Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra - Spesifikasi & Harga

Nah, dalam artikel ini penulis akan menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 beserta spesifikasi dan juga harganya.

Samsung resmi meluncurkan 3 (tiga) varian tablet flagship mereka dengan nama Samsung Galaxy Tab S8, Samsung Galaxy Tab S8+, dan juga Samsung Galaxy Tab S8 Ultra yang akan penulis bahas pada artikel kali ini. Pada varian Samsung Galaxy Tab S8 Ultra, ia hadir dengan layar yang cukup lebar yaitu 14,6 inci dibandingkan saudaranya yaitu Samsung Galaxy Tab S8 (11 inci), dan Samsung Galaxy Tab S8+ (12.4 inci).

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Dengan layar sebesar itu, tentu saja tablet dari Samsung ini bisa menjadi alternatif laptop. Bagi Anda yang memang memiliki produktivitas dan mobilitas tinggi tentu saja sangat perlu dalam mempertimbangkan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini.

Nah, dalam artikel ini penulis akan menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 beserta spesifikasi dan juga harganya. Berikut ulasannya!

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

1. Desain

Samsung sama sekali tidak mengubah bahasa desain Samsung Galaxy Tab S8 Ultra. Artinya, desain dari si tablet masih sama seperti pendahulunya, yakni Samsung Galaxy Tab S7 Series yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Dimana, ciri khas desain yang digunakan adalah garis vertikal yang tersambung dengan modul kamera belakang.

Garis tersebut bukan hanya pajangan saja, melainkan juga dudukan magnetis sekaligus tempat pengecasan pena stylus S Pen. Selanjutnya, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini menggunakan material aluminium armor pada penutup belakang dan rangkanya.

Konon, material yang satu ini lebih tahan terhadap benturan daripada aluminium yang digunakan oleh pendahulunya. Bahkan, Samsung juga mengklaim bahwa Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini adalah tablet terkuat yang mereka miliki saat ini daripada Galaxy Tab S8 Series lainnya.

Lalu, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ini juga bisa dikatakan cukup tipis dan tidak terlalu berat untuk sebuah tablet dengan layar jumbo. Dimana, dimensinya adalah 326.4 x 208.6 x 6.5 dengan bobot 728 gram. Soal warna, Samsung hanya menyediakan 1 (satu) opsi warna saja yaitu Graphite.

2. Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini sudah diperkuat oleh layar berpanel Super AMOLED yang membentang 16,6 inci. Layar itu sendiri juga memiliki resolusi 1848 x 2960 piksel, dengan aspek rasio 16:10. Terlebih lagi, layar tersebut telah diproteksi kaca Corning Gorilla Glass. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir jika nantinya layar tablet ini terkena goresan yang tidak disengaja.

Lanjut, ia juga sudah didukung dengan refresh rate 120 Hz untuk layar dengan kepadatan piksel 240 ppi (pixel per inch) ini. Dengan refresh rate tinggi tersebut, tentu saja akan menciptakan interaksi yang nyaman lantaran tampilan layar amat mulus.

Terlebih lagi layar dari Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini mampu memancarkan 16 juta warna dan telah mengantongi sertifikasi HDR10+. Sertifikasi Widevine L1 pun juga ada. Sehingga, si tablet dapat memutar film dari Netflix, Disney+, hingga Amazon dengan resolusi Full HD+.

Uniknya lagi adalah si tablet sudah terkandung fingerprint in display untuk mendukung fitur kemanannya. Bahkan, pemindai sidik jari di dalam layar ini bekerja dengan baik dan sangat cepat serta akurat.

3. Perfoma Powerful

Baik itu Samsung Galaxy Tab S8, S8+, dan juga S8 Ultra. Semuanya ditopang oleh SoC (System on Chip) dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Pada Samsung Galaxy Tab S8 Ultrayang dijual di tanah air, SoC (System on Chip) dari Qualcomm ini didukung dengan RAM 12 GB (LPDDR5) dan juga penyimpanan internal sebesar 256 GB (UFS 3.1). Apabila masih terasa kurang, maka Anda masih bisa menambahkan microSD hingga berkapasitas 1 TB.

Snapdragon 8 Gen 1 ini dibangun atas proses fabrikasi 4 nanometer dengan set intruksi ARMv9-A, yang juga mengusung 8 (delapan) inti prosesor. Inti utamanya adalah ARM Cortex X2 yang berlari pada frekuensi 3 GHz, klaster keduanya adalah 3 (tiga) unit berkinerja tinggi ARM Cortex A710 dengan kecepatan 2.5 GHz, dan terakhir ada 4 (empat) inti hemat daya ARM Cortex A510 yang berlari pada kecepatan 1.8 GHz.

Untuk masalah grafisnya, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 ini mengandalkan GPU (Graphics Unit Processing) berupa Adreno 730. Ini juga memiliki modem X65 5G, ISP Spectra, dan DSP Hexagon.

4. Kamera

Lanjut ke sisi kamera, di bagian belakang tablet terdapat kamera utama berkekuatan 13 MP dengan bukaan f/2.0 di-iringi oleh autofokus, dan ada juga kamera ultrawide dengan bukaan f/2.2 dan memiliki fokus tunggal. Kedua kamera tersebut tentu saja sudah ditemani dengan LED Flash atau Lampu Flash.

Beralih ke sisi depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 12 MP dengan bukaan f/2.2, dan kamera selfie dengan lensa ultrawide berkekuatan 12 MP pada bukaan f/2.4 yang memiliki ruang pandang 120 derajat.

Perihal perekaman video, baik itu kamera belakang dan juga kamera selfie sama-sama mampu merekam video hingga resolusi 4K pada frame rate 30fps. Akan tetapi, hanya kamera belakangnya saja dibekali fitur EIS (Electronic Image Stabilization).

5. Baterai Besar

Baterai besar berkapasitas 11.200 mAh menjadi sumber tenaga dari Samsung Galaxy Tab S8 Ultra. Ukuran dari baterai ini bisa dikatakan cukup sepadan dengan layarnya yang besar. Ini tentunya lebih besar daripada Galaxy Tab S8 (8.000 mAh), dan Galaxy Tab S8+ (10.090 mAh). Selain baterainya yang besar, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra juga hadir dengan teknologi pengisian cepat 45W.

6. Dukungan S Pen

Samsung turut memasangkan tablet ini dengan pena stylus S Pen baru. S Pen anyar ini bisa dikatakan jauh lebih responsif dna akurat dikarenakan latensinya hanya 2,8 milidetik. S Pen Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini pun jauh lebih baik daripada S Pen dari pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Tab S7+ yang memiliki latensi 5,6 milidetik.

Dengan hadirnya dukungan S Pen, tentu saja pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mudah seperti scrolling media sosial, menerjemahkan teks yang diberi highlight, melakukan screenshot, dan tentu saja mengubah teks menjadi teks digital.

7. Speaker Stereo

Lebih lanjut ke sektor speaker, tampaknya Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini dibekali speaker berjumlah 4 (empat). Oleh karena itu, konfigurasinya adalah stereo. Dimana, speaker ini bisa mendapatkan setelan berstandar AKG serta dibekali teknologi Dolby Atmos. Sehingga, suara yang dihasilkan oleh si tablet terbilang cukup lantang. Bahkan, elemen bass-nya juga terasa.

8. Samsung DeX

Jika Anda sangat ingin tablet dengan kemampuan multitasking yang menakjubkan, mungkin Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat lantaran ia tidak hanya menyediakan Multi Active Window, melainkan ia juga menawarkan fitur Samsung DeX untuk pengalaman desktop yang lebih menakjubkan.

Fitur Multi Active Window ini nantinya memungkinkan Anda dalam membuka hingga 4 (empat) window atau jendela yang berbeda dalam sekali waktu. Kemudian, Samsung DeX akan memudahkan pengguna dalam menghubungkan si tablet dengan monitor eksternal untuk mengaktifkan fitur ini. Dengan begini, tampilannya akan menyesuaikan dengan tampilan desktop pada umumnya layaknya laptop maupun PC.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

1. Tidak Mendapatkan Kepala Charger

Tidak jauh berbeda seperti 2 (dua) saudaranya yaitu Samsung Galaxy Tab S8 dan Samsung Galaxy S8+, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra juga tidak dikemas dengan kepala charger di dalam kotak pembeliannya. Dengan demikian, Anda harus membeli kepala charger atau batok charger-nya secara terpisah. Di dalam kotak pembeliannya sendiri, Anda hanya mendapatkan tablet-nya, S Pen, kabel data dengan USB Type-C, serta SIM Ejector.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

  • Warna : Graphite.
  • Dimensi : 326.4 x 208.6 x 5.5 mm.
  • Berat : 728 gram.
  • Layar : Super AMOLED, 1848 x 2960 piksel, 14.6 inci.
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 11200 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 6 MP.
  • Kamera Depan : 12 MP + 12 MP (Ultrawide).

Harga Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Harga Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi Samsung Indonesia, tablet Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dengan konektivitas 5G, RAM 12 GB (LPDDR5) dan penyimpanan internal seluas 256 GB (UFS 3.1) dengan opsi warna Graphite ini dibanderol dengan harga Rp19.999.000 rupiah. Bisa dikatakan, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ini menjadi varian termahal di Galaxy Tab S8 Series.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain