak menghadirkan panel Super AMOLED. Sebab, tablet ini hanya menggunakan layar TFT (Thin Film Transistor). Layar tersebut pun tidak dibekali sertifikasi HDR10+ sebagaimana kedua varian lain, juga memiliki ukuran yang bisa dikatakan cukup kecil yaitu 11 inci pada resolusi 1600 x 2560 piksel dengan aspek rasio 16:10.

Namun, kekurangan tersebut sudah ditutupi oleh pihak perusahaan. Dimana, layarnya sudah didukung refresh rate tinggi yaitu 120 Hz yang membuatnya terlihat lebih mulus ketika melakukan scrolling media sosial maupun bermain game.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8

  • Warna : Graphite.
  • Dimensi : 253.8 x 165.3 x 6.3 mm (9.99 x 6.51 x 0.25 in)
  • Berat : 503 gram.
  • Layar : TFT LCD, 1600 x 2560 piksel, 11 inci.
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.1.
  • Baterai : Li-Po 8000 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 6 MP.
  • Kamera Depan : 12 MP.

Harga Samsung Galaxy Tab S8

Harga Samsung Galaxy Tab S8

Di Indonesia sendiri, tablet ini hanya hadir dengan 1 (satu) opsi warna yaitu Graphite dan 1 (satu) varian juga yaitu RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Informasi tersebut penulis dapatkan dari lama resmi Samsung Indonesia itu sendiri. Untuk harganya, Samsung Galaxy Tab S8 dibanderol dengan harga Rp9.999.000 rupiah.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain