Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 4 Pro - Spesifikasi & Harga

Apa saja sih kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 4 Pro ini? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Tecno Mobile Indonesia secara resmi meluncurkan seri terbarunya pada Oktober 2022. Seri yang baru saja dirilis itu adalah Tecno POVA 4 yang sebelumnya sudah penulis bahas, dan Tecno POVA 4 Pro. Di mana, ponsel ini digadang-gadang sebagai salah satu HP gaming murah namun hadir dengan spesifikasi yang tergolong cukup lengkap di kelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 4 Pro

Kelebihan dari Tecno POVA 4 Pro  ini ialah desainnya yang futuristik dan dimensinya yang kompak, bahkan desainnya juga tidak jauh berbeda dengan Tecno Pova 4 reguler. Tidak hanya itu saja, ponsel ini juga diperkuat oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 terbaru.

Apalagi Tecno POVA 4 Pro ini sudah menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Sehingga, akan menambah kesan mewah di dalam smartphone yang satu ini. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 4 Pro? Langsung saja simak ulasan berikut.

Kelebihan Tecno POVA 4 Pro

Kelebihan Tecno POVA 4 Pro

1. Desain Menarik

Sebagaimana seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Tecno POVA 4 Pro sendiri dipasarkan untuk mengisi pasar smartphone mid-range harga terjangkau. Oleh karena itu, pihak perusahaan menggunakan desain yang unik pada ponsel kali ini. Sekilas, desainnya tidak jaug dari varian regulernya yaitu Tecno POVA 4.

Desain bodi dari ponsel ini kian solid dengan 2 (dua) buah kamera yang berjejer ke bawah tanpa modul kamera dan disampingnya terdapat 1 (satu) buah lampu flash. Bodi belakang dari Tecno POVA 4 Pro pun dibuat bercorak dan bertekstur, sehingga akan nyaman ketika digenggam.

Berbicara soal dimensi, Tecno POVA 4 Pro memiliki dimensi 164.8 x 77 x 9.2 mm. Selain itu, si ponsel juga hadir dalam 3 (tiga) varian warna yaitu Fluorite Blue, Uranolith Grey, dan juga Lutire Orange.

2. Layar AMOLED

Tecno POVA 4 Pro hadir dengan layar berukuran 6,6 inci yang memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel). Sehingga, tampilannya bisa terlihat lebih jelas dan detail. Dengan demikian, resolusi layar tinggi ini tentu saja akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk bermain game, menonton video, browsing, scrolling media sosial, dan lain sebagainya.

Layar tersebut juga didukung refresh rate 90 Hz. Tentu, ini akan membuat pergerakan di layar tampak lebih mulus. Tidak sampai disitu saja, layar ini juga sudah memiliki tingkat kecerahan yang ideal. Bahkan, layarnya juga bisa menampilkan warna yang lebih banyak dan mempesona.

3. Dapur Pacu

Sebagai sebuah smartphone yang dikhususkan untuk bermain game, maka Tecno POVA 4 Pro diperkuat oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99. Di mana, SoC (System on Chip) ini memiliki perfoma yang lebih tinggi dari pendahulunya, yaitu MediaTek Helio G88. 

MediaTek Helio G99 sendiri diarsitekturi 6 nanometer ini yang ditenagai oleh 8 (delapan) core CPU (Central Processing Unit) yang terdiri dari 2 (dua) core Cortex A76 (2,2 GHz) dan 6 (enam) core Cortex A55 (2,0 GHz).

Tidak hanya CPU (Central Processing Unit), MediaTek Helio G99 juga didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 MC2. Ini juga disandingkan dengan RAM 8 GB (LPDDR4X) dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Oh iya, terdapat juga Memory Fusion yang bisa memperluas RAM hingga 5 GB.

Terlebih lagi, ponsel ini mampu meraih skor AnTuTu 9 sebesar 373.074. Sehingga, Anda bisa bermain game-game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Mobile Legends, Free Fire, dan lain sebagainya.

4. Side Fingerprint

Demi menambah rasa aman pengguna pada saat mengoperasikan Tecno POVA 4 Pro. Maka di bagian samping dari si ponsel dibekali sensor pemindai sidik jari atau Side Fingerprint yang cukup mudah digunakan. Sensor tersebut menyatu dengan tombol power atau daya, sehingga akan mudah untuk digunakan daripada diletakkan di belakang bodi.

Selain itu, sensor ini pun bisa membuka dan mengunci layar pada ponsel dengan mudah dan cepat. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan Side Fingerprint yang lebih akurat dalam situasi apa pun.

5. Baterai Besar

Sebagai salah satu HP gaming, Tecno POVA 4 Pro dilengkapi baterai berkapasitas 6.000 mAh yang tergolong cukup besar. Alhasil, penggunaan baterai tersebut diklaim membuat pengguna bisa lebih lama dalam menggunakan ponsel ini untuk aktivitas harian ataupun gaming.

Demi memberikan kemudahan pada saat mengisi baterai, Tecno POVA 4 Pro juga sudah menghadirkan fitur fast charging 45W. Ini tentu saja berbeda dari seri reguler yang hanya menyediakan fitur fast charging 18W saja.

Hadirnya fitur fast charging 45W tersebut, si ponsel tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh. Bahkan, untuk mengisi daya dari 0% sampai dengan 50% saja hanya membutuhkan waktu 24 menit saja.

6. Konektivitas dan Sensor

Tecno POVA 4 Pro menghadirkan konektivitas dan sensor yang bisa dikatakan cukup lengkap di seri ini. Konektivitas dari si ponsel ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan ponsel lainnya. Pihak perusahaan menghadirkan fitur jariangan 4G dan masih belum mendukung 5G. Untuk Bluetooth, ponsel ini dilengkapi Bluetooth 5.2. Kemudian Wi-Fi, ia masih menggunakan Wi-Fi 5. Selain itu, HP POVA 4 Pro kali ini juga telah dilengkapi fitur NFC (Near Field Communication) dan USB Type-C.

Hadirnya fitur NFC (Near Field Communication) tersebut tentunya memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran non tunai, melakukan transfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat, dan beberapa fungsi lain.

Selain konektivitas, sensor dari Tecno POVA 4 Pro juga bisa dikatakan lengkap. Bagaimana tidak, ia sudah memiliki sensor Side Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, sampai dengan Compass.

Kekurangan Tecno POVA 4 Pro

Kekurangan Tecno POVA 4 Pro

1. Belum Mendukung 5G

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa konektivitas yang dihadirkan oleh Tecno POVA 4 Pro ini sejatinya sudah tergolong lengkap. Ada Wi-Fi 5, Bluetooth, Gyroscope, Proximity, Accelerometer, Side Fingerprint, sampai dengan Compass. Hanya saja, ponsel ini masih belum mendukung konektivitas 5G yang dimana kompetitornya rata-rata sudah mendukung jaringan 5G.

2. Kamera Biasa Saja

Tecno POVA 4 Pro memang tidak fokus dalam menghadirkan kamera yang berkualitas di seri ini. Pada ponsel ini, ia hanya menghadirkan kamera utama berkekuatan 50 MP (f/1.8) dan juga kamera AI yang memiliki resolusi 2 MP. Sementara itu, di sisi depan terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP (f/2.0) yang berfungsi untuk video call, selfie, dan lain sebagainya.

Perihal perekaman video, kamera belakang dari si ponsel mampu merekam video hingga resolusi 1440p@30 fps, dan 1080p@30fps. Sedangkan, kamera selfie-nya hanya dapat merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

Spesifikasi Tecno POVA 4 Pro

Spesifikasi Tecno POVA 4 Pro

  • Warna : Lutire Orange, Cryolite Blue, Uranolith Gray.
  • Dimensi : 164.8 x 77 x 9.2 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2460 piksel, 6.66 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G99 (6 nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, HiOS.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + AI 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno POVA 4 Pro

Harga Tecno POVA 4 Pro

Tecno POVA 4 Pro sendiri secara resmi dirilis di Indonesia pada tanggal 23 Oktober 2022. Di mana, ia dibanderol dengan harga Rp2.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Di dalam kotak, Anda akan mendapatkan Tecno POVA 4 Pro, kabel pengisi daya, pengisi daya, kartu garansi 12+1 bulan, buku panduan,SIM tray ejector, dan juga softcase.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain